My Polyvore Set



Kamis, 15 September 2016

Liburan Outdoor Bikin Anak Makin Pintar


Assalammualaikum,

Punya sahabat yang udah bareng-bareng belasan tahun, dari jaman single, singset dan langsing hingga sekarang sudah beranak pinak pastinya menyenangkan, bukan? Bahagianya saya punya sahabat-sahabat kesayangan Ayoe dan Aya yang masih keep in touch dari masa kuliah barengan dulu hingga sekarang masing-masing sudah mempunyai anak yang lucu, imut dan menggemaskan. Kayak ibunya lah. :D

Biasanya nih, sama sahabat akan menyempatkan waktu untuk liburan dan seseruan bareng. Walaupun sekarang sudah beranak pinak, tetap tidak mengubah kebiasaan tersebut. Malahan makin tambah seru dan menyenangkan. Hanya istilah kerennya sekarang mah, playdate, karena bawa krucil-krucil juga.

Di tahun 2014 yang lalu kami pun menunaikan wacana liburan bareng ke Bandung. Awalnya sempat worried liburan bareng balita-balita super aktif, Darell, Sheza & Rafka (anak-anak dari Ayoe) dan Aletta (anak dari Aya). Khawatirnya, mereka akan agak susah diajak kerjasama. Apalagi nih, kami memilih liburan di Bandung dengan itinerary yang mostly spend time di outdoor, menyatu dengan alam. Kenapa Bandung? Alasannya karena paling dekat dari Jakarta, jadi tidak terlalu banyak menghabiskan waktu di perjalanan sih.


Bagaimana dengan persiapan? Tentunya melakukan liburan bersama balita memiliki tantangan tersendiri. Perjalanan menjadi semakin berwarna namun di sisi lain membutuhkan persiapan matang agar liburan tetap menyenangkan. Barang-barang yang harus dipersiapkan ketika akan liburan sebenarnya sama kok dengan orang dewasa, hanya saja ada tambahan baik itu jenis maupun jumlahnya. Berikut saya list down barang-barang Darell apa saja yang perlu dibawa selama liburan ke Bandung:


1. Pakaian

Untuk pakaian Darell yang akan dibawa tentunya disesuaikan dengan tempat ataupun lokasi yang akan dikunjungi. Karena rencana liburan di Bandung hanya 2 hari 1 malam saja, alhasil saya perlu membawa beberapa pakaian yang kiranya dibutuhkan Darell selama disana. Menurut saya, sebaiknya bawalah celana panjang berbahan yang kuat namun tetap nyaman agar bisa melindungi kaki si kecil dari hawa dingin maupun risiko cedera ketika jatuh. Darell ini anak yang super aktif. Kalau sudah berada di tempat yang bikin dia nyaman, maka dia akan berlarian ingin mengeksplorasi semua tempat. Nah, dengan celana panjang berbahan kuat dan nyaman ini, misalnya jeans, saya tidak khawatir lagi karena bahan jeans ini akan melindungi kulitnya dari luka.
           
Sedangkan untuk baju, saya lebih memilih kaus yang berbahan katun yang mampu menyerap keringat dan nyaman buat kulit Darell. Siapkan juga baju untuk tidurnya yang berbahan tebal namun tetap membuatnya nyaman.

agrandelife.net


 2. Peralatan Mandi

Untuk peralatan mandi tidak perlu membawa semua isi kamar mandi di rumah ya, bawa yang penting-penting saja. Misalnya, cukup bawa sabun liquid 2 in 1 yang bisa dipakai untuk mandi sekaligus keramas. Karena Darell sudah terbiasa menggosok giginya, jadi saya juga bawakan sikat gigi dan pasta gigi miliknya.

Kalau handuk, saya bawa sendiri dari rumah. Alasannya, karena tempat penginapan yang kita pilih nantinya di Bandung, tidak menyediakan handuk. Bawa saja yang kecil. Peralatan tempur setelah mandi, seperti minyak telon, baby lotion dan bedak perlu dibawa juga. Tapi saya sih bawanya yang ukuran kecil saja. Supaya nggak terlalu makan tempat di tas.  Selain itu, tisu basah dan tisu kering harus juga ada di dalam tas saya.


3. Perlengkapan anak

Dikarenakan Darell terbiasa membawa tas kecil kemana-mana, jadi di dalam tas kecilnya itu sudah saya lengkapi dengan topi, jaket/sweater, juga cemilan yang dia sukai. Topi dan jaket/sweater ini selain melindungi dari panas ataupun dingin, juga bisa buat bergaya lho saat foto ala OOTDan di objek wisata nanti.

