My Polyvore Set



Sabtu, 24 Desember 2016

Tren Gaya Hidup Halal di Jakarta Halal Food Festival 2016



Kini gaya hidup halal menjadi tren di dunia, sudah tau belum? Bahkan di beberapa negara di dunia sudah membiasakan gaya hidup halal seperti di Australia dua orang pemuda membuat Facebook Group yang diberi nama The Halal Snack Pack Appreciation Society yang tujuan awalnya mencari halal snack pack terenak di dunia.

Kehalalan makanan dan sebuah produk sangat penting bagi umat Islam, karena yang halal pastinya membaikkan bagi tubuh bukan? Gaya hidup halal menjadi sebuah kebutuhan setiap muslim di berbagai aspek kehidupan. Lagipula, gaya hidup halal dapat juga dijadikan sebagai syiar gaya hidup sehat yang berlandaskan nilai-nilai kebaikan. Banyak lho nilai-nilai Islam yang juga universal dan tidak berseberangan banyak pihak, termasuk Barat. 




Meningkatnya tren pariwisata halal pun menjadikan komoditi makanan halal semakin tinggi. Indonesia yang penduduknya didominasi dengan muslim pun memanfaatkan hal ini sebagai pengekspor pangan dan produk halal di pasar dunia. Lebih dari itu, pemerintah pun menerapkan program wisata kuliner. Salah satunya adalah pengembangan wisata halal yang dilatarbelakangi menuju destinasi wisata halal nomor satu dunia. Kece nggak tuh! 

Tren wisata halal bukan hanya untuk dinikmati wisatawan muslim lho melainkan juga wisatawan mancanegara non muslim. Dengan adanya pasar wisata halal yang berkembang inilah, wisatawan tersebut bisa datang dan merasa aman di destinasi wisata ramah muslim. Menarik bukan?



Salah satu bentuk destinasi wisata halal ini yaitu diselenggarakannya Halal Food Fest 2016 di Blok M Square lobi Berlian tanggal 17 - 18 Desember 2016 kemarin. Event Jakarta Halal Food Fest 2016 (#JHFF2016) adalah event pertama kali yang diadakan di Indonesia di tempat terbuka dengan konsep bazaar makanan yang bertujuan untuk memberikan pengalaman pada pengunjung serta interaksi langsung kepada seluruh lapisan masyarakat. 

Lebih dari itu, #JHFF2016 membuka kesempatan kepada 20 tenant bazaar makanan untuk dapat menjadi binaan Dinas UKM DKI dan sesuai dengan PERGUB DKI Jakarta no 158 tahun 2013. Para peserta bazaar ini juga berkesempatan bebas biaya untuk proses sertifikasi oleh Dinas UKM DKI. Wah, menyenangkan sekali ini ya. Prosesnya jadi dipermudah, bukan?

Berikut adalah list 20 tenant bazaar di acara #JHFF2016:



Acara #JHFF2016 didukung penuh oleh beberapa pihak, seperti MUI DKI, Jaringan Pengusaha Muslim Indonesia DKI, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia DKI, Kamar Dagang Indonesia DKI, KNPI DKI, Jaringan Pengusaha Nasional (JAPNAS), Indonesia Halal Center, serta beberapa komunitas halal yang ada di Indonesia. Salah satu komunitas halal terbesar di indonesia, yaitu Salimah, yang memiliki lebih dari 500.000 anggota tersebar di Indonesia. 

Tujuan lainnya dari acara #JHFF2016 adalah untuk memberikan jalur dan wadah bagi pengusaha kuliner untuk dapat mengetahui lebih jauh tentang Halal dan mendapatkan kemudahan fasilitas dalam proses sertifikasi Halal, baik melalui talk show yang akan di lakukan di dalam event dan kegiatan lainnya. 


