My Polyvore Set



Minggu, 16 Oktober 2016

Kisah Manis Hidupku bersama Frisian Flag



Kisah Manis Hidupku bersama Frisian Flag

Bisa dibilang sewaktu aku usia balita tidak begitu suka dengan susu, alasannya sih karena pas minum susu pasti eneg. Itulah sebabnya orangtuaku, terkhusus mamah agak kesulitan untuk membuatku mau minum susu. Nggak hanya minum susu, makanan yang ada unsur “susu” didalamnya pun aku nggak mau nyentuh sampai “alergi”. Seperti pudding, keju, kue-kue kering, dan sejenisnya. Agak udik sih memang hehehe. 


Memasuki usia sekolah dasar, aku mulai tuh bertemu banyak teman, bergaul dan mulai sering berkenalan dengan macam-macam produk susu dan makanan yang mengandung susu. Inget banget deh, jaman SD dulu ada satu hari yang khusus sebagai "hari susu". Yaitu, pihak sekolah mengundang brand produk susu untuk diberikan gratis pada murid-murid di sekolah tersebut. Secara bergilir, mulai dari murid kelas 1 hingga kelas 6 turun ke pendopo untuk menikmati segelas susu cokelat dingin. Aduh, setiap giliran aku seringnya deg-degan karena takut dianggap aneh sama teman-teman satu kelas perihal ketidaksukaannya aku pada susu. Padahal nih, mamah sering bilang kalau susu itu enak, manis dan menyehatkan. Tetap aja dong, aku yang pengecut ini, nggak mau nyobain susu. 

Saking takutnya dibilang cupu sama teman-teman sekelas, akhirnya pun aku memberanikan diri "icip" susu cokelat dingin yang katanya enak itu. Glek, glek, glek, diicip-icip, dirasa-rasa, eh kok nggak eneg yah? Malah enak! Yaudah, aku habisin aja. Mau tau nggak susu yang aku minum saat itu apa? Penasaran? Yes, benar! Susu itu adalah #SusuKentalManis #FrisianFlag Cokelat atau dulu sampai sekarang sih aku biasa nyebutnya Susu Kental Manis Bendera Cokelat!

Gegara Frisian Flag Kental Manis Cokelat, aku jadi suka banget sama susu. Hilang semua persepsi "udik" tentang susu. Malahan, setiap malam aku sering tuh bikin susu Frisian Flag Kental Manis Cokelat yang ditambahin es batu. Gimana dengan keluargaku? Wah, bokap tuh paling hobi minum kopi ditambahin dengan Frisian Flag Kental Manis Putih. Katanya, paduan kopi favoritnya dengan Frisian Flag Kental Manis Putih sangat pas! Layaknya kisah cinta Rama & Shinta, Romeo & Juliet, Rommy & Yuli, mereka berjodohlah. :D 


Anak 90an pasti inget deh iklan Frisian Flag yang dialognya seperti ini, "Ini teh susu buat saya?" "Bu, bu, susu kok dibilang teh?". Di masa itu, iklan Frisian Flag lagi nge-hits lho, malahan dialog tersebut sering jadi bahan pembicaraan. Saking nempelnya di otak! 

Atau yang lebih nempel lagi di otak hingga sekarang, yaitu jingle iklan Frisian Flag Cokelat yang liriknya begini: 

"Aku suka susunya, hingga tetes terakhir. Aku suka cokelatnya, hingga tetes terakhir. Susu Bendera cokelat nikmat hingga tetes terakhir. Susu Bendera Cokelat, nikmat! Hingga tetes terakhir. Susu Saya Susu Bendera!" 

Lirik jingle iklan Frisian Flag Cokelat ini ear catching banget. Bahkan anakku yang kelahiran tahun 2010 aja, saat diperdengarkan jingle iklan Frisian Flag Cokelat ini bisa langsung hapal. 


Sejak kapan Frisian Flag ada di Indonesia?

PT Frisian Flag Indonesia (FFI) adalah perusahaan susu nomor satu di Indonesia yang memproduksi susu khusus untuk anak-anak dan keluarga dengan merek Frisian Flag, yang juga dikenal sebagai Susu Bendera. Frisian Flag telah menjadi bagian dari pertumbuhan keluarga Indonesia sejak 1922. Wow! Bahkan di tahun 1922 bokap nyokap belum lahir, Frisian Flag sudah ada lho! 

(Dok: Frisian Flag Indonesia)

Minuman Berbasis Susu (Dok: Frisian Flag Indonesia)

Selama hampir 95 tahun di Indonesia, Frisian Flag selalu menjaga komitmennya untuk terus berkontribusi membantu anak-anak Indonesia meraih potensinya yang tertinggi melalui produk-produk kaya gizi.

