Jumat, 15 Maret 2019

Part 6: Finally Tanjung Bira!


Dari judulnya aja udah kebayang dong perjalanan panjang yang aku bersama teman-teman kantor lalui untuk tiba di Tanjung Bira, Bulukumba – Makassar, Sulawesi Selatan. Yes beb, it needs more than 6 hours road trip!

Maaf ya agak lebay emang buat aku yang sangat jarang melakukan perjalanan darat di luar Pulau Jawa dengan rute yang cukup berliku-liku. Mulai start dari kota Makassar, melewati persawahan, hingga tepi pantai yang terpampang nyata dari jendela bus yang aku tumpangi.

Banyaknya cerita yang bisa aku share di sepanjang perjalanan menuju Tanjung Bira, udah ada di blog aku ya beb. Mulai dari sambutan hujan gerimis manjah saat aku tiba di Bandara Hassanudin, Makassar, mampir ke Kampung Rammang-Rammang, 30 menit foto-foto di Benteng Rotterdam hingga hal-hal apa aja yang aku lakuin di sepanjang perjalanan menuju Tanjung Bira. Oia, sampai kelupaan, aku juga sempat ceritain tentang suatu desa tempat produksi perahu Pinisi.



 Waktu menunjukkan pukul 4 sore, sempet ada drama sih setibanya di cottage tempat kami menginap hanya satu malam aja. Ada yang AC nya gak dingin, ada yang airnya bermasalah, duh beb drama tak berkesudahan dah pokoknya. XD Luckily, kamar yang aku tempati ternyata nyaman-nyaman aja sih. AC cukup dingin, okelah buat ngilangin keringet ya beb. Hanya volume air di toiletnya agak lama aja ‘naik’nya. Alhasil yang pada buang hajat jadi menghabiskan waktu lebih lama deh.

Okay kita lanjut bahas tentang Tanjung Bira. Alhamdulillah, emang dasar rejeki dan qadarullah dikasih kesempatan buat berkunjung ke Tanjung Bira yang katanya pesona keindahan pantainya itu sebelas duabelas sama Maladewa beb. Iya sih, itu air lautnya mashaa allah jernih, biru dan indah banget. Sejauh mata memandang terlihat gradasi warna air laut dari jernih, biru muda, agak hijau toska gitu hingga deep blue. Beb, sempurna sih ciptaan Allah sih ya. Gak berhenti aku berdegup, “Subhanallah, bagus nya, Mashaa Allah, cantikya,” di dalam hati.




 Tanjung Bira yang terletak di daerah Sulawesi Selatan ini, jaraknya agak jauh dari kota Makasasr sekitar 200km. Bisa dibilang nih senjata utama Tanjung Bira untuk menarik minat para wisatawan baik lokal maupun asing yaitu pantai putih alam bawah laut dan juga pemandangan senja yang nyata keindahannya.

Belum lagi keindahan pemandangan langit  yang gak terhalang apapun dan terhampar luas, bersih, putih dan biru, menyejukkan sekaligus bikin kangen. Secara di Jakarta, sulit ya beb nemuin pemandangan langit dan laut yang seindah itu.

Pantai Tanjung Bira juga menawarkan sunrise dan sunset yang bisa kamu lihat secara langsung menuju ke lautan lepas. Beb, kebayang kan romansanya gimana. Apalagi buat ‘anak senja’ ya khaann. Belum lagi pasir pantai yang sangat halus berwarna putih layaknya tepung menambah keindahan dan kecantikan pantai Tanjung Bira.





Selain keindahan dan kecantikan pantai dan laut Tanjung Bira, buat kamu para traveler bisa juga mengunjungi tempat wisata lainnya seperti pulau kambing dan pulau liukang. Kamu bisa melakukan kegiatan snorkeling dan diving karena biota bawah lautnya sangat indah dibanding tempat lain. Itu juga aku taunya dari salah satu temen kantor yang ikutan snorkeling di sana. Aku mah cukup menikmati keindahan dan kecantikan pantai Tanjung Bira dari pinggir cottage aja beb. Harap maklum, akutuh sesungguhnya bukan anak pantai melainkan anak gunung banget. Tapiiii... bukan berarti aku gak suka pantai ya, hanya, ada rasa mual aja kalo kudu naik perahu yang digoyang sama ombak-ombak manjah itu. Cupu emang beb.

