My Polyvore Set



Rabu, 03 Mei 2017

Saat Bunda Bilang “Iya Boleh”, Disitu Darell Tumbuh Makin Cerdas & Pintar



Menjadi orangtua dari anak usia 5+ memang bukan pekerjaan yang mudah untuk dilakukan, apalagi aku juga seorang Ibu bekerja. Beruntungnya aku punya anak seperti Darell Adhibrata yang aktif, sehat, cerdas dan pintar. Belum lagi Darell sangat kritis dan ingin tahu segala hal. Rasa penasarannya yang tinggi, tingkah polanya yang sering menguji kesabaran Bunda, kosakata yang semakin banyak dan bertambah setiap hari hingga kemampuan Darell dalam mengekspresikan perasaannya yang bisa bikin Bunda terperangah.

Proses tumbuh kembang Darell bisa dibilang proses yang sangat aku nikmati setiap harinya. Walaupun di siang hari aku bekerja, namun aku selalu dapat update-an tentang kepintarannya Darell dari Neneknya. Komunikasi kami pun cukup lancar, setiap jam makan siang biasanya aku menyempatkan diri untuk menelepon ke rumah hanya sekedar ngobrol menanyakan aktivitas Darell ngapain aja di hari itu. Begitupun saat aku pulang dari kantor.


Sedari kecil, “bakat” keaktifan Darell udah terlihat jelas. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi di malam hari, Darell nggak ada capeknya tuh, ya ngoceh, main, nyoba ini itu, bahkan sejak bisa berjalan dan bicara dengan lancar di usia 1 tahun 8 bulan, Darell udah nunjukin gimana ia haus untuk bereksplorasi.

Makin bertambahnya usia, makin bertambah juga rasa keingintahuannya tentang dunia sekitar. Secara fisik pun, Darell cukup aktif lho. Terlihat dari ia suka banget main lari-larian, lompat-lompatan bersama teman-temannya di sekolah ataupun di rumah.




Aku bersama pak suami pun membuat agenda rutin untuk Darell bereksplorasi serta mengembangkan rasa ingin tahunya dengan bermain di luar rumah. Nah, belakangan ini setiap akhir pekan daripada ke mall, kami pun lebih memilih menghabiskan waktu dengan mengajak Darell bermain di taman kota dekat rumah.

Di taman kota ini, Darell bisa melakukan apa saja untuk eksplorasi kemampuan fisik dan sosialisasinya. Lebih dari itu, dengan bermain di taman kota bisa menstimulasi tumbuh kembang Darell dan kecerdasan majemuk yang dimilikinya.

Dari beberapa seminar yang aku dapat tentang Pola Asuh dan Tumbuh Kembang Anak mengatakan bahwa tumbuh kembang anak berkaitan erat dengan aktivitas luar ruang. Tentunya, hal ini bisa tercapai jika dilakukan dengan maksimal.





Menariknya, bermain di taman kota juga bermanfaat untuk menstimulasi motorik kasar anak, sosial anak dan psikis anak lho. Anak yang bermain di luar rumah,seperti di taman, mempunyai daya tahan tubuh yang kuat dibandingkan dengan anak yang bermain di dalam rumah saja. Kenapa? Karena di luar rumah, seperti taman, anak dapat mengeksplorasi segala sesuatu yang dilihat dan dirasakannya. Anak pun dapat bergerak luas dan merasakan udara juga sentuhan cahaya matahari. Apalagi, mainan di taman kota yang aku datangi bareng Darell dan papihnya ini juga bermanfaat untuk tumbuh kembang kelima panca indera Darell. Kebetulan saat ini, Darell lagi suka main di mainan taman kota seperti Keranjang Bola, Bola Dunia, Tangga Pelangi, Papan Titian, dan Tangga Majemuk.

Mostly, mainan tersebut dapat bermanfaat untuk melatih otot tangan dan kaki anak, melatih keberanian dan kepercayaan diri anak, melatih koordinasi tubuh, melatih keseimbangan tubuh anak, melatih kemandirian anak juga melatih kemampuan bersosialisasi anak.






Nah, di taman kota inilah Darell mulai tertarik untuk bermain bola basket. Mungkin selama bermain di taman kota ia sering melihat beberapa orang yang bermain bola basket di sana. Jadinya, ia pun tergerak untuk mencoba. Nggak heran sebulan terakhir ini dia merayu-rayu Bundanya untuk bisa dibelikan bola basket.

