My Polyvore Set



Sabtu, 24 Desember 2016

Bright Future Campaign: 1000 Rupiah untuk Masa Depan Anak Indonesia Lebih Baik

Saat aku SD hingga kuliah, inget banget deh kalau fasilitas sanitasi yang higienis dan proper tuh belum sebanyak sekarang. Seperti toilet bersih di taman-taman kota dan fasilitas umum lainnya. Bahkan jumlah taman kota di Indonesia yang terawat tidak sebanyak saat ini. Belum lagi perubahan iklim yang merupakan menjadi tantangan besar bagi masyarakat dunia, termasuk di Indonesia. Nah,  berangkat dari concern tersebutlah Unilever menjalankan #BrightFuture Campaign dimana kebersihan ruang publik terlebih taman yang sangat penting perannya untuk tumbuh kembang anak-anak Indonesia. Anak-anak kita pastinya. Sebagai seorang Ibu pun aku sangat ingin anakku dapat menikmati kehidupan yang lebih baik. 


Hari Sabtu, 17 Desember 2016 aku berkesempatan untuk menghadiri #TUMBloggersMeetUp bersama The Urban Mama, Unilever dan Blibli.com yang diadakan di D. LAB by SMDV, Jl. Riau, Menteng, Jakarta Pusat. Tema yang diangkat dalam kampanye ini adalah "Selamat Tinggal Dunia Lama, Dukung Masa Depan Cerah Anak Indonesia Lewat Dunia yang Sehat dan Gembira". Ada  3 (tiga) narasumber yang siap memberikan insight menarik tentang tema ini:

1. Adisty Nilasari - Media Relation Manager dari Unilever
2. Lany Rahayu - Senior Marketing Communication Manager dari Blibli
3. Retno Dewanti Purba - Psikolog dari SAUH Psicological Service


Dengan memahami pentingnya membangun dunia yang baik demi masa depan generasi mendatang, Unilever bersama Blibli.com mengajak konsumen untuk melakukan hal nyata untuk membangun masa depan yang cerah.



Unilever - #BrightFuture Campaign

Mba Adisty memaparkan terlebih dahulu tujuan dari Unilever membuat kampanye #BrightFuture yang setiap tahunnya memiliki tema yang berbeda merupakan wujud dari komitmen PT Unilever Tbk yang juga menjadi salah satu strategi untuk menumbuhkan bisnis yang secara bersamaan mengurangi dampak lingkungan yang timbul dari bisnisnya tersebut juga meningkatkan manfaat sosial yang positif untuk masyarakat sekitar. 

Tema tahun ini adalah "Selamat Tinggal Dunia Lama" yang intinya mengajak masyarakat untuk meninggalkan cara pandang pesimistis mengenai dunia kita yang saat ini penuh dengan masalah lingkungan, sosial, ekonomi dll; dan bersama-sama membangun dunia baru yang lebih baik, khususnya bagi anak-anak kita. Lebih dari itu untuk mewujudkan dunia tempat anak bisa tumbuh di lingkungan yang lestari dan sehat serta menjalani masa kecilnya dengan gembira.

Mba Adisty menambahkan, Unilever menggandeng Blibli.com sebagai salah satu e-commerce terbesar di Indonesia untuk mengedukasi konsumennya melalui program kesehatan lingkungan dan pemberdayaan komunitas di sekitar area bermain publik di 5 (lima) kota yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Medan dan Makassar). 

Program yang dijalankan Blibli.com bersama Unilever ini berlaku untuk 6 (enam) produk dari brand Unilever; Lifebouy, Pepsodent, Rinso, Domestos, Vixal dan Blue band dimana konsumen saat membeli produk-produk ini secara otomatis turut mendonasikan Rp. 1000,- untuk masa depan yang lebih baik. Program ini berlangsung dari tanggal 1 Desember - 31 Desember 2016 sedangkan kampanye #BrighFuture sendiri berlangsung hingga 2017 untuk implementasinya.

