My Polyvore Set



Rabu, 12 Oktober 2016

Anak Pintar Cepat Tanggap & Peduli Sesama dengan Hebatnya Menari

Pastinya sudah sangat familiar dengan 8 Kecerdasan Majemuk yang ada pada anak-anak, kan? Ternyata salah satu kecerdasan majemuk anak yang dianggap kurang begitu diperhatikan, yaitu Kecerdasan Musikal sebenarnya cikal bakal dari tumbuhnya kecerdasan majemuk lainnya. Hal ini disampaikan oleh Psikolog Rumah Dandelion di acara Sunday Brunch with Bebelac hari Minggu kemarin yang berlokasi di Sleepy Head.

bersama Mommy Bloggers dari Blogger Crony


Kecerdasan Musikal anak bisa dilihat dari kegemarannya akan lagu-lagu dan tarian, misal nih kayak Darell yang kalau denger lagu yang dia suka langsung tuh nari-nari girang sambil bernyanyi. Menari dan bernyanyi telah terbukti berkorelasi signifikan terhadap kecerdasan anak dan kematangan emosionalnya. Selain merupakan gerbang dalam proses belajar, mengajarkan anak bernyanyi dan melakukan aksi seperti menari mengikuti irama musik sangat baik bagi perkembangan keseimbangan, koordinasi motor, kepekaan dan irama tubuhnya. 

Roslina Verauli, M. Psi, Psikolog anak menambahkan kegiatan tersebut dapat juga merangsang kemampuan kognitif (terutama yang berkaitan dengan kecerdasan, kemampuan berbahasa dan kreativitas), serta psikososial, seperti regulasi emosi, kontrol diri, dan keterampilan sosialnya. Lagipula, aktivitas menari dan menyanyi memang sangat menyenangkan dilakukan bersama antara ibu dan anak sebagai kegiatan bermain yang aktif. Yang nggak cuma kaya akan stimulasi, namun juga melibatkan interaksi verbal dan kedekatan secara emosional yang pada akhirnya dapat menumbuhkan rasa empati anak. Terutama di usia dua hingga enam tahun ketika kegiatan bermain berkembang sangat pesat. 

Pembicara dari Rumah Dandelion, Psikolog Mba Agstried dan Mba Nadya

Musik pun dapat mengangkat memori orang-orang kesayangan yang ada pada diri kita. Aku sempat dibuat mewek oleh Mba Agestrid dan Mba Nadya. Kenapa? Karena para pembicara ini mampu membangkitkan memori tentang orangtua, anak dan suami hanya dengan mendengarkan sebuah lagu yang liriknya pas dan menyayat hati. Lagi-lagi, ini salah satu bukti bagaimana musik tak hanya memberikan kenyamanan bagi yang mendengarkannya. Namun juga bisa menunjukkan emosi terdalam hingga melahirkan ekspresi yang nyata. Dengan musik, aku dapat melatih Darell untuk mengungkapkan isi hatinya. Membantunya belajar untuk lebih ekspresif akan apa yang ia rasakan. Ditambah lagi, sambil mendengarkan musik sekaligus menari bersamanya untuk membangun interaksi verbal antara orangtua dan anak.

 Gimana ekspresi aku? Udah megang banget belum? :D

Bahkan, menurut penelitian, interaksi verbal antara orangtua dan anak berperan penting mengoptimalkan pengasuhan anak untuk mencetak anak-anak berkarakter hebat lho. Oleh karena itu, sangat penting bagi orangtua untuk menstimulasi anak-anak mereka dengan kegiatan yang merangsang tumbuh kembangna, salah satunya ya menari dan menyanyi.



Biasanya, aku sebagai Bunda kece kesayangannya Darell Adhibrata si anak bujang kerap mengajak ia karaoke bareng tuh. Kegiatan karaoke yang beberapa kali aku lakukan bareng Darell ini, ternyata bisa bikin kedekatan emosional aku dan darell makin kuat. Malahan, Darell jadi makin berani dan percaya diri. 


Kegiatan menari dan bernyanyi pun mampu membuat anak berani dalam mengekspresikan diri. Supaya ia mengetahui tentang apa yang ia rasakan, latihan seperti ini memupuk kecerdasan interpersonal dan intrapersonalnya hingga ia dewasa nanti. Menjadikannya lebih peduli terhadap sesama. 

Andi Airin, Marketing Manager Bebelac, PT. Nutricia Indonesia Sejahtera pun menjelaskan bahwa Bebelac percaya Anak hebat adalah anak yang tidak hanya cerdas tapi juga memiliki rasa peduli. Karenanya, dibutuhkan stimulasi dan nutrisi yang sesuai dengan masa tumbuh kembang anak.


