Senin, 15 Juli 2019

Destinasi Wisata Bali yang Wajib Dikunjungi

Pulau Bali memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menarik, mulai dari wisata alam pantai, pegunungan, hingga wisata kuliner. Tak lupa kamu juga bisa menyaksikan wisata budayanya yang meriah yaitu dengan melihat aneka upacara keagamaan dan pesta rakyatnya serta pentas seni tarian kecak atau tarian api juga wisata belanja dan lain sebagainya, nah, berikut ini adalah aneka Wisata di Bali yang wajib kamu kunjungi:


Pantai Kuta

Pantai Kuta merupakan tempat wisata di Bali yang paling terkenal serta yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan, selain pantai Sanur dan pantai-pantai terkenal lainnya di Bali. Hal ini karena lokasi pantai Kuta yang dekat dengan bandara, dan juga karena pantainya yang indah, serta biaya tiketnya yang murah, serta ombaknya yang cocok untuk berlatih bagi peselancar pemula.


Di samping itu, pantai Kuta juga terkenal dengan panorama matahari tenggelam atau pemandangan sunset yang sangat indah. Pemandangan saat sunrise nya juga tak kalah indah dan mempesona. 





Suatu fakta unik dari Pantai Kuta ialah sebelum Pantai Kuta ini menjadi sebuah lokasi tempat wisata di Bali yang wajib dikunjungi seperti sekarang ini, Pantai Kuta merupakan sebuah pelabuhan besar yang menjadi pusat perdagangan di Bali pada masanya. Dengan pasir putih serta laut birunya, Pantai Kuta merupakan unggulan dan destinasi wisata Bali wajib yang pertama yang harus dikunjungi pada saat berlibur.


Pura Tanah Lot 

Berikutnya ada Pura Tanah Lot, tempat wisata lainnya yang merupakan salah satu tempat wisata di Bali yang terkenal dengan keindahan pemandangannya terutama pada saat matahari terbenam. Pura Tanah Lot yang terdiri dari 2 buah pura ini merupakan pura yang diperuntukan sebagail tempat memuja dewa laut.


Keunikan utama dari Pura Tanah Lot itu adalah pura ini lokasinya berada di atas sebuah batu karang yang besar di pinggir laut. Pada saat air laut pasang, wisatawan tidak dapat mendekat ke Pura Tanah Lot karena di sekitar batu karang penyangga Pura Tanah Lot itu akan digenangi air laut. 

Photo Source: Google
Sedangkan pada saat air surut, wisatawan dapat melihat beberapa ular laut jinak yang menurut penduduk setempat adalah merupakan penjaga Pura Tanah Lot. Jika berani, wisatawan dapat memegang ular suci yang jinak serta tidak berbahaya ini.


Money Forest Ubud

Suatu daya tarik yang ada di Monkey Forest Ubud ialah di tempat itu para wisatawan bisa langsung berinteraksi dengan kera ekor panjang yang memang adalah penghuni kawasan wisata tersebut. Di area ini kera-kera memang dibiarkan hidup bebas. Warga setempat menganggap kera-kera tersebut adalah makhluk suci yang tidak boleh diganggu.


Para wisatawan akan benar-benar bisa merasakan suasana yang menyatu dengan alam. Ditambah lagi dengan suhu udara yang sangat sejuk tentu akan cocok bagi wisatawan yang memang mencari tempat terbaik untuk refreshing sejenak. 

Photo Source: Google

Photo Source: Google

Hal yang perlu diingat adalah karena banyaknya kera-kera yang menghuni tempat ini, maka jangan membawa barang-barang yang terlihat mencolok, guna menghindari dan dapat mengundang kejahilan para kera yang bisa saja secara tiba-tiba lalu mengambil barang-barang bawaan para pengunjung. Biaya masuk untuk wisatawan domestik dikenakan tarif masuk sekitar Rp 30.000.-. Kamu bisa berkunjung ke wisata alam ini mulai dari jam 08.30 sampai jam 18.00 WITA.


Taman Nasional Bali Barat

Tidak bisa sembarang orang yang dapat mengunjungi Taman Nasional Bali Barat karena kawasan ini memang dilindungi oleh Pemerintah, sehingga perlu mendapatkan izin dari petugas setempat jika mau memasuki kawasan taman nasional ini.

Kawasan tersebut dijadikan sebagai tempat penelitian untuk margasatwa, dan juga sudah berdiri sejak tahun 1911. Terdapat 2 alternatif bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Taman Nasional Bali Barat ini.

