Puasa Bebas Panas Dalam dengan Cap Kaki Tiga

Sabtu, 09 Juni 2018

Ngomongin masalah puasa mah emang enggak jauh-jauh dari yang namanya bibir kering dan pecah-pecah, tenggorokan panas dan panasdalam. Selama berpuasa kan emang kita enggak makan dan minum, kalo cuacanya panas tentu bisa memicu dehidrasi yang berujung panas dalam.




Belum lagi kebiasaan masyarakat Indonesia kalo berbuka itu enggak hanya dengan yang manis tapi juga sama gorengan dan sambal. Beuh! Nikmat banget itu beb. Buat aku yang domisili di Jakarta, udah umum banget ngeliat penjual-penjual takjil dadakan di setiap sudut jalan yang mostly jualannya itu gorengan, mulai dari bihun goreng, risol, tahu goreng, pastel, tempe goreng, you name it deh beb. Semuanya ada.

Aku kan kerja di sekitar Thamrin City ya, nah kalo mau beli takjil itu biasanya jalan ke area Kebon Kacang. Itu lho yang disampingnya Plaza Indonesia. Wah beb, di sana lengkaaapp semua jajanan takjil favorit dah. Mulai dari cilok, cimol. seblak, mie ayam, bakwan malang, bakso, gorengan, tempe mendoan, es kepal, cendol durian, apalagi ya? Banyak dah pokoknya. Siap-siap kalap kalo melipir beli takjil di sana.



Beda lagi kalo di rumah, biasanya tuh banyak penjual takjil setipe kayak di area Kebon Kacang, cuman nih ya, di dekat rumah tuh ada yang jual sate kikil bumbu kacang, kerupuk kulit sama lontong yang isinya wortel dan oncom. Nikmat dan enak semua itu. Jadi biasanya pas berbuka di rumah gorengan sama sambal udah pasti enggak ketinggalan dah.

Sehari, dua hari, tiga hari sih masih aman tuh kondisi badan, bibir dan kerongkongan dihajar sama gorengan dan sambal. Lewat seminggu, mulai deh berasa agak enggak enak badan. Mana, pas sahur enggak gitu selera buat makan kany a. Eh seleradeng, selama lauk pauknya pedas a.k.a ada sambalnya. XD samaaje! Trus minumnya kudu yang air dingin atau pake es batu. 

Kadang ya aku suka mikir, kok tega banget giniin badan sendiri. Abis gimana dong beb, enak soalnya XD Bener aja kan, lewat dari seminggu mulai deh tuh bibir pecah-pecah, kerongkongan panas dan yes, akhirnya panas dalam. Panik? Tentunya enggak dong, karena aku udah siapin Larutan Cap Kaki Tiga buat dikonsumsi sekeluarga, termasuk si anak bujang yang memang lagi belajar puasa sampai magrib.




Panas dalam dapat dialami kapan dan siapa saja, tanpa memandang usia dan cuaca. Hanya aja di bulan Ramadan ini, risiko mengalami gejala panas dalam meningkat. Panas dalam mengacu padap enyakit di mana tubuh sedikit lebih sensitif terhadap panas, tenggorokan sakit, dan selalu haus. 

Sebagian masyarakat yang mengeluhkan panas dalam kadang mengalami sariawan, tidak nyaman di pencernaan, dan bibir pecah-pecah. Terlebih saat puasa, asupan cairan berkurang terutama di siang hari. Apalagi jika saat sahur dan berbuka kurang minum. 

Panas dalam memang dapat disebabkan oleh tidak seimbangnya asupan makanan dan minuman, terutama yang bersifat panas dan dingin. Selain minum cukup, saat berbuka sebaiknya hindari gorengan yang mengandung banyak minyak, yang mana makanan ini harus banget dihindari ketika sakit tenggorokan agar sakit yang dirasa tidak bertambah parah.



Jadi ya beb, Larutan Cap Kaki Tiga ini emang udah dipercaya selama puluhan tahun. Lah wong dari jaman aku SD aja nenekku nyuruhnya minum Larutan Cap Kaki Tiga kalo panas dalam. Hal ini karena, Larutan Cap Kaki Tiga adalah minuman tradisional yang ngebantu ringanin panas dalam yang mengandung mineral alami Gypsum Fibrosum dan Calcitum.  Tentunya berkhasiat buat ngebantu redain gejalapanas di tubuh, seperti sariawan, bibir kering dan sembelit.

Tenang beb, Larutan Cap Kaki Tiga udah ada sertifikat MUI dan resmi terdaftar di BPOM RI. Jadinya ekstra nyaman dan aman buat dikonsumsi sekeluarga deh. Makanya aku enggak gitu panik terkena panas dalam saat berpuasa, meski setiap buka puasa pasti makannya gorengan. Karena buka puasa tanpa makan gorengan tuh rasanya kurang afdol. Apalagi buat si anak bujang yang maunya makanan berminyak buat berbuka.