Untuk alas kaki, tergantung kenyamanan Darell sih, tapi karena aku masuk dalam kategori kalau untuk perjalanan jauh biasanya saya membawa 1 pasang sandal, 1 pasang sepatu dan 2 pasang kaus kaki.

Mainan juga perlu nih, bawa saja mainan yang biasa Darell mainin di rumah, seperti mobil-mobilan kesayangannya. Biasanya kan, anak-anak gampang banget bosan ya, nah mainan kesayangannya ini sangat membantu Darell untuk tetap merasa senang selama perjalanan.

bisniswisata.co.id
4. Obat-obatan

Balita cukup rentan dengan sakit dan cidera, apalagi saat traveling pasti membutuhkan stamina yang kuat kan ya. Saya tak pernah lupa membawa Tempra, obat penurun panas yang sejak Darell bayi selalu efektif meredakan panas secara cepat. Tempra mengandung paracetamol yang bekerja langsung di pusat panas sehingga dapat meredakan demam, rasa sakit dan nyeri ringan, sakit kepala dan sakit gigi. Bahkan Tempra ini sudah turun temurun

Tak hanya itu, obat diare, obat anti memar dan obat masuk angin/anti mabok juga saya bawa. Tapi, jika kondisi si kecil dalam keadaan prima, Tempra saja cukup. :)

Kegiatan apa saja yang kami lakukan selama liburan outdoor bareng?

Setelah persiapan lengkap dan optimal, saatnya untuk berangkat. Kami pun janjian ketemuan di rest area KM 19 untuk makan siang di sana. Setelah itu, perjalanan ke Bandung pun dilanjutkan. Selama perjalanan, Darell cukup anteng dan nggak merasa bosan, anak happy Bunda ikutan happy!

Arena permainan pertama yang kami datangi adalah De Ranch di Lembang yang memberikan nuansa alam dan peternakan ala cowboy Amerika. Banyak lokasi yang bisa dijelajahi seperti peternakan kuda, peternakan sapi, perkebunan, padang rumput dan lain sebagainya. Untuk anak-anak sendiri, permainan seperti menunggang kuda pony, naik delman, kolam pancing, peti luncur, balon air dan permainan seru lainnya. Ada juga pelatihan edukatif yang dapat menstimulasi kecerdasan anak, menambah wawasan tentang beternak dan berkuda, memerah sapi dan masih banyak lagi. 





Keesokan harinya, kami pun mendatangi perkebunan stroberi di sekitar Lembang, Bandung. Anak-anak pastinya senang dan semangat untuk memetik buah stroberi langsung dari pohonnya. Mau lihat keseruan balita-balita lucu dan menggemaskan ini saat memetik stroberi? Intip keseruannya pada gambar-gambar berikut ini:








Lantas, apa saja manfaat yang didapat dari anak selama liburan outdoor? Dengan mengajak anak berlibur sebenarnya, kita sebagai orangtua memberikan hadiah yang sangat berharga untuk mereka, yakni waktu. Dengan memberikan waktu bermain yang melibatkan para orangtua, apalagi ada juga teman-teman sebayanya, membuat kepercayaan diri anak semakin bertambah sehingga membuatnya merasa diperhatikan dan disayang. Disamping itu, liburan juga memberikan dampak positif bagi perkembangan mental mereka.

Terlebih jika liburannya dilakukan di alam bebas, dimana anak-anak bisa merasakan, mengamati, mendengar apa yang sesungguhnya ada di alam. Mereka dapat menghirup udara segar, mendapatkan gambaran yang jelas tentang sungai, sawah, pemandangan, gunung, peternakan, perkebunan, binatang-binatang dan masih banyak lagi. Alam juga menyediakan tempat yang luas untuk mereka bergerak, bereksplorasi dan bermain. Alam juga menawarkan ekspresi emosional seluas-luasnya. Mereka bisa berteriak bebas, berlari-larian kesan kemari dan bebas beraktivitas. 

Para peneliti telah mengungkapkan, bahwa perkembangan kemampuan konsentrasi anak setelah di alam terbuka meningkat lebih cepat. Peningkatannya tersebut bisa tercapai hanya dalam waktu 20 menit. Liburan outdoor juga merupakan one-stop edutainment yang bisa mengasah beragam kecerdasan anak. Selain kecerdasan visual spasial dan intrapersonal, ada beberapa kecerdasan lainnya yang bisa distimulasi dan diasah melalui liburan outdoor, seperti kecerdasan naturalistik, linguistik, interpersonal, dan kinestetik.


