My Polyvore Set



Minggu, 07 Mei 2017

Anak Ingin Bereksplorasi? Katakan Iya Boleh, Bun!

“Bun, mau main hujan-hujanan, boleh ya Bun?”
“Boleh nggak Darell punya kucing, Bun?”

Belakangan ini si anak bujang – Darell Adhibrata emang lagi hobi menguji kesabaran Bunda dengan banyak nanya, banyak minta ini itu, dan banyak main hal-hal yang kadang Bunda nggak rela Darell ngelakuinnya. Apalagi sejak umur 5 tahun, Darell ini rasa ingin tau-nya makin besar dan makin aktif. Nggak bisa tuh ngeliat Darell diam, duduk manis selama lebih dari 5 menit. Ada aja yang dilakukannya. Sekalinya tangan dan kaki diam, eh mulutnya ngoceh nggak berhenti, begitupun sebaliknya. Kadang Bunda dibuatnya kewalahan sama kelakuan Darell ini.




Pernah suatu hari Darell minta izin buat main hujan-hujanan, bukannya Bunda ngelarang, Bunda hanya khawatir nanti Darell sakit. Buibu ada yang kayak aku nggak sih? Kekhawatiran terhadap anak terlalu berlebih gitu. Belum lagi pas main ujan, udah dipastikan Darell juga main kotor-kotoran. Aduh, pening kepala Bunda ngebayanginnya nak. Padahal mah dulu Bundanya juga sering main hujan-hujanan, lho. Inget banget deh, momen main hujan-hujanan sewaktu kecil adalah salah satu momen yang dikenang banget hingga sekarang.


Lebih dari itu, main hujan-hujanan juga memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang Si Kecil lho. Dari artikel yang pernah aku baca, meski hanya terguyur air saat main hujan-hujanan kemampuan fisik dan motorik Darell bisa terstimulasi dengan baik. Biasanya kan kalo main hujan-hujanan, anak-anak akan menggerakkan anggota tubuhnya dari kepala hingga ujung kaki. Ia akan berlari, melompat, menadahkan tangan, mencipratkan air bahkan ia akan menemukan hal-hal yang dapat mengembangkan imajinasinya.




Aku memang tipikal orangtua yang gemar mencari tau dan menambah ilmu parenting dari membaca dan bertanya pada guru ataupun psikolog anak setiap ada kesempatan. Salah satunya aku dapat dari DANCOW Explore Your World yang berlangsung pada tanggal 29 - 30 April 2017 di Kota Kasablanka,Jakarta. Acara tahunan yang rutin diadakan oleh Nestle DANCOW ini diperuntukkan bagi anak-anak  usia 1 - 5 tahun untuk bereksplorasi lebih. 

Psikolog Ratih Ibrahim memaparkan, pada masa eksplorasi bagi anak yang terpenting adalah cinta dan dukungan orangtua. Seperti memperbolehkan anak bereksplorasi sebagai wujud cinta dan dukungan para orangtua. Lebih dari itu, kepercayaan diri orangtua dapat mendorong sang buah hati untuk berani dan mandiri sehingga semakin terbuka kesempatan untuk mereka belajar hal-hal baru dan mengembangkannya. Jadi enggak ada alasan lagi untuk takut anak bereksplorasi lebih ya Bun. Karena perlindungan Darell adalah fondasi utama untuk proses belajar dan pertumbuhan fisiknya. 

Selama aku memberikan asupan nutrisi yang tepat, seperti susu pertumbuhan DANCOW ADVANCED EXCELNUTRI+ 5+ dengan lebih dari 3x kandungan Lactobacillus Rhamnosus dan Bifidobacterium longum yang melindungi pencernaan anak. Logikanya nih, jika bakteri baik disaluran cerna bertambah, maka sel-sel daya tahan tubuh bisa lebih maksimal.


Acara Dancow Explore Your World di Kota Kasablanka


Dancow Explore Your World Jakarta Kota Kasablanka



Dancow Explore Your World Jakarta Kota Kasablanka 2017

Susu pertumbuhan DANCOW ADVANCED EXCELNUTRI+ 5+ memiliki kandungan yang dapat mendukung proses belajar Si Kecil memasuki dunia sekolah. Dengan memberikan 3 perlindungan di saluran pernafasan, daya tahan tubuh dan saluran cerna. Omega 3 & 6 sebagai asam lemak esensial dan prekusor DHA dan AA yang membantu proses belajar Si Kecil. Pertumbuhan fisik makin optimal dengan tercukupinya kebutuhan protein sebagai komponen esensial untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Kalsium untuk membangun dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi. Serta Vitamin B1 & B2 yang berperan sebagai koenzim perubahan karbohidrat menjadi energy, ditambah Vitamin D yang dapat membantu penyerapan kalsium.