Blibli.com & Program Unilever-brightFuture

Mba Lany selaku Senior Marketing Communication Manager Blibli.com mengutarakan kalau Blibli.com sangat menyambut dengan baik program Unilever-brightFuture yang tentunya akan membawa dampak kebaikan. Yaitu memberikan kehidupan lebih baik bagi generasi masa depan kita, masa depan Indonesia. Program ini juga sejalan dengan visi dan misi Blibli.com untuk memberikan kehidupan lebih baik sesuai gaya hidup konsumen dimana belanja online sudah menjadi  solusi masyarakat khususnya yang tinggal di kota-kota besar. Hayo ngaku siapa yang TIDAK PERNAH BELANJA ONLINE? Pasti semuanya sudah pernah dong? Aku pun! XD 

Mama-mama modern anak baru satu seperti aku ini sangat mengandalkan belanja online untuk memudahkan, terlebih belanja bulanan. Karena sangat efisien dan efektif nggak perlu ke luar rumah. Belanja online cukup pake daster di rumah dengan bukan handphone/laptop, dengan catatan koneksi internetnya oke punya ya. :) Lagi juga belanja online membuat aku sebagai ibu yang bekerja dan juga aktif sebagai blogger (cailah!) jadi punya waktu untuk berkumpul usel-uselan di rumah bersama keluarga tercinta. 

Selain menggandeng komunitas setempat untuk menjaga kebersihan taman, Unilever dan Blibli.com juga mengusung program edukasi seputar kesehatan, lingkungan, dan bijak dalam berbelanja online yang ditujukan pada para ibu, dengan menggerakkan generasi muda seperti membiasakan keluarga di rumah untuk mencuci tangan memakai sabun, sikat gigi pagi dan malam, mengetahui penting sarapan bergizi, ditambah dengan menjaga kebersihan toilet di rumah, dan bermain di luar ruangan memilah sampah.

Mba Lany pada kesempatan ini juga membagi tips untuk para ibu yang hadir perihal bijak berbelanja online. Menjelaskan lebih detail mulai dari data-data pribadi yang boleh dibagi, memilih pembayaran yang aman, pilih produk yang sesuai kebutuhan, berkualitas dan keuntungan lainnya dalam berbelanja online. 


Pemberdayaan Komunitas & Pembentukan Kebiasaan Baik

Menurut Ibu Retno, pemberdayaan komunitas di era sekarang ini sangatlah tepat dimana komunitas sebagai channel yang menerjemahkan gerakan sosial menjadi sebuah aksi nyata. Melalui kolaborasi dengan banyak pihak yang relevan sangatlah diperlukan agar tujuan dari kampanye #BrightFuture bisa menggaet banyak orang dan mengikutsertakan mereka dalam aksi nyata.

Taman bermain yang dilengkapi dengan fasilitas sanitasi yang baik dan sarana edukasi yang menarik akan membuat keluarga (orangtua & anak) mendapatkan waktu bersama secara baik dan anak untuk beraktivitas juga mengembangkan diri secara optimal.

Gerakan seperti diharapkan jangan berhenti sampai level awareness saja tetapi kepedulian itu harus sampai ke tingkat behavior dimana gerakan ini harus dijalankan dan didukung oleh komunitas yang diikat oleh kepentingan bersama untuk memenuhi kebutuhan social. Mama-mama bloggers inilah berperan sebagai penyambung lidah yang bisa mempromosikan gerakan tersebut yang bisa menjangkau luas. Ibu Retno yakin mama blogger seperti TUMBloggers merupakan mama cerdas yang mempunyai koneksi luas dapat mengajak orang-orang disekitarnya dengan tulisan untuk berbuat baik dan menjadikan kebiasaan baik sebagai hal yang penting untuk dilakukan untuk masa depan yang lebih cerah.

Founder The Urban Mama, Mba Ninit, Mba Lany, Mba Adisty, Ibu Retno dan Mba Fita selaku MC


Sebelum menutup acara ini, Mba Adisty menyampaikan bahwa fokus #BrightFuture Campaign ini bukan berapa besar keberhasilan, melainkan bagaimana kampanye ini bisa mendapatkan perhatian banyak orang untuk tergerak melakukan kebiasaan baik. Ke depannya, Unilever berharap masyarakat sudah tau produk mana yang punya tujuan social baik. Apalagi kan ya, dampak lingkungan sebagian besar ada ditangan konsumen, misalnya pemakaian air bersih dan cerdas menggunakan produk yang baik untuk lingkungan. Untuk dapat mengetahui progress dan pertanggungjawaban donasi Program 1000 rupiah ini bisa kamu cek di https://brightfuture.unilever.co.id atau hubungi Suara Konsumen Unilever di nomor 0-800-155-800/+6221 529 952 99 atau kamu juga bisa kirim email di suara.konsumen@unilever.com.

