My Polyvore Set



Jumat, 20 April 2018

Menghargai Waktu Kebersamaan dengan Anak, Bentuk Apresiasiku Sebagai Orangtua



Enggak gampang jadi orangtua, dan memang enggak ada sekolahnya juga. Setuju dong buibu. Terlebih, aku juga dengan sadar memilih untuk tetap jadi ibu yang bekerja sejak mengandung Darell dan hingga sekarang. 

Meski ya ada on off nya juga, karena sempet lho aku ‘ngambeg’ trus resign dan akhirnya cuman bertahan jadi stay at home mom selama 1 tahun aja lho. Ini juga kalo aku akumulasi karena aku sempat 2x mutusin resign dan stay at home. Di bulan May 2012 dan bulan Maret 2014.

Ternyata ya, enggak ada bedanya lho antara jadi working mom dan stay at home mom, karena sama-sama sibuknya. Cuma bedanya, kalo working mom lebih banyak ninggalin anak di rumah sama neneknya ketimbang stay at home mom. Tapi teteplah sama-sama ibu yang hebat.



Apalagi ya kalo sebagai orangtua kita bisa pinter-pinter bagi waktu antara pekerjaan atau aktivitas di rumah dengan bonding time sama anak sendiri. Makin hebat deh! Ini juga yang disampaikan oleh Carissa Puteri dan Anna Surti Ariani, Psi, psikolog keluarga dalam acara bersama Lotte Choco Pie Indonesia dan Komunitas Emak Blogger hari Minggu 15 April 2018 yang lalu.

Di acara ini, Carissa Puteri yang tengah mengandung anak keduanya, bersemangat buat berbagi tentang gimana caranya mengatur waktu kebersamaan dengan anak pertamanya Qeunzino Acana Naif atau biasa dipanggil “Q”. Sebisa mungkin Carissa menyempatkan waktu buat ciptakan premium moments together bareng Q disela-sela kesibukannya.




Enggak perlu waktu yang khusus atau dijadwalkan, kadang saat Q ngerjain PR, makan malam, sebelum tidur, berangkat sekolah, belanja bulanan atau mungkin lagi jalan-jalan santai di dekat rumah juga bisa lho dijadiin sebagai waktu premium moments together bareng anak.

Tak ada patokan berapa lama waktu yang dibutuhkan agar bisa menciptakan momen berkualitas bersama keluarga. Yang pasti, menurut Anna, berkomitmenlah untuk melakukannya setiap hari. Wah ini mah aku setuju banget. Komitmen dan istiqomah ciptain bonding time bareng si anak bujang kesayangan Bunda Aie satu-satunya ini. 


Percuma juga kan kalo punya waktu bersama 1 jam tapi hanya diisi dengan menonton televisi dan hampir tak ada interaksi. Sembilan menit pun sudah cukup, kok, kalau emang kita menjalankannya secara berkualitas dan dilakukan setiap hari. Nah, berikut aku share beberapa ide ’9 menit’ yang mungkin bisa dicontek buat dilakukan bareng anak setiap hari:


Mengantar anak sekolah setiap pagi.
Saling bercerita di perjalanan, bisa menjadi proses yang saling mendekatkan.

Berkumpul bersama di kamar mama sebelum tidur.

Banyak hal bisa dilakukan di sini, mulai dari sekadar bercerita hingga bercanda. 

Gosok gigi dan bersih-bersih di malam hari.
Di sini kita bisa saling bercanda ataupun nyanyi-nyanyi bareng.

Dan sebenarnya aku pernah share lho tulisan di Cukup 9 Menit Ciptakan Premium Moments Bareng Anak. Jadi banyak lho caranya bikin bonding time kita sama anak lebih premium dan berkualitas.







Memiliki anak bukanlah sekedar menghadirkan mereka atau memberi mereka asupan dan kebutuhan dasar. Lebih jauh lagi, anak memerlukan lingkungan yang positif guna mendukung tumbuh kembangnya sehingga mereka pynya jiawa yang sehat dan bisa ngembangin potensi dirinya secara optimal. Nah, lingkungan yan positif, aman, nyaman dan penuh cinta kasih ini bisa terealisasi jika orangtua mau meluangkan waktu yang cukup dan berkualitas bareng anak-anaknya.

Di event Lotte Choco Pie kemarin itu, yang dibahas yaitu "Dampak Apresiasi Prestasi Harian Anak-anak dalam Pembangunan Karakter, #PremiumMomentstogether". Selain Carissa Puteri dan Psikolog Anna Surti Ariani, hadir juga Brand Manager Lotte Choco Pie, Oci Maharani, mereka membahas secara mendalam lagi tentang bagaimana penghargaan itu akan bikin anak tumbuh lebih bahagi dan memiliki karakter yang lebih positif. 

Lotte Choco Pie yang mempunya pesan komunikasi cukup kuat dan jleb banget, Together, more, telah disampaikan kurang lebih dari akhir tahun 2016.  Pada tahun ini, Lotte Choco Pie kembali mengajak ibu-ibu Indonesia untuk lebih menghargai setiap momen kebersamaan dengan anak-anak, betapa pun kecilnya, bahkan dalam rutinitas sehari-sehari. 







Terlebih ya, memberikan apresiasi terhadap hal-hal kecil yang anak lakukan saat ngabisin waktu bareng anak, nyatanya berdampak positif buat membangun karakternya kelak, lho. Karena itu jangan pelit-pelit ngasih apresiasi ataupun memuji anak ya.

