My Polyvore Set



Selasa, 20 Januari 2015

Musim Hujan = Musim Batuk Pilek :(

Assalammualaikum 

2 hari ini hujan turun lebih deras dan lama dari hari-hari sebelumnya ya, langit pun mendung seakan mau nangis karena matahari tak menghampiri :( . 

Musim hujan seperti ini biasanya berdampak pada rawannya penyakit batuk pilek menyerang, ga cuma orang dewasa bahkan sampai bayi, balita dan anak kesayangan juga dilanda batuk pilek ini. 

Tapi..,, tau ga sih kalo ternyata Pilek dan Influenza itu berbeda loh... 

Influenza atau singkatnya flu adalah penyakit yang menyerang saluran pernapasan sedangkan Pilek adalah flu biasa yang disertai batuk pilek alias common cold.

Gejala awalnya memang batuk-pilek, tapi penderita influenza juga akan mengalami demam tinggi selama 3-4 hari, sakit kepala, pegal-pegal dan kelelahan yang sangat serta batuk parah. Pada anak terkadang juga disertai muntah dan diare. 

Untuk mencegahnya, makan makanan yang bergizi, cukup istirahat, perbanyak minum air putih dan minum multivitamin untuk daya tahan tubuh. Terkadang, saking asyiknya bekerja atau melakukan aktivitas jadi lupa makan atau tidurnya lebih malam yang akhirnya daya tahan tubuh menurun dan gampang di datangi penyakit pilek atau influenza. 

Paliiiing sedih tuh kalau pas anak sendiri yang terkena batuk pilek. Anakku itu kalo sakit (apalagi batuk pilek) lamaaa deh sembuhnya. Ga mau makan, ga mau minum susu trus rewel dan manja. Nah, aku tuh salah satu bunda penganut Home Treatment untuk "mengobati" anak yang sedang sakit. Jarang banget bawa anak ke dokter, kalau bukan karena penyakitnya parah mah mending home treatment aja dirumah :) :). karena basically, batuk pilek itu adalah reaksi normal tubuh ketika ia menolak penyakit. dan biasanya, nih obatnya hanya istirahat yang cukup, makan makanan bergizi. 

Nah, biasanya hal-hal yang aku lakukan pas anakku dilanda batuk pilek sebagai berikut:

1.Pastikan ia cukup tidur, karena ini membantu tubuhnya mendapat sistem imun tubuh yang lebih baik, sehingga bisa melawan virus penyebab batuk dan pilek.

2. Jauhkanlah dari area berdebu.

3. Cukupi kebutuhan si kecil dengan makanan yang bergizi.

4. Balurkan balsam di dada dan punggungnya, agar memudahkan ia bernafas dan jangan lupa diurut perlahan agar nafasnya lebih lega, juga melancarkan dahaknya

5. Suhu ruangan AC harus 26 derajat ya, dan diruangan jangan lupa dikasih mangkok berisi air yang sudah ditetesi minyak kayu putih/minyak telon. Tujuannya sama dengan balsam tadi, supaya anak kesayangan nafasnya lega.

Semoga bermanfaat ya tips dari aku barusan. Sharing is Caring :) :) 

Andiyani Achmad

7 komentar:

  1. wah manfaat sharingnya mak.. iyaa cuaca yang tidak menentu yang dewasa juga rentan bapil.. salam kenal ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mak... makasi juga udah mampir di blog aku :)

      Hapus
  2. makasih infonya mak. anakku juga sedang batuk pilek sekarang. demam :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga lekas sembuh yaa si kecil kesayangannya :)

      Hapus
  3. Dapet ilmu lagi, senengnyoooo, tfs y mak

    BalasHapus
  4. Dapet ilmu lagi, senengnyoooo, tfs y mak

    BalasHapus
  5. lagi musim ya sekarang. satu sakit, satu rumah kena. pingpongan nih penyakitnya dari anak yg paling gede ke yang kecil. alhamdulillah sudah sehat. semoga kita selalu dalam keadaan sehat yaa

    BalasHapus