Photo Source: Google

Photo Source: Google

Jika dari Gilimanuk, maka bisa langsung mengunjungi kantor Balai di Desa Gilimanuk, namun jika berangkat dari Denpasar dan mau mengunjungi Pulau Menjangan, maka dapat melalui Teluk Labuhan Lalang, dengan hanya perlu membayar tiket sekitar Rp 2.500,- hingga Rp.  20.000,-


Pasar Sukawati

Tak lengkap juga rasanya jika berkunjung ke Pulau Bali tanpa membeli oleh-oleh khas dari Pulau Dewata ini. Nah untuk keperluan wisata belanja ini wisatawan dapat membeli barang-barang seni khas Bali, dengan menyempatkan diri mengunjungi Pasar Sukawati.

Photo Source: Google

Photo Source: Google


Di tempat belanja itu berbagai barang dapat ditemukan, bahkan menariknya juga bisa melakukan tawar menawar untuk mendapatkan barang-barang yang ingin dibeli. Datanglah ke pasar Sukawati pada saat kisaran pukul 08.00 hingga 10.00 WITA, yakni setelah para penjualnya selesai bersembahyang, karena biasanya pada jam-jam tersebut harga yang ditawarkan akan menjadi semakin terjangkau.

Pura Uluwatu



Wisata Pura yang satu ini berada di Desa Pecatu, Bali di bagian selatan. Wisata ini tak pernah sepi pengunjung. Ditempat ini bisa melihat kemegahan Pura Uluwatu yang memiliki ketinggian hingga mencapai 97 meter dengan dilengkapi pemandangan yang sangat indah dan menakjubkan.

Para wisatawan dapat melihat langsung hamparan laut lepas dari Samudra Hindia dari atas tebing. Destinasi wisata Pura Uluwatu ini buka setiap hari, yakni mulai dari jam 09.00 hingga 19.00 WITA, namun waktu yang terbaik untuk menikmati pemandangan yang ada di kawasan Pura Uluwatu tersebut adalah pada saat matahari terbenam atau sunset. 

Photo Source: Google

Photo Source: Google

Bagi wisatawan yang berkeinginan untuk melihat pertunjukan tari kecak khas Bali di tempat ini, bisa membayar sekitar Rp 85.000. Jika lewat Traveloka maka bisa mendapatkan diskon untuk berbagai kegiatan wisata selama di Bali.


Demikian sekilas mengenai wisata di Bali dan masih banyak sekali hal yang masih bisa di eksplore dari Bali.

52 komentar:

  1. Nyebrang ke Nusa Penida gitu juga nggak kalah seru, Mba Aie :D
    Naik kapal dari Sanur pagi-pagi, seharian main di sana.

    BalasHapus
  2. bali pantainya keren2. jadi kepingin kesana.. tapi tempat makanan halalnya banyak juga gak ya?

    BalasHapus
  3. uuuwuuuu aku belum pernah ke Bali donk :( sedih hahahaa padahal teman2 yg udah ke Bali bilang kalau udah kesana pasti pengen balik lagi hahahaaa

    BalasHapus
  4. kabarin kalau ke Bali ya Mba, selain wisata diatas masih banyak banget banget tempat wisata lainnya sebelum menuju ke Bali Barat, :*

    BalasHapus
  5. Baru tahu aku, ternyata pulau menjangan itu beneran banyak menjangannya di sana, ya. Lucu banget liat mereka main air.

    BalasHapus
  6. Aku udah berkunjung ke semua yang disebut di atas kecuali monkey forest di ubud, ku pas ke ubud takut kesini banyak monkey hehehe. Btw ku juga pakai paket travelling yang ada di traveloka mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu nonton show tari kecak bali ku dapet harga asik mba, pokoknya murah banget booking show di traveloka, lengkap

      Hapus
  7. duh aku pengen deh ke bali. keren banget pantainya. kira2 budgetnya berapa ya?

    BalasHapus
  8. Wah Bali. Tempat yang tiap sudutnya indah. Pantai, sawah, gunung, candi, bahkan hingga perkampungannya eksotis. Kalo dilist, puluhan tempatnya bakal jadi tempat favorit. Termasuk tempat yang disebut di atas. 😍

    BalasHapus
  9. Liat ini jd kangen pen main main ke bali juga iih.. kmrn smpet ke sana cm blum puas main. Pen coba ke taman nasional jugaaa..

    BalasHapus
  10. Taman nasional bali barat yg belum pernah aq datangi, kita nyebrang pulau gitu yah mbak ?