Melalui kampanye Grow Them Great Bebehero Hi5, Bebelac mengajak ibu-ibu kece di seluruh Indonesia berbagi momen kebahagiaan bersama anak serta menginspirasi ibu-ibu lainnya untuk mengunggah video tarian L.O.V.E anak mereka ke www.bebeclub.co.id/bebehero

Melalui tarian L.O.V.E, aku dapat memberikan stimulus yang tepat pada Darell untuk menjadi anak pintar cepat tanggap dan peduli sesama dengan hebatnya menari. Gerakan tarian L.O.V.E ini mudah sekali untuk ditiru anak, lho. Apalagi musik dan lagu yang menyenangkan dari Hi5, dapat merangsang kemampuan kognitif anak. Bisa juga rekaman video ini dipersembahkan untuk Kakek Neneknya Darell sebagai pesan kepedulian dan kasih sayangnya.


Musik ternyata mempengaruhi  perkembangan IQ dan EQ anak, apalagi untuk anak yang terbiasa diperdengarkan musik sejak dalam kandungan. Kecerdasan emosional intelegensinya akan lebih cepat berkembang dibandingkan anak yang jarang mendengarkan musik. 

Musik juga dapat menjadikan anak pintar terutama kecerdasan logika matematik dan bahasa. Keindahan musik dan liriknya dapat menstimulasi anak dalam berbicara. Sebenarnya banyak sekali manfaat dari musik. Tentunya akan lebih maksimal jika dipadukan antara musik dan tari. Harapan Bebelac tarian L.O.V.E dapat menjadi aktivitas bermanfaat bagi para ibu di Indonesia untuk mengasah kecerdasan dan kepedulian anak sehingga menjadikannya anak hebat. 

Buibu, Bunda, Mama, Mami, Ami kece jangan sampai nggak ikutan, ditunggu sampai akhir Oktober 2016 ya! :)



56 komentar:

  1. Pantesan mainan2 anak, dari bayi, pasti ada stimulasi musiknya. Ternyata emang kecerdasan musikal itu penting ya mbak Aieee *buru2 setel mainan musik :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. penting tia, dengan menstimulasi kecerdasan musikal anak kita kecerdasan yang lainnya pun akan muncul :)

      Hapus
  2. Pantesan mainan2 anak, dari bayi, pasti ada stimulasi musiknya. Ternyata emang kecerdasan musikal itu penting ya mbak Aieee *buru2 setel mainan musik :D

    BalasHapus
  3. Musik dan tari emang menggunakan hampir semua indra ya... makanya bagus banget buat mendtimulasi anak-anak...

    BalasHapus
  4. kalo anak saya sukanya main gitar mba, belajar sendiri tapi genjreng doang hahaha...yang penting otak kanan terpakai dan terlatih. semoga sukses ya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama seperti anakku, main gitar, bosan ganti drum, bosan ganti suling, apa aja deh yang penting otak kanan nya terstimulasi :)

      Hapus
  5. Iyap betul musik tari penting banget malah, bahasa yang indah dan pesannya jadi dalemm... senang bisa ketemu ama mba langsung wakaka

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku pun mba, akhirnya bisa bersua ya kita. salam buat babam yang gemessssss anet ituh :)

      Hapus
  6. wah seru ya acaranya. kalau aku dan anakku suka menari dan suka kolaborasi di beberapa acara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak tira anaknya pintar, apalagi kalo sudah terbiasa nari kolaborasi :)

      Hapus
  7. doh kemaren pengen ikutan, cuma satpamnya udah ngasih kartu merah buat udah jalan2 pas hamil gede :v

    sek mau nyoba liatin anak biar bisa ikutan nari love nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mak suria, semoga lahirannya lancar, maknya sehat anaknya pun sehat. AAmiin :)

      Hapus
  8. Ooh pantesan para ahli menyarankan utk memperkenalkan musik sejak mash di dlm kandungan ya☺ anak sy yg kecil jg suka otomatis menggoyang badan saat mendengar musik di tempat umum hihi... cm kl udah sadar dia jd suka malu hati sendirišŸ˜€

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama seperti anakku mba rita. kalo ada orang langsung malu dan menciut nyalinya :)

      Hapus
  9. Dua kecerdasan yg ternyata saling support untuk mengembangkan kecerdasan lainnya. Naya loves to dance. Dia ngga mau nyanyi,maunya dance ngikutin musiknya. Nyanyi mangap2 doang, tp surprisingly mangapnya pas sm lirik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. indeed! naya dance, darell main gitar dan nyanyi. P.E.R.F.E.C.T !!! :D

      Hapus
    2. Ayo bikin band,hahahahahaha.