Selama liburan, orangtua pun harus aktif menjalin komunikasi dengan anak. Saat anak bertanya, jawablah semua pertanyaannya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh mereka. Juga, tanyakan hal-hal sederhana pada anak, seperti bagaimana perasaannya selama liburan, apa saja yang dilihatnya selama perjalanan. Nah, dengan begini liburan outdoor menjadi sangat bermanfaat untuk meningkatkan bonding antara orangtua dengan anak serta membuatnya semakin pintar. 

Mulai sekarang, nggak usah khawatir dan ragu-ragu untuk mengajak anak liburan outdoor bersama teman-temannya ya! Karena semakin sering kita mengajak anak liburan outdoor dapat meningkatkan perkembangan otak dan pendewasaan pada anak yang terlihat dalam fungsi kognitif, kecerdasan sosial, serta mampu memiliki kemampuan untuk fokus secara lebih baik yang dalam hal ini sangat jelas bermanfaat bagi proses pembelajaran akademis anak nantinya. 

Disclaimer: Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Taisho.

55 komentar:

  1. Aahh senangnya klo liat anak senang main di alam bebas yaa.. Obat-obatan memang kudu slalu dibawa yaa, biar hati tenang. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak sehat, anak happy, ibu lebih happy lagi kan ya :)

      Hapus
  2. waahh kebayang bangett kalau jadi emak2 kudu multy tasker yak. Nyiapan baju2 anak, suami, sama diri sendiri. hehe
    aku biasa bawa antangin kalau ke mana2... tempra bisa gak sih buat dikonsumsi akoo? xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. tempra itu untuk anak usia 0 bulan - 12 tahun kakaknyaahh hehehhehe bener banget jadi ibu emang harus multitasker banget :)

      Hapus
  3. Wah, senangnya berkebun. Otbon emang seru ya, Mak. Anak2 bisa melakukan eksplorasi apa aja. Setuju, harus sedia obat turun panas buat anak. Sedih kalu mrk sakit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Happy time banget buat anak liburan di outdoor :) Thanks udah mampir :)

      Hapus
  4. Darel sedari kecil sudah ganteng yaa. Emang liburan ama anak tuh pasti bakal ga seru kalau si anak demam. Tempra emang cucok untuk di bawa2 ya Kakaa, supaya si ganteng selalu ceria selama liburan ya kan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maatsih kaka niaaa.... Tempra selalu jadi andalan buat anak demam dan panas :)

      Hapus
  5. Aku belum pernah ajak raya metik stroberiii.. Next visit ke Bandung sepertinya pengen ajak biar seru!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seruuu banget mambes, raya pasti hepiiii :)

      Hapus
  6. Wahh infonya bermanfaat banget bun.. pas bgt nih lagi nyari referensi liburan outdoor anak yg aman..

    Thanks yah infonya

    BalasHapus
  7. Waaahh..Darrell berkebuuunnn. Nice reference, Bun!

    BalasHapus
  8. Darel kecil-kecil udah pinter pose. Kece euy kayanya gennya kaka aie :p

    btw makasih sharing pengalamannya kak aie, berguna banget buat ilmu kehidupan di amsa depan *tsah*

    BalasHapus
  9. Great post! I completely agree with you! daripada maen gadgettttt mulu!
    http://sepatuholig.blogspot.co...
    IG @grace_njio

    BalasHapus
  10. Aaaah seru emang yaaah kegiatan outdoor tuh,Alula juga suka,walaupun baru sekarang2 juga sukanya..

    Metik strawberry keknya bisa dicoba nih hihi

    TFS Aieee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alula ayo ketik stroberi bareng2 sama binar :)

      Hapus
  11. Serunyaaa.. aku paling seneng metik buah strawberry, serasa main harvest moon hihihi

    BalasHapus
  12. Bunbes....ternyata lebih rempong ya kalau bawa balita. Yuk lah horeey ke jogja,darell kan udah bisa jagain Naya dan Raya 😘😘😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. rempong di persiapan aja mamtir, bisalah ke yogya mah, darell udah ngerti kalo diminta jagain adik2nya heheheh :)

      Hapus
  13. Obat2an memang ga boleh ketinggalan yah Aie, kudu siaga selalu jadi emak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emak siaga, anak sehat, semua heppii :)