    BalasHapus
  11. Bali emg bnyk bgt wisata menariknya. Blum pernah ke Bali nih haha. Tp pngn ke ubud sma uluwatu klo liburan ke bali hehe

    BalasHapus
  12. kangen ke pasar sukawati. duluuu banget pernah ke sini sama pacar dan keluarganya. nah beli celana, mahal. ditawar tapi gak mau turun harga. akhirnya sodaranya bilang, kasian lah sodara saya ini. dia kan pengantin baru, ini lg ngidam
    langsung dikasih, wkwkw

    BalasHapus
  13. Kalo aku mupeeenggg banget ke Ubud.
    Ikutan Ubud writers festival sama coba yoga for beginner workshop gitu Mba
    --bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  14. Duh, aku jadi kangen pengen berwisata ke Bali lagi.. Pemandangan indah di Tanah Lot paling ngangenin dan nggak membosankan..

    BalasHapus
  15. destinasi yang disebutkan di sini memang wajib kunjung banget, apalagi kalau baru pertama jalan2 ke Bali. Tapi untuk ke pulau Menjangan, agak menjauh dari pusat keriuhan. Cocok kalau ingin tujuan yang gak mainstream dan lebih dekat dengan alam. Bisa snorkeling pulak di sana

    BalasHapus
  16. Wah blm pernah ke taman nasionalnya nih, masukin wish list klo balik ke Bali ah

    BalasHapus
  17. Meskipun pantai Kuta selalu ramai, tetapi kalau ke Bali gak ke sana rasanya ada yang kurang hihihi. Udha lama banget nih saya gak ke Bali :D

    BalasHapus
  18. Bali emang mempesona ya Mba, jd pengen maen ke taman nasionalnya sama tanah lot. Trakhir ksana cm keliling2 doang krn sambil kerja

    BalasHapus
  19. Huaa jadi kangen sama Baliii... saya udah pernah ke semua tempat itu mba kecuali pasar sukmawati ama taman nasional bari barat. Semogaa kapan2 bisa ke sana. Doain ya mba :)

    BalasHapus
  20. Pasar Sukawati tuh kayak destinasi yang hampir semua orang datangi ya mbak tiap ke Bali. Buat cari oleh-oleh khas Bali yang terjangkau, bisa banget didapetin di sini.

    BalasHapus
  21. Yang baru kudatangi saat ke Bali, Pantai Kuta dan Pasar Sukawati. Suka pasarnya karena mirip Malioboro, hihihi.
    Mudah-mudahan bisa ke Bali lagi bareng keluarga, pengen ke Uluwatu.

    BalasHapus
  22. Sebagai ornag yng belum pernah ke bali, ngeliat ini jadi pengen banget ke Bali, dan memudahkan aku kalau mau ke Bali harus kemana aja, makasih mbak infonya

    BalasHapus
  23. Wah ini destinasi langganan kalo ke Bali mba AI, apalagi pasar SUkawati bisa seharian ngider2 sampe sore, hunting dress balinya :)

    BalasHapus
  24. Duh Bali, tempat wisata yang gak pernah bosen dikunjungi. Berkali-kali ke sana pun tetep aja berkesan ya. Kapan ya aku ke sana lagi? :D

    BalasHapus
  25. Bali memang menarik ya mba. Destinasi wisatanya buanyak banget. Yang aku suka dari Bali, ke khas annya itu nampak di semua lini.. bangunan2, trus bahkan masyaraknya pun memegang teguh tradisinya. Bau dupa, bunga kamboja, perempuan2 berkebaya ..

    BalasHapus
  26. Aku jadi kangen Bali ini mbak, apalagi melihat Taman Nasional Bali barat ini yang belum aku kunjungi

    BalasHapus
  27. waktu aku k Bali, nyesel ga belanja di Badung ka Aie. Dan dari list ini, aku sesungguhnya ingin eksplor Nusa Penida hehe

    BalasHapus
  28. Baliii..aku pun senang sekali disana, belum semua kujelajahi semua. Semoga next time ada kesempatan bisa kesana lagi :)

    BalasHapus
  29. mbak penasaran sama Taman Nasional Bali Barat, beberapa kali ke bali tapi belum pernah kesini, kita berarti naik perahu untuk nyebrang pulau gitu yah mbak ? cantik banget deh pantainya

    BalasHapus
  30. Saya paling pengen ke Taman Nasional Bali Barat nih, semoga ada kesempatan untuk datang ke sana

    BalasHapus
  31. Ke Bali saya pengen ke Ubud dan Uluwatu. Kayaknya suasana begitu tenang, damai dan penuh keindahan. Aaah Bali, memang selalu cantik dan memesona. Jadi pengen segera ke sana.

