Kamis, 16 Mei 2019

AJT CogTest: Tes Kecerdasan untuk Memahami Cara Belajar Anak


Assalammualaikum buibu yang punya anak SD, gimana hayo selama anak masuk SD pasti berasa roller coaster ya. Banyak tugas prakarya, tugas PR, latihan dan ujian. Mana pelajarannya aduhai banget kan, ya? Beda banget waktu jaman kita SD dulu. Meski, sekolahnya Darell ya SD eike dulu juga sih. Suka khawatir nih anak bisa ngikutin gak ya, dan khawatir tentang cara belajar Darell juga.


Duh, berasa banget deh peran pola asuh sebagai orangtua bekerja teramat sangat lho. Terutama masalah komunikasi saat Darell belajar. Karena saat ngerjain PR di rumah, aku dan Papih masih bingung siapa yang sebaiknya mendampingi dia. 

Awalnya sih Papihnya yang ambil peranan, tapi Darell malah jadi stres sendiri. Mungkin karena cara belajar Darell agak berbeda sama Papihnya. Akhirnya, aku ambil alih, dan Darell merasa sedikit nyaman belajar sama aku. Iya sedikit nyaman, belum sepenuhnya. Karena aku agak kesulitan buat ngasih berkomunikasi ataupun ngasih arahan ke Darell.

Alhamdulillah ada yang kasih info tentang AJT CogTest PT Melintas Cakrawala Indonesia buat mengetahui gimana cara belajar Darell. Sebelum membahas lebih lanjut tentang apat itu AJT CogTest, boleh ya jelasin dulu tentang PT Melintas Cakrawala Indonesia.



PT Melintas Cakrawala Indonesia adalah satu-satunya perusahaan di Indonesia yang menawarkan AJT CogTest, tes kognitif atau tes kecerdasan yang dikembangkan dengan norma Indonesia. 

Lebih lengkapnya, AJT CogTest adalah tes kognitif yang akurat dan komprehensif dalam membantu mengidentifikasi kekuatan serta kelemahan belajar anak. Model CHC, yang mana AJT CogTest dikembangkan, adalah model kemampuan kognitif manusia paling komprehensif dan empiris yang mencakup beberapa dekade penelitian. AJT CogTest memberikan hasil yang komprehensif dari 8 bidang kecerdasan anak.

Nah, AJT CogTest dirancang khusus untuk siswa Indonesia yang berusia 5 sampai dengan 18 tahun dan merupakan hasil dari penelitian yang dilakukan selama lebih dari 4 tahun terhadap hampir 5.000 siswa dari 6 propinsi di Pulau Jawa, bekerja sama dengan Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Kevin McGrew sebagai konsultan proyek, ahli dari teori CHC dan Co-Author dari Woodcock-Johnson III & IV. AJT CogTest telah diuji coba di 10 Sekolah terkemuka se-Jabodetabek.


AJT CogTest dikembangkan berdasarkan teori kecerdasan termutakhir, yaitu teori Cattell – Horn – Carroll (CHC Theory). Tidak seperti alat tes kecerdasan lainnya, atau yang sering dikenal dengan tes IQ, AJT CogTest memberikan hasil yang komprehensif dari 8 bidang kecerdasan anak. Dengan melakukan tes IQ menggunakan AJT CogTest, diharapkan orang tua dan guru dapat memahami cara belajar yang terbaik untuk anak berdasarkan domain kognitif serta mengoptimalkan potensi yang dimiliki anak.

Kebanyakan alat tes IQ yang banyak dipakai di Indonesia disadur dari luar negeri sehingga belum sesuai norma yang ada di Indonesia. AJT CogTest hadir sebagai alat tes kognitif yang dirancang oleh psikolog dan ahli psikometri Indonesia maupun internasional untuk anak Indonesia.



Ada 2 jenis paket Tes Kognitif AJT:
1. AJT CogTest Full Scale. Mengidentifikasi 8 kemampuan kognitif lengkap yang menampilkan profil lengkap kekuatan dan kebutuhan belajar anak.

2. AJT CogTest Comprehensive. Diperuntukkan ketika seorang anak memerlukan data lebih terperinci untuk dianalisis, psikolog akan merekomendasikan tambahan tes.

Pertanyaan selanjutnya, berapa sih biayanya? Well buibu, biaya AJT CogTest yaitu: Rp. 760.000,- untuk AJT CogTest Full Scale dan Rp. 1.200.000,- untuk biaya AJT CogTest Comprehensive.

