Sabtu, 10 November 2018

7 Alasan Traveling ke Yogyakarta Lebih Asyik & Seru Naik Kereta

Yogyakarta, satu kota di pulau Jawa yang akan selalu aku rindu dengan atau tanpa alasan yang jelas. Aku tuh semacam ada koneksi kuat dengan kota Yogyakarta ini ketimbang kota-kota lain di pulau Jawa. Kalo ke Yogyakarta tuh semacam ‘pulang’ ke rumah, ku selalu merasa nyaman gitu.

Ada banyak cerita seru dan ngangenin setiap aku ke Yogyakarta, entah yang emang diniatin buat traveling ataupun karena tugas negara buat berkunjung ke rumah saudara. Iya, masih banyak memang saudara-saudara yang tinggal di kota Yogyakarta dan sekitarnya. Dan kebetulan orangtua dari nyokap aslinya dari Sleman, Yogyakarta.

mohon hiraukan plastik kresek yang ku bawa hahahha
Sejak kecil tuh kalo diajak nyokap ke Yogyakarta pasti deh naik kereta. Tau kan, kereta jaman aku kecil (tahun 90an) belum senyaman sekarang ini. Tapi aku tetep hepi lho naik kereta ke Yogyakarta. Karena pengalaman yang membekas dan sulit dilupakan saat naik kereta ke Yogyakarta yang bikin aku selalu memilih naik kereta tiap ke sana. 

Meskipun sekarang harga tiket kereta naik, ternyata masih banyak lho yang setia menggunakan transportasi ini buat traveling. Sebenarnya banyak lho alasan kereta lebih banyak dipilih buat traveling, termasuk ke Yogyakarta. Simak di sini yuk:


Hemat ‘Budget Traveling’

Tidak seperti naik pesawat, untuk jalur pulau Jawa memang harga tiket kereta lebih terjangkau. Karena hemat budget inilah, bisa dialokasikan ke budget penginapan ataupun buat jajan dan beli oleh-oleh di Yogyakarta.



Jadwal Lebih Fleksibel

Banyak jadwal yang tersedia dalam satu rute, bahkan kamu juga bisa beli tiket dengan cara go show atau beli langsung pada hari H keberangkatan. Jadi, gak ada perasaan khawatir buat traveling naik kereta. Asal datang minimal 1 jam sebelum keberangkatan.


Bagasi Gratis!

Naini yang aku suka, kalo traveling naik kereta ke Yogyakarta bagasinya itu gratis beb. Trus juga bisa bawa banyak oleh-oleh tanpa khawatir ada biaya tambahan. Malahan seringnya aku tuh bawa makanan kayak Gudeg buat oleh-oleh keluarga dengan jumlah yang cukup banyak. Selama bawaan kamu masih dalam batas kewajaran, gak ada batasan dan biaya tambahan buat bagasi.



Pesan Tiket Gampang

Kini, pesan tiket kereta jadi lebih gampang dan gak report kayak jaman aku kecil dulu yang mesti antri panjang di loket stasiun buat ngadeptin tiket ke Yogyakarta. Sekarang tinggal buka aplikasi Pegipegi.com di handphone buat pesan tiket kereta ke Yogyakarta.

Lagian kelebihan pesan tiket kereta di Pegipegi itu rutenya lengkap buat semua jenis kelas, transaksi yang mudah & bebas antri, banyak pilihan pembayaran dan sistemnya yang terpercaya karena telah terverifikasi oleh SSL yang menjamin privasi dan keamanan transaksi online.

Cara pesan tiket kereta di Pegipegi yaitu:
1. Mulai pencarian di halaman utama dengan klik Kereta Api Pegipegi dan pilih rute yang kamu inginkan.


2. Di halaman pencarian, kamu juga bisa pilih perjalanan kereta yang diinginkan sesuai budget trus klik deh tombol 'PESAN' buat memesan tiket tersebut. 


3. Selanjutnya, kamu bisa isi data pemesanan, jangan lupa siapin KTP ya. 


4. Lakukan pembayaran sesuai dengan nominal yang tertera dan kamu bisa pilih proses pembayaran dengan kartu kredit atau bank transfer. Gampang kan?

5. Setelah konfirm semua data dan pembayaran sudah dilakukan, kamu akan menerima e-ticket yang secara otomatis dikirimkan ke alamat email kamu maksimal 60 menit sejak pembayaran dilakukan. 


