Minggu, 10 Juni 2018

Cara Baru Berwakaf Ala Keluarga Surya


Keluarga Surya Sun Life

Family is everything! Iya, aku setuju banget kalo keluarga itu segalanya. Dari keluargalah segala hal bermula, bentuk kasih sayang terbesar dan kebahagiaan yang receh tapi bermakna pun terjadinya dari keluarga.

Malah ya, enggak pernah kepikiran sebelumnya kalo aku bisa seperti sekarang ini. Menjadi sosok keibuan yang bisa segitunya melindungi keluarga kecilku. Segala hal dipikirin dan dilakuin semata hanya buat mereka. Aku yang dulunya boros, tiap gajian bisa pesta makan enak dan beli barang-barang diskonan. Sekarang jadi bisa lebih bijak dalam mengatur keuangan keluarga. Enggak ada lagi tuh beli-beli barang secara impulsif. Semuanya harus dipikirin dan diatur dalam budget bulanan.

Web Series Keluarga Surya


Ngomongin keluarga, aku jadi inget kalo selama wiken kemarin itu kepincut sama keluarga yang ada di web series Sun Life. Namanya Keluarga Surya.     Web series di Youtube Sun Life ini dibuat sebagai sarana edukasi literasi keuangan yang dapat dengan mudah diakses masyarakat luas dalam konten visual digital yang ringan, mudah dicerna dan sangat gampang buat dimengerti.



Video web series ini berkisah tentang kehidupan sebuah keluarga modern dengan berbagai isu sehari-hari, mulai dari pengelolaan Tunjangan Hari Raya (THR), perencanaan pendidikan keluarga hingga pentingnya menerapkan pola hidup sehat. Berdurasi sekitar 5 menit setiap episodenya, melalui 8 kisah Keluarga Surya, Sun Life ingin menyampaikan pesan pada keluarga muda Indonesia tentang pentingnya perencanaan keuangan, pentingnya pola hidup sehat dan penetapan strategi untuk masa depan lebih baik. Diperankan oleh aktor dan aktris muda bertalenta yaitu Edo Borne sebagai Ayah Surya, Karina Nadila sebagai Ibu Mentari, Bima Azriel sebagai Fajar dan Sandrinna Michelle sebagai Cahaya.

Keluarga Surya Web Series – Episode 2 Wakaf Cara Baru


Nah, aku tuh mulai nonton pas episode 2 yang ngebahas tentang cara mengelola uang dengan wakaf. Menarik lho cara menyajikan suatu konten yang pembahasannya cukup berat (menurut aku) tapi bisa dibawakan dengan ringan banget. Dan, menariknya bisa nyampe pesannya.

Di episode ini juga dijelasin tuh bedanya infak, sedekah dan wakaf. Emang apa bedanya? Infak dan sedekah, di samping memiliki persamaan yakni tidak ditentukan nisabnya, keduanya juga memiliki perbedaan yang sangat jelas. Yakni, infak diperuntukkan khusus dalam bentuk materi finansial. Sedangkan sedekah, bisa diperuntukkan dalam bentuk apa saja, seperti membaca takbir, tahmid, tahlil, melempar senyum, melakukan kegiatan amar maruf nahi mungkar, dan lain sebagainya.
Selain itu, 'Sedekah' juga hanya digunakan untuk pengeluaran harta yang sifatnya sunnah. Sementara itu, infak mencakup segala macam pengeluaran: harta atau bukan, yang wajib atau yang bukan, secara ikhlas atau dengan pamrih. Selain kepada kelompok yang tersebut dalam surah at-Taubah (9): 60, sedekah boleh diberikan kepada orang mampu, meskipun kepada orang miskin lebih baik. Sedekah sangat dianjurkan. 
Terus Wakaf apa dong? Menarik nih, jadi wakaf itu adalah berdasarkan ketentuan agama dengan tujuan taqarrub kepada Allah SWT untuk mendapatkan kebaikan dan ridha-Nya. Mewakafkan harta benda jauh lebih utama dan lebih besar pahalanya daripada bersedekah biasa, karena sifatnya kekal dan manfaatnya pun lebih besar.
Makanya enggak heran di episode 2 ini Pak Surya ada bilang kalo melakukan wakaf itu pahalanya enggak putus-putus alias terus mengalir. Manfaat dan hikmah berwakaf pun sangat banyak. Selain itu, wakaf juga ada syarat-syaratnya lho. Apa aja itu? Menurut Undang-Undang No. 41 tentang Wakaf, Wakaf dapat dilaksanakan dengan memenuhi syarat-syarat wakaf sebagai berikut:

1. Syarat Wakaf harus ada Wakif

Wakif adalah orang yang mewakafkan harta benda miliknya. Wakif antara lain meliputi perseorangan, organisasi dan badan hukum. Syarat perseorangan yaitu dewasa, berakal sehat dan juga tidak terhalang melakukan perbuatan hukum dan pemilik sah harta benda wakaf.

