Part 3: Numpang Foto di Benteng Fort Rotterdam Makassar

Kamis, 07 Februari 2019

Setelah kenorakan yang hakiki aku akhirnya bisa mudik ke Makassar dan melihat indahnya pemandangan Kampoeng Karts Rammang-Rammang, ditulisan kali ini aku akan cerita gimana aku dan teman-teman kantor cuman numpang foto aja di Benteng Fort Rotterdam Makassar.

Baca juga:

Bagi wisatawan dalam dan luar negeri yang liburan di Makassar jangan sampe deh lewatin buat berkunjung ke Benteng Fort Rotterdam atau dikenal juga dengan Benteng Ujung Pandang yang terletak di Jalan Ujung Pandang No. 1, Kota Makassar.

Benteng Fort Rotterdam ini adalah saksi sejarah dan peninggalan dari Kesultanan Gowa yang pernah berjaya sekitar abad ke-17. Kesultanan ini sebenernya memiliki 17 benteng yang mengitari seluruh kota Makassar. Cuma ya, Benteng Fort Rotterdam adalah benteng paling megah diantara benteng-benteng lainnya dan keasliannya pun masih terpelihara hingga saat ini.

Kalo ngikutin jadwal, harusnya tuh kami sekantor ke Benteng Fort Rotterdam barengan sama kunjungan ke Kampoeng Karts Rammang-Rammang. Cuma ya beb, berhubung flight kami delay beberapa saat jadilah mundur semua rencana di hari tersebut. Ya namanya manusia hanya bisa berencana ya, beb.

Cukup sekitar 15 menit dari hotel, kami pun sampai di Benteng Fort Rotterdam tepat pukul 10 pagi. MasyaAllah beb, itu matahari di sana lagi terang-terangnya, berasa beut di atas kepala lho. Padahal kan baru jam 10 pagi ya.

Tour guide kami pun menginfokan kalo waktu buat kami eksplore Benteng Fort Rotterdam hanya sekitar 30 menit aja. Loh kok cuman bentaran? Iya, soalnya nih kami harus ngejar waktu buat ke Tanjung Bira yang jaraknya sekitar 200km dari kota Makassar beb. Hahahha, kebayang kan panjangnya perjalanan kami ni buat liat keindahan Tanjung Bira. Nah, kalo cerita Tanjung Bira nanti ya aku update lagi beb di blogpost berikutnya.

Saat turun dari bus, aku langsung menuju ke dalam Benteng Fort Rotterdam dan super niat buat pepotoan meski hanya dikasih waktu 30 menit aja. Trus ajak temen deh buat simbiosis mutualisme. Hahaha partner in crime saling foto gitu beb.

Baca juga:

Okay kita balik lagi ke informasi seputar Benteng Fort Rotterdam ya, dari yang aku baca di beberapa artikel kalo Benteng Fort Rotterdam ini dibangun oleh Raja Gowa ke-9 yang bernama I Manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapa’risi kallonna di tahun 1545.

Orang-orang Gowa-Makassar biasanya nyebut Benteng Fort Rotterdam dengan sebutan Bentang Panyyua (Penyu), ini karena bentuk keseluruhan dari Benteng Fort Rotterdam jika dilihat dari udara mirip seekor penyu yang akan masuk ke pantai beb.

Memasuki Benteng Fort Rotterdam, kamu akan melewati sebuah benteng yang tingginya sekitar 3 meter dan disambut dengan taman yang hijau dan asri yang berada di tengah-tengah Benteng.

Taman tersebut dikelilingi oleh bangunan tua bertingkat 2, sementara tembok setinggi sekitar 3 meter terlihat mengelilingi kawasan Benteng Fort Rotterdam ini, beb. Bagus banget sih Benteng Fort Rotterdam buat foto-foto. Cuma yah, emang kalo pagi ke siang pasti panasnya menohok banget beb. Langsung aja aku menuju ke atas salah satu menara di Benteng Fort Rotterdam yang cucok buat pepotoan.

Menariknya nih, semua bangunan-bangunan di dalam kawasan Benteng Fort Rotterdam kondisinya benar-benar kondisinya utuh terawat. Trus juga ya, ada beberapa bangunan di Benteng Fort Rotterdam yang digunakan sebagai museum dan masuk dalam pengawasan kantor Badan Balai Pelestarian Cagar Budaya Sulawesi Selatan, lho. Keren kan!

Buat masuk ke Benteng Fort Rotterdam diwajibkan bayar lima rupiah untuk orang dewasa dan tiga ribu untuk anak-anak. Sangat amat terjangkau dong? Lagipula kamu bisa puas tuh foto-foto di Benteng Fort Rotterdam buat stok foto instagram nanti. Bonusnya kamu bisa dapeti wawasan baru tentang sejarah Benteng Fort Rotterdam ini.  Juga, kamu bisa memasuki dua museum yang ada di Benteng Fort Rotterdam hanya dengan bayar tiket masuk satu kali aja.

