My Polyvore Set



Senin, 07 November 2016

JETRO Hadirkan Test Kitchen Kuliner Khas Jepang di #JapanFoodFest2016



Apa yang pertama kali terlintas di pikiran kamu ketika aku sebutin Sushi, Ramen, Shabu-shabu, Yakiniku, Udon, Takoyaki?? Laper? Pengen? Ngiler atau Jepang??? Wuah keingetan terus kan ya? XD Aku pun demikian adanya kok. Padahal awalnya aku tuh nggak suka banget sama masakan Jepang tapi pas nyobain langsung nagih! 

JETRO atau Japan External Trade Organization mengadakan acara yang cukup unik dan bikin semua pecinta masakan Jepang pingin hadiri yaitu program test kitchen perusahaan industri makanan jepang yang belum ekspansi ke Indonesia, lho . Dimana dan kapan test kitchen ini diadakan, ada berapa perusahaan dari Jepang yang berpartisipasi dan makanan khas apa yang disajikan? Yuk, kita mulai bedah satu persatu di sini:


Program test kitchen ini pertama kali dilakukan di Indonesia, khususnya di Jakarta, yang mengambil area khusus di Food Society, Mall Kota Kasablanka berlangsung selama 2 minggu sejak tanggal 31 Oktober 2016 sampai dengan tanggal 13 November 2016. Sebanyak 5 perusahaan industri jasa makanan membuka stan dalam acara ini, lho. Beraneka ragam makanan khas Jepang pun dijual seperti, sushi, ramen, kue khas Jepang dan champon (mie campur Jepang). 


Hal yang mendasari JETRO mengadakan acara ini adalah adanya perubahan kebijakan pemerintah pada bulan Mei lalu tentang diizinkannya perusahaan asing menanam modal di Indonesia sebanyak 100% dengan syarat tertentu. Alhasil ini meningkatkan minat perusahaan industri Jepang khususnya untuk masuk ke pasar Indonesia. Dengan adanya kemudahan dalam regulasi terhadap perusahaan asing, JETRO berupaya agar program ini dapat menjadi langkah maju untuk mempopulerkan masakan dan budaya kuliner Jepang di negara yang menjadi perhatian perusahaan Jepang dan salah satunya adalah Indonesia. 

JETRO ingin mengenalkan lebih lanjut restoran otentik Jepang ke pasar Indonesia. Sebagai langkah awal menuju ekspansi ke Indonesia, perusahaan Jepang perlu melihat dan mendapatkan pengalaman di pasar Indonesia, mencari sumber dari bahan-bahan lokal untuk membuat menu sedekat mungkin otentik dapat cocok dengan citarasa orang-orang Indonesia. 


Dalam program ini, JETRO bekerjasama dengan Eat and Eat mempersembahkan Japan Food Festival 2016 yang akan diramaikan oleh 5 perusahaan makanan yang lagi hits dari Jepang. Berikut adalah list 5 perusahaan yang ikut berpartisipasi:

1. Ringer Hut

Perusahaan yang didirikan pada tahun 1962 hingga saat ini masih bertahan, terkenal dengan menu utama yang jadi best seller hingga saat ini, bernama Nagasaki Champon. Hidangan khas Nagasaki, Jepang ini terbuat dari sayuran, sayur tempura yang dimasak bersama dengan homemade sup kaldu ayam dan homemade mie yang dibawa langsung dari Jepang. Bahkan hingga saat ini sudah ada sekita 640 toko di Jepang dan sedang membuka 11 cabang di luar negeri, salah satunya di Indonesia. 

Source: Dokumen Pribadi

Source: Google

Kalau diperumpamakan, Nagasaki Champon ini mirip-mirip Mie Kocok Bandung, hanya bedanya kuah sup kaldu yang digunakan adalah rebusan ayam. Mostly, isi dari Nagasaki Champon adalah sayuran, daging ayam, seafood dan mie yang diimport langsung dari Jepang. Paling sedap penyajiannya ditambahin dengan sambel khas Indonesia. Pasti seger banget tuh, apalagi kalau makannya pas hujan turun seharian. Cailah! Asal jangan galau ya kaka XD

Source: Dok. Pribadi


2. Enokiya

Buat kamu yang suka dengan makanan dessert yang manis dan kenyal, cocok sekali untuk mencoba menu makanan dari restoran Enokiya. Kamu bebas menentukan rasa yang kamu suka sesuai dengan selera. 

Source: Dok. Pribadi

Source: Dok. Pribadi

Source: Dok. Pribadi

Aku sudah mencoba Dango, lho, sekilas sih bentuknya mirip banget kayak cimol atau cilok, cuma bedanya Dango berisikan kacang merah yang manisnya pas dan kekenyalan adonan luarnya pun bikin lidah ini tertarik untuk mencoba kembali. 

Enokiya memiliki komitmen terhadap produk yang dihasilkan semata untuk memuasakan para pelanggan, terutama pada pasta kacang yang dimilikinya. Enokiya berani menggunakan pasta gandum yang bertekstur, sehingg tidak menonjol rasa selai kacangnya saja. 