Anti Macet

Meski naik pesawat juga gak akan kena macet ya beb, tapi kereta api adalah satu-satunya transportasi darat paling cepat dibanding transportasi lainnya seperti travel, bus ataupun mobil pribadi.



Fasilitas Juara

Baik kelas ekonomi, bisnis ataupun eksekutif, semuanya dilengkapi dengan stop kontak untuk mengisi daya baterai handphone. Meski perjalanan ke Yogyakarta minimal memakan waktu sekitar 7 jam, aku gak khawatir handphone lobat beb. Jadi tetap bisa update insta story di sepanjang perjalanan dan bisa ngabarin orang terdekat juga kan. Malah ya, aku sempet video call sama anakku hahahah. 


Menu Makanan Enak-Enak

Sekarang ini aku punya kebiasaan kalo naik kereta ke Yogyakarta pasti sengaja gak makan dari rumah, atau beli makanan di stasiun biar murah ataupun enak. Karena menu makanan dan jajanan di kereta pun gak kalah enak dengan harga yang cukup terjangkau. Udah gitu menunya sangat variatif, jadi banyak pilihannya gitu.



Hiburan Pemandangan Indah


Dengan lintasan yang sedemikian rupa, aku dimanjain sama pemandangan yang sangat menarik dan menghibur. Untuk itulah, jendela kereta api di setiap baris kursi penumpang dibuat lebar beb. Jadi kamu bisa melihat pemandangan di luar.

Kalo perjalanan ke Yogyakarta malam hari menuju pagi, pemandangan matahari terbit bisa menjadi momen romantis untuk menemani perjalanan. Kebayang dong cantiknya sunrise dengan latar belakang bukit, sawah dan hutan. Rel kereta dibangun menembus pemukiman, hutan, lembah, bukit, bahkan bisa melayang di atas jurang atau sungai. 




Jadi itu beb, alasan kenapa aku lebih suka naik kereta kalo traveling ke Yogyakarta. Kalo kamu gimana? 

26 komentar:

  1. Pertama kali naik kereta sama emak Ekonomi umur 3/4 bulan hitu ke Prembun dan sejak kelas 5 SD udh PP naik cireks Cirebon-Jakarta *pamer wkwkwkwkwk.

    Tapi ya emang bener banget kereta tuh murah, mudah dan relatif cepat. Apalagi yang suka bawa banyak barang kayak gie dan malws kena macet ha ha ha.

    Sekarang enak beudh bs mesen tiket melalui aplikasi, lbh mudah ya bunbes.

    Jd kapan horeey naik kereta bareng lagi *eaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. jaman sekarang pesen tiket kereta mah gampil pisan ya.

      nah itu, kapan keretaan lagi sama horeey?

      Hapus
  2. Aku kalo k.Jogja pasti pilih naik KA.
    Ngeri bgt naik pesawat..
    Karen cuaca d Jogj sering buruk

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku pun mba, lebih suka keretaan ke yogya, budgetnya bisa buat penginapan atau jajan selama di yogya

      Hapus
  3. Hai mba andiyani 😀🙌
    Salam kenal 😁

    Aku tinggal di jogja lhooo..
    Di daerah condong catur sleman

    Memang jogja selalu ngangenin...
    Atmosfer nya itu lho....hangat dan bersahabat...

    Dan aku ke mana2 selalu naik kereta 😁
    Karena bisa lihat pemandangan yang g kelihatan kalau naik mobil atau pesawat hehe...

    Alhamdulillah sekarang kereta juga sudah nyaman dan bersih 😊

    BalasHapus
  4. Aih biar Jogja makin padat tapi tetep menyenangkan ya Cyiiin..

    BalasHapus
  5. Aku seneng naik kereta soalnya santai, ga buru-buru.
    Di kereta juga bisa macem-macem, nonton film, makan, ngobrol, cek kerjaan. :D

    BalasHapus
  6. Setuju banget Kereta Api anti macet. Nyaman dan menyenangkan Naik Kereta api

    BalasHapus
  7. postingan yang bikin 'kangen' jogja juga ini mah, well dulu 1995-2004 saya di jogja untuk study dr lulus sd sampe kuliah..betahhh banget kalau ga dipaksa suruh pulang ke bogor pgn tetap di jogja:D dan saya juga pengguna setia KA, dr zaman tiket harganya 12.500, kereta ekonomi dr senin or tanah abang tujuan lempuyangan atau kereta bisnis 25 ribuan..dulu naik bisnis segitu aja berasa orang kaya hahah..duh skrg udah ga dpt harga segitu ya:D terakhir 2011 selepas menikah,ceritanya honeymoon sengaja milih jogja sekalian memperkenalkan jogja ke suami yg kebetulan org asing, dan dia jatuh cinta dgn jogja juga,selain ankringan dan ceker ayamnya hahah..horor katanya liat org makan ceker ayam di ankringan..LOL. Well...jadi kangen naik kereta lagi ke jogja.Lebih menyenangkan naik kereta dan selalu jd pilihan utama.