AJT CogTest dilakukan oleh psikolog yang  sudah mengikuti pelatihan dan disertifikasi oleh PT MCI. Hasil AJT CogTest akan dikirimkan berupa softcopy melalui surat elektronik (email) dalam waktu 7 sampai dengan 14 hari kerja setelah tes dilakukan.

Setelah mendapatkan informasi yang menurutku sih cukup lengkap, akhirnya aku yakin buat daftarin Darell ikutan  AJT CogTest. Lantas gimana hasilnya?


Jadi begini hasil AJT CogTes Darell, ya ampun selama hampir 14 hari kerja aku tuh penasaran sekaligus sedikit khawatir sama hasil dari test Darell tersebut. Gimana gak khawatir, lah wong setelah tes si Darell aku tanyain gimana test-nya, jawabannya santai banget, dia bilang, “bisa kok Darell, Bun.” 

Udah gitu doang jawabannya, gak cerita apa gitu. Hahahah emang dasar emaknya aja yang lebay eim. Trus, gak ada sejam ngerjain test ini, Darell udah selesai aja. Makin khawatir kan beb.

Alhamdulillah setelah menerima hasilnya yang dikirim via email, aku pun lega. Hasilnya masyaallah, bikin bangga deh Darell. Selama ngerjain AJT CogTest dengan Gita Suci Hilmawati, S.Psi, M.Psi., Psikolog di @melintascakrawalaid, Darell cukup cooperative katanya. Mampu memahami perintah dan mengikutinya dengan baik.


Dari report yang aku terima, secara keseluruhan kemampuan Darell berkembang memadai sehingga tidak memiliki kendala yang berarti dalam belajar. Langsung lega deh.

Darell memiliki kemampuan yang memadai untuk menerima, memproses dan memproduksi kembali informasi yang telah ia terima. 

Darell juga tidak mengalami kendala untuk menghadapi dan menyelesaikan persoalan akademik. Darell mampu memahami materi pelajaran yang disajikan secara visual maupun dijelaskan secara lisan.

Darell memiliki daya ingat yang lebih baik dibandingkan dengan rata-rata anak seusianya dan mampu menyelesaikan tugas-tugas yang menuntut daya analisa seperti Matematika dan Sains.


Dari report ini juga, aku diberikan rekomendasi untuk mengoptimalkan kemampuan kognitif Darell dengan cara memberikannya latihan soal yang tingkat kesulitannya di atas teman-teman seangkatannya. 

Selain itu untuk mengoptimalisasi kemampuan auditori Darell, bisa kembangkan minatnya dalam bermain musik.

Kalo buibu gimana? Adakah masalah mengenai pola belajar anak atau mungkin cara belajarnya? Jika iya, gak ada salahnya untuk melakukan AJT CogTest di PT Melintas Cakrawala Indonesia. 

Karena, aku sebagai orangtua sangat terbantukan dengan adanya test ini. Aku jadi lebih paham mengenai gimana Darell memproses informasi yang dia dapatkan, sejauh apa Darell bisa memahami setiap mata pelajaran yang diberikan oleh guru, dan kalo ada kesulitan dalam belajar, aku jadi tahu harus melakukan apa.


Kemampuan masing-masing anak kan berbeda-beda ya, dan aku percaya kalo setiap anak itu cerdas dan pintar. Hanya, sebagai orangtua harus lebih memahami dan mengetahui cari menstimulasi kecerdasan dari anak masing-masing.

Apabila kamu penasaran dan mau tahu informasi yang lebih lengkap seputar AJT CogTest bisa kamu lihat di: www.melintascakrawala.id atau di Instagram PT Melintas Cakrawala Indonesia @melintascakrawalaid

Jangan patah semangat ya buibu yang anaknya udah masuk SD. Membesarkan anak-anak generasi Alpha cukup menantang dan butuh pendekatan yang berbeda. Yang perlu buibu ingat, semua anak itu pintar dan cerdas tinggal bagaimana kita sebagai orangtua mendidik dengan pola asuh dan cara belajar yang tepat.

