My Polyvore Set



Kamis, 13 April 2017

Tak Hanya Helm, Masker Juga Penting Untuk Pengendara Motor

Makin banyaknya kendaraan yang melintas di sepanjang jalan kota Jakarta tercinta ini nggak hanya berimbas pada kemacetan lho. Polusi udara pun makin meningkat. Ini sih yang aku rasain banget. Pokoknya kalo naik ojek online ataupun motor pribadi kudu banget pake masker. Kalo kamu? 

Karena itu, selain helm, barang kedua yang juga penting buat pengendara motor ataupun penumpangnya adalah masker. Tujuannya tak lain dan tak bukan menghindari paparan polusi udara yang dampak jangka panjangnya bisa membahayakan kesehatan. Jadi jangan dianggap remeh ya gaess!





Efek awal terpapar polusi udara adalah pusing, sesak napas hingga menimbulkan depresi. Depresi sendiri bisa terjadi pada siapa pun. Hal ini menyebabkan kerusakan mental dan mempengaruhi kemampuan orang untuk melaksanakan tugas sehari-hari. Sebab, pengidap depresi ditandai dengan perasaan yang menurun seperti muram, sedih sampai perasaan tertekan. Dan untungnya, depresi dapat dicegah.

Atas dasar inilah, Portal Otomotif No. 1 di Indonesia, Mobil123.com bersama dan media online lifestyle Otospirit.com mengadakan kegiatan sosial "mask for bikers". Sebanyak 1.000 masker dibagikan kepada pengguna kendaraan sepedamotor yang melintasi Jalan Radin Inten 2 Buaran, Jakarta Timur.

Kegiatan mask for bikers melibatkan 15 bikers dari lima komunitas sepedamotor (Journalist N-Max Club, Suzuki GSX Club Indonesia, Ninja Injection Owners, Jakarta Max Owner Club, Vario Owner Medias) di persimpangan Buaran, Jakarta Timur, dimulai pukul 16.00 – 17.00 WIB.  Selanjutnya mereka turut membagikan seribu masker kepada para pengguna jalan.



Tentunya kegiatan ini menjadi magnet para pemotor yang sedang melintas di daerah itu, bahkan beberapa diantaranya menghampiri dan mengambil masker-masker untuk dipakainya. Regia Glamouria selaku Direktur Mobil123.com dan Otospirit.com mengatakan, kegiatan ini untuk menyambut Hari Kesehatan Dunia yang diperingati setiap tanggal 7 April oleh seluruh penduduk bumi. Nah, tema tahun ini yaitu “Depression: Let’s Talk”.

Mengutip apa yang disampaikan oleh Regia Glamouria kemarin, ia merasa masalah depresi ini menjadi tanggung jawab bersama dan sudah memutuskan untuk fokus Hari Kesehatan Dunia 2017 dengan menggelar kegiatan yang mengarah pada kesehatan lebih baik dengan membagikan masker kepada pengguna sepedamotor. Salut! Regia juga menambahkan, “ Satu hal yang perlu diingat, polusi udara berpotensi mengacaukan pikiran dan merusak kesehatan manusia. Masker sangat bermanfaat bagi pemotor agar terhindar dari polusi saat berangkar ke sekolah, kampus atau tempat kerja.”



Menurut Regia, kegiatan ini dilakukan untuk menghindari pengguna sepeda motor terpapar polusi udara yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor, di mana dampaknya akan sangat mengganggu kesehatan di kemudian hari.

Bahkan WHO sendiri mencatat lebih dari 300 juta orang menderita depresi di tahun 2015 atau setara dengan 4,4 persen dari populasi dunia. Hampir setengah dari orang-orang ini hidup di wilayah Asia Tenggara dan Kawasan Pasifik Barat. Dan 3 juta kematian per tahun akibat terpapar polusi udara, di mana 90 persen kematian banyak terjadi di negara berkembang. WOW!!!



Bagaimana dengan Indonesia? Sebanyak 9,1 juta orang menderita depresi atau sekitar 3,7 persen dari populasi.


Nah mulai sekarang, kamu pengguna motor ataupun langganan ojek online, selalu ingat untuk menggunakan masker ya. Biar hidup lebih sehat dan bebas depresi. Kalo kamu sukanya masker wajah model apa? SHARE dong di kolom komentar kak! J

10 komentar:

  1. bener banget. efek polusi udara mengerikan sekali memang

    BalasHapus
  2. Efek polusi bisa dampak pusing plus depresi makanya aku kalau kemana-kemana wajib banget pake masker.

    BalasHapus
  3. Bener banget, pake masker emang penting. Kalo aku pake masker yang bentuknya bibir gitu, lucu soalnya bisa bikin orang ketawa wkwkwk

    BalasHapus
  4. Pantas saja kemarin waktu naik ojek online, driver nya sangat menyarankan agar saya turut memakai masker, ternyata untuk mencegah dari masalah depresi pula.

    Hmm ... sepertinya saya perlu beli 2 masker untuk saya dan si partner pakai nih, sebab kami pulang pergi dari kantor dengan motor setiap harinya.

    BalasHapus
  5. Aku pun tak bisa lepas tanpa masker kalau ke luar rumah yang banyak kendaraannya. Maklum, udah punya alergi debu dan polusi :(

    BalasHapus
  6. Aduhhh polusiii ..harus yahh pake maskerr apalagi asep yg ngebul item

    BalasHapus
  7. Iya,aku sering kering tenggorokan dan wajah jerawat batu klo ga pake masker saat naik motor

    BalasHapus
  8. Gie banget dah klo make masker, lucunya pas di cerbon pakai masker, jaket, helm dan kaca mata item malah di pandang aneh. Padahal di Jakarta mah udh biasa hahaha

    BalasHapus
  9. Wah mulai sekarang harus pakai masker nih. Males banget soalnya.

    BalasHapus
  10. Jangankan sesak napas, lupa pake masker pas motoran aja, besokannya muka aku bisa timbul jerawat loh ! Polusi udah makin parah yaa..

    BalasHapus