Trip to Singapore: #1 Nginep di Changi Airport

Minggu, 04 Maret 2018

Dari judulnya aja udah kebayang kan perjuangan aku bareng Lisna dan Ifa selama traveling ke Singapura awal Februari lalu. Jauh dari bayangan indah leha-leha apalagi mevvaaahhh. But it was super fun. Plus nagihin.

Nggak mungkin tanpa drama kalo traveling bareng sahabat kan? Dan dramanya ada di aku malah XD beruntungnya aku punya sahabat kayak Lisna dan Iffa yang pengertian anet. Aku rasa sih mereka enggak beruntung-beruntung banget punya sahabat gue yang banyak sekip. Harap maklum dengan ke-absurd-an eike ya beb. Beginilah adanya. Tapi kalo udah sayang ama orang anaknya mah abis-abisan lah. Apa aje dikasih. *udah deh beb iyain aja ya*

Trip ke Singapura ini sejujurnya semacam rejeki nomplok dengan kewajiban yang berlimpah, alhamdulillah ya, berkah jadi blogger yang katanya mau gratisan doang . Bikin konten di blog dan media sosial pribadi butuh perjuangan dan pengorbanan lho beb. FYI nih buat yang ngecap blogger or KOL or buzzer or influencer mau gratisan doang. Dibalik itu semua ada effort luarbiasa yang harus dikerahkan untuk menciptakan konten yang HQQ dan sesuai brief. Nggak percaya?

Duh nape jadi ngebahas sih, monmaap, ini kan mau ceritain pengalaman trip ke Singapura. Okeh, eike kudu fokus. Drama pertama dimulai saat aku mepet nyampe bandara. Wagelaaasih ini.

Drama Mepet Boarding di Soetta

Yes, ini drama terdrama 2018 deh. Ada sedikit masalah di kantor trus hujan deras plus macet akhirnya eike sampe di Soetta jam 9 teng. Padahal pesawat aku tuh take off jam 21.30 kalo nggak salah ya. Dan, aku juga udah spare waktu cukup banyak, sekitar 4 jam dari kantor menuju bandara. Ternyata waktu 4 jam itu tidak cukup beb buat tiba tepat waktu di bandara. Kondisi ujan yang cukup deras dan macet dimana-mana mengakibatkan mepet nyampe Soetta.

Muka hepi akhirnya nyampe juga Soetta dan berhasil boarding

Rasanya tuh semacam kebelit pipis trus muter-muter nyari toilet akhirnya nemu, legaaaaaaa
Lisna sama Ifa WA berkali-kali nanya posisi dimana. Dan gue masih buka laptop di dalam mobil buat update beberapa hal. Wagelasih dedikasi tingkat dewa hahahahha.

Singkat cerita sampelah aku di Soetta, dalam keadaan utuh. Hahahha.. trus sahabat-sahabatku yang sholehah nan baik hati ini bahkan beliin aku makanan. Karena mereka ngerti pasti w belum makan. Ah, so sweet anet sih kalian.

Dan alhamdulillahnya, w masih bisa boarding, Jet Star emang dah, ngebantu banget. Karena pas aku sampe di Soetta dan langsung menuju tempat boarding Jet Star, ada 2-4 orang yang juga lagi boarding. Lalu petugasnya cukup cooperative buat bantu aku boarding ke penumpang lainnya.

Nunggu masuk pesawat, ini gue senyum karena tau si #lisnamotret lagi beraksi hahahha

bersua sama Rani
Btw, ini pengalaman pertama aku naik pesawat last flight. Baru ngeh-nya pas udah masuk ke dalam pesawat. Jeng jeng... mana seharian itu Jakarta hujan cukup deras. Kebayang lah terbang dalam cuaca hujan plus malam hari pulak. Ngeri-ngeri sedep nyoi kan. Tapi alhamdulillah cuaca cukup mendukung saat take off, enggak ujan sama sekali, trus perjalanan juga lancar.

Tiba di Changi Airport Dini Hari

Akhirnya sampe juga di Changi Airport, Singapura, pukul 01.30 dinihari waktu Singapura. Mantep banget tuh. Hal pertama yang dilakukan adalah menuju toilet buat ngebuang semua sisa-sisa dari Jakarta.

Padahal udah dini hari, tapi kalo pergi sama Lisna & Ifa beda rasanyo, cem siang hari aje.  Ngakak muluk abisan. Kocak dah. Oia,lagi-lagi perkara WC enggak ada semprotan buat cebok di negeri orang pun jadi hal yang lucu. Masih medingan Singapore sih, ada toilet jongkok yang bisa cebok pake air semprotan.