Mba Lany berharap kampanye #BrightFuture dampaknya tidak hanya dirasakan di keluarga ataupun komunitas kita sendiri melainkan tularkan “Virus Baik” ini pada lingkungan sekitar untuk masa depan yang cerah.

Ibu Retno sendiri berharap program ini sustainable dan terukur secara jelas, dimana peran mama-mama bloggers dalam menyebarkan “Virus Baik” dari tulisan di blog yang berdasarkan kejujuran ini dapat menjadi jembatan penyampai pesan kebaikan pada komunitas lainnya. Karena setiap tindakan sekecil apapun jika dilakukan bersama-sama secara konsisten bisa membuat dampak perubahan yang signifikan besar.

Foto bersama Mama-mama Bloggers dari The Urban Mama

Yuk, ikut andil dalam program luarbiasa ini untuk perubahan generasi masa depan yang cerah dengan berbelanja Program Unilever-brightFuture di Blibi.com. Mulai dari diri sendiri, tularkan ke keluarga, dan lingkungan sekitar agar hasilnya makin luas dan nyata. Sudahkah kamu berbelanja di Blibli.com hari ini? 

17 komentar:

  1. Ya ampun bun bener banget, jaman aku aja di 90an akhir emang susah deh nemu fasilitas sanitasi yang se-kece sekarang. Hayuk dukung #BrightFuture untuk masa depan lebih baik. Bagusnya lagi jangan cuma dukung kampanye pembangunan atau program nya aja, satu hal yang sering orang kita lupa adalah "menjaga" apa yang sudah ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia, menjaga yang sudah ada sering terlupakan seperti menjaga hubungan #ehgimana :)

      Hapus
  2. Jadi ingat salah satu nya dengan membeli produk ukuran besar (bagibyg mampu) untuk mengurangi sampah plastik

    BalasHapus
  3. Dimulai dari diri sendiri , memisahkan sampah rumah tangga organik dan anorganik. . Semangat Bright Future

    BalasHapus
  4. lanjutt nih keren dari diri sendiri agar gak mewariskan bumi yang kotor untuk generasi yg akan datang

    BalasHapus
  5. lanjutt nih keren dari diri sendiri agar gak mewariskan bumi yang kotor untuk generasi yg akan datang

    BalasHapus
  6. Wah, di kompleks tempat aku tinggal lagi digalakkan memisahkan sampah basah dan kering
    Uniknya sampah kering berupa botol, kertas diminta dikumpulin dan dibayar sesuai beratnya

    BalasHapus
  7. Wah, di kompleks tempat aku tinggal lagi digalakkan memisahkan sampah basah dan kering
    Uniknya sampah kering berupa botol, kertas diminta dikumpulin dan dibayar sesuai beratnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unik banget mba, mesti diadain juga tuh ya di setiap komplek perumahan :)

      Hapus
  8. Hmmm.. dulu ngga pernah kepikiran untuk beli perlengkapan atau kebutuhan bulanan rumah tangga pake online, ntah kenapa lbh suka jalan2 ke mini/supermarket terdekat. Tapi sekarang, karena ada donasi yg diberikan ketika kita blanja merk unilever tertentu, jadi kepancing jg.. Agar masa depan anak2 Indonesia lbh baik lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, lagipula program blibli ini bisa diawasi lho, cukup cek di no telepon yang ada di atas jadi sama-sama mengawasi kebenaran program ini :)

      Hapus
  9. Setuju banget kalau kita harus menyebarkan virus yang baik :)

    BalasHapus
  10. Waaahh...kampanye yang kudu banget didukung nih mom. Setuju, masa depan ditentukan dari aksi kita sekarang.

    BalasHapus