Pada dasarnya, tiga elemen yang mempengaruhi tumbuh kembang anak yaitu nutrisi, stimulasi serta cinta dan kasih sayang dari orangtua. Untuk itulah hadir inovasi Nestle DANCOW Advanced Excelnutrition dengan Lactobacillus rhamnosis hinggat tiga kali lipat lebih tinggi dari sebelumnya. Riza Nopalas selaku Senior Brand Manager DANCOW pun yakin akan tiga elemen tersebut sebagai cikal bakal tumbuh kembang anak yang optimal. Ia pun berharap inovasi yang didukung oleh Nestle Research Center ini dapat membantu anak-anak kita mencapai tumbuh kembangnya yang optimal dari sisi nutrisi. 

Inovasi terbaru dari Dancow Advanced Excelnutri 5+


Hal ini diperkuat dengan pemaparan akan pentingnya kesehatan saluran pencernaan dalam tumbuh kembang anak yang disampaikan oleh dr. Bernie Medise, SpA (K). Dengan adanya bakteri baik yang dapat membantu menjaga saluran pernapasan dan saluran cerna anak menjadi fondasi fundamental untuk mendukung proses belajar dan pertumbuhan fisik sang buah hati. Enggak kebayang kan, anak yang aktif untuk bereksplorasi tapi bermasalah dalam pencernaannya. 

Bagaimana dengan stimulasinya? Setelah memberikan nutrisi dan cinta serta kasih sayang, buibu juga memerlukan stimulasi yang tepat agar anak bereksplorasi lebih optimal. Kalau aku menstimulasi Darell untuk menunjang eksplorasinya dengan cara bermain dan berolahraga. Secara ini anak bujang kan aktifnya bukan main ya, Bu. Enggak bisa diem dari bangun tidur sampai tidur lagi ada aja yang dilakukannya. Dari sini aku sadar kalau kecerdasan kinestetik Darell lebih unggul dibanding kecerdasan lainnya. Nah, untuk menstimulasinya aku cukup ajak dia beraktivitas secara rutin di taman kota dengan bermain bola basket, papan jungkat jungkit, bahkan seringnya malah main lari-larian. Oke sajalah Bunda, nak, tung itung nge-gym gratis kan ye. Kali aja bonusnya kurus. 


Dancow Explore Your World Jakarta 2017

Dancow Explore Your World Jakarta 2017 Kota Kasablank


Menariknya lagi, di Nestle DANCOW Explore Your World ini tersedia banyak wahana edukasi yang diperuntukkkan untuk anak-anak main tanpa "dikawal"orangtuanya. Sempat khawatir sih aku, tapi ternyata dengan memberikan kepercayaan pada Darell untuk bermain dan bereksplorasi, disitu malah Darell makin cerdas dan pintar. Lagipula, enggak ada salahnya untuk bilang IYA BOLEH pada anak, saat ia ingin bereksplorasi kan? Masa iya dilarang-larang terus. Kebetulan juga, Nestle DANCOW Explore Your World mempunyai tagline "IYA BOLEH"sebagai simbol kepercayaan diri orangtua untuk melepas sang buah hati membuka potensi maksimalnya. 

In my honest opinion, tag line yang diusung Nestle DANCOW Explore Your World ini sangat ngena pada kehidupan sehari-hari tiap orangtua, terkhusus Bunda/Ibu/Mama/Mamih/Umi. Ya kan? Kalo Darell sih sering banget nih ngasih pertanyaan yang diawali dengan,"Bun boleh enggak, Bu?"

Balik lagi pada keseruan Nestle DANCOW Explore Your World yang dilengkapi dengan empat area utama, yaitu:
1.  Art Centre yang aktivitasnya didominasi dengan hand painting dan story telling
2. Central park yang dilengkapi dengan teknologi augmented reality
3. Smart City yang memberikan kebebasan anak untuk membangun kota DANCOW versinya sendiri dengan menggunakan lego
4. Play Park yang mengajak anak berpetualang wall climbing dan monkey bar 

Keseluruhan aktivitas ini bertujuan untuk mengasah kepintaran anak mulai dari kemampuan berbahasa, memperhatikan, mengingat, menyelesaikan masalh hingga keterampilan motoriknya. 