Aku sih kalo ada kesempatan, rejeki dan usia buat ke Makassar lagi pasti mau banget berkunjung ke Benteng Fort Rotterdam ini, tapi durasinya agak lamaan beb. Belonan puas beb kemarin tuh.
Kalo kamu, apakah udah pernah mampir ke Benteng Fort Rotterdam?

45 komentar

1. Aku nyesel banget mba waktu itu ke Makassar tapi gak mampir ke benteng ini. Padahal hotel tempat nginep deket sama Fort Rotterdam.. Kayaknya mesti ke Makassar lagi, nih, kapan-kapan sekalian wiskul juga.. :D

BalasHapus
  2. Beberapa kali ke Makassar tapi belum pernah ke Rotterdam, ngendon di hotel aja soalnya kesananya dalam rangka kerjaan. Kayaknya lain kali kalau ada tugas ke makassar lagi perlu extend deh biar bisa ke Rotterdam sama Ramang-ramang.
    Biaya masuknya murah ya, 5000 itu nggak bisa dapat semangkuk bakso

3. Pergi ke tempat wisata kalo belum foto2 belum komplit rasanya ya haha.
    Bagus juga nih Benteng Fort Rotterdam buat pepotoan, selain nambah pengetahuan bisa tau sejarahnya juga ya. Btw tiketnya murmer, cuma 5 ribu :)

BalasHapus
  4. Itu selalu yang jadi Dilema kalau ada delay pesawat ya mbak, rencana perjalanan yang sudah tersusun rapi akhirnya berantakan. Untunglah Masih sempat foto-foto di Fort Rotterdam yang memang cantik ini

5. Tadinya saya pikir ini bangunan peninggalan Belanda mbak. Tapi bangunan jaman dulu memang terkenal kokoh - kokoh dan awet yaa

6. wah ternyata di dalam benteng itu bisa cantik juga ya mbak. Aku kemaren pas ke Penang diajakin masuk benteng gak mau. Soalnya takut cuma lihat dinding aja gitu, padahal bayarnya lumayan mahal, haha

BalasHapus
  7. Ke tempat wisata, wajib pepotoan ya mbak, hehehe. lebih seru lagi bisa foto di tempat sejarah macam Benteng Fort Rotterdam ini.

8. Aku ga jadi ke Makasar karena dulu bentrok mesti ke Pekan Baru mantap ya mba Aie aku juga penasaran sama benteng ini ternyata disebut benteng penyuu yah :)

9. Saya menginjakkan kaki di Makassar aja belum pernah hehehe. Sepertinya teman-temannya pada sik semua, ya. Jadi walaupun cuma 30 menit, tetap dapat foto yang seru

BalasHapus
  10. Foto di luar ruangan pada jam 10 pagi malah hasilnya kece dek. Langitnya biru banget, jadi kontras dengan bangunan Fort Rotterdam

11. matahari bersinar begitu teriknya sukses memantul di kacamatamu, Mbak beib.
    Kece amat yaa benteng Rotterdam. Duluuu pernah ke sini menjelang senja. Ramenya masya Allah, susah poto. hahahaha

BalasHapus
  12. wahh mba yani ke makassar gak berkabar *sedihhakutuhh padahal bisa jumpa2 kita. ntar kl ke mks lagi kabarin yaa biar bs jumpa2

13. Emang bersih ya, bagus buat foto2. Kesannya rustic. Tapi biasanya tetap ada perasaan gimana gitu kalau sampai masuk ke dalam benteng peninggalan Belanda.

14. seru ya jalan2 ke sini. kapan2 kalo ke makasar mampir ke sini deh

BalasHapus
  15. Suka banget ke sini bareng tmn2 komunitas setiap hr minggu apalagi kalau ada event, seru sekali😊

16. yeay.. aku baca dari part 1 nya lho.. jadi apa kira traveling ke makassar aja nih.. buat seseruan bareng hehe.. liat cerita dan foto-fotonya ka aie selama di makassar bikin envy ish.. ditunggu cerita-cerita ajaib lainnya ya ka..

17. Oh pantesan aja benteng Fort Rotterdam disebut Penyu ternyata miirp penyu ya kalau dilihat dari udara.
    Biar pun panasa tapi tetap happy dong kan bisa menyaksikan secara langsung benteng bersejarah di Makassar. Bayar masuknya maksudnya lima ribu rupiah mungkin ya? bukan lima rupiah. murah juga ya

BalasHapus
  18. Selain ke pantai losari, pengen banget ke sini kalau ke makassar nanti, semoga tahun ini bisa ke sana.

19. Kerennnn. Indonesia makin kaya sama spot foto ya mba hihihihi. Kapan yaaa aku bisa foto jg disana. Bwt kalau boleh saran, fotonya dibesarin mba. Supaya lbh kelihatan cantiknya mba Ai-ku hihihihi.