Intinya, dengan memberikan apresiasi yang baik di tiap momen-momen anak, sekecil apapun itu, akan memberikan dampak yang baik baginya. Karena itu, mulai sekarang kita harus memperhatikan kembali tingkah laku Si Kecil dan berikan pujian baginya di setiap momen karena itu akan berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya!

Selain sharing tentang penting Premium Moments & menghargai hal-hal kecil yang dilakukan oleh anak. Di acara gathering with @lottechocopie.id & @emak2blogger juga mengajak ibu dan anak yang hadir bersama-sama bikin hand craft, menghias bingkai dengan peralatan yang udah disediakan. Serunya maksimal deh!

Nah, di foto ini adalah hasil hand craft bingkai Bunda Aie & Darell. Not bad lah ya, 😁. Selama bikin hand craft bingkai bareng si anak bujang, berasa banget bondingnya. Jadi makin ngerti dan tau apa yang Darell mau, juga komunikasi makin lancar deh. 











Darell itu anak yang super aktif dan enggak bisa diem banget. Apalagi kalo diajakin belanja bulanan, paling hepi dia karena bisa bantu-bantu Bunda buat pilih-pilih barang dan bawain kantong belanjaan deh. Mayan kan energi keaktifannya disalurkan sama yang lebih berfaedah 😁 dan harus diapresiasi sebagai wujud kasih sayangku ke Darell. Caranya cukup ajakin dia ngobrol di dalam mobil sepulang belanja bulanan sambil ngemil seru Lotte Choco Pie favoritnya Darell. 

Lotte Choco Pie sedang mengadakan campaign seru nih, Bu, yang hadiahnya luar biasa, jalan-jalan ke Jepang gratis sekeluarga. Mba Oci menambahkan, "Membesarkan anak di era digital ini tentu memiliki tantangan tersendiri dan membutuhkan perhatian khusus dari ibu. Dengan tema campaign baru tahun ini, #PremiumMomentstogether kami berharap ibu-ibu Indonesia dapat lebih sadar akan pencapaian harian anak-anak mereka. Tentunya Lotte Choco Pie sebagai camilan keluarga hadir untuk menyempurnakan waktu premium itu. 






Cuss ah klik link di sini dan pilih 3 video TVC yang bertema Shopping, Homework dan Greetings karena video terpilih akan ditayangkan sebagai TVC di bulan Agustus nanti. Periode vote: 12 April - 13 Mei 2018. Selain itu, Lotte Choco Pie akan mengadakan acara dengan tema video yang terpilih dan mengundang ibu dan anaknya yang memberikan voting tersebut pada bulan Agustus nanti. Jadi jangan lupa ikutan vote ya, buibu.  

16 komentar:

  1. Liat senyumnya Darel pas lagi bikin crafting manisss banget yes hehe.

    BalasHapus
  2. Bahagianya Darrel punya mama yg cantik dan baik hati penuh perhatian

    BalasHapus
  3. Darrel pasti happy banget nih selalu diberikan waktu dan kesempatan dari mama buat membuktikan cinta. Apresiais kepada anak emang penting banget :*

    BalasHapus
  4. Kemarin Darrel main sama Kifah, senangnya bisa main bareng yaa di acara lotte choco pie

    BalasHapus
  5. Akhirnyaa minggu kemarin bisa bertemu darrel. Hihihi. Emang kita gabole lupa yess premium moments setiap hari

    BalasHapus
  6. Aku vote yang shopping dong, krn sbnrnya belanja bareng sm krucils jg merupakan premium moments sih hehee

    BalasHapus
  7. keliatan yaa Darrel nempel sama mamanya, happy banget auranya deket mama

    BalasHapus
  8. Yes betul jangan pelit2 mengapresiasi anak, sebab apresiasi bikin mereka happy dan tumbuh jd anak yg terus termotivasi do the best yaaaa

    BalasHapus
  9. Mengapresiasi prestasi harian anak mbuat anak bersemangat juga ya

    BalasHapus
  10. fotonya banyak banget nih, papih Darrel sukses jadi blogger husband yaaaa... hihihi. Acaranya seru bangeeeeet, ngga bosen bosen ya rasanya ketemu sama Carissa, Q dan dapet banyak pelajaran baru dari Lotte Choco Pie <3

    BalasHapus
  11. Darrel sama ai mah bentar ;lgi udah kek teman aja ya, darrel cpt tinggi ya

    BalasHapus
  12. Darrel pasti seneng bisa seseruan sama mamanya di acara Lotte ChocoPie

    BalasHapus
  13. Darrel anak hebat, aktif dan suka nemenin belanja Bunda nya ya, sembari mendekatkan diri pada anak. Secara anak emang butuh perhatian dan waktu berkualitas dari ibunya. Jangan lupa dengan apresiasi juga pastinya xixi

    BalasHapus
  14. Apresiasi emang perlu banget buat anak, ya. Kadang kita suka nggak sadar karena memang sudah seharusnya si anak bisa melakukan hal itu, padahal dia berjuang keras untuk bisa melakukannya tapi ketika bisa kita malah nggak kasih apresiasi.

    Thank's for remind, Mbak.

    BalasHapus
  15. Waktu bersama anak itu memang penting banget ya

    BalasHapus