Setelah drama wifi kelar

Enough about toilet things, kami pun cari tempat duduk buat konekin hape ke wifi Changi Airport. Berbekal informasi yang sebelumnya kami dapet di Jakarta, biar wifi enggak mati per 3 jam, kudunya instal aplikasi iChangi yang bisa bikin tenang wifi 'on' terus seharian.

Cuman sempet ada masalah nih di hape aku yang enggak bisa konek langsung, ternyata o ternyata si sinyal biru ini enggak sinyal sama sekali. Masih mending si sinyal kuning. Akhirnya buat konfirmasi dan masukin password yang dikirim via sms ke nomor provider dari Indonesia pun aku pinjem no sinyal kuningnya Rani.

Alhamdulillah, bisa. Thanks to Rani yang udah mau report bantuin eike demi bisa update selama di Changi Airport. Bukan apa-apa beb, roman-romannya nih kita bakalan di Changi Airport seharian. Kalo enggak ada sinyal wifi. Begimane coba bisa eksis di insta story. Atau update poto-poto kekinian selama di sini. Eh enggak itu aja sih yang eike pikirin, kalo ada sinyal kan bisa whatsapp call sama papih dan Darell.

ini lokasi kami nginep

nah ini penampakan lounge lokasi kita nginep, ga taunya deket sama Sculptural Garden dong

Nginep di Changi Airport Terminal 1 Transit Area

Ini pertamakalinya aku nginep di Bandara, sempet was-was dan khawatir dideportasi karena nginep di Changi Airport. Berbagai bekal pun disiapkan, mulai baca-baca tulisan dari teman-teman blogger yang udah pernah nginep di Changi Airport. Hingga baca artikel yang ngasih tips buat nginep di Changi Airport yang sukses.

Karena enggak sedikit yang dibangunin trus dilarang tidur di Changi Airport sama satpam. Kalo kata Lisna, banyak-banyakin baca-baca deh, bismillah kita gapapa dan nyenyak bobo di Changi Airport. Aamin. Pasang muka selon ae.

Setelah drama koneksi wifi terselesaikan, kami pun memutuskan buat jalan menuju ke arah Starbucks. Trus wanti-wanti supaya enggak keluar transit area. Lho kenapa? Karena kalo udah keluar transit area kemungkinan buat bobo cantik di dalam Changi Airport bisa pupus. Itu sih yang dipikirin. Karena logikanya, pasti banyak yang transit buat catch up pesawat selanjutnya kan ya. Dan waktu yang digunain buat nunggu tentunya tidur.

Bisa dibilang beruntung banget kita ini, karena pas menuju starbucks sambil geret-geret koper, Lisna ngeliat ada satu ekskalator yang kami curigai tempat buat istirahat penumpang-penumpang yang transit. Akhirnya Lisna ke atas buat ngecek, dan enggak lama kemudian dia turun dengan senyum bahagia bak dapet rejeki nomplok trus bilang, "Aman nih, yuk ke atas". Yes, akhirnya kami nemuin tempat "aman" buat ngelepas lelah dari Jakarta. Dan, yes, pas aku sampe di atas, banyak banget penumpang-penumpang yang tertidur pulas. Kami pun bergegas nyari spot pewe buat bobo dan siap-siap buat bersihin make up, sikat gigi ama nyiapin baju buat dipake pagi hari (eh ini mah gue ye, miss rempong sejagad hahahah).

kerempongan tiada tara

malamnya lebih rempong lagi nih XD

(masih) merasa beruntung eike pergi bareng Lisna karena dia prepare semuanya, termasuk ngide buat beli bantal tiup, buat tidur dan supaya enggak makan tempat di koper nanti. Jadi aku dan Ifa sebelum tidur pun olahraga niup dulu. Demi kenyamanan tidur malem ini. XD Gausah ditanya deh siapa yang paling lelap dan nyaman bobonya. Udah pasti Lisna. Mau berbagai gaya tidur, tetep aje dia nyenyak. Beda ama gue yang kalo tidur banyak banget syarat yang harus dipenuhi. Kudu gelap lah, kudu telantang lah, kudu pake guling ama bantal lah, et dah fix ini mah enggak bisa diajakin backpackeran XD rempong pisan euy. That's why gue lebih milih tim koper ketimbang backpack. Tau diri w mah. Daripada sok gaya-gayaan backpackeran taunya malah nyusahin temen kan ye. Mending jujur ae. XD lame excuse.

