My Polyvore Set



Selasa, 16 Agustus 2016

Coloring and Doodling with Faber-Castell


Assalammualaikum,

Pasti kamu ingat dong, sewaktu kecil akan merasa sangat senang ketika guru meminta kamu untuk mewarnai buku gambar. Jujur aja, mata pelajaran Menggambar/Mewarnai adalah salah satu mata pelajaran favorit aku di masa-masa sekolah dulu. 

Setahun belakangan aktivitas mewarnai buku ataupun coloring book menjadi tren lifestyle terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. Hal ini dikarenakan aktivitas ini ternyata mampu meredakan stres lho. Alasannya, mewarnai dengan beberapa warna bisa membuat hati menjadi happy dan makin kreatif. 

Yang juga menjadi tren adalah doodling, yaitu menggambar secara spontan dengan mengembangkan sebuah garis acak yang bertujuan untuk melatih proses mental, mengingat, mengungkapkan emosi dan meningkatkan kemampuan berpikir. Sederhananya, doodling itu teknik kreatif dalam menggambar. 


Hari Minggu, 7 Agustus 2016 yang lalu saya berkesempatan untuk menghadiri event workshop Nge-Blog Kreatif bersama Faber Castell dan teman-teman bloggers lainnya di Lippo Mall Kemang



Di event workshop ini, banyak sekali knowledge tentang coloring dan menjadi lebih kreatif, seperti membuat kreasi dan menghias benda-benda yang ada di sekitar menggunakan Creative Marker dan Connector Pen Craft Faber-Castell. Selain itu, terdapat juga ruang pamer hasil karya menggunakan Faber-Castell. Penasaran seperti apa hasil karya mereka? Intip di sini yuk! 












Saya bersama teman-teman bloggers lainnya pun memulai sesi pertama dari workshop ini, Creative Marker. Di sesi ini masing-masing bloggers dipersilahkan mengambil media untuk menggambar dan mewarnai, ada gelas, piring dan topeng. Kebetulan saya kebagian yang topeng. Agak tricky juga si sebenarnya menggambar di topeng. Sesi pertama ini dipandu oleh Mba Rahayu dari Faber-Castell yang sudah memiliki beragam pengalaman nggak hanya di dalam negeri namun juga di luar negeri, lho. Nah, Mba Rahayu membahas tentang penggunaan Creative Marker. Apa sih yang membedakan Creative Marker dengan marker yang kita kenal lainnya? Creative Marker pada dasarnya adalah permanent marker yang tersedia dalam 10 pilihan warna, bisa kamu gunakan untuk menghias benda-benda di sekitar. Menariknya, Creative Marker ini cepat kering dan dapat diaplikasikan pada berbagai permukaan bahan, bahkan gelas dan piring sekalipun. Warna yang dihasilkan pun cantik dan cerah. Harga dari Creative Marker Faber-Castell terjangkau kok, yaitu Rp.12.000/satuan. 





Mba Rahayu memperkenalkan kepada kami teknik mewarnai, seperti yang saya rangkumkan berikut ini:

1. Teknik Pointilism

Teknik yang menggunakan titik-titik secara berurutan untuk mewarnai bidang gambar. Saya suka sekali menerapkan teknik ini saat mewarnai, karena ini paling mudah (walaupun jadinya ngantuk :D) 

Teknik ini sangat mudah untuk aplikasikan, kamu hanya perlu membuat banyak titik di satu bidang yang ingin diwarnai. 

2. Teknik Shading

Teknik mewarnai dengan cara menimpa warna yang lebih terang ke warna gelap, seperti memberikan efek gradasi pada bidang yang akan diwarnai.

3. Teknik Contouring

Teknik mengisi bidang gambar dengan mengikuti bentuk bidang terluar dari gambar, teknik pewarnaan ini dikategorikan advance.

4. Teknik Patterning

Teknik mewarnai dengan menggunakan pola/motif yang berulang-ulang. 








Di sesi selanjutnya, kami pun di perkenalkan dengan 2 teknik tambahan dari mewarnai, yaitu Squiggling dan Moshaict, yang diaplikasikan dengan mewarnai media kertas menggunakan Connector Coloring Pens yang sekaliguskan membuat edu-creative toys. Pada sesi ini, Mas Rizal dari Faber-Castell gantian yang membimbing ibu-ibu kece ini lho. Connector Coloring Pens adalah spidol dengan banyak pilihan warna dapat digunakan tidak hanya untuk mewarnai, namun juga sebagai alat bermain buah hati kesayangan, layaknya lego. 



Creative Marker dan Connector Pens aman jika tanpa sengaja buah hati kesayangan menjilat, menghisap ataupun tertelan karena bahan baku tinta produk ini terbuat dari air dan pewarna makanan serta tanpa zat kimia. Tak hanya itu tinta dari Connector Pens pun cukup mudah untuk dibersihkan dengan air. 