 Visi dan Misi FFI (Dok: Frisian Flag Indonesia)
Sebagai bagian dari FrieslandCampina, koperasi peternak sapi perah terbesar di dunia yang berpusat di Belanda, FFI mengacu pada pengalaman global dan kemitraan jangka panjang dengan peternak sapi perah lokal agar dapat menghadirkan sumber gizi terbaik yang terkandung dalam susu.

Nah, kemudahan dalam penyajian Frisian Flag Kental Manis adalah salah satu alasan Frisian Flag Susu Kental Manis disukai oleh keluarga Indonesia, baik sebagai minuman susu hangat ataupun dingin. Selain lezat rasanya, Frisian Flag Kental Manis juga membanu kebutuhan gizi keluarga karena mengandung gizi makro (Karbohidrat, Protein, dan Lemak) dan mikro (9 Vitamin dan 5 Mineral) yang dianjurkan diminum 2 gelas setiap harinya. Dengan takaran saji yang tepat sesuai anjuran, satu kaleng Frisian Flag Kental Manis dapat dibuat menjadi 9 gelas minuman susu lezat yang bergizi. Teknologi produksi susu yang terdepan di kedua pabrik Frisian Flag Kental Manis di Indonesia, yakni di Ciracas dan Pasar Rebo Jakarta Timur, menghasilkan produk susu yang berkualitas dan tahan lama. 

Sejarah Hadirnya Frisian Flag Susu Kental Manis di Indonesia

Sejak awal kehadirannya, Susu Kental Manis dan produk susu Friesche Vlag, dipromosikan dan dijual oleh para mitra bisnis di seluruh penjuru Indonesia. Agar lebih mudah diterima oleh pasar dan masyarakat, produk ini kemudian dikenal dengan nama "soesoe tjap bendera". Upaya strategis tersebut terbukti ampuh dan Susu Kental Manis pun mulai dikenal dan dicari konsumen di seluruh penjuru negeri. Identitas dan nama tersebut, hingga kini telah menjadi sebuah ikon. 

(Dok: Frisian Flag Indonesia)

Kunjungan ke Pabrik Frisian Flag Indonesia bersama Komunitas Emak-emak Bloggers (KEB)

Beruntungnya aku, bak pucuk dicinta ulam pun tiba, hari Kamis kemarin aku berkesempatan untuk mengunjungi Pabrik Frisian Flag Indonesia di pabrik Ciracas bersama KEB untuk melihat bagaimana proses pengolahan susu kental manis, susu UHT yang sudah berdiri sejak tahun 1977. Di pabrik Frisian Flag Indonesia Ciracas inilah diproduksinya susu kental manis, susu cair dan UHT. 

Awalnya aku sempat salah datang ke pabrik Frisian Flag Indonesia, tahunya aku datang ke pabrik Frisian Flag Pasar Rebo yang fokusnya pada produk susu bubuk. Alhasil, akupun lanjut naik angkot menuju pabrik Frisian Flag Indonesia yang di Pasar Rebo. Setelah dikibulin sama angkot karena diturunin di pabrik yang berbeda, akhirnya sampai juga aku di pabrik Frisian Flag Indonesia, Ciracas. 

 Muka girang setelah akhirnya tiba di pabrik Ciracas, nyampe langsung narsis (Dok. Pribadi)
Ketika kaki ini melangkah di pabrik Ciracas, aku pun disambut dengan senyuman kedua Satpam di pintu depan dengan senyum manis mereka dan Mba Satpam yang bertugas di dalam pos pun memberikan kartu akses dan mempersilahkan untuk masuk ke dalam untuk bertemu dengan Mba Tika dan Mba Ade, salah satu karyawan yang akan menemani aku dan KEB keliling pabrik Ciracas. 

Sempat menunggu sejenak, karena rombongan emak-emak yang lain ternyata ada yang nyasar hingga ke arah Bekasi. Sambil menunggu, aku pun foto-foto di dalam ruangan Kunjungan Pabrik. 

 Pose bersama KEB sebelum memasuki plant Ciracas (Dok. Mak Amel)
Memasuki plant Ciracas ini, aku diharuskan menggunakan pakaian khusus seperti pada gambar di atas. Tujuannya adalah untuk menjaga hygienis dan kebersihan area plant. Apa aja sih yang harus dipakai? Aku diharuskan untuk memakai pakaian khusus dari mulai baju putih berjubah, harnet atau penutup kepala, masker, ear plug, sepatu boots dan tentunya tidak membawa tas, handphone juga melepas semua aksesoris yang dikenakan untuk menjaga area produksi dalam keadaan steril.

