Jumat, 21 Desember 2018

KLIA Ekspres Jawaban Buat Kamu yang Diburu Waktu ke Bandara


Sebelumnya, aku pernah nulis tentang rencana liburan sekeluarga ke Malaysia dan Singapore. Padahal masa rencana ya beb, norak beut dah udah ditulis di blog. Kalo gak jadi gimana? Gapapalah ya. Sengaja nulis di blog karena emang tujuannya biar inget gitu mesti naik apa aja dari Singapore ke Malaysia menggunakan jalur darat.



Kekepoan aku gak berakhir di situ beb, ku masih cari tau kira-kira ada gak ya transportasi dari kota Kuala Lumpur ke KLIA (Kuala Lumpur International Airport) ataupun dari KLIA2 (Kuala Lumpur International Airport 2) selain kereta api, bus, taksi dan mobil rental? Harap maklum beb, belonan pernah ke Kuala Lumpur pan, jadi begini nih. Segala informasi tentang kota tersebut pasti aku kulik-kulik. Biar persiapannya matang gitu.

Setelah aku kulik-kulik, ada moda transportasi tercepat di Asia Tenggara yaitu kereta api KLIA Ekspres. Perusahaan yang menyediakan jasa transportasi kereta api cepat bandara yang beroperasi di wilayah KLIA, KLIA2 dan KL Sentral bernama Ekspress Rail Link Sendirian Berhad (ERL Sdn Bhd).



Awalnya aku tuh bingung sama KLIA, KLIA2 dan KL Sentral, bedanya apa. Jadi ya ternyata, KLIA itu adalah bandara utama di Kuala Lumpur dan hampir semua maskapai penerbangan dengan tujuan dan berangkat ada di sini. Ibaratnya kayak bandara Soetta Terminal 2 gitu beb. Nah, kalo KLIA2 itu dikhususkan buat maskapai penerbangan yang low cost gitu, kayak Jetstar Asia, Tiger Air, Scoot, dan Cebu Pacifir Air. Sedangkan KL Sentral adalah stasiun kereta api yang terintegrasi dengan mall, hotel dan pemberhentian bus.

Lokasi KL Sentral ada di Kuala Lumpur, sementara KLIA dan KLIA2 letaknya sekitar 50 kilometer dari KL Sentral. Ada dua pilihan kereta api cepat yang bisa dipilih menuju KL Sentral; KLIA Ekspres dan KLIA Transit. Bedanya apa? Jujur beb, aku belum ngulik sampe sejauh itu. Kalo rencananya ini terealisasi akan aku tulis lagi di blog ya.



KLIA Ekspres adalah pilihan terbaik buat kamu yang emang ngejar waktu buat ke KLIA atau KLIA2 beb. Jadi ya beb, dari yang aku baca kalo KLIA Ekspres ini hanya berhenti  di 3 stasiun aja. Inilah yang menjadikan KLIA Ekspres moda transportasi umum tercepat, tak hanya di Malaysia tapi juga di Asia Tenggara lho.

KLIA Ekspres setiap hari beroperasi mulai dari pukul 04:55 – 01:28 dan berangkat setiap 15 – 20 menit tergantung peak hours. Berikut adalah jadwal KLIA Ekspres yang gambarnya aku ambil dari website Traveloka.



Pilihan jadwal keberangkatannya sangat banyak beb, karena setiap 15-20 menit sekali KLIA Ekspres siap membawa kamu ke bandara ataupun sebaliknya. Dan bisa kamu sesuaiin sama jadwal penerbangan juga, lho. Cakep sih ini. 

Lantas, kenapa pilih KLIA Ekspres?

- Hanya butuh 28 menit menuju bandara KLIA dari Kuala Lumpur begitupun sebaliknya
- Jadwal yang bisa disesuaikan dengan jam penerbangan
- Berlaku untuk setiap jadwal kereta api dengan tanggal keberangkatan yang bisa dipilih

Untuk dapat membeli tiket KLIA Ekspres, selain di loketnya langsung, website atau aplikasi KLIA Ekspres, kamu bisa beli di Traveloka lho. Menarik kan? Gak hanya tiket pesawat dan hotel, di Traveloka juga udah bisa buat beli tiket transportasi lebih banyak dari atau menuju KLIA/KLIA2. Praktis ya beb.

Pastinya udah punya aplikasi Traveloka di smartphone masing-masing kan? Dibuka aplikasinya trus pilih fitur “Transportasi Bandara” dan pilih lokasi awal dan tujuan (KLIA/KLIA2 ke KL Sentral atau sebaliknya), lalu sesuaiin tanggal dan waktunya deh.



Abis itu, tekan “Kereta” dan pilih KLIA Ekspres. Kamu bisa pilih tiket sesuai kebutuhan, buat orang dewasa itu hitungannya dari usia 13 tahun ke atas dan untuk anak dimulai dari usia 2-12 tahun. Jangan lupa isi data kontak sebelum kamu melakukan pemesanan dan pembayaran.

Kalau udah berhasil melakukan pembayaran, kamu akan terima konfirmasi dan e-ticket melalui email atau bisa kamu akses melalui “Pemesanan Saya” atau “My Booking” di halaman utama aplikasi.

Gampil kan? Mirip-miriplah caranya kayak kamu pesan tiket pesawat atau kereta biasa beb. Buat harga tiketnya, mending cek langsung aja beb di aplikasi Traveloka ya 😊

Ga sangka kekepoan aku bisa jadi tulisan panjang di blog. Semoga bisa bermanfaat buat kamu yang juga punya rencana liburan ke Malaysia kayak aku ya.


30 komentar:

  1. wuih, solusi banget nih,.... udah cepet nyaman pula!