2. Syarat Wakaf harus ada Nadzir

Nadzir adalah orang yang diserahi tugas pemiliharaan dan pengurusan benda wakaf. Nadzir meliputi perseorangan, organisasi dan badan hukum. Menurut Pasal 219, tata cara wakaf yaitu nadzir harus didaftar pada Kantor Urusan Agama Kecamatan setelah mendengar saran dari Camat dan Majelis Ulama Kecamatan untuk mendapatkan pengesahan.  


3. Syarat Wakaf harus ada Harta Benda Wakaf

Harta benda wakaf adalah benda baik bergerak maupun tidak bergerak yang memiliki daya tahan yang tidak hanya sekali pakai atau bernilai menurut ajaran islam. Harta benda wakaf diwakafkan apabila dimiliki dan dikuasai oleh wakif secara sah. Harta benda wakaf terdiri atas benda bergerak dan benda tidak bergerak.

4. Syarat Wakaf harus ada Ikrar Wakaf

Ikrar wakaf adalah pernyataan kehendak dari wakif untuk mewakafkan benda miliknya. Ikrar wakaf dilaksanakan oleh wakil kepada nadzir di hadapan PPAIW (Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf) dengan disaksikan oelha 2 orang saksi, ikrar tersebut dinyatakan secara lisan dan atau tulisan serta diuangkan dalam akta ikrar wakaf oleh PPAIW. 

5. Syarat Wakaf harus ada Peruntukan Harta Benda Wakaf

Syarat wakaf harus ada peruntukan harta benda wakaf. Dalam rangka mencapai fungsi wakaf dan tujuan wakaf, harta benda wakaf hanya dapat diperuntukan bagi :
– Sarana ibadah
– Kegiatan dan prasarana pendidikan serta kesehatan
– Bantuan kepada anak terlantar, fakir miskin, yatim piatu dan beasiswa
– Kemajuan dan peningkatan ekonomi umat
– Kemajuan dan juga kesejahteraan umum lainnya yang tidak bertentangan dengan syariah dan peraturan perundang-undangan.

6. Syarat Wakaf harus ada Jangka Waktu Wakaf

Pada umumnya para ulama berpendapat yang diwakafkan zatnya harus kekal. Namun Imam Malik dan golongan syi’ah Imamiyah menyatakan bahwa wakaf itu boleh dibatasi waktunya.
Golongan Hanafiyah mensyaratkan bahwa harta yang diwakafkan itu zatnya harus kekal yang memungkinkan dapat dimanfaatkan terus-menerus.

Kampanye Sun Life Financial Indonesia #LebihBaik Sekarang

Selama 23 tahun beroperasi di Indonesia, Sun Life telah mendampingi keluarga Indonesia dalam mewujudkan aspirasi masa depan yang mereka impikan. Tentunya kami ingin semakin banyak masyarakat yang juga merasakan manfaat dari perencanaan keuangan yang cermat untuk mencapai kemapanan finansial. Melalui kampanye #LebihBaik Sekarang, Sun Life mengajak masyarakat Indonesia untuk tidak lagi menunda dalam melakukan perencanaan yang tepat, demi meraih kualitas kesehatan, pendidikan, dan keuangan yang lebih baik untuk diri sendiri dan keluarga.
Dibekali pengalaman panjang dan kompetensi di industri asuransi dan finansial, Sun Life memahami literasi keuangan masyarakat dan pengelolaan keuangan bagi setiap keluarga Indonesia merupakan hal yang sangat penting, karena keluarga merupakan salah satu pilar perekonomian bangsa. Selain itu, sebagai unit terkecil dari masyarakat, keluarga memiliki fungsi untuk memperkenalkan dan menanamkan nilai baik pada individu, salah satunya terkait pengelolaan dan perencanaan keuangan.
Keluarga Surya Sun Life

Sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum memiliki pemahaman terkait pengelolaan keuangan, khususnya proteksi dan investasi, sehingga memilih untuk menunda melakukan perencanaan keuangan untuk kenyamanan masa depan.
Terbukti, data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2017 menunjukkan bahwa indeks literasi asuransi di Indonesia masih menjadi tantangan terbesar bagi industri asuransi jiwa. Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan OJK pada 2016 menunjukkan masyarakat Indonesia yang memiliki tingkat literasi “baik‟ terhadap industri asuransi relatif rendah. Indeks literasi asuransi hanya mencapai 15,76%, turun dari survei pada 2013 yaitu 17,84%.
Sementara itu, tingkat utilitas mencapai 12,08%, tidak berubah jauh dari survei 2013 di angka 11,81%. Artinya, dari 100 orang Indonesia hanya 15 sampai 16 orang yang mengenal lembaga jasa keuangan asuransi dan hanya 12 orang yang sudah menggunakan jasa asuransi. Kondisi ini mendorong PT Sun Life Financial Indonesia untuk terus giat mengedukasi masyarakat, khususnya keluarga Indonesia tentang pentingnya mencapai kemapanan finansial, salah satunya melalui kampanye komunikasi #LebihBaik Sekarang yang hari ini resmi diluncurkan.
Balik lagi ke web series Keluarga Surya, masih ada lho lanjutannya yang akan ngebahas seputar keuangan, asuransi, gaya hidup sehat dan semua hal yang berhubungan dengan keluarga tentunya. Makanya langsung subscribe aja Youtube Sun Life dan follow Instagram Sun Life biar tau updatenya dan bisa ikutan giveaway yang sering dibikin di sana, beb. Kali aja kamu yang beruntung. Go follow Instagram https://www.instagram.com/sunlife_id/ dan juga cek di websitenya http://www.sunlife.com/ ya.

23 komentar:

  1. Makasi infonya mba Aie.. baru tau beberapa syarat tentang wakaf ini. Jadi penasaran web seriesnya, belum pernah nonton..

    BalasHapus
    Balasan
    1. masama, seneng kalo info yang aku share bisa jadi manfaat :)

      Hapus
  2. Assalamu'alaikum mba Aie, wah manfaat banget info tentang wakafnya.. aku baru tahu urusan wakaf itu ada syaratnya juga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam Ola, sama-sama ya, senang bisa berbagi :)

      Hapus
  3. Waahh baru tau info ttg ini.. Tfs yaa aiee

    BalasHapus
  4. Lagi banyak nih yg campaign wakaf, jadi makin ngerti dari post ini Mba. Bener, yg berat disajiin mudah dimengerti :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih mudah buat dimengerti jadinya heheheh

      Hapus
  5. Wah baru tahu nih lengkap banget ttg wakaf. Aq share ke suami ah. Mksh mbak

    BalasHapus
  6. Wah sunlife ini kantornya kakak aku he-he-he malas tau info ini dari Aie :) tfs ya

    BalasHapus
  7. baru tau aku ttg si keluarga surya ini. intip ah kanalnyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuss melipir ke Youtubenya Sun Life :)

      Hapus
  8. Hooo noted soal wakaf ini. Mencerahkan ya, bahasan berat jadi simple dan mudah dimengerti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, makasih udah mampir dan komen tersisterr :)

      Hapus
  9. Dan aku jd ngerti perbedaan infaq dan sedekah. Aku pikir selama ini dua kata itu sinonim :) . Jd kalo wakaf itu zatnya hrs kekal yaaa. . Mksdnya harta ato asset yg tidak mengalami depresiasi ya mba. Kayak misalnya mobil suatu saat kan bisa rusak, berarti ga bisa diwakafkan yaa..

    BalasHapus
  10. Wah..penjelasa tentang sedekah dan infaknya sungguh menghilangkan rasa penasaranku. Btw keluarga surya ini lagi seru ya...

    BalasHapus
  11. Di Ciamis kakek punya tanah wakaf yg dijadiin mesjid, awalnya sempet jadi sengketa karena ngga ada yg ngurus, alhamdulillah karena skrg udah dibuat masjid jadi lebih aman

    BalasHapus
  12. Wah seru nih, nonton sambil belajar. Kirain gak segitu serunya web series ini, secara sering liat promonya. Jadi pengen nonton deh.

    BalasHapus
  13. Suka banget dengan web series ini

    BalasHapus
  14. makasi bgt buat edukasinya mba :D

    BalasHapus
  15. waah jadi lebih melek tentang wakaf

    btw ini lagi ngehits banget ya keluarga surya. nonton aaah

    BalasHapus