Kekagumanku pun dimulai saat melihat deretan kaleng yang berbaris rapih untuk diisi susu hingga akhirnya menjadi produk yang biasa kita lihat sehari-hari di swalayan. Prosesnya cepat dan menggunakan teknologi canggih. Proses produksi dilakukan 24/7 nonstop dengan urutan produksi; pertama-tama sejumlah mesin menyiapkan bahan baku kaleng hingga berbentuk kaleng siap diisi Susu Frisian Flag Kental Manis GoldSusu Frisian Flag Kental Manis Putih dan Susu Frisian Flag Kental Manis Cokelat. Pembagian produksi antara ketiga varian Susu Kental Manis sudah dipastikan secara bergilir sesuai dengan mekanisme yang ada.  Setelah kaleng tersebut diisi susu lalu disterilisasi kembali, labeling dan packing untuk siap didistribusikan ke seluruh Indonesia.  

Pabrik Frisian Flag Indonesia tentunya sudah memiliki standar kualitas produk sesuai standar Internasional ISO 9001 untuk quality management, DHSAS 8001 untuk health and safety, ISO 22000 untuk food system, ISO 140001 untuk environment, dan pastinya sertifikat Halal dari Majelis Ulama Indonesia. 

Tentang FrieslandCampina

Semua ini dimulai ketika susu dengan merek Friesche Vlag mulai diimpor dari Cooperatve Condensfabriek Friesland, yang kini telah menjadi Royal FrieslandCampina, pada tahun 1922. Setiap harinya, Royal FrieslandCampina menyediakan pangan kaya gizi kepada jutaan konsumen di seluruh dunia. 

(Dok: Frisian Flag Indonesia)

Dengan jumlah pendapatan tahunan terbesar sebesar 11,3 miliar euro, menjadikan FrieslandCampina salah satu produsen susu terbesar di dunia, memasok produk konsumen dan profesional, serta bahan-bahan dan produk setengah matang bagi produsen keperluan gizi bayi & balita, industri makanan dan sektor farmasi di seluruh dunia.

(Dok: Frisian Flag Indonesia)

FrieslandCampina memiliki kantor di 28 negara dan mempekerjakan total 21.186 orang. Produk FrieslandCampina didistribusikan ke lebih dari 100 negara. Kantor pusat perusahaan FrieslandCampina berada di Amersfoort. 

Kegiatan FrieslandCampina yang dibagi menjadi empat kelompok bisnis yang berorientasi pasar:
1. Produk konsumen Eropa, Timur Tengah & Asia
2. Consumer Product Asia
3. Keju, Mentega & Bubuk Susu dan,
4. Bahan Baku

Perusahaan ini dimiliki sepenuhnya oleh Zuivelcooperate FrieslandCampina U.A. dengan 19.244 peternak sapi perah di Belanda, Jerman, dan Belgia yang dikenal sebagai salah satu koperasi susu terbesar di dunia.

(Dok: Frisian Flag Indonesia)

Kesan Manis Selama Kunjungan Pabrik Frisian Flag Indonesia Ciracas

Selama kunjungan di pabrik Frisian Flag Indonesia Ciracas, aku benar-benar dibuat nyaman dan bahagia banget oleh seluruh karyawan. Terutama sih, MC Mba Tyas yang lucunya kelewatan bikin gemes pingin dicubit-cubit manja. Lalu ada juga Pak Doni Wibisono selaku Public Affair, Pak Aryo selaku Corporate R&D yang sudah bekerja di Frisian Flag Indonesia selama 24 tahun and still continue, serta Mbak Ayu Ratri Khairina Ahza sebagai Sr. Brand Manager yang belum lama kembali dari Belanda.

MC super kece nan cantik dunia akhirat :') (Dok. Pribadi)
Alhamdulillah menang DoorPrize (Dok. Pribadi)

Ragam Cara Menikmati Frisian Flag Susu Kental Manis

Aku dan emak-emak bloggers KEB mendapatkan banyak sekali informasi seputar Frisian Flag Indonesia, hingga bagaimana Frisian Flag Indonesia menjadi bagian dari hidup. Coba deh diinget-inget, Frisian Flag Susu Kental Manis bisa disajikan dengan berbagai macam cara. Seperti jadi soda susu, topping makanan camilan, sop buah, juga minuman shake. 

