My Polyvore Set



Sabtu, 15 April 2017

Persiapan Kehamilan dan Persalinan Lebih Optimal dengan Aplikasi Hallo Bumil

Waktu tuh cepat banget berlalu ya, perasaan tuh baru banget melahirkan Darell Adhibrata si anak bujang ke dunia ini, eh udah mau SD aja dia. Why oh why??


Pertanyaan “kapan Darell punya adik?” makin sering berkumandang juga ditanyakan. Iya sih kalo dipikir-pikir usai Darell saat ini memang udah selayaknya punya adik. Ya tapi kan segalanya butuh persiapan. Emang persiapan pas persalinan aja yang penting? Persiapan kehamilan nggak kalah penting juga lho. Itu sih dari beberapa artikel yang aku baca. Apalagi saat aku menghadiri Prenagen Pregnancy Educational Journey 2017 Jakarta (#PPEJ2017JKT) beberapa hari yang lalu. Seakan makin dipatenkan kalo mau hamil lagi harus dengan persiapan yang cukup matang. 



Emang apa aja sih yang harus disiapkan saat memutuskan untuk melakukan program hamil? 

Pola makan diperhatikan, berat badan harus kembali normal,persiapan mental dan memperbanyak konsumsi makanan bernutrisi tinggi. Dan ini nggak hanya untuk calon ibu aja lho, calon Ayah juga mesti kudu fardu ain. Berbicara persiapan kehamilan secara fisik umumnya 3 - 4 bulan sebelumnya, baik suami ataupun istri harus mempersiapkan kehamilan. Mulai dari menjalani pola hidup sehat seperti tidur cukup, asupan gizi yang cukup dan seimbang, cukup berolahraga, menghindari  alkohol maupun rokok, pokoknya menerapkan gaya hidup sehat lah.


Nah, biasanya kalo kita konsultasi ke dokter saat melakukan persiapan kehamilan, dokter akan menyarankan untuk mengonsumsi bahan makanan dengan kandungan asam folat tinggi atau suplemen asam folat. Asam folat sendiri dapat mencegah kehamilan yang berisiko, seperti spina bifida atau catat tabung saraf janin juga kelainan genetik pada janin. Pasti nggak mau kan?

Selain makan makanan yang bernutrisi tinggi, calon bumil juga disarankan untuk minum PRENAGEN PRENAPRO Esensis dua hari sekali. Sebaiknya juga dikonsumsi 3 - 4 bulan sebelum persiapan kehamilan agar kebutuhan asam folat, kalsium, vitamin & mineral terpenuhi sehingga dapat mencegah terjadinya cacat pada saat janin terbentuk.




Setelah dinyatakan positif baik oleh test pack di pagi hari ataupun dokter kandungan, perasaan bahagia campur terharu nggak karuan pasti terasa ya. Saat itulah perjalanan kebahagiaan dan keajaiban dimulai. Biasanya sih, pas hamil Darell aku makin pinter untuk memilah makanan dan minuman yang dikonsumsi. Milih yang sehat-sehat, walaupun kadang suka nakal atau yang katanya bawaan bayi a.k.a ngidam, aku sesekali icip makanan yang digoreng dll. Cuma kan, mengingat pas awal kehamilan Darell itu aku ringkih banget. Bayangin selama hampir 3 bulan aku mabok berat, semua makanan yang aku makan pasti aku muntahin. Nyium bau spesifik dikit langsung muntah. Sikat gigi pun muntah. Hampir aja aku nyerah tuh untuk dirawat, abisan berat badan turun sekitar 4 kiloan. Ternyata hal yang aku rasakan ini disebut  sebagai Hiperemesis Gravidarum yaitu muntah berlebihan.