Tapi tenang, meski aku gak ikut berangkat ke pulau buat snorkeling teteplah dapat informasi tentang biaya perahu menuju ke sana. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 300ribu rupiah maka 1 perahu bisa kamu sewa untuk perjalanan pulang pergi ke pulah dan itu muat untuk beberapa orang.

Lalu, buat kamu yang gak siap sama perlengkapan snorkeling ataupun diving, jangan sedih beb. Ada banyak tempat persewaan alat diving dan snorkeling kok. Saat menyelam ke dalam lautan Tanjung Bira, kamu akan dimanjakan dengan keindahan pemandangan terumbu karang serta ikan hias cantik nan menggemaskan. Rasanya pengen kamu pelukin dan ciumin satu-satu gitu beb.





Mengenai tempat penginapan dan fasilitas lainnya, pengelola Tanjung Bira menyediakan fasilitas cukup lengkap, meliputi area parkir, toilet, musholla, dan warung-warung yang berjualan makanan camilan hingga souvenir yang bisa dibawa pulang ke Jakarta. Banyak juga penginapan yang tersedia di Tanjung Bira buat kamu yang ingin bermalam. Kamu bisa pilih jenis akomodasi yang diinginkan, dari yang affordable hingga mewah semua tersedia di sini.

Beberapa konsep berbeda seperti bungalow, pondok, hingga cottage tersedia di Tanjung Bira. Nah, penginapan yang dipilih oleh kantorku itu adalah Cottage beb, namanya Hakuna Matata. Lokasi Hakuna Matata ini tepat di pinggir pantai, hanya kamu perlu turun ke bawah untuk bisa merasakan kakimu bersentuhan dengan pasir putih. Foto-foto di sini juga gak perlu diedit beb, udah dijamin naturally cantik deh pemandangannya.




 Rasanya kalo gak perlu melakukan perjalanan darat sejauh 200km dari kota Makassar dan terbang sekitar 2 jam dari kota Jakarta, pengen aku pulang pergi ke Tanjung Bira beb. Semua yang ada di sana mendukung banget buat melepas stres dari himpitan deadline dan permasalahan hidup yang mendera.

Jadi, kapan aku dan kamu berkunjung ke Tanjung Bira barengan beb?



65 komentar:

  1. Salah satu keinginan yang belum tercapai: Bira. Udah 3 kali ke Makassar, masih kurang ke Bira, Selayar dan Tana Toraja.

    BalasHapus
  2. Aduhh aku pengen donh diajak ke Tanjung Bira, selama ini hanya pernah denger cerita tentang bagusnya pantai di sini. Pas lihat fotonya, gileeee emang bagus yaaa Tosca warna Lautnya.

    BalasHapus
  3. udah lama tau ttg tj bira, tp boro2 prnh nyamperin hahahahaha. ga kesampaian muluuuu. aku sih sbnrnya jg lbh suka gunung mba, drpd pantai. tapiiiiu kalo pantai aku seneng kulinernyaaa :p. seafood itu selalu menggoda enaknya :D. dan biasanya daerah laut gini kan seafood lbh murah :).

    BalasHapus
  4. Bulukumba, rasanya nama ini ga asing lagi...pantesan, ternyata luar biasa indah...wow banget...

