Andiyani Achmad

Senin, 19 Februari 2024

Rahasia Kulit Bayi Glowing Sehat Terawat Bebas Ruam Popok dan Biang Keringat dengan Mustela No Rinse Cleansing Water, Mustela Barrier Cream, dan Mustela Cicastela Moisture Cream

Faktanya semua kulit bayi sensitif sehingga mudah mengalami yang iritasi seperti ruam maupun biang keringat. Curhat dikit nih Moms, sedih deh pas mas bayik ruam popok dan timbul biang keringat pada kulitnya. Mas bayik jadi rewel, gak nyaman beraktivitas dan tidurnya jadi gak nyenyak juga.

Meski kulit bayi memiliki banyak stem cell atau sel punca yang berfungsi untuk regenerasi kulit si kecil. Sayangnya, stem cell ini mudah hilang. Karena itu Moms, wajib banget merawat stem cell Si Kecil kesayangan dengan produk tertentu yang memiliki kandungan tepat seperti produk dari Mustela Indonesia. Nah di tulisan kali ini, aku akan berbagi Rahasia Kulit Bayi Glowing Sehat Terawat Bebas Ruam dan Biang Keringat dengan Mustela No Rinse Cleansing Water, Mustela Barrier Cream, dan Mustela Cicastela Moisture Cream. Shall we start now?

Mustela

Cerita Pengalaman Anak Ruam Popok dan Biang Keringat 

Ibu mana sih yang gak bahagia mengetahui anaknya tumbuh sehat, cerdas, dan ceria? Paling sedih kalo anak tetiba rewel yang disebabkan oleh adanya ruam popok dan biang keringat. Selain sedih, pastinya juga stres dan merasa bersalah, apalagi anakku pernah terkena ruam popok di usia 2 bulan, yang membuatnya jadi rewel dan butuh perawatan khusus. 


Harap maklum saat itu, informasi terkait tumbuh kembang anak gak sebanyak sekarang yang bisa cek melalui smartphone. Jadi, ketika anakku terkena ruam popok, aku sempat bingung bagaimana mengatasinya. Ternyata setelah konsultasi ke dokter, anakku memiliki kulit yang lebih sensitif sehingga tidak bisa sembarang memakai diaper, harus diaper yang ramah kulit bayi.


Cara Atasi Ruam Popok pada Anak

Sebenarnya ruam popok dapat ditangani secara mandiri tanpa perlu ke dokter, maka perawatan yang aku lakukan sesuai dengan saran dokter yaitu:

  1. Rutin mengganti popok

  2. Cek ukuran popok apakah sudah sesuai

  3. Gunakan krim ruam popok sebagai skin barrier

  4. Hindari produk yang mengiritasi kulit bayi

  5. Rajin mencuci tangan


Namun, jika ruam popok tidak kunjung sembuh setelah 2 hari atau justru bertambah parah, sebaiknya periksakan bayi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang baik terlebih jika ruam popok si kecil disertai dengan demam, ruam berdarah, dan ruam mengeluarkan cairan.

Mustela

Beda ruam popok, beda pula biang keringat pada bayi yang tentunya dapat membuat bayi menjadi rewel dan tumbuh kembangnya terhambat karena itu jangan sepelekan biang keringat pada bayi. 


Biang keringat terjadi pada anakku ketika cuaca di ibukota lagi panas-panasnya yang menyebabkan suhu di dalam ruangan juga tidak menjadi terlalu lembab sehingga menyebabkan anak mengalami biang keringat. Nah, di kasus anakku biang keringat timbul di bagian punggung, kening, leher, dada, serta lipatan-lipatan kulit seperti kaki, tangan, ketiak, dan selangkangan. 


Moms tau kan kalo biang keringat ini bisa menimbulkan rasa gatal, panas, serta sensasi seperti kesemutan, sehingga kalau masih balita bisa membuatnya gelisah dan rewel. Meski biang keringat bukan penyakit gangguan kulit yang dapat menular, tapi bila tidak segera diatasi akan membuat anak tidak nyaman dan kulit akan terus timbul bintik kemerahan dan kalau terus digaruk akan menjadi luka pada kulitnya, kasihan kan.