Dancow Explore Your World Jakarta 2017


Dancow Explore Your World Jakarta 2017

Dancow Explore Your World Jakarta 2017

Dancow Explore Your World Jakarta2017

Dancow Explore Your World Jakarta 2017

Dancow Explore Your World Jakarta 2017


Darell mah paling suka Play Park dan Smart City, tapi sayang belum sempat ke Central Park dan Art Centre. Nestle DANCOW Explore Your World menyajikan paket lengkap bagi orangtua dan anak. Jadi ingat statement-nya  Riza Nopalas, "Tak hanya menjadi tempat bagi anak untuk belajar lebih berani dan mandiri, kami ingin para Bunda dan Ayah yang mendampingi Si Kecil di Nestle DANCOW Explore Your World juga semakin yakin untuk mengatakan "IYA BOLEH" untuk Si Kecil bereksplorasi. 

Alhamdulillah banget banget, aku mendapatkan kesempatan untuk ajak Darell main di Nestle DANCOW Explore Your World. Enggak hanya Darell yang hepi bisa main-main, akupun pulang dengan membawa bekal cukup banyak yang kaya manfaat untuk mendukung tumbuh kembang Darell nanti. 


Dancow Explore Your World Jakarta 2017

Dancow Explore Your World Jakarta 2017

Dancow Explore Your World Jakarta 2017

Menjadi orangtua memang harus belajar sendiri, belajar dari anak, belajar dari kesalahan yang pernah dibuat dan belajar memberikan yang terbaik untuk masa depan anak nantinya. 

Jadi, masih nih ragu untuk berkata"IYA BOLEH"? :) 

Bunda-bunda lainnya punya cerita menarik dan seru saat membolehkan Si Kecil mencoba berbagai jenis eksplorasi? SHARE juga yuk di kolom komentar! J


14 komentar:

  1. Kalau mandi hujan sejak dulu saya gak pernah melarang. Malah saya ikutan mandi hujan juga. Tapi tetep ada syarat dan ketentuannya.

    Kalau minta kucing, masih belum saya kasih. Abis saya aja takut ma kucing hehehe. Tapi saya kasih mereka izin untuk kasih makan/minum kucing liar yang banyak di dekat rumah. Mau ngelus-ngelus kucingnya pun dibolehin ^_^

    BalasHapus
  2. Darell keliatan seneng bgt ya :)

    BalasHapus
  3. Darell bikin gedung apa tuuuh tinggi banget 😍

    BalasHapus
  4. Wah seruu banget acaranya..sayang babam kebandung. Bebas eksplorasi dan iyah boleh pokokny

    BalasHapus
  5. Wihh seru ya acaranya.. iya taglinenya ngena bgt deh itu. Jadi bikin mikir kita lebih sering bilang "gak boleh" atau "IYA BOLEH" ya ke anak? Wkwkwk..

    Intinya sih kalau utk sesuatu yg gak terlalu byk bahaya dan anaknya sehat2 aja apa aja boleh ya mbak Aie :)

    BalasHapus
  6. Darell...kebayang deh "repot"nya sama anak2 seusia Darell yg emang lagi pengen tau banget. Gie musti banyak2 belajar nih sama para bunda masa kini, persiapan buat jadi ibu 😊

    BalasHapus
  7. haha iya yaaah main hujan hujanan itu katanya ada manfaatnya juga yaaa... biar anak bisa eksplor , mungkin asal jangan kelamaan kali yaaa biar ga pileek hehee.. anaku Fahri mah takut sama air, mandi aja susyeeeh... sukanya sama air cuma ngobok ngobok kolam ikaan hahaa

    BalasHapus
  8. Wiii asik ya area2 main di explore your world kmarin.., si bungsu juga enjoy banget..

    BalasHapus
  9. meski ga ikut tapi bisa ngerasain hepinya

    BalasHapus
  10. Darell hebat, berani duduk & bantuin MC di panggung acara Dancow kemaren :D sekarang udah mengurangi dikit2 bilang jangan, diganti Iya Boleh, tapi tetep dengan kondisi tertentu hihi

    BalasHapus
  11. Jd pengen ajak anak main ujan2nan jg tapi kudu beli jas hujan dulu nih hehe

    BalasHapus
  12. Mandi ujan seruuuuu hihi.. Klo alula kmrn requestnya mau punya kelinci,akhirnya dipelihara deeeh kelincinya,anaknya happy dan jd banyak belajar hal baru juga

    BalasHapus
  13. aku selalu membiarkan anak2 bereksplorasi...supaya tumbuh cerdas dan optimal

    BalasHapus
  14. Darell harusnya ajarin naya biar berani mentas yaaa, hahahaha. Belum pernah main ujan-ujanaaaan. Emaknya jg pingin si, hihi.

    BalasHapus