Meskipun enggak semua bumil merasakan seperti apa yang aku rasakan ini, namun kan nggak ada salahnya ya bisa tau lebih lanjut gejalanya apa aja sih? Setelah melakukan research lebih lanjut mengenai hal ini nyatanya ada lebih dari 10 gejala yang mengindikasikan bumil mengalami Hiperemesis Gravidarium, yaitu:

1. Mual dan muntah yang cukup parah
2. Penurunan nafsu makan
3. Berat badan turun dari sebelum hamil
4.  Frekuensi buang air kecil berkurang dari biasanya
5. Dehidrasi dan sakit kepala
6. Super lelah malah bisa sampai pingsan
7. Tekanan darah rendah
8. Gelisah dan sensitif pada bau
9. Mudah marah dan moody maksimal
10. Tidak bisa konsentrasi seperti biasa
11. Denyut jantung cepat
12. Elastisitas kulit berkurang

Dan, iya dong, hampir semua aku rasakan saat mengandung Darell di awal kehamilan tahun 2010 yang lalu. Kalo dulu bisa mengatasinya dengan memperbanyak makan buah dan minum minuman segar. Eh ternyata sekarang sudah ada susu hamil yang bisa mengurangi rasa mual namun tetap menjaga asupan nutrisi untuk ibu hamil. Ini nih salah satu oleh-oleh dari #PPEJ2017 kemarin, aku dikenalin dengan PRENAGEN PRENAPRO mommy emesis yang teruji klinis dapat mengurangi frekuensi mual muntah bahkan menghilangkannya pada hari ke-10 tentunya harus rutin mengonsumsi 2x sehari di pagi dan sore hari sebelum beraktifitas. Manfaat lainnya dari PRENAGEN PRENAPRO mommy emesis ini adalah adanya kandungan tinggi asam folat (270mcg/saji), tinggi kalsium (380mg/saji), fosfor, magnesium, vitamin D dan serta inulin. Enak ya sekarang mah. Coba ya dari dulu aja ada PRENAGEN PRENAPRO mommy emesis. 




Dari acara #PPEJ2017JKT aku juga baru tau kalo sekarang ada aplikasi khusus ibu hamil yang bisa mengetahui perkembangan janin di dalam kandungannya dari waktu ke waktu. Aplikasi ini bernama HALLO BUMIL yang tidak hanya ngasih informasi bemanfaat seputar kehamilan dan menjadi orangtua, namun juga bisa dijadikan sebagai teman setia bumil dalam segala kondisi serta tempat bumil untuk curhat selama kehamilannya. 



Sebenarnya sih aplikasi ini bukan hal yang baru-baru amat, sebelumnya aplikasi ini bernama ILUVUBABY dengan penambahan fitur dan teknologi hanya untuk membuat para bumil makin nyaman menggunakan aplikasi ini, maka diubahlah menjadi HALLO BUMIL

PT. Cakra Radha Mustika sebagai pembuat aplikasi HALLO BUMIL ini sangat mengerti banget apa yang dibutuhkan oleh ibu-ibu terkhusus ibu hamil. Fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi HALLO BUMIL ini sudah pasti bermanfaat bagi bumil dan bisa dijadikan sebagai diary kehamilan lho. 

Dari tadi aku ngomongin fitur-fitur HALLO BUMIL yang bermanfaat bagi bumil, sekarang saatnya aku kupas tuntas fitur yang ada di dalamnya ya:

Hal pertama yang terlihat setelah aku install aplikasi HALLO BUMIL di handphone akan ada beberapa pertanyaan yang ditanyakan sebagai salah satu informasi untuk memulai hal apa yang dibutuhkan oleh masing-masing bumil. Selengkapnya terlihat di gambar berikut ini.














Timeline kehamilan


pada fitur ini bumil bisa mengisi data seputar kehamilannya mulai dari usia kehamilan, keluhan apa yang dirasakan, aplikasi HALLO BUMIL akan memberikan informasi detail tentang perkembangan janin dari minggu ke minggu.






Artikel


Beragam artikel seputar kehamilan mulai dari mitos fakta yang berkembang di masyarakat, nutrisi yang baik bagi bumil hingga tips & trick selama kehamilan bisa didapatkan di sini. Tentunya sign ini dulu ya. Bisa menggunakan email ataupun  sign in menggunakan akun Facebook. Mana saja yang menurut bumil-bumil nyaman. 