Mustela

Cara Meredakan Biang Keringat pada Anak

Lantas apa saja cara yang aku lakukan untuk meredakan biang keringat pada anak:

  1. Sebelum mandi jangan langsung diguyur tubuh dengan air, tapi usap terlebih dahulu bagian tubuh yang mengalami biang keringat dengan waslap yang dicelupkan ke air dingin. 

  2. Mandikan anak dengan menggunakan sabun yang mengandung anti iritasi.

  3. Selesai mandi, keringkan tubuh anak sampai benar-benar kering dari ujung rambut sampai kaki. 

  4. Jangan terlalu banyak memakaikan minyak telon pada bagian kulit yang terkena biang keringat, karena akan membuat kulit semakin merah. 

  5. Taburkan bedak atau olesi krim khusus biang keringat yang cocok untuk kulit anak. 

  6. Pakaikan baju berbahan katun yang nyaman dipakai. 


Saranku, jika cara tersebut sudah semua dilakukan selama 5 hari tapi biang keringat anak tak kunjung kering atau membaik, maka sebaiknya Moms segera konsultasikan ke dokter kulit, karena dikhawatirkan ada gejala gangguan kulit lainnya yang lebih serius daripada biang keringat.


Mustela


Alhamdulillahnya nih, pada tanggal 2 Februari 2024 pas aku mampir ke Kota Kasablanka ternyata ada MB Fair 2024 yang sedang berlangsung Talkshow Tips Mencegah dan Mengatasi Ruam Popok untuk Si Kecil dari Mustela dengan Narasumber dr. Dia Febrina, Sp. KK - Pediatrician dan Titania Chrismonika - Brand Executive Mustela.


Event Talkshow Tips Mencegah dan Mengatasi Ruam Popok untuk Si Kecil dari Mustela di MB Fair 2024 Kota Kasablanka


dr. Dia Febrina, Sp. KK menjelaskan semua kulit bayi itu sensitif. Oleh karena itu, kulit bayi mudah mengalami iritasi dan kemerahan karena kulitnya masih tipis, masih rapuh, sehingga belum kuat menghadapi faktor dari luar, apalagi bayi usia 0-2 tahun.


Selain itu, kulit bayi cenderung kering karena transepidermal water loss (TEWL) atau tingkat penguapan air kulitnya tinggi.  Yang terpenting kulit bayi memiliki banyak stem cell atau sel punca dimana berfungsi meregenerasi kulit bayi. Nah, stem cell ini banyak ditemukan pada bayi usia 0-2 tahun, hanya sel ini dapat berkurang dikarenakan kulit bayi tidak terlindungi dengan baik. Jadi Moms, sangatlah penting untuk menjaga dan melindungi kulit bayi sehingga regenerasi kulitnya terjaga hingga ia besar nanti. 


Mustela


Lalu Brand Executive Mustela, Titania Chrismonika menjelaskan bahwa produk–produk dari Mustela mengandung Avocado Perseose yang dapat melindungi kulit bayi sensitif serta dapat menjaga kekayaan stem cell kulit si kecil. Avocado Perseose ini dibudidayakan di Peru dan tidak ada di produk baby skincare lainnya karena sudah dipatenkan oleh Laboratorium Expanscience Mustela. Jadi hanya ada di produk-produk Mustela ya, Moms.


Lantas apa saja sih manfaat dari Avocado Perseose? Aku jelaskan disini ya Moms, namun sebelumnya Moms harus mengetahui bahwa Avocado Perseose memiliki struktur biomimetik yang serupa dengan kulit bayi sehingga dapat menjaga kekayaan stem cell kulit bayi. Adapun manfaat dari Avocado Perseose yaitu:

  1. Melindungi dan menguatkan kulit bayi 
  2. Melembabkan kulit bayi
  3. Menjaga kekayaan sel kulit atau stem cell/sel punca bayi


Mustela

Dari talkshow ini akupun mendapatkan informasi dari dr. Dia Febrina, Sp. KK tentang cara mencegah terjadinya ruam popok dan biang keringat pada si kecil dengan melakukan teknik ABCDE:


A → Air dengan memaparkan area nappy sesering mungkin ke udara segar, bila perlu berikan waktu bebas popok untuk si kecil. 