Pisang Goreng Cokelat Keju Susu favorit suamiku (Dok. Pribadi)

Pisang Goreng Keju Susu favorit aku :) (Dok. Pribadi)

Surabi Cokelat Keju Susu favorit aku, suamiku dan anakku, Darell (Dok. Pribadi)
Kelezatan yang luar biasa dari Frisian Flag Kental Manis ini, membuatnya cocok untuk dinikmati dalam berbagai bentuk olahan makanan ataupun minuman. Darell paling suka makan roti tawar dengan Frisian Flag Kental Manis Cokelat. Setiap pagi sarapannya selalu itu, bahkan sampai nambah! Manisnya yang pas ngebuat Frisian Flag Kental Manis jadi all time favorite keluarga Indonesia. 

Oleh-oleh dari kunjungan pabrik Ciracas kemarin adalah resep minuman segar dari Frisian Flag Kental Manis yang dibuat oleh karyawan-karyawan Frisian Flag Indonesia. Berikut adalah resep-resep minuman tersebut:

1. Frisian Gold Chocorock
  • Bahan-bahannya adalah Frisian Flag Kental Manis Gold, Air putih 100ml, Chocorock dan Es Batu secukupnya.
  • Cara membuatnya, yaitu campurkan semua bahan ke dalam blender, haluskan dan sajikan di dalam gelas. Beri hiasan topping sesuai selera, boleh pakai Whipped Cream yang dituangkan Frisian Flag Kental Manis Cokelat, Kacang dll.
2. Frisian ChillHood Crumbs
  • Bahan-bahannya adalah 3 keping biskuit Marie, Frisian Flag Kental Manis Putih sebanyak 50cc, Air putih 100ml dan es batu secukupnya.
  • Cara membuatnya, yaitu campurkan semua bahan ke dalam blender, haluskan dan sajikan di dalam gelas. Beri hiasan topping sesuai selera. 
3. Frisian ChocoMint Mojito
  • Bahan-bahannya adalah Frisian Flag Kental Manis Cokelat, Sirup Mojito, Soda dan Es Batu.
  • Cara membuatnya, yaitu campurkan semua bahan-bahan ke dalam alat shake, kocok-kocok hingga semua bahan tercampur merata, lalu sajikan. 

Lalu sebagai apresiasi kepada konsumen dan untuk meningkatkan kualitas gizi masyarakat Indonesia, Frisian Flag Susu Kental Manis menggelar berbagai kampanye yang mensosialisasikan pentingnya minum susu dan menerapkan gaya hidup sehat yakni "Bulan Sarapan Sempurna" sepanjang bulan Maret 2016. Kampanye ini mensosialisasikan pentingnya membiasakan sarapan dengan jumlah kualitas gizi yang cukup lengkap dengan segelas susu setiap hari, dalam kehangatan bersama keluarga di pagi hari. 



49 komentar:

  1. MC nya ga nguatin bikin tertawa, baik hati ramah dan tidak sombong. Hahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhaha iya banget mak, cantik dunia akhirat :)

      Hapus
  2. Aku sukaaak susu kental manis coklat nyaaa :D

    BalasHapus
  3. Seru banget mba kunjungannya. Anyway iklan yang "ini teh susu" masih membekas bgt ya samoe skrg. Aku pun msh ingetπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kan iklannya nempel banget di ingatan, padahal udah berapa dekade yang lalu tuh :D :D

      Hapus
  4. Yiiaaa, kemarin dapat doorprize juga yaa, memang SKM Bendera udah disukai banyak orang dari dulu kala

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah mak icoel, rejeki dpt pocer MAP hehhehehe

      Hapus
  5. Aku dari dulu suka banget susu kental manis bendera yg coklat, kalau bikin suka langsung pake air dingin karena lbh praktis. Trus sekarang sering pake susu kental manis buat bikin kue, jus, dan percobaan makanan lainnya. Inovasinya juga lebih bagus sekarang karena cara bukanya langsung ditarik ngga perlu dibolongin lagi pake pisau kayak jaman dulu hahahah XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. inovasinya kece kan mambes skm frisian flag. klik tarik tuang langsung enak deh :) :)

      Hapus
  6. Susu kental manis buat camilan apa saja enakkkk, tmasuk tape goreng dikasih SKM cokelaaat...jd ngiler

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ampun mak eni, aku ngiler ini bacanya... tape goreng dikasih cokelat tambah keju widiiiihh ngecess :D

      Hapus
  7. Bunbes....jadi inget dulu salahs eorang capaska jaman pendidikan 2005 nggak suka susu. Kalau minum susu muntah, sampai akhirnya di paksa. Setiap minum susu (yang hanya berhasil satu tegukan) dia nutup hidung kayak minum jamu.
    Kalau gie, duh jangan di tanya mau yang cokelat, vanila, full cream, instant, plain...semua di lahap (kecuali rasa buah2an...suka skip hahaha).