Kontrol Kehamilan


Menarik banget sih fitur yang ini, karena bumil bisa dengan baik mengontrol kondisi saat hamil, dan untuk mengetahui aman tidaknya pertambahan berat badan selama kehamilan juga bisa dilakukan di fitur ini. Tidak hanya itu, bumil juga bisa mendapatkan informasi lengkap seputar berat badan saat hamil serta mendapatkan solusi dari setiap permasalahan yang ada.

Maklum ya bu, saat hamil pasti bumil makin kritis ingin menambah ilmu tentang kesehatan kandungan maupun kesehatan diri sendiri. Lebih dari itu, aplikasi HALLO BUMIL ini seperti one-stop-shopping-to-gain-more-knowledge-about-pregnancy. Apa aja ada disitu. Lengkap deh!



Album foto

Fitur terakhir ini yang paling disukai sama bumil manapun. I can guarantee that! Ya, ini adalah fitur album foto selama perjalanan kehamilan yang dikumpulkan di sini dan nantinya bisa diabadikan untuk bahan cerita ke anak nanti. Lagi juga, tren pregnancy photo kan saat ini lagi happening banget tuh. Bisa dimasukkin ke sini juga. Pastiin fotonya dengan angle yang oke ya! :)





Jangan khawatir dengan keakuratan informasi pada aplikasi HALLO BUMIL ya, karena ini adalah aplikasi kehamilan pertama di Indonesia yang interaktif dan memberikan informasi terbaik bagi bumil di seluruh Indonesia. Fitur-fitur yang terdapat di dalamnya pun merupakan hasil kerjasama dengan tim medis berpengalaman sehingga bisa sangat baik memahami perjalanan kehamilan bumil. Andai aja aplikasi seperti ini sudah ada sejak aku hamil Darell dulu ya, udah pasti makin pinter dan paham seputar kehamilan. Alhasil bisa memberikan yang terbaik untuk teristimewa untuk si buah hati kesayangan. Hal ini pun disampaikan oleh Head Digital Marketing PT. Cakra Radha Mustika, Bapak Wolga Setyanto. Aplikasi HALLO BUMIL dapat mengakomodir kebutuhan ibu hamil dengan baik, apalagi penyampaian dan bahasa yang digunakan mudah dipahami. Semacam punya dokter kandungan pribadi di dalam handphone ya.

KALBE Nutritional dan PRENAGEN sebagai sponsor resmi aplikasi HALLO BUMIL tentunya sudah melakukan riset terhadap 1000 ibu hamil dan lebih dari 90% calon ibu (termasuk aku nih pasti, hahahah pede nian kau) membutuhkan informasi mengenai perkembangan janin, juga informasi mengenai nilai gizi dan nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Menariknya, media yang paling banyak digunakan oleh bumil untuk mencari tahu seputar pengetahuan kehamilan ya dari layar handphone masing-masing. Ini bener banget nih! Handphone itu semacam pembuka jalan dan pemberi jawaban atas setiap pertanyaan. Btw, aplikasi HALLO BUMIL bisa diunduh di sini yah, untuk Google Play. 

Oia, selama kehamilan selain mengetahui informasi seputar kehamilan lewat HALLO BUMIL, bumil juga perlu konsumsi rutin PRENAGEN PRENAPRO mommy sehari dua kali supaya bumil tetap fit selama menjalani kehamilan, juga dapat mencegah anemia, membantu kesehatan pencernaan, serta mendukung perkembangan otak dan kecerdasan janin di dalam kandungan.




Kalo susu ibu hamil PRENAGEN PRENAPRO mommy ini sih aku rajin konsumsi saat hamil Darell dulu ya. Karena memang, susu biasa dengan susu ibu hamil itu berbeda lho. Bedanya lebih di dalam kandungannya, seperti yang disampaikan oleh dr. Budi Imam Santoso, dari POGI (Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia) pada acara #PPEJ2017JKT

Setiap tahunnya acara #PPEJ2017JKT memberikan luapan informasi bagi bumil, enggak heran peserta yang hadir ribuan ya. Mereka begitu antusias mengikuti acara ini, bahkan terlihat dari antrian para peserta saat melakukan registrasi. 