Kalo aku boleh ngasih tips berdasarkan kemarin nginep di Changi Airport, so here is the tips:

1. Saat mendarat di Changi Airport, jangan langsung buru-buru keluar dari imigrasi ya. Karena kalo udah keluar area transit or imigrasi bisa dipastiin kamu enggak akan nyaman buat tidur.

2. Ajak temen yang inisiatifnya tinggi, macem Lisna. Lebih kurangnya ya.

3. Bawa bantal tiup deh, seriusan kepake banget tuh kemarin. Eike nitip beli sama Lisna,kalo enggak salah harganya 20k aja.

4. Jangan lupa bawa 2 botol, 1 buat minum, karena di setiap sudut Changi Airport disediain dispenser ataupun tempat buat kamu minum. And it's free! Mayan tau buat hemat uang jajan. Jangan kayak gue yang lupa bawa botol trus akhirnya beli Evian di Starbuck yang harganya 8 dollar. Etdah, setara dengan 80k itu. Horang hayaaaaaa! 1 lagi buat cebok. Beneran lho ini. Enggak becanda.

muka-muka hepi bisa bobo nyenyak

Changi Di Hatiiii

5. Bawa pop mie, beneran ini penyelamat banget!

6. Bawa jaket, kaos kaki atau apapun yang bisa bikin kamu nyaman buat tidur. Bawa alas tipis juga enggak papa. Karena pas AC di Changi Airport itu dingin teramat sangat. Enggak boong w mah.

7. Bawa handuk kecil buat cuci muka, kalo mandi sih aku belum nemu toilet yang bisa mandi. Setau aku dari beberapa temen yang udah pernah nginep di sana. Ada kok fasilitas buat mandi, tapi bayar.

8. Jangan lupa bawa koyo ama tolak angin ye.

9. Cari lokasi buat tidur yang ada dispensernya. Mayan bisa buat minum air anget ama ngerebus pop mie.

10. Buat diri kalian senyaman mungkin ya.

OOTD merayakan berhasil nginep di Changi Airport tanpa diusir satpam hahaha

Lalu, setelah berhasil nemuin lokasi buat tidur yang pewe dan nyaman, gimana cerita selanjutnya ya? Bangun jam berapakah kita? Trus mau ngapain aja selama di Changi Airpot pas matahari terbit? Stay tune dalam kisah Trip to Singapore selanjutnya.

Anyway kalo kamu punya tips atau saran lain selama nginep di Changi Airport. Boleh lho bagiin infonya di kolom komentar. :)

39 komentar

1. Sini plis bawa gw kemana gitu, Jepang, Korea, Thailand, apa sekalian ke Eropa w mau ko, hahahaha. Seru yaaa, bisa jadi berapa blog post nih cuuuy. Kebayang kalo ke Jepang bisa dibuat berapa post, hahahaha. #kode #kaliajerejekineneng >_<

Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Hapus
  2. Waoww udah jadi aja sis. Emejinggg lah!

Hihi ternyata ga seserem yg dibayangin ya dan paling berperan si karena partnernya asyik. Luvvv kakakkakaanya♡♡♡

Semoga jepun ya siis. Amiiiiin wkwkwk kode juga ikutin seus lisna

BalasHapus
  3. Serruuu banget... Btw itu jangan lupa bawa koyo, sumpah aku banget hahaha kalau lagi capek banget mau tidur templok templokin koyo aja bangun langsung fress

4. Seru abis Mbak cerita nginep di bandaranya hahaha.

5. Hahahahaha ngakak kak, beli Evian untuk ceboook. Horang khayaaaaa :p

BalasHapus
  6. Monmaaf koyo ngk lepas ya bu hahahaha. Nah, aku tuh jg udh feeling me sofly soal lantai atas krn pasti bisa tdr. Tapi luar transit ada teman buat bobok cantik yg enak juga, dimana-mana bisa asal ngak apes ketemu petugas bandara hahahah

7. Mba aku ga ngerti ko tidurnya di eskalator..hehhehe..

btw seruuu banget dan super rempongg yaa..Sudah beberapa kali baca pengalaman org tidur di changi tapi baca yg ini lebih terasa bgt riwehnyaa hahha

BalasHapus
  8. gak sabar nunggu cerita lanjutannya nih mbak andi.