Semenjak dibelikan bola basket ini, Darell makin rajin ngajakin Bunda dan Papihnya main bola basket. Setelah sepeda, otoped, dan sepatu roda, saatnya Darell bereksplorasi dengan permainan bola basket. Bunda mah senang-senang aja diajakin olahraga bola basket sama Darell karena sewaktu SD dan SMP Bunda tergolong aktif melakukan olahraga bola basket. Malahan saat SMP sempat membawa nama sekolah barengan tim lainnya menjadi juara 2 se-DKI Jakarta lho. Lah ini ngapa bahas Bundanya ya. Hehehe.















Tentunya dengan rutin bermain bola basket atau bisa dibilang melakukan olahraga bola basket, ada manfaat yang Darell dapatkan dong. Khususnya untuk tumbuh kembangnya. Bola basket juga menanamkan kepercayaan diri dan membantu menguatkan otot-otot anak. Saat melakukan aktivitas olahraga bola basket ini, melatih koordinasi tubuh serta membangun keseimbangan motorik pada tubuh. Berlari, melompat dan menggiring bola yang melibatkan semua tubuh untuk bergerak secara bersamaan menjadikan tubuh lebih sehat dan daya tahan tubuh anak makin kuat.


Emang nggak khawatir Darell main di taman kota?

Sejauh kebutuhan nutrisi Darell sudah terpenuhi dengan baik, aku pun nggak merasa khawatir membiarkannya bermain dan bereksplorasi dengan alam. Berinteraksi dengan alam dengan cara bermain justru memberikan dampak positif terhadap kecerdasannya hingga membuat tumbuh kembangnya lebih optimal. Apalagi kalo kegiatan ini dilakukan bareng-bareng Bunda dan Papih. Bonding antara Darell dengan Bunda dan Papihnya makin lekat dan memberikannya rasa percaya diri untuk melakukan apapun yang diinginkannya.





Trus nggak takut dengan bahaya kuman dan penyakit yang mengancam saat membolehkan Darell main bola basket dan eksplorasi di luar rumah?

Ngapain harus takut, karena perlindungan Darell adalah fondasi utama untuk proses belajar dan pertumbuhan fisiknya. Selama aku memberikan asupan nutrisi yang tepat, seperti susu pertumbuhan DANCOW ADVANCED EXCELNUTRI+ 5+ dengan lebih dari 3x kandungan Lactobacillus Rhamnosus dan Bifidobacterium longum yang melindungi pencernaan anak. Logikanya nih, jika bakteri baik disaluran cerna bertambah, maka sel-sel daya tahan tubuh bisa lebih maksimal.



Susu pertumbuhan DANCOW ADVANCED EXCELNUTRI+ 5+ memiliki kandungan yang dapat mendukung proses belajar Si Kecil memasuki dunia sekolah. Dengan memberikan 3 perlindungan di saluran pernafasan, daya tahan tubuh dan saluran cerna. Omega 3 & 6 sebagai asam lemak esensial dan prekusor DHA dan AA yang membantu proses belajar Si Kecil. Pertumbuhan fisik makin optimal dengan tercukupinya kebutuhan protein sebagai komponen esensial untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Kalsium untuk membangun dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi. Serta Vitamin B1 & B2 yang berperan sebagai koenzim perubahan karbohidrat menjadi energy, ditambah Vitamin D yang dapat membantu penyerapan kalsium.








Rutin mengonsumsi DANCOW ADVANCED EXCELNUTRI+ 5+ pada Darell adalah cara Bunda mendukung proses belajarnya saat memasuki dunia sekolah. Aku juga semakin percaya diri berkata “Iya Boleh” saat Darell ingin mencoba berbagai jenis eksplorasi. Karena Saat Bunda Bilang “Iya Boleh”, Disitu Darell Tumbuh Cerdas & Pintar.

Bunda-bunda lainnya punya cerita menarik dan seru saat membolehkan Si Kecil mencoba berbagai jenis eksplorasi? SHARE juga yuk di kolom komentar! J

34 komentar:

  1. Anak laki emang gitu ya, demennya main yg loncat-loncatan, main kotor-kotoran. Anakku juga begitu. Sekarang Minum susunya juga Dancow 3+ rasa cokelat. Dari awal emang ngasih Dancow, nyoba yg lain kurang suka. Mungkin dari aku juga kali minum susunya Dancow full cream,jadi anak ikutin πŸ˜„πŸ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. tipikal anak laki ya, aktif dan nggak bisa diam. Apapun dia pengen eksplor dan rasa ingin tahunya itu lho yang seringnya bikin Bunda jadi kudu banyak belajar juga supaya bisa mendukung stimulasinya :)

      Hapus
  2. Intinya yaa skr buibu gak usah takut lagi buat bilang " iya boleh " ketika anak ingin mencoba hal baru,karena kita yakin kalau si kecil sudah dilindungi dengan baik hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, dengan berkata Iya Boleh sama anak, bikin dia makin pintar dan cerdas :)

