My Polyvore Set



Kamis, 09 Februari 2017

7 Gaya Travelling Ini Sekarang Semakin Ngetren, Mana yang Paling Kamu Sukai?





Sebagai sebuah gaya, tentunya traveling punya tren sebagaimana halnya fesyen. Dan sebagaimana halnya fesyen, setiap tahun tren traveling berubah dan berkembang.


Di tahun yang semakin dekat dengan 2020 ini, ternyata ada 7 gaya traveling yang bisa dikatakan sebagai tren menarik. Yuk kita bongkar sekarang! Mana yang paling kamu suka untuk lakukan nih?

1. Backpacker

Penggemar backpacking dalam beberapa tahun belakang ini semakin bertumbuh. Orang menyukai gaya travel backpacking karena bisa memberikan pengalaman seru dan unik di destinasi alternatif, dengan biaya yang sangat terjangkau. Backpacking memastikan orang bisa merasakan pengalaman yang lebih lokal di tempat yang menjadi tujuannya. Backpacking bahkan membuka kesempatan kita untuk bersosialisasi dengan orang baru. Destinasi yang semakin ramai diserbu untuk backpacking antara lain Bali, Jogja, Thailand, Malaysia, Kamboja, Srilanka, dan India.


Source: Google

2. Naik Kereta

Beberapa tahun terakhir, ternyata semakin banyak orang yang mulai mengandalkan kereta untuk traveling. Alasan utama yang paling banyak disebut adalah biaya murah. Tiket kereta api ditawarkan lebih murah hingga ratusan ribu dari tiket pesawat, namun bisa menawarkan kenyamanan bersaing. Pengalaman naik kereta juga terasa lebih membumi untuk para pecinta travel, di mana kita bisa menikmati pemandangan cantik daerah yang kita lintasi sepanjang perjalanan, lalu berbaur dengan kehidupan sosial yang khas di stasiun-stasiunnya. Meningkatnya jumlah traveler pengguna kereta juga dipengaruhi semakin mudahnya orang memesan tiket via online. Kemudian, dengan masuknya perusahaan Traveloka sebagai situs online booking yang kini menyediakan layanan pemesan tiket kereta api, jumlah pengguna kereta pun bisa bertambah lagi.


Dok. Pribadi

Dok. Pribadi

Dok. Pribadi

3. Naik Pesawat Low Budget


Selain kereta, primadona yang menjadi tren berikutnya adalah pesawat low budget. Orang semakin sadar bahwa naik pesawat untuk traveling tidak harus mewah dan dilayani penuh karena esensi penting traveling ada pada pengalaman di tempat tujuan. Dalam 5 tahun terakhir, persaingan antar maskapai low budget semakin sengit. Pilihan semakin banyak, rute terus bertambah. Traveler pun menjadi semakin dimanjakan untuk bisa pergi kemana-mana. Dengan biaya yang terjangkau, traveler bisa singgah kemana saja dalam waktu cepat, bahkan keliling dunia.

Dok. Pribadi

Dok. Pribadi

4. Booking Online


Bisa dibilang, tahun ini adalah tahunnya booking online. Dalam kurang dari 5 tahun terakhir, sistem booking dialihkan dari yang harus datang ke loket atau via telpon, menjadi bisa dilakukan melalui situs www. Reservasi hotel, restoran, tiket pesawat, tiket kereta api, tiket kapal feri, tiket bus, tiket pertunjukan, bahkan tiket masuk objek wisata, sekarang bisa dilakukan asal ada koneksi internet dan gadget. Hal inilah juga yang mendorong pertumbuhan pesat agen booking online. Lebih jauh lagi, booking online semakin digandrungi karena tersedianya aplikasi ponsel yang gratis dan mudah diakses kapan saja.


Source: Google

5. Destinasti Alternatif

Menjelang tahun 2020, destinasi wisata yang menarik perhatian orang malah berasal dari deretan alternatif. Meski nama-nama populer seperti Bali, Thailand, Jogja, Jakarta, dan Singapura masih ramai, orang sekarang semakin banyak yang melirik destinasi non populer, hingga tak heran kita mendapatkan banyak nama destinasi baru yang sebelumnya tidak pernah terdengar. Alih-alih Bali Selatan, orang kini lebih suka menjelajah Bali Utara. Yang dulunya berkumpul di Jogja, kini mulai bergeser ke Magelang, Solo, dan Semarang. Jika dulu orang ke Jakarta untuk menyaksikan Monas, Kota Tua, Dufan, dan jelajah mall, kini wisatawan mulai lebih suka menghadiri pertunjukan budaya atau nongkrong di kedai kopi dan galeri seni.