B → Barrier dengan mengoleskan barrier cream untuk mencegah dan mengatasi kemerahan awal di area nappy si kecil.

C → Cleansing dengan rajin membersihkan area nappy si kecil menggunakan air yang bersih bisa juga menggunakan air pembersih yang dapat digunakan di area nappy bayi

D → Dry Diaper dengan memilih diaper yang ukurannya sesuai jangan terlalu kecil juga pilih bahan diaper yang cocok di kulit bayi

E →  Education dengan mengedukasi diri seperti mencuci tangan setiap kali mengganti popok si kecil agar mengurangi risiko terjadinya ruam popok pada bayi.


Berbekal teknik ABCDE dari Mustela ini tentunya membantu para orangtua terutama para Moms dalam mencegah terjadinya ruam popok dan biang keringat pada bayi. Juga diiringi dengan menggunakan produk-produk Mustela yang mengandung Avocado Perseose seperti Mustela No Rinse Cleansing Water, Mustela Barrier Cream, dan Mustela Cicastela Moisture Cream. Tenang Moms, aku akan review satu per satu produk-produk tersebut ya. 


Review Mustela No Rinse Cleansing Water, Mustela Barrier Cream, dan Mustela Cicastela Moisture Cream


Seperti yang sudah dipaparkan di atas bahwa produk Mustela Baby and Child memiliki kandungan Avocado Perseose, sebuah bahan alami yang berasal dari Organic Avocado dan sudah dipatenkan oleh Mustela sehingga tidak ada di dalam produk baby skincare lainnya.


Dari teknik ABCDE yang disampaikan oleh dr. Dia Febrina, Sp. KK, Moms bisa menggunakan produk-produk Mustela seperti Mustela No Rinse Cleansing Water, Mustela Barrier Cream, dan Mustela Cicastela Moisture Cream. Oke, aku review satu per satu ya Moms produk-produk dari Mustela tersebut.


Mustela


1. Mustela No Rinse Cleansing Water

Micellar water untuk membersihkan area wajah, badan dan diaper sekaligus melembabkan dan melindungi kulit bayi. Mustela No Rinse Cleansing Water mampu membersihkan kotoran dengan deep cleansing tanpa merusak keseimbangan alami lapisan kulit bayi juga bebas SLS, paraben alkohol dan bahan kimia berbahaya lainnya sehingga aman digunakan dari bayi baru lahir. 


Mustela No Rinse Cleansing Water dengan wangi khas Mustela, tidak perlu dibilas lho Moms. Teksturnya yang cair dan ada efek dingin ketika diaplikasikan ke kulit bayi membuat bayi merasa nyaman. Cara pakainya cukup mudah nih Moms, tuang produk Mustela No Rinse Cleansing Water ke tisu, kapas atau waslap lalu seka area yang ingin dibersihkan dengan lembut, tidak perlu dibilas. 


2. Mustela Barrier Cream

Krim ruam popok yang wajib digunakan setiap kali mengganti popok untuk mencegah dan mengatasi ruam popok. Mustela Barrier Cream memiliki kandungan Avocado Perseose, Oxeoline of Alcacea, dan Sunflower Oil ditambah dengan Zinx Oxide.


Mustela

Tekstur Mustela Barrier Cream tebal, sehingga tidak mudah hilang oleh urin dan feses dan aman kok digunakan pada bayi yang baru lahir serta semua jenis kulit. Mustela Barrier Cream bebas alkohol, paraben, fragrance free dan bahan kimia lainnya serta sudah hipoalergenik, teruji klinis dan dermatologist. Cara pakainya cukup mudah, Moms bisa mengaplikasikan Mustela Barrier Cream di area nappy dengan mengoleskannya setiap kali mengganti popok dalam keadaan area nappy bersih dan kering. Oleskan Mustela Barrier Cream hingga terbentuk lapisan putih sehingga dapat lebih efektif untuk melindungi area nappy.


