My Polyvore Set



Kamis, 08 Desember 2016

Premier #BLTDA2 - Did Chinese Muslim Discover America?



Tepat kurang lebih setahun setelah premier pertama film Indonesia yang sukses bikin aku penasaran dan ingin nonton sekuelnya (setelah AADC 2 tentunya). Yes! Apa lagi kalau bukan Bulan Terbelah Di Langit Amerika 2. Jujur sih, aku nonton yang pertama itu nggak di bioskop, melainkan beli DVDnya (pengakuan). Kenapa? Karena saat film yang pertama terpampang di beberapa bioskop akunya lagi sakit tak berdaya. Alhasil, ketika badan udah mendingan baru deh aku cari-cari DVD film tersebut. Sempet agak kesulitan sih, nyarinya. But, yang namanya rejeki ya pasti dikasih jalan.

Saat aku liat trailer-nya sangat antusias mau nonton film ini karena bersinggungan dengan sejarah which mostly sejarah Islam. And lucky me, tanggal 3 Desember 2016 kemarin aku berkesempatan untuk nonton bareng premier film ini di Plaza Indonesia XXI bersama dengan teman-teman dari Indonesian Hijab Bloggers.





Aku akui memang gampang digombalin sama sejarah dunia, terlebih sejarah Islam dunia, nah film ini sukses bikin rasa penasaran akan keingintahuanku tentang sejarah Islam dunia makin kuat. Lebih dari itu film 99 Cahaya di Langit Eropa bikin aku terperanjat akan sejarah Islam di dunia yang begitu indah. 




Bulan Terbelah di Langit Amerika 2 (#BTLDA2) memang kelanjutan dari cerita yang pertama, hanya lebih fokus ke drama yang ada antara Stefan - Jasmine dan Julia Collins - Sarah - Ibu dari Julia). Para pemainnya pun masih sama seperti sebelumnya dengan tambahan wajah baru yang bikin film ini "dapat" drama dan gregetnya yaitu Boy William sebagai Peter Cheng dan Ira Wibowo (Ibunya Julia). Aku saranin kalau kamu belum nonton yang pertama sebaiknya fokus ya di awal film ini mulai, karena itu semacam bridging ke #BTLDA2 ini. Melengos dikit di awal bisa-bisa kamu jadi miss leading gitu sama inti ceritanya. 




The Collins vs The Hussein

#BTLDA2 ini dimulai dari asal muasal Julia Collins menjadi muallaf dan menikah dengan Abdullah Hussein, lalu end up menjadi awal perseteruannya dengan sang Ibunda. Pada dasarnya Ibu dari Julia Collins ini tidak setuju Julia Collins menikah dengan Abdullah Husein karena ia seorang muslim. Kemudian Julia Collins diminta oleh ibunya untuk memilih antara Abdullah Hussein atau orangtuanya. Waduh! Pilihan yang sulit tapinya kan ya. Akhirnya Julia Collins pun memilih untuk menikah dengan Abdullah Hussein dan keluar dari rumah orangtuanya. Walaupun sang Ayah menghadiri dan memberikan restu pada Julia Collins yang merubah namanya menjadi Azima setelah mualaf, di hari pernikahannya. Lalu bagaimana dengan ibunya? Beliau masih marah dan makin benci dengan Julia Collins dan Abdullah Hussein bahkan tidak mau menemui mereka paska Abdullah Hussein meninggal kala tragedi 9/11 dan tidak menganggap Julia Collins dan Sarah (anaknya Julia) sebagai anak dan cucunya. Ngeri ya! 




Parahnya, setelah kejadian 9/11, Abdullah Hussein yang diduga sebagai teroris hanya karena ia orang Arab dan berpakaian muslim, Ibunya Julia Collins makin benci dan membenarkan dugaan ia dari awal. Di rumah keluarga Collins selalu diisi dengan pernikahan, bahkan ibunya Julia Collins kerap menyalahkan kondisi ini karena suaminya memberikan restu pada mereka. Lalu tak lama ayahnya Julia Collins pun meninggal, kebencian sang ibunda tak berhenti sampai situ malah makin menguat layaknya rayap yang menghabiskan kayu. 

Segala cara diusahakan Julia Collins agar ibunya mau memaafkan or at least mengakui Sarah sebagai cucunya. Mulai dari mendatangi Panti Asuhan milik ibunya, mencium kaki ibunya di depan semua orang hingga akhirnya Sarah pun turut memohon dan memberikan box yang berisikan surat-surat dari ayahnya Julia Collins. Apa isi surat-surat tersebut? Akankah ibunya Julia Collins mau menerima Julia Collins dan Sarah? 