Source: Dok. Pribadi

Source: Dok. Pribadi

Source: Dok. Pribadi

 3. Sushi Kaz

Udah pasti kamu-kamu semua suka sama Sushi kan? Belum kece kalau nggak nyobain Sushi Kaz. Sajian khas dari Jepang ini akan memanjakan lidah-lidah para pecinta kuliner. Sushi Kaz berdiri sejak tahun 1991 yang memiliki tujuan mulia yaitu menciptakan masa depan kepada para pengrajin dan koki dengan menyajikan menu makanan lezat.

Source: Dok. Pribadi

Source: Dok. Pribadi

Source: Dok. Pribadi

4. TOKYO No.1 Chicken RAMEN TAKEICHI

Sup kuah Ramen Takeichi terbuat dari rebusan ayam yang kaya akan kolagen. Dijamin kamu akan tergila-gila setelah mencicipi sup kuah ramennya deh. Kamu fanatik garis besar Ramen? Kudu banget nyobain menu Chicken Ramen Takeichi ini. Yuk, langsung melipir ke Food Society, Ground Floor, Mall Kota Kasablanka. Jangan lupa ajakin juga teman seperjuangan, pacar, mantan atau keluarga yang sama fanatiknya sama kamu akan masakan Ramen ini ya! :)

Source: Dok. Pribadi

Source: Dok. Pribadi

Source: Dok. Pribadi

5. Fujisan Taiyaki

Menu andalan dari Fujisan Taiyaki ini adalah Fuji Taiyaki yang cocok buat teman ngemil kamu di sore hari, pas tea time gitu lho.  Terdapat 3 menu yang bisa kamu pilih sesuai selera, yaitu kacang merah, keju dan tentunya green tea favoritnya orang Indonesia. Kombinasi rasa ini dirasa sesuai dan seimbang untuk orang Indonesia. Rasa manis yang terdapat di kacang merah, rasa asin pada keju bikin lidah pecinta keju gemes manja dan rasa khas matcha atau green tea bikin penikmatnya lunglai tak berdaya. *lemay!* XD 


Source: Dok. Pribadi

Source: Dok. Pribadi


Seriously guys, you have to try this! Cocok banget buat oleh-oleh pemanis untuk keluarga jauh ataupun teman yang baru lulus. Konon di Jepang, Taiyaki ini adalah makanan spesial untuk yang sudah lulus sebagai tanda penghargaan ataupun apresiasi. 

Source: Dok. Pribadi

Source: Dok. Pribadi

Bohong banget kamu nggak kepengen datang ke Japan Food Festival 2016 setelah melihat deretan kuliner yang bikin lidah tergoyang buat ngiler. Nggak hanya itu, Eat and Eat pun siap memberikan makanan jajanan kaki lima to the next highest level. 

#JapanFoodFest2016 tak hanya menyajikan kuliner khas Jepang, lho. Terdapat juga beragam acara kebudayaan Jepang yang bisa kamu lihat dan ikuti seperti stage schedule berikut ini:

31 Oktober 2016 : Opening Ceremony
3 November 2016 : Movie Screening by Japan Foundation
4 November 2016 : Movie Screening by Japan Foundation
5 November 2016 : Jakarta Koto Club
8 November 2016 : Japanese Tea Ceremony, Furoshiki/Origami
10 November 2016 : Movie Screening by Japan Foundation
11 November 2016 : Movie Screening by Japan Foundation

Yuk, agendakan untuk berkunjung ke Japan Food Festival 2016 bersama orang-orang yang kamu cintai ataupun semua pecinta kuliner khususnya kuliner Jepang. Jangan sampai kelewatan ya, gaes! :)





12 komentar:

  1. Selama makanan Jepang yang mateng-mateng saya suka mak 😆.

    BalasHapus
  2. ngelihat shushi jadi ngilerrrr
    pengen bangetttt
    apalagi yang itu, terbuat dari telur ikan mentah, hemmmm gurihnya mantabbbbb

    BalasHapus
  3. Jadi yg recomended makanannya apaaah? Hihihi kebanyakan liat poto2nya bikin ngiler jadi bingung mau pilih yg mana, kemaren sempet kesini tapi blm sempet jajan ke kios2nya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang rekomen itu changnom kakaaaaa... endeuss cuss ke japan food fest yaa

      Hapus
  4. Chicken Ramen Takeichi suksess bikin laperr... hahaha, Aiee ini makanan semuaa enak bener nyoba2in...hihi, aku bisa kalap klo kesanaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo anin main di japan food fest kokas... beneran enak semuanya inih

      Hapus
  5. Aku jadi pingin makan takoyaki dan dango. Pingin ke Jepang juga, huhuhu. Ayo ke Jepang yuk Kak Ai :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin Ya Allah aku bisa ke Jepang barengan kamu ya Ni, karena kan ke US udah pasti dilarang kita ya.. eh gimana? XD

      Hapus