    BalasHapus
  5. liat pemandangan laut yang cantik kaya gini jadi kangen sama laut dan pantai nih, udah lama banget ga main ke pantai, btw aku baru tau loh soal tanjung bira ini, baru dneger juga namanya, ternyata cantik banget yaa hehe

    BalasHapus
  6. aduh indahnya jadi pingin ke sana

    BalasHapus
  7. warna lautnya omg, bikin pengen nyebur banget sepadan dengan perjuangan menuju kesana, kalau saya sih ga bisa move on dan ga pengen balik hahha

    BalasHapus
  8. Seneng gitu deh liat laut biru gini kebayang betapa nyaman dan sejuknya disana, plus pasti bisa melepas penat juga

    BalasHapus
  9. pemandangan di Tanjung Bira kok bagus banget ya mba,temen2 emang ada sih yg cerita kalau disana indah tapi aku blom pernah liat foto2nya :)

    BalasHapus
  10. Aduhhhhh ini kenapa jadi pengen mantai abis baca tulisannya kak andiyani hahahaha . Mana foto fotonya cakep banget lagi . Lautnya langitnya astagaa terkagum kagum aku

    BalasHapus
  11. Pantainya cakep banget dan panorama sekitarnya sangat indah ya. .Paa banget utk melepaskan penat sejenak dan menyegarkan pikiran..

    BalasHapus
  12. Omg fix bagus banget sih ini tempat nya. Jadi pengen kesna dan foto foto juga. Selalu suka liat foto lam kaya begitu.

    BalasHapus
  13. Duh, liat pantainya langsung gatel pengen nyempung, bagus & jernih banget! Tapi lumayan yaaa, dari makassar 6 jam perjalanan darat, pegel-pegel deh di mobil :D

    BalasHapus
  14. Masya Allah pemandangannya indah dan bagus banget ya. Semoga Tanjung Bira tetap cantik dan bersih meski ada banyak wisatawan yang mengunjunginya. Di mana mana ada drama ya, beb. Tapi dengan adanya drama bakalan diinget terus perjalanannya ya.

    BalasHapus
  15. MasyaAllah tanjung Bira
    Idaman Banget buat plesiran ke sini
    Birunya laut bikin jatuh cinta
    Berkah banget bisa sampe sini mba Andi

    BalasHapus
  16. Aku lagi berkhayal banget lagi liburan nih kak wkwk eh ditambah liat postingan ini jadi makin pengen liburan. Aku demen ke pantai juga soalnya~♡

    BalasHapus
  17. Finally, akhirnya sampai Tanjung Bira ya mbk. Nggak kebayang deh gimana rasanya pas sampai sana, aku lihat foto fotonya aja udah keren banget pantainya, lautnya.. Gimana lihat langsung

    BalasHapus
  18. I read this paragraph fully on the topic of the comparison of newest and preceding technologies, it's remarkable article.

    BalasHapus
  19. ampun mak pemandangannya cakep bener, dijamin bisa bikin aku rileks dan lupa sama semua kerjaan yang ada di jakarta deh kayanya kalo berhasil liburan kesana

    BalasHapus
  20. Duhh aku kemarin ke makassar syg g smpet ksini . Itu dri mkassarny naik travel rombongan gtu ya berarti? Semalemnya brp hrga pnginapannya disitu?? Ccom buat honeymoon jg ya kayanya.. Fix ini jd wishlist jg slain lombok,sumba, sma labuan bajo wkwk

    BalasHapus
  21. Awalnya pingin baca karena penasaran tentang tanjung bira... eh ternyata, udah nyampe part 6. Kudu buruan baca part sebelum2nya nih hehehe :D

    Btw itu perahunya kita sewa bisa sampai mainnya selesai (misal beberapa jam) atau cuma sebentar ya mbak?
    Soalnya jadi inget pas di Jogja, perahunya disewa cuma bisa nganter muter2 sekitar pantai aja. Paling cuma 20-30 menit doang

    BalasHapus
  22. Perjalanan 6 jam terbayar tuntas ya saat sampai di lokasi ini , pemandangannya masya Allah luar biasa indahnya ya

    BalasHapus
  23. Cuma bisa mengucap masyaAllah cantik banget pemandangannya. Anyway, apapun dramanya kalau udah lihat pemandangan pantai dan laut biru kaya gitu mah langsung hilang semua dramanya ya mbak Aie. Dramanya boleh juga tuh mbak dibuat tulisan tersendiri. Hehehe