3. Mustela Cicastela Moisture Cream

Krim ini untuk membantu meredakan biang keringat, gigitan serangga dan bekas cacar air. Kandungan dalam Mustela Cicastela Moisture Cream 91 persen kombinasi bahan alami dan organik yaitu Avocado Perseose, Hyaluronic Acid, dan Panthenol.


Mustela

Mustela Cicastela Moisture Cream aman digunakan sejak bayi baru lahir dan untuk semua jenis kulit karena bebas SLS, paraben, alkohol, dan bahan kimia  berbahaya lainnya. Udah gitu ya Moms Mustela Cicastela Moisture Cream pun sudah teruji klinis, dermatologist hipoalergenik. Bahkan ya, 98 persen setuju, Mustela Cicastela Moisture Cream dapat membantu memperbaiki ketidaknyamanan kulit secara efektif. 


Cara pakainya, Moms hanya cukup oleskan pada area biang keringat dan dapat dioleskan lagi sesuai kebutuhan. Yuk Moms rawat stem cell si kecil dengan menggunakan Mustela Barrier Cream, Mustela No Rinse Cleansing Water dan Mustela Cicastela Moisture Cream yang sudah dapat dibeli secara offline di Reseller Resmi Mustela dan Online di Official Store Mustela.


24 komentar:

  1. Iritasi kulit yang sering terjadi di bayi aku itu biang keringat, makanya pas nemu produk Mustela yang Cicastela, aku happy banget. Jadi must have item yang selalu dibawa kemana-mana juga.

    BalasHapus
  2. Iritasi kulit yang sering terjadi di bayi aku itu biang keringat, makanya pas nemu produk Mustela yang Cicastela, aku happy banget. Jadi must have item yang selalu dibawa kemana-mana juga.

    BalasHapus
  3. Ternyata ada juga tekniknya ya untuk mencegah ruam popok pada bayi, dengan teknik ABCDE. Noted.
    Duh, bayi sekarang tuh makin komplit ya produk perawatan kulitnya, pasti deh bakal makin seneng ortunya nguyel-uyel karena kulitnya lembut, bersih dan glowing pula

    BalasHapus
  4. Anakku juga pakai Mustela yang lotion, karena waktu itu dia sempat alergi kulitnya. Terus dikasih saran dokter pakai rangkaian Mustela jadilah gak pernah ganti lagi karena sudah cocok.

    BalasHapus
  5. Rekomend banget produk mustela ini, aku pakai dari Abang Pendar kecil sampai Binar kecil karena cocok dan aman banget

    BalasHapus
  6. Memilih Produk bayi tuh harus jeli yaa, aku rekomen sih mustela ini, emang dari dulu pake Mustela, bahannya alami gak bikin alergi dan iritasi, kulit bayiku cocok semua pake mustela

    BalasHapus
  7. Kasihan banget kalau bayi kena ruam popok yaa pasti tersiksa dan rewel karena sakit dan tak nyaman. Produk Mustela ini formulanya aman ya dan berkualitas tinggi untuk melindungi bayi dari ruam dan biang keringat

    BalasHapus
  8. Jadinya mesti lebih aware lagi untuk merawat kulit bayi...tentu akan sangat terbantu para ibu saat merawat stem cell si kecil dengan adanya Mustela Barrier Cream, Mustela No Rinse Cleansing Water dan Mustela Cicastela Moisture Cream ini.

    BalasHapus
  9. Percaya banget sama Mustela.
    Saat anak keduaku masih bayi, aku sempat pakaikan Mustela dia karena dia smepat ruam popok.