    BalasHapus
  32. Wah, saya belum pernah ke Bali nih, mudah-mudahan suatu saat bisa jalan-jalan ke Bali bersama keluarga dan butuh banyak referensi destinasi wisata yang bagus dan cocok untuk anak-anak di Bali.

    BalasHapus
  33. Waktu ke Bali aku salah waktu. Datengnya pas tengah hari. Panas banget hahaha.... Next kalau maen ke Bali lagi aku harus ngunjungi Ubud dan Uluwatu yang belum kesampaian

    BalasHapus
  34. Saya baru sekali ke bali, dan dari semua daftar yang disebutin tadi, belum ada satupun yang pernah saya kunjungi, huhu...

    BalasHapus
  35. Wah jadi pengen ke Bali lagi, karena belum pernah ke Pura Uluwatu. Kalo yang forest monkey itu aku nggak pengen, takuuuut, hihiii

    BalasHapus
  36. Makasih banyak ya mba infonya, ini nih yang aku cari selama ini

    BalasHapus
  37. Alhamdulillah, semakin banyak destinasi wisata halal di Bali. jadi pengen main ke Bali lagi, terutama ke kuta (pernah ke kuta duluuu banget, sebelum ada gerakan wisata halal)

    BalasHapus
  38. Sepertinya memang harus kembali lagi ke Bali. Aku belum pernah belanja di Pasar Sukowati dan belum pernah juga berkunjung ke Taman Nasional Bali Barat. Bali memang gak cukup sekali didatangi ya

    BalasHapus
  39. Wisata Bali itu keren2, pantai Sanur, Kuta, Tanah Lot, Uluwatu... Banyak banget dech... Dan meski udah pernag ke Bali, ya pengen ke sana lagi... Heheh

    BalasHapus
  40. Wisata Bali itu keren2, pantai Sanur, Kuta, Tanah Lot, Uluwatu... Banyak banget dech... Dan meski udah pernah ke Bali, ya pengen ke sana lagi... Heheh

    BalasHapus
  41. Wisata Bali itu keren2, pantai Sanur, Kuta, Tanah Lot, Uluwatu... Banyak banget dech... Dan meski udah pernag ke Bali, ya pengen ke sana lagi... Heheh

    BalasHapus
  42. Duuuh, setiap kali liat postingan tentang bali pasti baper. Pengen banget akutuuuh. Semoga suatu saat ada rezeki bisa ke bali. Aamiin

    BalasHapus
  43. Bali selalu kangenin ya...dua kali ke bali waktu acara kantor (waktu masih kerja kantoran) sekarang pengen ke bali susah krn bekalnya kudu banyak bawa anak n pengen oleh2...kudu nabung banyak dulu hahah

    BalasHapus
  44. Aku belom pernah deh main ke Pasar sukawati. Kayaknya asyik deh bisa belanja-belanja. Katanya murah-murah ya di sana

    BalasHapus
  45. Aku dah lama ga ke Bali. Terakhir pas kuliah. Hikz pengennn

    Money forest itu tanah lot bukan ya

    BalasHapus
  46. Keindahan Bali memang bikin ngagenin ya. Jadi pengen liburan ke Bali.

    BalasHapus
  47. Hiks
    Bisa dibayangkan betapa sedihnya saya dua kali ke Bali tapi di antara list di atas baru merasakan Pantai Kuta
    Selebihnya spot lain
    Harus ke Bali lagi nih, khususnya Uluwatu. Wajib ke sana hunting sunset.

    BalasHapus
  48. Duh, kece-kece banget ya destinasi wisatanya. Pengen banget kesana terus foto-foto deh

    BalasHapus
  49. Pulau menjangan menarik yaaa.. menjangannya pada nyebrang di laut gituuu.. 😂 Mau eksplor ubud kalo akuuu, atau yg ada si lumba2, hehehe.

    BalasHapus
  50. Udah lama banget aku gak ke Bali. Kangen deh pengen jalan-jalan sambil menikmati suasana khas Bali. Tapi pengen sewa motor terus jalan-jalan sendiri aja gak pake mobil

    BalasHapus
  51. Aku cuma pernah ke Pasar Sukowati dan Pantai Kuta nih. Tapi foto-fotonya entah ke Mana gara-gara tabnya rusak. Hiks...

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)