Lagipula sebelum acara dimulai di dalam ballroom Hotel Pullman Jakarta, beberapa booth sudah siap menyambut bumil dan para peserta lainnya untuk memberikan yang terbaik untuk yang teristimewa. Apa aja sih? Ada photo booth,  booth konsultasi dengan dokter kandungan, booth pengenalan aplikasi HALLO BUMIL, boot Dapur Sehat PRENAGEN








Selama acara #PPEJ2017JKT seluruh peserta diharuskan untuk menggunakan kaos PRENAGEN yang diberikan oleh pihak penyelenggara. #PPEJ2017JKT dipandu oleh ibu muda cantik mantan Brand Ambassador PRENAGEN yang sudah memiliki tiga anak, Mona Ratuliu. 

Hadir di acara bergengsi seperti #PPEJ2017JKT membuat aku makin paham dan dimanjakan, lho kok? Gimana enggak, selama hampir 3 jam acara aku disirami informasi penting seputar kehamilan dari narasumber yang kompeten dibidangnya masing-masing. Seperti Dr. Boy Abidin SPOG yang menyampaikan pentingnya peran plasenta di masa kehamilan. Kenapa? Di dalam plasenta ini terdapat saringan yang menyaring asupan makanan yang dikonsumsi bumil pada janinnya. Karena alasan inilah bumil diharuskan menjaga kesehatannya selama hamil, karena bumil rentan terkena virus ataupun kuman yang bisa menjadi penyakit ditubuhnya. 

Dr. Boy Abidin SPOG menyarankan bumil untuk banyak konsumsi air putih, mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi dan bergizi, rajin olahraga atau olah tubuh, hindari stres, asap rokok apalagi alkohol. Usir manjalah mereka semua... hussh hussh.. 




Bumil juga perlu memastikan letak plasenta ada ditempatnya, nah setiap jadwal bulanan kontrol ke dokter bumil harus tanyakan ya. Kalo letak plasenta tidak sesuai dinamakan plasenta previa, yaitu plasenta yang menutupi sebagian atau seluruh jalan lahir (mulut rahim).

Pada awal kehamilan, plasenta yang terletak di bawah terkadang cukup umum dijumpai. Tetapi seiring dengan bertambahnya usia kehamilan dan pertumbuhan rahim, plasenta biasanya bergerak ke atas dan menjauh dari mulut rahim.

Apabila plasenta tidak bergerak ke atas dan menutupi sebagian mulut rahim atau menyentuhnya, peristiwa ini disebut previa sebagian. Jika plasenta menutupi seluruh mulut rahim, disebut previa total.




Hadir juga Dr. Herbowo Soetomenggolo SpA(K) yang menyampaikan tentang Pengaruh Nutrisi Terhadap Pembentukan Sistem Saraf Pusat. Ia juga menjelaskan pentingnya 1000 hari pertama kehidupan anak yang dimulai dari dalam kandungan hingga usia 2 tahun. It's a golden year!

1000 hari pertama kehidupan adalah periode percepatan tumbuh kembang yang dimulai sejak terbentuknya janin dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun. Untuk itu penting bagi calon ibu untuk dapat memberikan asupan nutrisi terbaik untuk janin buah hati yang dikandungnya nanti hingga menyusuinya selama 2 tahun. Kalau diibaratkan, anak yang pintar dan cerdas memang harus dipupuk jauh sebelum kehamilan itu ada. 

Seperti yang aku telah jelaskan diatas tentang bagaimana pentingnya asam folat untuk wanita, baik yang sedang dalam program kehamilan, hamil hingga masa menyusui sang buah hati. Nah, rangkaian produk PRENAGEN PRENAPRO dari esensis, mommy emesis, mommy, lactamom hingga juice sudah dilengkapi dengan kandungan asam folat tersebut.





Anjuran IMD (Inisiasi Menyusui Dini) dan menyusui bayi minimal 6 bulan dan maksimal 2 tahun adalah syarat sah untuk mencetak generasi penerus bangsa yang tak hanya sehat tapi juga pintar dan cerdas. Asupan nutrisi seperti susu ibu menyusui juga penting dikonsumsi semua busui, seperti PRENAGEN PRENAPRO lactamom yang dapat meningkatkan stamina busui selama menyusui juga menambah kualitas ASI selama menyusui agar BB buah hati kesayangan bisa bertambah sesuai standar serta tambahan faktor kecerdasan sehingga bayi kita lebih cerdas dalam tumbuh kembangnya.