20. keren tuh mbak yang foto di jendela itu hihihi aku belum ada foto begitu di situ hahahay .
    kalao ke rotterdam emang bagusan pakai warna warni outfit ya biar kece badai hasil foto
    ditunggu lagi mbak aie kedatangannya di makassar biar bisa foto bareng hehehe

BalasHapus
  21. HTM untuk orang dewasa maksudnya 5ribu kali ya beb, disitu 5 rupiah wkwkwk. Btw lucu juga ya, bangunan benteng ala jaman belanda tapi background dah kelihatan gedung tinggi gitu....

22. Ini kalau malam memang kesannya horror tapi kalau siang bagus banget buat foto-foto :) yang aku suka lokasinya yang strategis di pusat kota :) setiap ke Makassar aku suka banget ke sana

23. Asik banget kak aie bisa kesana apalagi bareng temen gambreng nan seru ya, jadi perjalanan jauh pun makin happy deh

BalasHapus
  24. Kece banget ya kak tempatnya...keren nie...bajunya juga oke..pas ya tempatnya nuansanya indah...

25. Kalau misal aku dikasih waktu 30 menit doang panik. Hahaha. Foto-fotonya menghabiskan banyak waktu biasanya. Mbaak aku makin pengen liburan ke Makassar deh. Ah semoga someday bisa menginjakkan kaki di sana ^^

26. wajib banget ini foto2 di sini kalo ke Makassar..

BalasHapus
  27. aku belum pernah ke makassar mba tapi aku suka banget ke tempat bersejarah kayak gini dan lihat-lihat langsung peninggalan sejarahnya :)

28. widihh ootd dari atas sampek bawah udah dipersiapkan sedemikian rupa ya mba? biar hasil fotonya lebih haqiqi apalagi itu tuh yang dijendela pink, mantap betul

29. Benteng tuh selalu ada sisi magisnya ya, Mbak. Kelihatan elegan dan artsy ala peninggalan zaman dulu. Dan, instagrammable pula. Jadi makin nagih buat foto-foto nihhhh.

BalasHapus
  30. wah ini makassar ya? aku belum pernah sama sekali ke makassar, keren ya bentengnya, cukup instagramable juga nih sepertinyaaa, semoga suatu saat bisa berkunjung kesini juga hehehe

31. Aku baru tau lokasi ini. Tempat bersejarah kalau terawat emang tetap bagus ya. Bagus ya buat jadi spot foto.

32. Kerenn, wisata sejarah yg wajib masuk wish list. Panas banget gk mba disana? Biasanya kl dibenteng/candi gtgtu suka panas krna batu²an. He

BalasHapus
  33. Wahh benteng fort rotterdam kayak aku pernah baca di buku2 sejarah :))
    Pgn lihat penampakan bentengnya secara keseluruhan deh ...

34. Waaaah twrnyata makasar punya tempat wisata ini ya.. wajib masuk ke dalam wish list nih kalau aku lagi traveling ke makasar.

BalasHapus
  35. Bagus juga untuk foto2 ya kak. Aku lihat postingan ini jadi pengen travelling lagi deh. Udah lama juga ga jalan2 huhu

36. berasa jaman dulu ya, sayang aja ada gedung gede nya keliatan di belakang hihi, penasaran juga pengen ke makassar

37. Kepengen juga ikut ke benteng fort. Pemandangannya cantik banget suka..fotonya cucok eym semua nih

BalasHapus
  38. Wahh, baru tau ada benteng kayak gini di Makassar.. Jadi pengen kesana juga buat hunting foto kece kayak kamu deh.. :D

39. Kok aku ngeliatnya kayak berasa foto di itali yah mbak, background nya mirip mirip bangunan yang ada di sana kalau diperhatiin, kuno kuno nya gimana gitu cantik banget! Suka deh..

40. Mau ke Makassar juga ih cakep tempatnya ya, berarti disana lumayan panas ya jam 10 udah naik banget matahari?

BalasHapus
  41. yaamouuun kak makassar itu kota yang aku impikan buat aku datengin dari dulum seru banegt ya disanaa, semoga aku bisa kesana jugaa

42. Kayaknya seru deh bisa jalan jalan ke kota makasar, apalagi foto di depan benteng fort. Pengen ikutan aku mbak. hehehee semoga bisa kesana juga

43. masya Allah tabarakallah semoga suatu nanti bisa main ke Makassar dan makan coto makassar sama pisang ijo nya langsung di sini

BalasHapus
  44. Aku setiap ke Makassar selalu kesini meh, suka aja gitu sama bangunan-bangunan disini.

45. Duh gila sih ini ootdnya, aku selalu inget nih pink matte lipstick + pink ootd pula, cuteeeeee

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)