Adakah yang ingin berbagi seputar permasalahan cara belajar anaknya? Boleh lho bagiin di kolom komentar 😊



33 komentar:

  1. anak saya masih 3 tahunan mba, tapi bermanfaat sekali infonya untuk pelajaran saya ketika anak sudah mulai masuk SD nanti insyaAllah

    BalasHapus
  2. Di Makassar juga pernah booming tes seperti ini, dengan menggunakan sidik jari.
    Jadi yang test bisa ketahuan sifat, minat dan sebagainya.
    Gak cuman buat anak tapi juga dewasa.

    BalasHapus
  3. aku sempat mendengar istilah tes ini kak, tapi belum tau detailnya, anyway nanti ku tanya lebih lanjut ya kak soal tes ini kalo ketemu.

    BalasHapus
  4. Darell makin ganteng yoooo dan entah kenapa aku kok liat dia disini udah kya anak mau masuk SMP aja. Wajahnya udah mulai berubah lebih remaja.Nunggu hasil tes Darell sampe menghitung hari cemas gtu yaa kak

    BalasHapus
  5. 2 anakku cara belajarnya beda2.. yang satu kudu dingetin.. yang satu seringnya inisiatif sendiri..hasilnya pun beda heheh

    BalasHapus
  6. Nah aku setuju banget mba Andi
    setiap anak terlahir dengan kemampuan berbeda
    kadang ada orang tua yang terallu memaksakan kehendaknya ya
    padahal dengan ajt cogtest ini bisa dengan mudah terlihat anak cenderung suka apa

    BalasHapus
  7. Jadi dg AJT Cogtest ini orang tua bisa lebih memahami cara belajar anak ya... Dan potensinya lebih ke arah mananya. Anakku masih bbrp tahun lagi masuk SD-nya, masih bayi soalnya, hehe... Iya deg2an nih gmn ntar mendampingi belajar generasi alpha gini

    BalasHapus
  8. Oke banget nih Mak.
    Sangat membantu parents jaman now ya.
    Pengin banget cobain suatu saat nanti kalo test ini udah ada di Sby
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  9. Wah...Darel hebat.
    Orangtua nya mesti ekstra niih...biar Darel gak bosan sama soal yang sudah dipahami.
    Rata-rata...
    Anak pintar suka gampang bosan yaa, kak?

    AJT Cogtest membantu orangtua menemukan kelebihan dan apa yang harus dibantu dalam akademik anak.

    BalasHapus
  10. Wah AJT Cogtest sudah diuji ke 5000 anak ya, Alhamdulillah ya bisa membantu orang tua untuk lebih mengetahui kelebihan dan memberikan rekomendasi untuk orang tua dalam mengiptimalkan kemampuan kognitif dan bakat anak. Semoga semua anak Indonesia bisa ikutan test ini yaa.

    BalasHapus
  11. Wuaah, bisa utk anak usia 5 tahun ya? Berarti bisa nih ya utk anakku. Sebelum dia masuk SD, jadi tau kelemahan dan kekuatannya apa pakai tes kognitif kayak gini..

    BalasHapus
  12. wah biayanya lumayan juga ya? tapi apakah tes ini bisa untuk remaja dan dewasa juga?

    BalasHapus
  13. Anakku waktu masuk SMA ngikutin tes seperti ini, tapi aku lupa dengan lembaganya. Udah 4 tahun yang lalu juga sih.

    Beneran ya tes kecerdasan seperti ini membantu orang tua dan guru di sekolah juga untuk mengarahkan seorang anak mau memilih bidang pendidikan yang paling cocok untuknya

    BalasHapus
  14. Senang bgt ya kalau hasil tesnya bisa membantu memberikan solusi cara belajar dgn efektivitas yg tinggi utk anak

    BalasHapus
  15. Aku belum permah coba tes AJT ini mba.. padahal dulu jaman kuliah dan kerja berkutatnya sama alat tes psikologi.. hhii sekarang udah ketinggalan aku..

    BalasHapus
  16. Setuju pakai banget pas di bagian ini:

    "... Kemampuan masing-masing anak kan berbeda-beda ya, dan aku percaya kalo setiap anak itu cerdas dan pintar. Hanya, sebagai orangtua harus lebih memahami dan mengetahui cari menstimulasi kecerdasan dari anak masing-masing."

    Yup, orangtua lah yang harus belajar memahami dan mencari tahu kiat menstimulasi kecerdasan buah hati, karena setiak anak itu unik!