    BalasHapus
  24. Hehe kalau air si cottage nyalanya kecil, ditinggal aktivitas yg lain ajah sambil tetap tampung airnya. Jadi gak berasa jenuh nungguinnya. Tapi kalau udah kebelet yaa cari batu dulu lah, digenggam yg rapat sambil liatin pemandangan indah di luar sana. Hahay

    BalasHapus
  25. Temanku pernah liputan di pantai Bira, mba. Bagus banget pantainya. Bersih dan birunya sungguh mempezona :)

    BalasHapus
  26. Ternyata seindah sebagus itu ya mba Ai,kayaknya klo kesampean main ke tanjung Bira, kudu sediain memori card buat foto2 yg banyak :)

    BalasHapus
  27. Pantainya cantik banget..suka dg warna biru cerah pantainya

    BalasHapus
  28. Aiiiii foto fotonya asli bikin mupeng! ..
    Ayok sana khusus traveling aja

    BalasHapus
  29. Warna lautnya bisa samaan gitu ya dengan baju mba Aie. Memang bagus banget pantainya. Pantesan banyak yang suka ke sini.

    BalasHapus
  30. Aku juga udeh pernah kesini dan super cantik banget sih lautnya dari warna pasir sampai air lautnya. Duh, kangen main kesini dah.

    BalasHapus
  31. masya allah indah sekali yah, duh mupeng kapan saya bisa foto - foto disana yah. huhuh

    BalasHapus
  32. Masya Allah birunya laut dan bersih pula.
    Ternyata jauh juga ya Tanjubg Biradari Makassar..200 km.
    Tapi sepadan kalau cantik begini

    BalasHapus
  33. Tanjung Bira memang indah ya mba..teratur lagi.
    Pingin kesana bawa krucil rasanya.

    BalasHapus
  34. Duhh ku jg anak gunung tapi nggak kuat liat pantai secakeep ginii. Iyaa nggak perlu editanlah mbaaa aie klo inii mah hihi
    Biasanya makin jauh makin cakeeeup. Andai dekeut oh tanjung birra😍

    BalasHapus
  35. waooow...mmg cantiiik bgt mbak. bikin mupeng. btw nama penginapannya hakuna matata. apa dulu si pemberi nama terinspirasi dari film simba yak? ^_^

    BalasHapus
  36. Cantik banget lokasinya. Perpaduan gradasi warna yang sempurna. Allah Maha Besar dengan segala ciptaannya. Saya jadi ingin ke Tanjung Bira jadinya.

    Mmm.. Itu Pulau Kambing banyak kambing di situ enggak, Mbak? Hihiihi

    BalasHapus
  37. Kalo secantik ini pemandangannya, road trip 6 jam pun aku relaaaa

    BalasHapus
  38. Menurutku beib, Tanjung Bira ini, percis seperti yang di "quote" femes itu.

    "... difficult roads often lead to beautiful destinations"

    Setuju?


    BalasHapus
  39. Woww bagus banget ini. Airnya bersih banget. Bakalan betah deh main" ke sini

    BalasHapus
  40. Bagus banget mba ai tempatnya, bersih dan sepi gitu, stock foto banyak jadinya hehehe, ah i need vitamin sea ini jadinya

    BalasHapus
  41. Perjalanan menuju Tanjung Bira butuh effort ya. Tapi worth it deh kalo lihat pantainya yang bersih. Dan sejauh mata memandang biru yang terhampar bikin aku mupeng

    BalasHapus
  42. Subhanallah teh Aie bagus banget pemandangannya, aku mau masukin tanjung bira ini ke wishlist travel tahun ini. Semoga bisa ke sana juga, tinggal cari partnernya nih buat ke sana hehe

    BalasHapus
  43. MasyaAllah bening banget pantainya mbak, bersih, dan kelihatan asri gitu. Cucok buat foto ala-ala hahaha

    BalasHapus
  44. Aku juga jarang melakukan perjalanan darat di luar pulau Jawa, baru 2 kali kayanya itu juga gak terlalu jauh.
    Wah dalam satu lokasi busa melihat sunrise dan sunset sekaligus ya, enak banget apalagi langsung lihat lautan lepas ya.
    Jadi kapan Ai mau ngajakin aku? :)

    BalasHapus
  45. Aku pernah ke Tanjung Bira, pantainya bersih banget. Birunya cantiiiik membuai.