    BalasHapus
  2. Cucok banget teh aie, pas aku mau ke KL tahun depan hahaha

    BalasHapus
  3. Baca ini tentunya memudahkan banget buat yang akan menentukan itinerary traveling ke Kuala Lumpur. Semoga jadi doa juga biar saya bisa jalan-jalan ke Kuala Lumpur dalam waktu dekat Aamiin..

    BalasHapus
  4. kalo ke KL pun aku lbh seringnya naik KLIA Express mba. kecuali penerbanganku sampe malam, nah itu udh ga ada kereta lg, baru deh naik bis. kalo suami lbh suka bis, krn jauuuh lbh murah hahahaha. blm prnh coba yg klia transit sih, aku takut kelamaan aja transit di banyak tempat

    BalasHapus
  5. Baca tulisan ini jadi kangen liburan ke KL.. apresiasi deh buat KL karena transportasi disana sangat maju, KLIA salah satunya.. jadi banyak pilihan untuk para turis yang hendak ekplore KL, bisa menggunakan KLIA Express atau bus... semua tersedia tinggal pilih saja sesuai kebutuhan.. oh iya jangan khawatir nyasar di KL karena semua petunjuk sangat jelas disana

    BalasHapus
  6. Saya 2X ke Malaysia dan selalu pake travel agent, haha... Padahal gampang banget sebenarnya, cuman karena yang pertama pergi bareng rombongan buibu Dharma Wanita dan yang terakhir sebenarnya pergi sekeluarga saja, rutenya saya yang tentuin sendiri, cuman sewa mobil aja, yang langsunh menjemput begitu saya tiba di airport.

    BalasHapus
  7. Wih solusi banget ya daripada naik taxi ke bandara mahal..mending naik ini ya

    BalasHapus
  8. Traveloka deh paling juara ya. Sekarang semua lbh gampang deh. Kalau tar ke KL aku coba deh mba. Makasih ya unt infonya.

    BalasHapus
  9. wah, asyik jadi lebih tau alternatif transport ya..karena selama ini pakai travel agent, jadi gak pernah tau pilihan2 lainnya..udah yang manut aja gitu

    BalasHapus
  10. Woww kudu tau ni ya kalo mau ke malaysia. Siapa tau taun ini aku juga bisa ke Legoland beb, aminkan dong beb, hihi

    BalasHapus
  11. Tenang ajaaa, aku juga baru tau kok bedanya nama2 bandara itu, KLIA, KLIA2 dsb ��

    BalasHapus
  12. Semoga bisa terealisasi dan mengulik secara langsung ya beb

    BalasHapus
  13. Makin memudahkan nih Traveloka. Langsung pilih-pilih, abis itu tinggal menikmati perjalanan, deh

    BalasHapus
  14. Sip sippp!
    Bisa banget dijadikan andalan kalo cuss ke KL! Thankieesss
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  15. Naik KA adalah solusi yang menyenangkan bagi saya pribadi ataupun keluarga. Wach bahagianya bisa liburan bersama keluarga menuju KL

    BalasHapus
  16. Waktu ke KL aku ga naik KLIA ekspress mahal kak wkwkk jd naik bus turun naik gtu 😂😂 seru sih walaupun fegeeel huh...

    BalasHapus
  17. Aku pernah iseng diajak nyobain sama teman yg tinggal di KL, mobil jemputan temen ditaro di Bandara, trus balik lagi, hahaha ((kurang kerjaan))
    Trus balik lagi besoknya ambil mobil, baru cuss explore menyusuri malaysia bagian barat dr ujung selatan sampe perbatasan Thailand Dhannok.

    Traveloka emang memudahkan banget yaaa, aku apapun sering pake app ini

    BalasHapus
  18. ku pertama kali ke Malaysia malah langsung ke Kuala Lumpur International Airport 2, yang pertama malah belum pernah.. hmm jadi kepo deh..

    BalasHapus
  19. Hahaha kepo menghasilkan tulisan ya kak. Tapi memang pengalaman langsung itu selaku asyik diceritakan dan dituliskan ya. Nice sharing kak

    BalasHapus
  20. awal tahun baca tulisan tentang transportasi liburan yang semakin mudah jadi semangat untuk plan liburan nih.. KL bagi aku negara yang ngangenin.. makanannya sama dengan negara kita dan transportasi disana juga oke.. semoga tahun ini bisa ke KL lagi.

    BalasHapus
  21. Pengalaman terus berbagi itu ajib. Jadi tau KLIA express

    BalasHapus
  22. Naik KLIA express enak! Tiba-tiba udah nyampe di Sentral aja~

    BalasHapus
  23. Wajib coba KLIA express sepertinya kalau ke KL nih, makasih info nya mbak AI

    BalasHapus
  24. Sampai segitunya traveloka bisa ngadih informasi.. kecelah, jadi gampang mau ceknya yaa

    BalasHapus
  25. Kalau ke KL, bisa banget cobain ini ya mba. Makasih sharingnya.

    BalasHapus
  26. Traveloka sih emang lengkap banget untuk menjawab segala keperluan traveling kita. Aku jg selalu pake traveloka kalau mau traveling ke manapun.

    BalasHapus
  27. Wah boleh juga nih, pas banget minggu ini aku ada rencana bakalan main kesana kak Ai. Terus kita kapan trip barengnya kak?

    BalasHapus
  28. Ku biasa naik KLIA ekspress dari bandara ke KL Sentral.. cepet banget.. keretanya bagus pula

    BalasHapus
  29. malaysia memang memiliki kemajuan yang pesat untuk urusan transportasi, dan aku beberapa kali naik KLIA Ekspress kalau dari Bandara ke KL Sentral dan sebaliknya... nyaman, lebih murah pula ketimbang naik taksi

    BalasHapus