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku sampe sekarang tetep prefer susu cokelat, kalopun rasa vanilla biasanya yang versi Starbucks :D

      Hapus
  8. Jadi keingetan ya ama iklannya mba, ini teh apa ssusu hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iklan itu nempel banget ya mba liswanti :)

      Hapus
  9. Aaah, ini emang susu sejuta umat ya Mba :D. Aku selalu always sedia susu kental manis frisian flag di rumah. Buat campuran kopi, toping pisang bakar atau roti bakar.
    Nyam nyaaaam :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. susu sejuta umat dan rakyat mba :) :) :)

      Hapus
  10. Waaah.. Aku juga suka susu ini yg rasa coklat, dimakan pake rotiiiiiii.. Enyaaak enyaaak.. ^^

    Ya ampun mbak aie itu ngeliat cemilanmu keknya enyaaak bangeeet... Slurp..

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobain resepnya diana, seger dan milky banget lho :)

      Hapus
  11. aku juga hrs dipaksa2 pas kecil, dan akhirnya pilihan ke susu cokelat. Kesana lagi aja kita ya #eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayooo mak prita, aku mah mauk ke sana lagi hahahah

      Hapus
  12. Skm Frisian Flag dituang ke makanan apa aja bikin jd nambah2 deh. Roti tawar pake skm cokelat aja enak yaa.. haha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. darell pun demikian, papihnya juga... sekarang setiap pagi sarapannya roti tawar pake susu skm frisian flag

      Hapus
  13. Wah..lengkap nih tulisanya semoga bisa visit kesana lagi yoo.Aku suka Frisian Flag yang putih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mak amel, aku sukanya yang cokelat :)

      Hapus
  14. Dulu waktu kecil sering di beliiin bapak, ternyata sudah lama sekali frisian Flag menemani keluarga

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, akupun kaget pas tau ternyata susu bendera ini udah 90tahunan :)

      Hapus
  15. Susu kental manis emang punya banyak cerita semanis rasa susunya ya mak beruntung bisa melihat langsung produksi susu kental manis Frisian Flag

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku mau berkunjung lagi mak hehehheeh :)

      Hapus
  16. Ooo, jadi dulu cupu karena nda doyan susu yaa *eeh
    Lengkap banget tulisane mak, suke deh. Ajarin bikin vidionya dunk :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cupu anet mak aku mah, liat susu eneg hahaha, karena itu sekarang tingginya minimalis :D

      Hapus
  17. Dulu jaman Pak Harto emang anak sekolah di daerah ada event di bagi susu, atau kacang hijau. Haha jadi inget jaman SD. Tinggal tetes terakhir iklannya berhasil nempel banget nih ampe skrg :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya banget, jaman pak Harto itu ada hari susu. seneng deh. sekalian ngenalin susu ke anak2 :)

      Hapus
  18. Aku sukanya beli yang di kemasan puliirr, yg gold itu. Enyak buat kopi susu, pudding atau topping cem macem kue. Btw itu kenapa makanannya favorit bunda ya kebanyakan,hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kan endeus kan SKM Frisan Flag hohohoho

      Hapus
  19. Dulu aku suka ngemilin susu gak pakai air mbk, dari kaleng langsung aku minum rasanya manis-manis gimana gitu. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama banget kayak anakku, sukanya di cemilin :)

      Hapus
  20. aku sukaaaa bgt susu benderaaaa! gampang bgt dicampur di makanan maniss apa aja lgsg bkn enak. dulu waktu kecil bikin susu jg pake ini, inget bgt nunggingin kalengnya di gelas sampe banyakan biar manis 😝😝😝

    BalasHapus
    Balasan
    1. akupun myria... susu sejuta umat ini mah ya

      Hapus
  21. Ini deket banget sm rumah aku πŸ™ŒπŸ»

    BalasHapus
  22. Yang selalu diinget adalah jingle lagunyaaa hahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya banget put hehehhe masih terngiang sampe skrg :)

      Hapus
  23. Hwakakak, seketika inget di jaman aku sekolah SD dulu juga ada hari "susu" :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuah kita seangkatan nih nin hehhehehe :D

      Hapus
  24. Huhuhuuuu... aku minum susu ini dari kecil, dan envy lihat kalian pada ke pabrik ini :( lihat susu bejejer begitu rasanya pengen boronggg. Aku sukaaaaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. akupun... tapi yang cokelat, kalo yang putih buat soda susu enaknyaaaaa

      Hapus