Brand Ambassador PRENAGEN PRENAPRO pun turut hadir di #PPEJ2017JKT, siapa lagi kalo bukan Andien dan suaminya Ippe. Mereka bercerita seputar pengalaman sejak Andien dinyatakan positif hamil hingga Kawa dilahirkan ke dunia. Menurut Andien, apa yang disampaikan oleh Dr. Boy Abidin dan Dr. Herbowo memang benar dan hal tersebut dirasakan oleh Andien selama kehamilan Kawa. Bumil harus banget mengetahui informasi seputar asupan gizi dan nutrisi selama hamil hingga menyusui. 

Bahkan di acara ini, Andien ikutan membuat menu super food bersama Chef Eddriantjia lho. Menu smoothies bowl dan chia sheed pudding dengan PRENAGEN PRENAPRO yang tak hanya sehat tapi juga nikmat rasanya. 





Ngebahas informasi seputar kehamilan dan kesehatan janin sudah, membuat menu sehat untuk bumil pun sudah, hmm...kurang lengkap rasanya jika tidak ada olahraga ya. Nah, PRENAFIT #PPEJ2017JKT kali ini bersama Adianti Reksoprojo. Gerakan-gerakan sederhana yang diberikan ternyata dapat membuat bumil lebih segar dan makin fit. 



Acara pun ditutup dengan para peserta, narasumber, Andien, MC, dan dari PRENAGEN juga KALBE Nutritional bersama-sama berkomitmen unttuk menjaga nutrisi selama masa kehamilan dan menyusui dengan minum PRENAGEN untuk membuat generasi Platinum, Ibu Sehat Indonesia Sehat!"

Nah, buat bumil yang ingin tahu informasi lebih lanjut seputar PRENAGEN bisa lho kepoin media sosial mereka di:

Facebook: https://www.facebook.com/PrenagenWorld/
Twitter: https://www.twitter.com/prenagenworld
Instagram: https://www.instagram.com/prenagenworld/








17 komentar:

  1. Ih mak aie lengkap banget nih liputannyaaa. Acaranya seru banget ya maaak, plus pulang-pulang langsung bawa banyak ilmu baru yaaa.. Cuss lah bisa langsung menyiapkan #adikuntukDarrel. Hihihiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah tetep dengan #AdikuntukDarell..pulang2 bawa ilmu baru plus bekal susu kehamilan

      Hapus
  2. wah makin canggih ya jaman sekarang bumil mamkin banyak info yg berguna

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak ya hamil jaman sekarang mak Tira,banyak info :)

      Hapus
  3. Aplikasi yg sangat membantu. Sayang, aku belum hamil lagi hehe

    BalasHapus
  4. Setuju bnget sama mak aie. Bumil harus disappoint agar selalu bahagia

    BalasHapus
    Balasan
    1. bumil harus bahagia ya..enaknya jadi bumil :)

      Hapus
  5. memang persiapan kehamilan itu harus dari awal, bahkan sebelum menikah. apalagi Asam folat yang penting banget buat perkembangan otak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini nih info yang penting ya, asam folat untuk bumil dan janin :)

      Hapus
  6. 0Abis kenyang baca tulisan yang lengkap kece badai ini jadi kepikiran pengen hamil lagi kalau ga inget umur ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi ibu hamil memang menyenangkan ya mak.. banyak yang perhatian dan disayang hehhehe

      Hapus
  7. Ada juga ya aplikasi khusus ibu hamil, aplikasi ini nantinya akan memberi petunjuk apa saja yg di lakukan di masa kehamilan ya neng...

    BalasHapus
  8. Mba aie...makasih banyak infonya..semoga aq yang mau program hamil juga berhasil....aamiinn.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin,semoga berhasil ya program hamilnya :)

      Hapus

  9. wah persiapan buat bumil, belum punya istri jadi buat tambah-tabah wawasan aja.. infoana

    BalasHapus