Aku sih berharap acara seperti ini ada kelanjutannya dan diselenggarakan setiap tahun, selain tujuannya yang luarbiasa untuk memberdayakan UKM di Jakarta, juga menjadikan gaya hidup halal sebagai salah satu destinasi wisata di Jakarta khususnya dan di Indonesia umumnya. Nah, foto-foto di bawah ini adalah beberapa tenant yang aku singgahi selagi aku di sana. Are you ready for Culinary Photo Bomb??? 











18 komentar:

  1. Kece !!! Tapi hal lain yang diperlukan Indonesia adalah ruang ibadah yang aman dan nyaman. Bahkan mal2 besar masih sering menempatkan ruang ibadah umat muslim di basement dan sempit.
    Makanan halal kayaknya perlu verifikasi lagi (terutama bagi makanan asing).
    Lah jadi curcol hahaha...tapi cocok banget nih, salah satu jalan dakwah dan berbagi kita juga. Apalagi kalau principal lagi dateng ke sini pasti gie ajakin kulineran halal 😉

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku setuju banget tuh ttg ruang ibadah umat muslim di Jakarta dan Indonesia semoga kedepannya pemerintah lebih memperhatikan hal ini ya :)

      Hapus
  2. nikmat nikmat sepertinya... Alhamdulillah makin ada kejelasan mengenai makanan halal. semoga berkah

    BalasHapus
  3. nikmat nikmat sepertinya... Alhamdulillah makin ada kejelasan mengenai makanan halal. semoga berkah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak-enak semuanya... khas Indonesia juga menu makanannya rata-rata hehhe.. aamiin yang halal bikin aman kan :)

      Hapus
  4. Sekarang orang2 udah lebih peduli sama ke-halalan makanan, jadi banyak produk2 halal yg dapat dikonsumsi.. Jadi lebih enak, dan pastinya juga halal :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. tull banget, halal nggak cuma aman tapi menyehatkan :)

      Hapus
  5. Bagus nih acara event nya. Bicara soal Makanan Halal saya jadi inget pas berkunjung ke Manila , susah banget nyari makanan halal disana. rata-rata mengandung 'pork' atau daging babi. hmm.. okelah di Indonesia masih gampang nyari makanan Halal, tapi diluaran sana perlu tenaga extra buat nyari makanan halal. jadi Bersyukurlah tinggal dan hidup di negara kita tercinta ini. hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku belum pernah ke Filipina tapi cerita dari teman-temanku begitu mas, sangatt sulit mencari makanan yang halal di sana.

      Hapus
  6. Wah aku malah nggak tahu ada event cakep seperti ini mba Andiyani. Smoga bisa datang di acara tahun depan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin mba, harapanku pun demikian semoga event seperti ini terus berlanjut :)

      Hapus
  7. Asyik yak kalau ada kemudahan dalam proses pengurusan sertifikasi halal. Jadi semua bisa memanfaatkan event spt ini. Untuk pelanggan pun lebih ga was was jika ada sertifikasi halalnya..minimal sdh ada yg menjamin ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba :) terimakasih sudah mampir, salam kenal ya mba :)

      Hapus
  8. Cendol duriannya bikin ngeces aja nih :D
    Btw, seneng deh kalo pemerintah support UKM dengan kemudahan sertifikasi halal, makin mudah birokrasi, makin banyak UKM yang bisa berkembang. Mudah-mudahan sih programnya bisa konsisten ya, karena di Indonesia peluang usaha masih terbuka banyak ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, ini pun yang menjadi harapanku dan harapan semua pejuang UKM ya mba. Semoga kedepannya lebih baik lagi :)

      Hapus
  9. Mudah2an UMKM kita semakin berkembang ya, Mba. Pemerintah juga banyak mendukung dengan mempermudah perizinannya.

    BalasHapus
  10. semoga gaya hidup halal ini ga jadi trend sesaat karena memakan makanan yg halal itu kebutuhan mutlak muslim.

    BalasHapus
  11. Pengen nyobain es cendol miramanya :)

    BalasHapus