Alhasil, aku sebagai Bundanya kudu extra pintar & cerdas buat ngakalin supaya kita sekeluarga terhindar dari panas dalam. Selain makangoreng-gorengan, saat berbuka puasa yang enggal boleh absen itu makanan pedas. Iya, aku selalu makan yang pedas-pedas. Harap maklum, makanan pedas is my life. Apalagi nih ya, perpaduan gorengan & sambel itu semacam "true love" yang tak bisa dipisahkan. Kalo udah gini nih, tenggorokan perih dan berujung panas dalam bisa-bisa hinggap ditubuhku.

Makanya saat buka puasa dimanapun, aku selalu sediaLarutan Cap Kaki Tiga yang udah dipercaya turun temurun buat ngatasin panas dalam. Biasanya nih, aku minum Larutan Cap Kaki Tiga saat sahur 1 botol ukuran 200ml dan saat berbuka puasa 1 botolu kuran 200ml, yang udah dikenal selama puluhan tahun dari jaman aku kecil hingga sekarang sebagai #ahlinyapanasdalam


So, beb, #pastikanyangbenarbuatredakangejalapanas di tubuh, seperti sariawan, bibir kering dan sembelit dengan minum Larutan Cap Kaki Tiga setiap hari, 1 botol saat sahurdan 1 botol saat berbuka ya. Buat anak-anak juga ada kok. :)

Baca juga tulisan Nia, Lisna dan Sandra tentang cara mereka mengatasi panas dalam:

1. Nia Puasa Makin Lancar dengan Larutan Cap Kaki Tiga
2. Lisna Panas Dalam Musuh Saat Berpuasa
3. Sandra Cegah Panas Dalam untuk Ibu Menyusui

73 komentar

  1. Wah iya ini memang handalan babget buat keluarga

    BalasHapus
  2. Wah dari jaman mba Aie SD udah ada ya Cap Kaki Tiga... mantaaapp!!

    BalasHapus
  3. Minuman wajib aaakoooh nih.. bisa ngeredain tenggorokan yang seret dan sakit :)

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah sudah ada solusi utk panas dalam ya mba Ayie

    BalasHapus
  5. Produk keren untuk atasi panas dalam, murah regane dahsyat kerjane ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuihh.. bener uga, murah tapi dahsyat manfaatnya

      Hapus
  6. Cilok, cimol itu koq sungguh menggoda ya beb....Darel pinter ya puasanya.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. siapa yang mampu menolak cilok dan cimol beb? kutaksanggup hahahhaha

      Hapus
  7. makan tanpa pedes itu hambar banget buat aku hahaha, jadi pasti selalu pake pedes2.. akibatnya ya gitu deh, panas dalam sakit tenggorokan, solusinya.. nyetok cap kaki tiga biar cegah panas dalam :D

    BalasHapus
  8. Aman ternyata yak neski diminum tiap hari. kayaknya patut dicoba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aman dew. kalo udah cobain, nyetok di rumah juga ya :)

      Hapus
  9. Aku suka yang kalengan dengan variant rasa, apalagi kalau dari kulkas nyess segarr

    BalasHapus
  10. Cap Kaki Tiga yang selalu menghiasi kulkasku apalagi selama bulan puasa kemarin, tapi memang kadang aku juga stock sih karena memang ampuh banget untuk mengobati panas dalam.

    BalasHapus
  11. Anakku suka tuh sama cap kaki tiga anak. Kalo tenggorokannya mulai ga enak, langsung minta deh. :D

    BalasHapus
  12. Cap Kaki Tiga ini legenda banget deh di keluarga, biasanya kalau panas dalam langsung minum ini, kalau anak2 sih yang ada rasanya kalau saya sih suka yang rasa tawar hehe.

    BalasHapus
  13. Minuman andalan di rumah nih. Selalu stok. Pas puasa kebantu banget emang minum ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. nolong panas dalam dan sebagainya di kala puasa kemarin ya

      Hapus
  14. favorit minuman buat panas dalam, nggak lagi panas dalam pun kadang aq minum daripada minum soda, lebih senang pilih minum ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. favorit semua keluarga di Indonesia kayaknya ya mba

      Hapus
  15. wah aku juga termasuk mama yang suka stok cap kaki tiga di rumah kak, buat si kecil dan mama papanya tentunya. abis panas dalam bikin gak nyaman beraktifitas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. apalagi kalo lagi sakit tenggorokan, aduuh ga enak banget rasanya ya

      Hapus
  16. Udah deeeh ini maah favorite keluarga banget.. bukan keluarga aja sich.. kayanya semua orang suka dengan larutan cap kaki tiga ya mba ;)

    BalasHapus
  17. Andalan bgt klo Lagi panas dalam dan sariyawan. Enak buat dikonsumsi. Saya suka yg tanpa varian rasa.