    Tapi ku sedih, foto2nya menghilang barengan sama rusaknya laptop huhuhuhu

    BalasHapus
  46. Dengar namanya Bulukumba, tapi belum sampai sana, minimal terobati dengan foto dan info ini.

    BalasHapus
  47. Coba kak Aie, ajak aku kesana deh. Nanti kita pepotoan pakai Sweet Escape aja ya biar gak gantian moto, hahahahaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kalau liburan mau OOTD ala kak Aie gitu ah, cucyok....

      Hapus
  48. Subhanallah Mbaak, pemandangannya bagus sekali.
    Selain pemandangan pantai saya juga suka pemandangan di gunung. Pantai dan laut saya suka, tapi kalau untuk naik perahu ke tengah laut, saya juga gak begitu suka hihihi

    BalasHapus
  49. Waaaa.. pemandangannya bagus bener lho mbak. Background laut biru yang bersih itu, udah jarang kayanya ya didapat di Jawa. Duh, pengennnn ke sana..

    BalasHapus
  50. ah...jadi pengen mantai pengen cepet...cepet liburan

    BalasHapus
  51. MashaAllah...
    Keindahan alamnya yaa...masih alami.
    Dan efeknya buat tubuh itu loo...hehhee...
    "Melepas stres dari himpitan deadline dan permasalahan hidup yang mendera."

    uwuwuwu~
    I need vitamin-sea!

    BalasHapus
  52. Pantai-pantai di Indonesia timur emang kental dengan warna biru tosca-nya karena beningnya.. jadi pengen nyobain tour ke Sulawesi dan nyampe ke Tanjung Bira.. cottage udah lengkap kolam kok masih bermasalah dengan AC ya..

    BalasHapus
  53. Masyaallah, senangnya Aie bisa ke salah satu surga dunia ini, Tanjung Bira. Aku pertama kali baca tentang Tanjung Bira di blog alm Cumi dan j atuh cinta sama pantainya yang indah, katanya perjalanan ke sana perlu perjuangan banget ya

    BalasHapus
  54. Saya dua kali berkunjung ke Makasar, tapi belum kesampaian eksplorasi destinasi wisata di sana. Bagus banget ya pantainya. Mana pas banget itu cottage buat nginap berada di pinggir pantai. Pasti puas banget ya, Mbak. Oh ya, serius itu AC-nya bermasalah? Yah, panas dong jadinya

    BalasHapus
  55. 200 km perjalanan darat berarti waktu tempuhnya berapa lama? Kayaknya semalam di sana gak cukup kalau pemandangannya secantik itu :D

    BalasHapus
  56. Ini tempat wisata favorit banget pastinya but mba Andin
    barokallah meski aku belum sampe sana, tapi sungguh bahagia liat pemandangannya
    makasih mba Andi udah ngajak traveling via tulisan

    BalasHapus
  57. Pengin satu saat bisa ke Tanjung Bira Amin

    BalasHapus
  58. itu pantainya gak berombak gede gitu ya mbak.. jadi buat jalan jalan aman... aku termasuk orang yang takut sama ombak sik... takut keseret ke laut

    BalasHapus
  59. Wah pemandangannya cakep banget, jadi semangat nabung buat kesana hehe

    BalasHapus
  60. kak itu airnya crystal clear gitu... gimana gak bikin ngileeeer. Duh, I need vitamin sea.

    BalasHapus
  61. air pantainya masih biru banget! Laff!

    BalasHapus
  62. Aku belum sempat ke sini. Next ke Makassar aku samperin ahhh. 200km, tunggu akoh!

    BalasHapus
  63. Whhuuuuuwaaaaaa.....!! aku belum pernah ke tanjung bira. Semoga ada yang ngajak. #GakMauRugi

    BalasHapus
  64. Benar benar surga dunia ya..Tanjung Bira ini. Mudah mudahan bisa berkunjung kesana.

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)