My Polyvore Set



Selasa, 26 Desember 2017

A Beautiful Planet: We Called It Home

Kalo biasanya aku nonton bareng film yang genre-nya drama romantis, fiksi, thriller hingga komedi, kali ini aku diberikan kesempatan untuk nonton bareng film dokumenter yang menceritakan tentang petualangan astronot-astronot dunia yang terpilih untuk eksplorasi bumi dari luar angkasa berjudul, “A Beautiful Planet”.

Film yang berdurasi kurang lebih 47 menitan ini dinarasikan oleh aktris kenamaan Hollywood, Jeniffer Lawrence yang dirilis pada tanggal 26 April 2016 di Amerika Serikat dan disutradarai oleh Toni Myers serta diproduksi oleh IMAX & Walt Disney Studios.


Sewaktu masih duduk dibangku sekolah, aku hanya dapat melihat planet yang kita tempati ini di Planetarium Jakarta, ataupun melalui beberapa film-film yang bertemakan fiksi. Sedangkan dalam film “A Beautiful Planet”, mata kita dimanjakan oleh sajian indah dari Planet Bumi yang didominasi warna biru megah dan indah serta dihiasi awan tipis yang menyelimuti bumi nan bercahaya karena adanya pancaran dari Matahari sebagai titik pusat galaksi. Subhanallah!

A Beautiful Planet adalah karya film yang menceritakan tentang keadaan dan kondisi bumi yang kita tempati ini. Kalau siang hari, terlihat pantulan-pantulan indah dari daratan yang ada di bumi serta lautan biru yang begitu indah. Namun, tak semua daratan berwarna hijau seperti di benua Afrika misalnya, yang sudah didominasi dengan gurun pasir sehingga pantulan yang terlihat dari angkasa berwarna kecokelatan. Belum lagi di beberapa benua seperti benua Amerika yang juga sudah terlihat beberapa warna kecokelatan di daratannya. Hal ini disebabkan Climate Change.





Climate change atau perubahan iklim yang terjadi di bumi sebenarnya wujud dari kurang kepedulian terhadap lingkungan lho. Perubahan jangka panjang yang signifikan pada iklim rata-rata pada sebuah wilayah atau bumi secara keseluruhan memberikan efek yang cukup nyata pada penyerapan air dan pola angin. Untuk itulah Change.org bersama Kedutaan Besar Kanada di Indonesia mengajak beberapa blogger untuk mengikuti acara nonton bareng film “A Beautiful Planet” di Gandaria City tanggal 20 Desember 2017. Tujuannya yaitu kembali mengingatkan bahwa climate change sudah terjadi karena lalainya manusia menjaga alam dan lingkungan, untuk itu diperlukan tindakan nyata untuk setidaknya mengurangi sehingga anak cucu kita tetap bisa menikmati listrik, minyak bumi, hewan-hewan di hutan tropis, air bersih dan masih banyak lagi.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan bumi yaitu:
1. Hemat air, gunakanlah air seperlunya saja karena kalau air di bumi ini sudah tercemar semua dan tidak bisa diolah lagi maka kasian anak cucu kita nanti kesulitan mencari air minum.
2. Hemat listrik karena dengan meng hemat listrik kita dapat menghemat bahan bakar pembangkit
listriknya dan mengurangi polusi dari hasil pembangkit listrik itu sendiri.
3. Hemat bbm karena pemakaian bbm berlebihan hasilnya akan berdampak tidak bagus bagi bumi biasa merusak lapisan ozon  dengan efek rumah kaca.
4. Gunakanlah produk rumah tangga yang ramah lingkungan hindari produk yang mengandung cfc (cloro floro carbon) karena senyawa cfc adalah penyebab efek rumah kaca yang dapat mempercepat lapisan ozon di bumi bolong (misal : produk pengharum ruangan , hair sprai, dan AC).
5. Jika ingin bepergian yang jaraknya kurang lebih satu kilo maka alangkah baiknya kita naik sepeda atau jalan kaki dengan demikian kita sudah ikut mencegah global warming.
6. Manfaatkan lahan kosong di sekitar kita dengan penghijaun missal kita tanam tanaman yang bermanfaat misal buah buahan atau sayur sayuran.
7. Buatlah sumur resapan untuk cadangan air di musim kemarau.



Hal senada juga disampaikan oleh Nina Tamam yang sebelumnya dikenal tergabung dalam grup vocal Warna, dan sekarang ini giat sebagai aktivis lingkungan. Nina sudah cukup sering menyebarkan hal-hal penting seputar dampak dari Climate Change. Menurut dia, sebenarnya menyelamatkan bumi bisa dilakukan mulai dari  lingkung terkecil yaitu di rumah kita. Biasakan hal tersebut pada diri sendiri dan anak-anak. Seperti buang sampah pada tempatnya, hemat penggunaan listrik, gunakan alat-alat rumah tangga yang ramah lingkungan dan hemat penggunaan air.

Bahkan dari film “A Beautiful Planet” digambarkan bagaimana jika bumi kehabisan stok air, which is sebenarnya beberapa gletser di kutub utara dan selatan pun sudah mulai mencair lho, dampaknya yaitu bumi kita tercinta akan seperti planet mars yang kering, dingin dan berwarna merah. Ya ampun, serem enggak sih? Aku mah enggak mau nantinya anak cucuku enggak bisa merasakan air bersih ataupun enggak bisa melihat orang utan. Duh jangan sampe deh ya.