The Complicated Stefan and Jasmine

Inget dong gimana Stefan lemas tak bertulang membaca surat perpisahan dari Jasmine? Di #BTLDA2 ini diceritakan kisah kelanjutannya. Stefan yang sudah menyiapkan cincin sebagai tanda keseriusannya pada Jasmine, justru ditinggalkan Jasmine dengan surat dan test pack. Iya, Jasmine hamil!

Stefan yang lagi galau meradang dipaksa Rangga dan Hanum untuk ikut mereka ke San Francisco. Emang dasarnya si Stefan ini lucu, usahanya untuk memperbaiki hubungannya dengan Jasmine pun akan membuat kita ketawa sekaligus menitikkan airmata, eh kalo aku sih senyum-senyum sendiri. 

Berhasilkah Stefan membuat Jasmine kembali ke pelukannya? 




Hanum, Rangga, and The Task from Getrude

Ceritanya Hanum dan Rangga yang hendak kembali ke Wina pun harus mengurungkan niat mereka. Ini dikarenakan Getrude yang tiba-tiba menelepon Hanum malah memberikan tugas padanya untuk membuat tulisan tentang apakah benar yang pertama kali menemukan benua Amerika adalah Muslim Cina? Hmm... menarik!

Hanum diberitahukan tentang sebuah koin emas peninggalan Laksamana Cheng Ho adalah yang tersisa dari kaum Cina Hui. Kalau kamu mengikuti sejarah perkembangan Islam di Indonesia pastinya ingat bahwa Laksamana Cheng Ho juga pernah ke Indonesia. Artinya, Indonesia pun menjadi bagian dari peradaban besar Asia dan Islam sejak dahulu, lho. We should be proud, guys! 

Hanum yang diharuskan ke San Francisco untuk menemui sumber terpercaya yaitu Peter Cheng (diperankan oleh Boy William) diyakini tahu dimana keberadaan koin emas tersebut. Sesaat sebelum ke San Francisco, Rangga yang sangat ingin mempunyai anak mengajak Hanum untuk melakukan pemeriksaan di klinik yang ada di San Francisco. 

Setibanya di San Francisco hal pertama yang Hanum kerjakan adalah menemui Julia Collins dan anaknya Sarah, karena Julia diyakini bisa membantu Hanum untuk menelusuri jejak-jejak Muslim Cina di Amerika. 




Pertemuan antara Peter Cheng dan Hanum ternyata justru membawa Hanum dalam pertikaian keluarga Muslim Cina, kaum Hui yang mempermasalahkan mengenai satu-satunya bukti bahwa memang Muslim Cina bersama kapalnya datang ke Amerika. Hanum justru menjadi incaran salah seorang pemuda Cina yang juga mencari koin emas tersebut, sampai-sampai Hanum ditodong dengan pisau oleh pemuda Cina tersebut saat ia hendak kembali ke hotel. 

Apakah Hanum berhasil memecahkan teka-teki dari koin emas tersebut? Bagaimana dengan rencana Rangga yang ingin sekali mempunyai anak dan sudah melakukan janji temu dengan salah satu klinik justru diurungkan karena kesibukan sang istri dengan misinya? Apakah Hanum akhirnya menceritakan ancaman-ancaman yang ia terima selama memegang koin emas ini? Saksikan pemutaran film Bulan Terbelah Di Langit Amerika 2 hari ini di bioskop-bioskop kesayangan yang terdekat ya. :)




Oia, di acara nonton bareng kemarin aku bersama Lisna, Ifa dan Sandra ketemuan dengan Nessa salah satu blogger dari Bandung. Senang sekali bisa menambah teman dan silaturahmi dengan Nessa. Dan yang lebih menariknya, ternyata aku dan Lisna yang awalnya hanya janjian pakai boots samaan ternyata pakaian kita hari itu serupa tapi tak sama. 




5 komentar:

  1. anak kembaaarr...
    btw dari film yang pertama sampai yg ke-2 juga membuat aku tertarik untuk nonton. bukan cuma dari segi cerita tapi karena suka banget sama abimana..
    *ya allah pliissss kloningannya satu buat jodoh..!

    BalasHapus
  2. Aaakk ada foto akunya di blog teteh hahaha! *bangga*
    see you soon teh, nonton lagi bisa kali di Bandung ntar :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. setujuuu, nanti kita meet up yuu di bandung x)

      Hapus
  3. Ya ampooon umi kita kembaraaaan. Sayang abi ga nampak yaaaa, nyesel deh pasti abi ga ketemu umi yekan, hahaha.

    BalasHapus
  4. Duh duh duh makin makin jadinya pgn ntn ini film

    BalasHapus