    BalasHapus
  10. sedih banget ruam pada bayi kadang mereka jadi rewel dan kulitnya jadi merah. Kalau gini aku juga mau ngasih hadiah stok ini buat tetanggaku deh

    BalasHapus
  11. Wahhh ilmu baru nih pake teknik ABCDE. Cocok buat mencegah terjadinya ruam popok dan biang keringat pada bayi. Apalagi kalo pake produk Mustela, dijamin lebih aman lagi dan ngga drama. Soalnya biasanya riwil banget kalo kena ruam dan biang keringat tuh.

    BalasHapus
  12. Wahhh ilmu baru nih pake teknik ABCDE. Cocok buat mencegah terjadinya ruam popok dan biang keringat pada bayi. Apalagi kalo pake produk Mustela, dijamin lebih aman lagi dan ngga drama. Soalnya biasanya riwil banget kalo kena ruam dan biang keringat tuh.

    BalasHapus
  13. Lengkap sekali, ya. Dan kayaknya semua yang dibayangkan ibu yang lelah menghadapi ruam anak terkabul. Saya pernah ketemu ibu muda yang sedih sekali saat cerita anaknya sering kena ruam meski sudah pakai produk yang high end. Keluarlah daftar keluhan dan harapan. Eh, bisa dipenuhi semua oleh Mustela. Yg tanpa bilas itu, ciamik tenan.

    BalasHapus
  14. Perawatan untuk bayi perlu kehati-hatian, karena kulit bayi sensitif sehingga mudah mengalami iritasi seperti ruam maupun biang keringat.
    Dengan adanya Mustela Barrier Cream, Mustela No Rinse Cleansing Water dan Mustela Cicastela Moisture Cream, kulit bayi akan tetap sehat yaa..

    BalasHapus
  15. Kulit bayi yang sensitif harus dilindungi dengan perawatan yang aman untuk kulit bayi ya mbak. Seperti Mustela ini yang mengandung Avocado Perseose yang dapat melindungi kulit bayi

    BalasHapus
  16. Kulit bayi yang sensitif ini bikin orangtua kudu selalu produk Mustela di rumah yaa..
    Karena gak hanya saat bayi, tapi juga uda balita, ruam tetep bisa mengganggu kenyamanan anak.

    BalasHapus
  17. Sedih mmg kalau bayi kena iritasi. Mana mereka belum bisa ngomong, jadi kalau udah ga nyaman banget jatuhnya rewel. Dengan dibikin singkatan, Teknik ABCDE ini jadi lebih mudah diingat yaaa.. menggunakan produk yg berkualitas spt mustella pasti menolong bgt buat masalah ruam bayi.

    BalasHapus
  18. Andalan banget produk Mustela ini untuk atasi ruam popok dan biang keringat, juga bisa menjaga dan melindungi kulit bayi yah.

    BalasHapus
  19. Aiih, gak cuma mama yang harus glowing yaa, tapi dedek pun harus idjaga stem cellnya. Aku juga percaya dengan produk Mustela, karena ketika Binar bayi juga pakai produknya dan cocok

    BalasHapus
  20. Aku punya yang cicastela moisturizing cream, soalnya anak-anakku semuanya suka keringetan hahaha. Jadi emang rentan banget kena biang keringat.

    BalasHapus
  21. Aku punya yang cicastela moisturizing cream, soalnya anak-anakku semuanya suka keringetan hahaha. Jadi emang rentan banget kena biang keringat.

    BalasHapus
  22. Pakai produk Mustela ngebantu banget para mama yang hadapi iritasi kulit anak ya mba Aie. Krim ruam popoknya itu juara emang deh.

    BalasHapus
  23. Aku juga pake produk ini Mba mulai dari si Kakak, alhamdulillah adik juga cocok. Semoga anak2 kita senantiasa nyaman yaa

    BalasHapus
  24. Memilih produk bayi memang harus hati-hati. Harus yang bikin nyaman dan kandungannya juga aman. Kasihan kalau lihat kulit bayi kemerahan, jadinya rewel juga. Untung ada mustela yang bisa mengatasi ruam popok

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)