      Hapus
  10. Salah satu kecerdasan Raya yang menonjol adalah musikal, dari bayi udah tertarik banget sama tarian & nyanyian terutama lagu LOVE nya Hi5 ini. Lagi merencanakan ikutan ngerekam tarian LOVE nunggu waktu yang tepat niih XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuah raya semangat latihannya nak! yang luwes kayak mamih, kalo nggak percaya nanti bunda kasih liat deh mamih dance L.O.V.E luwessss banget :D :D

      Hapus
  11. kalau aku, beda anak beda pintar (seketika menjadi iklan) hahaha.. Ziya senengnya visual, gambar, dll.. Ikbar lebih ke musical sih anaknya.. mengenai jejogedan L.O.V.E ini agak pe er yaa.. manyun melulu si Ziya klo diajakin narii.. (blm berhasil buat videonya sampe sekarang)

    BalasHapus
    Balasan
    1. anak-anak biasanya mood-moodan nin, kayak darell. udah dirayu-rayu macam2, akhirnya dia mau karena bundanya ikutan nari dong. hahahhahaha

      Hapus
  12. Ekspresi narinya udah mantep bgt mbak :) sayang ga bs ikutan. Umur anakku g memenuhi syarat semua. Yg gede udah kegedean. Yg kecil msh terlalu bayik

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin ada ponakannya mba arifah yang usia 1 - 6 tahun? boleh juga mba. yuk ikutan joged L.O.V.E ada hadiah ke Singapore lho :)

      Hapus
  13. L.O.V.E I love you and you love me...

    Sering banget ini diulang2 di Disney Jr sampe Kal juga kayaknya hafal.. Tapi gak pede ikutan kontesnya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. laki2 emang gitu ya la. maluan. sama kayak darell. ada orang yang liat langsung ciut nyalinya hahaha

      Hapus
  14. Seru sekaliiiii.. Cerah warnanya haha.. Alula gak mau ikutan bikin video padahal klo ada iklannya ikutan,giliran divideo marah huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. anak-anak seperti itu ya, kalo nggak di videoin dia joged jejingkrakan luwes gemesiin. tapi kalo divideoin langsung pasang muka bete hahahhaha

      Hapus
  15. anakku mada (2 tahun) gak bisa denger musik dikit, pasti goyang, sepertinya mada punya kecerdasan musikal ... dari jaman mada di perut udah biasa denger aneka musik dan musik emang terbukti bikin anak cerdas ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mada kamu lucu anet nak, sini yuk joged L.O.V.E sama darell :)

      Hapus
  16. Ternyata acaranya seruuu ya mbak, padahal kmren mau dtng tapi bentrok sama acara laen. Anak ku juga paling suka nonton Hi5 kadang suka joget sendiri heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuah mak, kemarin kita bisa bersua ya mak. Hi5 emang bikin anak goyang sih ya. Lagu-lagunya nyenengin dan gampang diinget :)

      Hapus
  17. Musik ternyata bisa jadi stimulasi pertama utk anak yaa

    BalasHapus
  18. Musik ternyata bisa jadi stimulasi pertama utk anak yaa

    BalasHapus
  19. Seru banget ya ini, kuning2 seger

    BalasHapus
  20. udah ikutan kampanye ini, duuh malu deh sebenarnya tapi demi anak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. gapapa mak, kali aja rejeki si kecil :)

      Hapus
  21. cakep2 potonya seger ya mak..pas sesi psikolog keknya paling menghayati heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. mak uli, gimana jalan2 ke Medannya? Seru pasti ya mak, akhirnya bisa pulkam bareng keluarga. ikutan senang aku mak :)

      Hapus
  22. Anak2ku juga suka joget mbak, denger musik udah goyang aja hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. anak-anak kalo udah joged goyang gemesin ya mak :)

      Hapus
  23. Wah banyak banget ya manfaatnya musik, trus bisa ngebawa ke berbagai fase memori...gavin juga suka banget nih sama hi5, tari love nya asik

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo yang aku baca, musik itu bisa bikin anak pintar mba dewi karena anak jadi lebih fokus dan konsen jadi memorinya kuat :)

      Hapus
  24. kece bunbes....hayuklah horeey bikin LOVE Dance ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa... bisaa.... bisa malu dan nggak dimenangin udah kelewatan umurnya hahhahaah :)

      Hapus
  25. Seru skali acaranya itu mbak. hhee
    Ekspresinya dapet banget hee

    BalasHapus
  26. Noted mbaaaaa!!!
    Pas banget lagi hamil, nanti klo uda ada baby bakal diinget buat stimulasi pake musik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuah mba emanuella, sehat2 terus ya calon babynya, lahir pun lancar, ibu dan anak sehat sempurna aamiin :)

      Hapus
  27. oala disini to rumahnya mbak ^^, saya ke g+ nya kok sepi, hehehe
    Emang sih kecerdasan musik jarang dibahas ya.
    ini, para mamak2 yang heboh deh, kayaknya bakat pas mudanya dikeluarkan semua, xixixi *kece*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya mbak lidha, g+ aku ada 3, tapi yang ini buat blog. makasih mbak udah mampir dan komen. :) :)

      Hapus
  28. Anak ku suka musik dan suka banget Hi5 jugak
    Btw kamu ceria bangets kuning2 mak ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah mak, kali ini pake kuning nya bikin seger, yang udah2 nggak banget kalo aku pake kuning :D :D

      Hapus
  29. Pose bahagia banget yah kak aie. Btw aku suka banget fotonya terlihat super happy dan tirus juga. Cucok kak aie pake kuning kuning. Segerrrr

    BalasHapus