My Polyvore Set



Selasa, 03 Mei 2016

Fashionista Geek: High Heels, is it Pride or Identity?

Assalammualaikum,

High heels memang sudah menjadi fashion item wajib bagi semua wanita, setidaknya pasti ada sepasang high heels andalan di dalam rak sepatu. Apalagi kamu yang senang tampil feminim akan melengkapi penampilannya dengan high heels tinggi semampai. 

Nggak bisa dipungkiri, sedikit banyaknya high heels ampun membuat wanita semakin terlihat menawan, elegan dan bahkan seksi ketika mengenakan high heels di kesehariannya. 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih high heels untuk dikenakan lho. Simak yuk, rangkumannya di bawah ini :)

Panjang heels

Sesuaikan tinggi high heels dengan kemampuan berjalan. Pilihlah high heels yang tidak melukai kaki, atau lecet ya. Aduh nggak kebayang deh, heels-nya sih cantik banget tapi pas dipakai malah nyakitin kaki. Parahnya, kaki yang tadinya mulus jadi lecet dimana-mana. 

Bijaksananya, jika ingin terlihat menawan, pilihlah high heels dengan panjang sekitar 7 - 10 cm. 


Photo credit: m.dhgate.com

Ukuran sepatu

Pilihlah sepatu dengan ukuran yang tepat dan sesuai dengan kaki. Ukuran sepatu yang nyaman akan membuat kamu semakin nyaman dalam memakai high heels

Terkadang, ketika ada sepatu yang sudah diincar jauh-jauh hari pas mau beli ternyata nggak ada sizenya. Karena ngidam banget, kepengen nggak ketulungan akhirnya dipaksain beli sepatu yang ukuran lebih kecil/besar. Ketika dipakai, malah bikin nggak nyaman dan nggak pede. 

Photo credit: us.makemefeed.com

Berlatih dan membiasakan diri 

Sebelum membeli high heels, ada baiknya kamu berlatih dan membiasakan diri menggunakan heels setidaknya 10 - 15 menit setiap harinya. Hal ini akan membantu membiasakan kaki kamu menggunakan high heels.

Nggak lucu aja, pakai high heels cantik tapi jalannya ngengkang atau kayak robot kaku gitu karena takut keseleo jatuh kan ya.


Photo credit: www.hdwallpapers.org


Gunakan heels secara rutin

Setelah membeli high heels, jangan dijadikan pajangan di dalam rak sepatu kamu ya (ngomong sama diri sendiri), kasian kan high heels cantik tergeletak begitu saja. 

Pakai high heels kamu selama paling tidak 20 menit per hari. Hal ini akan membuat kamu semakin terbiasa menggunakannya. 


Photo credit: www.glamour.com


Penggunaan sepatu hak tinggi atau high heels yang terlalu lama, ternyata dapat membahayakan bagi tubuh dan kesehatan, lho.

Apa aja sih bahayanya, nah aku udah buat rangkuman singkatnya berikut ini:

1. Bunions

Bunions adalah kondisi ketika terdapat benjolan abnormal tulang di pangkal jempol kaki. Menurut, American Academy of Orthopaedic Surgeons, penyakit ini seringkali terjadi pada wanita yang disebabkan oleh penggunaan sepatu yang sempit dan ber-hak tinggi. 

Bunions menimbulkan rasa sakit yang luarbiasa sakit pada penderitanya dan biasanya hanya bisa diobati melalui operasi. 

Photo credit: www.huffingtonpost.com
2. Nyeri kaki

Saat berjalan kaki menjadi tumpuan dari seluruh berat tubuh, dengan menggunakan high heels maka beban yang diberikan kepada kaki menjadi tujuh kali lebih besar dibandingkan dengan menggunakan flat shoes. 

Menurut ahli penyakit kaki, memakai high heels dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan pembengkakan pada kaki dan dapat memicu penyakit neuroma yang mengganggu sistem jaringan saraf di kaki. 

Photo credit: lirikdulu.com
3. Nyeri otot dan sendi

Ketinggian sepatu hak tinggi dapat menyebabkan tegangnya otot pada betis. Selain berpengaruh bagi otot kaki, memakai high heels yang terlalu sering juga dapat menyebabkan nyeri tulang belakang, leher dan bahu. 

Photo credit: forum.suara.com

Disarankan, setelah selesai memakai high heels, berikanlah pijatan pada kaki juga gunakanlah sepatu berbeda setiap harinya untuk mencegah nyeri pada kaki, otot dan sendi. 


Waalaikumsalam,
IG @andiyaniachmad
Tweet me on @milkteabunda

8 komentar:

  1. waaah sering lupa gak aku pijit kakiku, oke makasih tipsnya yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. masama mak... makasi udah mampir yaa :)

      Hapus
  2. Aku kurang bisa pake hak yang runcing, jd suka pake platform heels karena nggak menyakiti kaki ^^ Untungnya kalo kerja bebas pakai sandal pun boleh hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. toss.. aku juga kerja pake sendal jepit hahahahha... udah nggak sanggupp kalo kuduu pake heels dah setiap harii hahaha.. pake wedges aja pegel

      Hapus
  3. Aku bisanya pakai wedges, cupu ngga betah pakai high heels, huhuhu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. gapapa cupuu.. dari pada sakit kan yaa. hehhehe

      Hapus
  4. Hmm ngeri juga ya efek menggunakan sepatu high heels.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo keseringan bisa bikin penyakit, btw thanks udah mampir :)

      Hapus