Dok. Pribadi


6. BNB atau Hotel Butik

Sempat ngetren dengan hotel bujet dan modern minimalis, kini era mulai beralih ke bed and breakfast atau hotel butik. Traveler menyukai konsep BNB karena lebih cocok untuk tujuan wisata, yaitu lebih banyak menikmati destinasi dan menggunakan hotel untuk tidur nyenyak dan sarapan saja. Selain itu, hotel berkonsep butik yang menampilkan tema tertentu juga kini semakin digandrungi sebab traveler mulai merasakan pentingnya menikmati suasana yang berbeda saat beristirahat di hotel. Mana lagi, saat ini orang tergila-gila dengan yang instagramable. Dan hotel adalah salah satu setting foto yang menarik untuk dipamerkan di instagram.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Dok. Pribadi

7. Kuliner Otentik

Kuliner otentik juga kini ngetrend di kalangan wisatawan. Semakin banyak orang sengaja ke pelosok daerah untuk menemukan kuliner yang benar-benar asli dari daerah masing-masing. Orang berlibur ke Jogja, mau jauh-jauh ke Bantul untuk merasakan Sate Klathak asli di Pasar Malam. Orang yang berlibur ke Bali, lebih suka menyantap tipat cantok di warung kecil. Orang yang mengunjungi Jakarta, lebih memilih makan Kerak Telor di Kota Tua daripada menyantap yang dijual di food court dalam mall mewah.

Dok. Pribadi

Dok. Pribadi

Dok. Pribadi

Dok. Pribadi

Dok. Pribadi

Dok. Pribadi

Nah, dari ke-7 gaya travelling di atas manakah yang paling kamu banget? SHARE dalam kolom komentar ya kakaaa... :)

35 komentar:

  1. Aku suka semua kaka tergantung uangnya wkwkwkwk

    BalasHapus
  2. Aku suka semua kaka tergantung uangnya wkwkwkwk

    BalasHapus
  3. Fleksibel aku anaknya kak 😹😹 bisa yg mana ajaaa ^^
    Basonya yaaa ituuuu, yumih

    BalasHapus
  4. Kalau saya traveling kadang tergantung isi dompet mbak hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama tergantung dari sponsor ya mbak? #ehgimana? XD

      Hapus
  5. Booking online jadi preferensi aku selama ini, tapi ide lainnya juga ga kalah seru mba :)

    BalasHapus
  6. Aku travelling gratisan, belum ditulis kakak hihi

    BalasHapus
  7. Hahaha aku sama kaya sally mau traveling gratisan, walau kenyataannya jarang sihh bisa gitu.. ^^

    BalasHapus
  8. Aduh mba gambar baksonya itu lho bikin ngiler

    BalasHapus
  9. aku suka yang pesawat low budget dan makanan ontentik

    BalasHapus
  10. Aku suka piknik selo dan solo kak. Jalan sendiri dengan waktu yang sesukanya, kadang berhari-hari mandek di satu tempat dan asyik nongkrong sama warga lokal hehe.

    Oya satu lagi yang sekarang lagi ngehits, traveling sambil ngadain kegiatan sosial di satu tempat. Jadi nggak cuma hura-hura aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tuh skrg lagi hits ya mba traveling sambil social activity

      Hapus
  11. Aku suka yang santai, banyak kuliner dan banyak mengunjungi alam dan museum :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Sari... thank you udah mampir lagi. aku pun suka yang banyak kulinernya mba :)

      Hapus
  12. Aduuh itu baksonya menggoda bgt *salahfokus
    Travelling yg mana aja stylenya yg penting bisa travelling

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mba Lia baksonya mengalihkan perhatian ya hahaha

      Hapus
  13. Suka naik keretaaa.. :D Tempat wisata alternatif jg mbaa.. Pingin ke kota2 yg masih belum banyak diekspos rasanya..

    BalasHapus
  14. Aku tergantung budget teh, mau backpacker oke, mevvah juga oke. Nikahable banget nggak sih aku anaknya bisa diajak susah #eaa #iniapaan :))

    BalasHapus
  15. Kalo bawa anak mah biasanya kaga pake kereta, pusing pala mama nanti dehse minta jalan-jalan tapi ngga bisa berhenti, hahahaa..

    BalasHapus
  16. Tergantung bajet, dicari yg nyamannklo bawa bocah, tapi pernah sih bawa Babam naik bus panas2an hehe..

    BalasHapus
  17. Yang gratisan....saya suka saya suka...

    BalasHapus
  18. Backpaker plus plus kali ya bun hahaha....tergantung situasi dan kondisi dompet plus pergi sama siapa :p

    BalasHapus
  19. Mine is a bit of mix of this and that :)..paling sering booking online, almost on everything, dan mix itinerary untuk family, on budget, tapi juga rare-off-beaten-tracks travel :). Cheers from NYC..

    BalasHapus
  20. gaya traveling aku backapacker. Simpel dan nyaman. Kita ngga akan kerepotan kalau harus lari-larian ngejar bus. Dan saking senengnya sama backpack, saya akhrnya punya blog gayaransel.com :)

    BalasHapus
  21. Kalo naik kereta tuh lebih seru ya maaaak. Lebih bisa menilkamti perjalanan. Hehehee

    BalasHapus
  22. aku tipenya "ransel lucu" aja kak :D
    mau backpacker banget belum siap tapi mau ala koper juga belum sanggup, hahaha

    BalasHapus
  23. Seperti komen kebanyakan. Aku sesuai budget jugaa hahaha... :)))

    BalasHapus
  24. Paling seru mah di hotel yang instagram-able. ya ngga?

    BalasHapus