Hal lain yang menarik perhatianku yaitu penampakan bumi di malam hari jika dilihat dari luar angkasa akan terlihat bumi sangat bercahaya karena adanya aliran listrik. Bahkan bisa ketauan lho benua atau negara mana yang sangat ramai di malam hari, seperti di benua Eropa dan Amerika, tampilan cahaya-cahaya indah yang berkilauan membuat siapapun yang melihatnya langsung dari angkasa akan dibuat kagum melihat keindahannya.

Sepanjang 47 menit film ini ditayangkan, tak henti-hentinya aku bersyukur, kenapa? Karena Allah SWT menciptakan planet bumi ini dengan sangat sempurna. Bahkan Matahari dan bulan yang setia mendampingi bumi pun membuatku tersadar bahwa sudah kodratnya manusia untuk merawat alam dan menjaganya agar kelak setiap generasi yang lahir pun bisa menikmati apa yang saat ini kita nikmati.

Oia, film “A Beautiful Planet” belum pernah ditayangkan secara umum di Indonesia ya. Jadi kemarin itu aku nonton bareng temen-temen lainnya adalah yang penayangan perdana. Alhamdulillah, bersyukur banget deh. Film dokumenter IMAX yang menampilkan keindahan bumi layaknya berlian ini dan dampak yang ditimbulkan oleh manusia yang kurang mencintai lingkungan, gambar-gambarnya diambil oleh para astronot dari dalam Stasiun Ruang Angkasa Internasional ISS selama 15 bulan. Wow!






Pemutaran film “A Beautiful Planet” di Indonesia adalah bagian dari rangkaian perayaan “Canada 150” atau ulang tahun ke 150 Kanada yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Kanada di Indonesia bekerjasama dengan Change.org Indonesiayang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian publik tentang penyelamatan lingkungan.

Aku ucapkan terima kasih pada Kedubes Kanada di Indonesia dan Change.org yang sudah memberikan kesempatan luar biasa untuk menyaksikan film yang sangat berfaedah ini serta mengingatkan aku kembali akan pentingnya menjaga lingkungan untuk planet bumi tercinta.

Ingin tau lebih dalam lagi tentang film “A Beautiful Planet”? Go check >>






9 komentar:

  1. Pemanasan global contohnya udah bisa kita rasain nih sekarang. Musim jd anomali, terik panas di tengah (yang seharusnya) musim hujan dan hujan deras si tengah kemarau, huhu. Bakal ada DVDnya gaaaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu yang enggak tau, harus banget nonton kak... tapi sih keknyah ada deh DVD nya

      Hapus
    2. Assalamualaikum wrb,
      saya Rahman saputrah, niat saya hanya ingin berbagi kebaikan khusus kepada orang yang mengalami kesusahan,percaya tidak percaya semua kembali pada pembaca postingan saya, awalnya saya seorang pengusaha yang bisa dibilang sukses, tapi banyak yang tidak suka kalau saya sukses,dan akhirnya bisnis saya bangkrut dan saya sempat jadi Pengangguran kurang lebih 1tahun saya punya anak 3 dan masih kecil2,saya sempat putus asa dan tidak tau mau berbuat apa, tapi setiap saya melihat anak saya, Saya merasa kasian, dan kemarin tampa disengaja ada Teman saya memberi saran dia menyarangkan saya untuk menghubungi Mbah Jonoseuh, beliau memberikan bantuan Pesugihan, awalnya sih saya ragu tapi mau nggak mau saya beranikan diri mencoba bantuan dari Mbah Jonoseuh. Dan syukur Alhamdulillah dengan bantuan pesugihan beliau saya sekarang bisa sukses kembali, terimah kasih Mbah. berkat Mbah saya bisa sukses kembali,ini pengalaman pribadi saya khusus bagi teman2 yang sempat baca dan punya masalah silahkan hub Mbah Jonoseuh di nomor 082344445588 dan pasti beliau bisa meringankan semuah permasalahan yang anda hadapi untuk saat ini,
      Jenis Bantuan (Mbah Jonoseuh)
      1. PESUGIHAN PUTIH (TANPA TUMBAL) 2. TRANSFER JANIN
      3. ANGKA TOGEL
      4. PELET
      5. SANTET
      6. UANG GHAIB
      7. PESUGIHAN TUYUL..
      Adapun bagi yang minat
      Minyak (GAHARU) asli indonesia. silakan telpon langsung Mbah Jonoseuh.
      Dan terimah kasih kepada yang punya room ini karna saya sempat berbagi pengalaman dan mudah2han bisa membantu,

      Hapus
  2. Catatan penting banget bagi kita semua untuk menjaga lingkungan, apalagi sbg muslim Allah sudah memberikan petunjuk melalui Qur'an. Rasullullah pun membrri contoh yg dpt kita ketahui dr hadits, sayangnya kebanyakan dari kita tahu dan paham namun lupa mengerjakan dan terlena keadaan *curcol.

    Btw envy banget sama bunbes bs nonton, kuingin 😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya lho anggi, aie selama nonton aja berkali-kali mengucap subhanallah dalam hati terus

      Hapus
  3. Mari kita lindung bumi kita....

    BalasHapus
  4. mantap kali kakak ini, sungguh pengalaman yang luar biasa :D

    BalasHapus