    BalasHapus
  8. Dari semua moda transportasi, kereta adalah favoritku :) dan masih jadi impian merasakan kereta antarkota di Pulau Jawa. Rute ke Yogya menarik juga, bisa ke stasiun yang kece itu ^^

    BalasHapus
  9. Argg jadi kangen naik kereta nih, dah lama gak naik kereta di pulau jawa, dulu pernah juga naik ke kereta dari Jakarta ke Jogja dan emng seru banget sih

    BalasHapus
  10. Ke yogya naik kereta sekitar 15 tahun yang lalu.. waktu itu sama teman-teman genk haha ber 5 naik kereta dari stasiun senen.. lumayan lama ya 8 jam.. inget banget di beberapa stasiun, kereta berhenti dan pedagang masuk ke dalam kereta untuk menawarkan jualannya.. seru dan menyenangkan.. terakhir naik kereta ke cirebon bulan April, dan memang mengalami perubahan yang signifikan ya.. kearah yang lebih baik tentunya.

    BalasHapus
  11. Duh, aku jadi kangen sama Jogjaaaa huhuhuhu. Entah kapan ada waktu kesana lagi. Dulu aku juha suka naik kereta. Sepanjang perjalanan tidur aja, taunya udh sampe wkwkkwkwkw. Seru sih naik kereta. Jugijak gijuk gijak gijuk hihihi.

    BalasHapus
  12. Naik kereta emang punya sensasi yg beda ya mbak.
    Eh, aku baru tahu lho kalo sekarang menu makanan di kereta bervariasi gitu. Biasanya pesen pop mie aja. Haha

    BalasHapus
  13. wah, kalau naik kereta ke jogja itu yang paling nyenengin pemandangan diluar kereta mbak. banyak banget pepohonannya, sawah bahkan masih banyak dijumpai. emang alternatif paling enak kalo ke daerah jogjakarta itu pake kereta. selain nggak nyesel, emang paling nyenengin kalo kesana pake kereta.

    BalasHapus
  14. Ssya ke Jogja tahun '95, udah lama bangeeet... Sepertinya emang harus diulang lagi nih.

    BalasHapus
  15. mau liburan ke jogja lagiiiihhhh. Kuyy!! emang kereta sekarang nyaman bgt kaaak

    BalasHapus
  16. samaaa kak. Aku juga paling suka naik kereta ke jogja dibanding naik bus atau pesawat. Apalagi kereta sekarang juga udah cakep dan nyaman banget

    BalasHapus
  17. Tambahan, bistik sapinya KAI itu enaaaak banget kak! Next time kalau naik kereta lagi cobain deh :3

    BalasHapus
  18. Belum pernah ke sana sampai seusia ini. Nunggu ada alasan buat ke sana tapi kayaknya seru banget ya kalau ke sana buat jalan jalan biasa.

    BalasHapus
  19. kalo lagi punya waktu panjang, aku senang naik kereta kak..karena bebas macet..hehhehe tapi kalo lagi mepet waktunya tetap naik pesawat pilihannya :)

    BalasHapus
  20. Kalo naik KAI ke Jogja, lebih banyak view dan experience yang didapat ya.
    Tapi depends juga, kalo bawa bayi sih aku gak bisa naik KAI. Kudu naik pesawat. Takut rewel di jalan.

    BalasHapus
  21. Moda transportasi yang penuh kenangan ya kereta api. Rasanya si kereta besi ini punya daya magis yang bisa melahirkan sensasi dan romantisme yang berbeda.

    BalasHapus
  22. Wah toss dulu mbak
    Aku juga beberapa kali ke Jogja naik kereta api
    Asik banget. Apalagi kereta jaman sekarang udah nyaman banget ya

    BalasHapus
  23. Lagi berencana mau ke Jogja naik kereta. Udah lama juga gak naik kereta. Tapi, lagi ditimbang-timbang enakan naik kereta pagi atau malam :)

    BalasHapus
  24. Kalau pergi sendiri naik kereta, enak bisa puas liat pemandangan sambil ngelamun hihihi

    BalasHapus