    BalasHapus
  17. Darell kidal ya mba :)
    Aku kayaknya perlu ikutkan Ayyas untuk tes AJT ini buat Ayyas, mba. Sampai skarang aku masih menebak nebak kemampuan dia mana yang harus aku kembangkan maksimal

    BalasHapus
  18. Sepakat, setiap anak itu cerdas dalam bidangnya masing-masing. Cuma kadang orang tua yang belum bisa mengenali dimana kecerdasan anak yang meonjol. Bagis juga kalau ada tes kayak gini, bisa memudahkan orang tua untuk memahami kemampuan anaknya dan mengoptimalkan potensinya

    BalasHapus
  19. dari tiga anak, semuanya punya gaya belajar yg beda. buat di sulung dan si tengah aku dah ga kuatir lagi krna mereka udh bisa belajar sendiri. tinggal si bungsu nih yg selalu diuber2 buat belajar. perlu dites juga biar tahu minatnya kemana dan cara belajar yg tepat buat dia gimana :)

    BalasHapus
  20. Kak Aie, ikutan tes ini tuh ada minimal usia anak gak sih? Aku kok jadi penasaran ya pengen bawa Kelvin ikutan AJT CogTest ini, hanya sekedar ingin tau sebenarnya. Walaupun ini anak.masih TK kadang ku suka khawatir dong sama cara belajar.

    BalasHapus
  21. Pertama kali tahu bahwa kecerdasan itu berbeda-beda klu gak salah ada 8, dstulah aku baru ngeeh kalau setiap anak punya kelebihan masing-masing, yang sejauh ini masih kurang diperhatikan guru-guru di sekolah, karena sekolah hanya mengukur kemampuan anak dari pintar tdknya matematika. Keren deh tes begini apalagi khusus buat anak-anak

    BalasHapus
  22. huwaaa ikutan lega baca hasil tes Darell. Ngerjakan PTS dan PAS udah aman lah ya soalnya udah tahu cara belajar yang tepat untuk anak. Aku juga penasaran nih gaya belajar SID tapi usianya belum nyampe untuk ikutan AJT Cogtest.

    BalasHapus
  23. pengen bgt ikut test semacam ini karena rasa2nya saya belum bisa kasih suasana belajar yg nyaman buat anak. msh suka ga sabaran gitu mhadapi anak yang belajarnya ga bisa anteng. pdhl mana tau dia tipe psikomotorik yah..

    BalasHapus
  24. Cakupan tesnya luas banget ya, Mak. Dengan biasa segitu worth it lah karena jadi invest buat membidik masa depan yang lebih terarah. Kalau dah punya anak, kuambil juga nih tesnya

    BalasHapus
  25. Wih Darrel bisa jadi calon ahli sains nih karena kemampunannya dalam mengerjakan soal2 sains di atas rata2. Semoga setelah melalui AJT Cogtest ini jadi nemu cara belajar yang efektif untuk Darrel ya.

    BalasHapus
  26. Aku punya 2 anak beda sifat ini mba Cara belajar jadi ngikutin Cara dia Aja Blum pernah ikut test kayak gini

    BalasHapus
  27. Baca-baca tentang AJT Cog Tes bikin kepengen ngetes anak-anakku. Biar aku tahu mereka dominan di mana. Jadinya nantinya aku bisa maksimalkan potensi yang dimilikinya.

    BalasHapus
  28. Orang tua memang mesti paham betul dengan cara belajar anaknya ya..
    Saya [unya dua orang anak. Dan masing-masing memiliki gaya belajarnya sendiri. Karena beda, saya pisahkan tempat belajarnya agar tidak saling mengganggu.

    BalasHapus
  29. Seneng banget ya sang anak cobain AJT ini jadi kita bisa tau sebagai orang tua kemampuan anak

    BalasHapus
  30. Penelitian selama lebih dari 4 tahun terhadap hampir 5.000 siswa dari 6 propinsi di Pulau Jawa ini membuat materi test lebih mengenal psikologi siswa ya Mbak.

    BalasHapus
  31. Tes ini lengkap ya. Sudah sesuai dengan norma masyarakat Indonesia pula alat tesnya. Harganya juga tidak mahal. Ini nih yang terakhir. Emak-emak banget. Bukan begitu, maksudnya. Kalau penggunakan tes dari luar negeri kan mahal banget. Kalau dengan hasil yang sama tapi dapat harga yang murah. Kan bahagia hati emak-emak hehe

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)