      Hapus
  3. Darrel, ajarin kakak main basket dong. :)

    (((KAKAK)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. sini Kakak Tante Darell ajarin main basket ya hehhehe

      Hapus
  4. Iya boleh,,,. Biar kreativitasnya bertambah tp ttp dlm pengawasan ya mba,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget,selama diawasi oleh orangtua enggak masalah untuk membolehkan anak bereksplorasi :)

      Hapus
  5. Iya boleh kok main bebas diluar asal didampingi biar si Kecil bebas bereksplorasi πŸ˜ƒ

    BalasHapus
  6. Darrel cakep jaketnyaaaaaaa <3 Yes setuju banget biarkan anak-anak bereksplorasi ya maaaak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi... Darell juga suka banget sama jaketnyaa

      Hapus
  7. Cakeep anakmu mbaa :) .

    Akupun ga mau ngelarang anak utk eksplor apa yg dia suka.. Pasir, main yg sedikit kotor, boleh... Asal setelahnya dia lgs bersih2 biar ga kena kuman penyakit :) .. Percaya kok, asal nutrisi k anak cukup, bermain kotor seperti apapun, eksplore banyak hal di sekitarnya, g akan bikin dia jd rapuh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mamacihhh Mba Fanny... Setuju banget aku, dengan bilang Iya Boleh, anak jadi makin kuat, pintar, dan kreatif ya :)

      Hapus
  8. Aku suka banget ngajak Naeema main ke taman daripada ke mall. Irit, praktis dan lebih sehat. Kalau sekarang denger Naeema main hujan disekolah, udah biasa dan ga panik. Asalkan ga lupa ganti baju....yuk semangat dekatkan anak dengan alam dan tak lupa nutrisinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahha.. Darell pun ketagihan mandi ujan, aku nggak pernah larang selama sebelum mandi ujan dia udah makan, trus harus pake sendal yang nggak licin biar aman gitu

      Hapus
  9. Nah iyahh nih cocok.. bagus untuk aktifitas dan kegiatan darrel makin ganteng dan pintar yah abang .

    BalasHapus
  10. Nah iyahh nih cocok.. bagus untuk aktifitas dan kegiatan darrel makin ganteng dan pintar yah abang .

    BalasHapus
  11. Seringnya sih ngomong JANGAN hahahahah XD
    Tapi sekarang berusaha mengurangi, sambil bilang IYABOLEH asalkan.... (tetep ada kondisi tertentu) :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mengubah kata jangan jadi iiya boleh memang butuh kekuatan besar ya... hehehhe, tetep bolehin asal ada kondisi tertentu

      Hapus
  12. Woooww Darell kereeen udah bisa bicara lancar di umur 1 taun 8 bulan yaaa.. moga nanti anakku pinter jugaa kayak bang Darell :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah, perkembangan Darell cukup baik, udah lancar ngomong krn umur 1,5 tahun aku ajak sekolah hehehe

      Hapus
  13. Darell juara, berani mentas pula. Naya harus ditularin nih, hihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. playdate hayukk hahhaha... nanti Naya sama "Mba" Aie main bareng Darell yuk

      Hapus
  14. Darelll samaan lagi nih sama Rafasya. Lg hobi main baskeettt...

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang kali ya diusia segitu hobinya main basket hehhe.. kapan yuk main bareng sama Darell, Rafasya

      Hapus
  15. Anakku Glow perempuan tapi kayaknya lebih aktif dari anak yang cowok...tenaganya ga ada abisnya, keep me stronger day by day :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Glow... kamu cantik nak,jadi kebanggaan mommy ya :)

      Hapus
  16. Darel ganteeng.. pinter.. gawat ga lama lagi kalo udah suka sukaan sama cewek gimana tuh mbak aie ? hahaa kalo itu mah dari "Iya Boleh" bisa jadi "Ngga boleeh!" hahaha mamak posesif karena anak belum cukup umur hehe

    BalasHapus
  17. Si aktif yg pemberani, nurun dari mamaknya kyknya nih πŸ˜…πŸ˜…

    BalasHapus
  18. Ini susu pertumbuhan favorit si bungsu juga Aie..

    BalasHapus
  19. Perasaan tadi sudah komen kok komennya gak muncul ya?
    Trus baru nyadar dirimu bikin dua postingan hehe
    btw naksir jaketnya Darrel :D

    BalasHapus
  20. Iya skrg jd PD bilang IYA BOLEH yah Aie :)

    Darell ganteng ih :D

    BalasHapus