Teman-teman bloggers yang notabene sebagian besar mempunyai buah hati pun serius mengikutik workshop ini sampai selesai, lho. Mau lihat ekspresi keseriusan mereka, lanjut scroll ke bawah ya! :)





Sepanjang workshop, masing-masing dari bloggers diharuskan untuk share selfie terunik dan terlucu mereka ke akun Instagram masing-masing dengan hashtag #ngeblogkreatif, #fabercastell dan #emakemakblogger. Apa aja yang saya foto? Penasaran banget? Kepoin akun Instagram saya boleh lho @andiyaniachmad, sekalian follow ya hehehehe. 

Sebelum acara selesai diumumin dong para pemenang lomba selfie dan saya termasuk salah satunya. Yeay!!!! Akhirnya menang juga ya, setelah ribuan purnama (piss). Alhamdulillah, lumayan hadiahnya Connector Pens pasti bermanfaat banget buat Darell si anak bujang. 

Sudah siap berkreasi tanpa batas menggunakan Faber Castell

More info tentang Faber Castell bisa kamu dapatkan di:
Faber Castell Indonesia
Facebook: Faber-Castell International Indonesia
Instagram: @FaberCastell_ID 


29 komentar:

  1. Masya allah hasil karya pakai connector pen faber castellnya keren2 :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hana harus coba nih, nggak nyangka ya dari mewarnai bisa jadi hal yang indah gini hehhehe

      Hapus
  2. Kece-kece yaaaak.. Kyanya klo gw ikutan paling ancur hasilnya,secara gak bisa gambar,mentok2 gambar gunung tengah2 matahari kanan kiri sawah :)))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahha, iya dulu gambarnya 2 gunung, jalan raya, rumah di kanan lalu kiri sawah

      Hapus
  3. Wah seruuuu, pengen belajar juga dududu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak April, yuk ah belajar bareng coloring :)

      Hapus
  4. Wah seru abis mbak aie.. Aku mau doong info2 acara ginian. Aku lagi seneng maen2 handlettering gitu hehe.. Khan kalo dapet alat2nya geetongan mayan banget haha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diana, ih lumayan banget inih dapatnya aku, seperangkat alat mewarnai super kece dari Faber Castell. Pan kapan aku colek2 ya kalo ada lagi :)

      Hapus
  5. Ternyata mewarnai juga ada tekniknya. Kirain cuma pilih warna doang, coret2, selesai...

    BalasHapus
  6. Pengen banget ikut acara yg kayak gini, di adakannya kapan lagi ya mba hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditunggu info dari komunitas aja mbak. Kalo yang ini aku dapat infonya dari KEB :)

      Hapus
  7. jadi pengen ikutan acara keren gini sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk ah bareng ikutan workshop ini mba :)

      Hapus
  8. Saya belum pernah tertarik gambar lagi, setelah baca-baca ini sepertinya mulai jatuh hati lagi, pengen coba menggambat dan mewarnai. Dan baru tahu juga macem2 jenis faber castel. Trims Mak sharingnya :)

    BalasHapus
  9. Saya belum pernah tertarik gambar lagi, setelah baca-baca ini sepertinya mulai jatuh hati lagi, pengen coba menggambat dan mewarnai. Dan baru tahu juga macem2 jenis faber castel. Trims Mak sharingnya :)

    BalasHapus
  10. Connector Pens nya lucuuuuuu ya Aiee.. Ziya pasti demen banget nih klo dibeliin lengkap full set warna :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anin, ini connector pens cucok banget deh buat anak2, warna2nya cantik semua :)

      Hapus
  11. Seru banget sih acaranya! Kangen lukis2 deh. Sayang bocil masih kekecilan gak bisa diajak ikutan acara begini hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tunggu Baby Z gedean dikit ya Tia, di workshop ini aku juga barengan sama Jade Ayu :)

      Hapus
  12. Gue suka banget ngewarnain tapi ngga bisa gambar hihihi, boleh ngga bagi pensil warnanya XD XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada banyak inih... buat Raya apa sih yang engga *modus berkode combo* :D

      Hapus
  13. Aku suka mewarnai buku mewarnai untuk dewasa dari sebelum ngetrend sampe sekarang udah ga ngtrend lagi. Kebetulan pake faber castell juga, emang bagus ya dia. Tulisannya Kaka Aie makin lengkap dan kecehh ajah :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Niaaaaa,faber castell dari dulu emang kece yaaa :)

      Hapus
  14. Cetar membahana hahaha, kalau gie dari dulu nyerah deh suruh gambar....kurang kreatip Bun. Tapi mewarnai bolehlah walau djaman piyik dulu mostly warna merah. Kebalikan jeng Nia, gie suka mewarnai buku anak-anak apalagi yang ada cerita singkatnya. Pakai Faber Castell pastinya tapi yang pinsil.n Emang ketjeh deh Bunda Darell, congratz yaa xoxo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin mamtir bisa coba coloring deh, biar lebih relaks hehheheheehhe

      Hapus
  15. Berkali2 beli faber castell aneka jenis, terus di bully sama si ucul sampe habis buat coret2 seisi buku, lantai, dinding.. hahaha. Gedean dikit, pingin juga bikin kayak gituuu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kudu banget dicoba deh ini connector pens dan creative markers, bisa buat bikin dooling dan coloring di media apapun

      Hapus