    BalasHapus
  18. Banyak rasa bisa membuat semangat minumannya. Padahal obat panas dalam tapi dengan adanya rasa maka seperti kaya minum air putih

    BalasHapus
  19. kemaren pas puasa aku ngajar seminggu full dari jam 8 pagi sampai jam 17.30. Gilaaa tenggorokan kering, puasa pulak ditambaj ngoceh seharian ... beraaaaaaat. Tapi alhamdulillah setiap buka didoping sama Cap Kaki Tiga, langsung segeeeeer.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kang, ngajar dimana? aduh itu mah beraat beut ya 8jam cuap-cuap, puasa pulak periiihhh dah tenggorokan

      Hapus
  20. Anakku suka cap kaki tiga anak llho, pas aku coba ternyata enak juga. Selain enak juga bikin tenggorokan seger ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya banget. anakku doyan banget nih sama Cap Kaki Tiga

      Hapus
  21. Kuliner indonesia emang meriah banget yaa dan bikin ngangenin apalagi buat makanan yang pedes-pedes. Kayaknya mesti nyetok lagi nih cap kaki tiga biar tenggorokan seger terusss dan aman dari panas dalam :)

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi pas bulan puasa, banyak banget kuliner khas yang bikin ngiler pas kebanyakan itu pedes

      Hapus
  22. Aduh gorengan makanan favorit aku banget nih mbak ay, agak berat ilangin makan gorengan. Biar gak panas dalam karena keseringan makan gorengan, aku juga minum larutan cap kaki tiga ini mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gorengan and pedes is my life banget dah. enggak bisa kayaknya sehari ga makan dua itu

      Hapus
  23. Iya bener, entah kenapa orang Indo kalo buka puasa demen banget pakai gorengan ya.

    BalasHapus
  24. si sulung juga suka minum ini :)

    BalasHapus
  25. Haidar suka banget minuman cap kaki tiga anak ini, bahkan kita selalu stok di rumah jadi kapan saja dia mau minum larutan cap kaki tiga selalu tersedia

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, perlu banget stok di rumah ya mba cap kaki tiga ini. karena cuacanya juga ga menentu

      Hapus
  26. anak ku jg minum ini mbak, apalagi kalau mulai keliatan gejala panas dalam. rasanya enak bikin anak suka..

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan enggak berasa 'obat'nya jadi anak suka aja buat minum

      Hapus
  27. Gorengan dan pedes dua hal yang identik dengan orang Jakarta Indonesia ya hahaha pun tempat lain juga. Nah kadang minumnya bukan anget tapi dingin. Ini yang efeknya bikin nggak enak tenggoroka ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu aku teh, makan gorengan dan pedes trus minumnya air es. duh enak sih, tapi berujung panas dalam

      Hapus
  28. Wah,, gorengan, makanan berminyak, bersantan dan makanan pedas penyumbang masalah buat pencernaan dan membuat kita rentan panas dalam ya mba...untung ada larutan cap kaki tiga ini ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. meski itu semua enak, ya gorengan, ya ayam opor, ya pedes2 tapi gabisa banyak-banyak dan sering-sering, efek ke pencernaan ga bagus

      Hapus
  29. Kalau panas dalam aku juga minumnya Cap Kaki Tiga ini

    BalasHapus
  30. Baru-baru ini nih mba anakkua yang kecil bibirnya kering banget efek dari sakit. Akhirnya aku kasih laritan cap kaki tiga yang untuk anak-anak deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh kasian ya kalo anak-anak bibirnya kering, jadi susah buat makan kaerna perih

      Hapus
  31. aku juga sukaaa mNJum cap kaki tiga.. biki panas dalem aku ilanh

    BalasHapus
  32. Pagi ini bangun tidur tenggorokan agak sakit, setelah sarapan aku pun minum larutan cap kaki 3 botol kecil...

    BalasHapus
    Balasan
    1. gimana mba, udah mendingan sekarang tenggorkannya?

      Hapus
  33. tosss dong Aie, di rumah juga selalu nyetok cap kaki tiga nih buat jaga2 kalo ada yg kena panas dalam...

    BalasHapus
  34. Siapa tak kenal Cap Kaki Tiga, semua langsung ingat larutan penyegar untuk panas dalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang sudah dipercaya puluhan tahunn sebagai #AhlinyaPanasDalam

      Hapus
  35. Wahahaha emang daerah kb kacang, dasyat jajanannya, apa aja ada.
    Kl ngomongin tajil, di dkt rumah tuh jg byk pas bulan puasa, menggoda banget utk berhenti dan icip2 :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. surganya jajanan di kebon kacang mah mas. hahahha

      Hapus
  36. Enak nih minum cap kaki tiga kalau lagi panas dalam. Rasanya juga kayak air biasa.

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)