9. Mba Ai gelaaa itu kurang setengah jam baru nyampeeee, mana penerbangan internesyenel. Gilaaak. Mana masih bisa laptopan, sumpah kutakbisa berkata kata. Alhamdulillah ya Mba udah jadi bersenang-senangnya :D

10. Yawlaaa buka namanya emak-emak kalo ga rempong. Seru bener ceritanya, mbak.

BalasHapus
  11. Aku kemarin nggak nginep ditransit area karena banyak babang-babang sekuriti bawa senapan jadinya ngeper, ku tidur diluar deh dengan kursi yang bikin encok hahaha

12. Serruuu banget bacanya Mba Aie.. haha.. :D Dagdigug-nya kek apa ituuu kurang setenfmgah jam baru sampe.. Ya ampun ku gak kebayaaang. :D

13. Bawa koyo kalau lagi traveling itu adalah kunci! Dibawa tidur biar paginya fresh :D

BalasHapus
  14. waa boleh nih dicoba, apalagi kalo jadwal transit yg lama dan bingung mau kemana tidur aja hihi

15. Kalian tidur di bandara kok masih centeess aja sih? Sirik deh! Hahahaha, lain kali ajak aku doong.

16. ya ampunnn keliaaaan flight-nya tengah malem ajaaaaaaah. Tapi seenggaknya punya trip mate jd gak mati gaya :)

BalasHapus
  17. banyak juga ya , yg ngalamin nginep di changi. utknya pada seneng semua ceritanya.

18. Inspiratif n gokil, pengen jg kpn2 mencoba kegilaan traveling macam ni deh

19. Wah halan halan ke singapore makin seru ya kak

BalasHapus
  20. Yaahh ga jadi jalan-jalan bareng Aie. Soalnya aku sukanya backpackeran.

21. Perkara toilet bagi sebagian orang Indonesia emang rempong ya. Hehe apalagi soal air. Eaaa. Enggan kayaknya buat ngeluarin di sana. Mesti nyari siasat lain. Hihi fokus ke sini ya.

22. Wah asyik banget jalan ramai-ramai, pasti rame nih ceritanya.

BalasHapus
  23. Seru banget ceritanya mbak, bisa gak ya ntar kalau ke singapore bareng anak2 dan messti nginep di bandara? jadi penasaran saya mbak hehhe

24. ngakak baca pose foto terakhir, yang ootd ala2 gegara bisa bobok cantik tanpa diusir satpam, hihihihi
    tapi seru banget pengalamannya, mbak, jadi pengen euy akunya

BalasHapus
  25. Asyik banget ini jalan-jalannya. Walaupun banyak dramanya tapi pasti berkesan ya mbak.

26. Seru banget sih kakak cerita nya, next boleh kali ajak2 aku.hehehehe

27. kalo aku ke sepang juga pernah tidur di bandara gegara pelit bayar hotel secara sampe sononya malem banget... tapi changi nyaman bener ye

BalasHapus
  28. Wah ..banyak dramanya, tapi seruuu banget yaa, apalagi bareng-bareng pastinya ga bakalan lupa, apalahi kerempongannya hahaha, ituh pop mie tetep selerakuuu yaa..

Aku bolak balik dateng malem pas di Changi seringna di jemput adek sepupu yg kebeneran tinggal deket bandara,jadi hemaat hahaha..

29. Nungguin kelanjutan ceritanya ah, gimana bobonya di changi. Nyenyak atau tidak dan ngapain aja setelah bangun.xixixi... Btw, mahal juga ya itu air mineral yang dibeli :)

BalasHapus
  30. Aku malah sering last flight hehew..
    Sampe last boarding malahan. Gak tau deh penyakitku suka mepet2 gitu..
    Blm berani juga nginep di bandara aku :))

31. ya ampun, ini semuanya cewe? seru dong kak! hihi

32. wah seru mbak.. aku belum pernah nginep di bandara, jadi pengen nyobain. :)

33. Hihihi seru banget yaa...antara deg2an dan legaa.. Makasih sharingnya ya mbak.

34. Kalau udah delay udeh deh.. Bikin bingung campur kesel bin laper

35. Aku masa gagal fokus sama wajah cantek-cantek kaleaaan? Nginep di bandara aja segorjes itu, lha aku kemaren buluk amat kak hahahahah

36. Ka mau tanya dong, sblm nginep d terminal 1 changi harus ke bag. imigrasi dulu gak? Apa langsung keliling dan bobok chantikc

BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)