      Hapus
  14. Liburannya asyik, seru, Mba. Tapi packingnya malesin ya huhuhu. Eh itu saya ding. Kalau pergi2 bawa anak2 bawaannya kaya mau pindah rumah aja, deh hehe. Dan setuju, obat2an penting bgt dibawa buat jaga2.thanks for sharing, Mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masama Dini, packing emang paling malesin sih ya, liburannya semangat heheheh.. semoga bermanfaat ya :)

      Hapus
  15. Darell masih kecil yaa mba Aie, imut2 menggemaskan 😘 seru banget, jadi pengen ke Bandung juga nih..
    Btw Tempra emang wajib dipunua ya mbak. Akupun sejak vaksin pertama si bayi, diresepin tempra sama dokter anaknya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat itu darell usia 3 tahun 5 bulan, tempra emang juaranya meredakan panas. Rata2 dokter anak ngasihnya tempra untuk meredakan panas anak dnegan cepat :)

      Hapus
  16. Jalan2 sm bocah meski rempong tp nagih ya buuu...

    BalasHapus
  17. Setuju banget Ai.., main di luar itu bikin anak jadi kreatif dan bantu motorik halus dan kasarnya at the same time, plusss menyenangkan!. Kalo udah jalan2 dan main di luar udah susah disuruh brenti, jadi kadang kecapean dan anget badannya, baru deh keluarin tempra, hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Zata, totally agreed, di alam bebas anak banyak belajar dan kecerdasannya pun jadi terstimulasi dengan baik :) Tempra andalan banget Mba dari dulu heheheh :)

      Hapus
  18. Seru yaa jalan rame2 sama anak dan temen2 gini. anak2 pada playdate, ibu2nya pun punya temen ngobrol. hehe. Dan emang anak kecil itu perlu sering2 diajak main outdoor ya biar ga selalu main gadget aja. typical anak jaman sekarang, pada canggih2 main gadget. haha

    BalasHapus
  19. Seru... banget.. Jadi pengen
    Kapan ya liburan.. Lagi hamil gede gini..

    BalasHapus
  20. Senengnya yang liburan ke Bandung, apalagi banyak kegiatan outdoornya. Mau sama anak pun ga khawatir ya, udah punya solusinya.

    Sukses ngontesnya yaa

    BalasHapus
  21. Cakep banget ya tempatnya. Bisa masukin wishlist nya. Tips2 liburannya juga oke. Thanks ya mak

    BalasHapus
  22. Asik ada stroberiiii ^^ good luck yaa mba :)

    BalasHapus
  23. salah fokus sama stroberinya Mba :)
    goodluck yah :)

    BalasHapus
  24. Tahun lalu nggak sempat ke de Ranch :( Lembang macet banget

    BalasHapus
  25. yang berkebun itu menarik ya untuk anak-anak, kesempatan buat mainan tanah hehehehe

    BalasHapus
  26. yang berkebun itu menarik ya untuk anak-anak, kesempatan buat mainan tanah hehehehe

    BalasHapus
  27. Wah..harus sering2 ajak anak2 wisata outdoor nih..biar makin pintar.. Hihi

    BalasHapus
  28. Boys packing listnya lucuukkk
    berkebun oke juga nih *nyatet

    BalasHapus
  29. ia..sy juga lebih suka bawa anak liburan outdoor daripada main di dalam ruangan

    BalasHapus
  30. Iyaaa anak2 pasti lebih senang buran outdoor lebih lapang rasanya. Tapi persiapan emang kudu maksimal, salah satu yang ga bole ketinggalan obat turun panas.

    BalasHapus
  31. Liburan emang seru ya bun kalau bisa bawa anak-anak, tapi kalau mereka demam jadi sedih deh :(
    Pintar-pintarnya kita sebagai ibu yang harus menyiapkan segala sesuatunya agar anak kembali sehat, seperti membawa Tempra yang cepat menurunkan demam anak :)

    BalasHapus
  32. waaa... serunya liburan bareng2. udah lama pingin ke bandung belum keturutan. moga ada kesempatan deh.
    terimakasih sudah berbagi cerita :)

    BalasHapus
  33. anak -anak paling senang kegiatan outdoor karena bebas berimajinasi

    BalasHapus
  34. Mbaaaa, anakku pengeeen dan terobsesi banget sama stroberi. Di Palopo nggak ada stroberi Mba, hiks. Semoga bisa segera liburan ke sana.
    Dan nggak lupa bawa Tempra ya buat jaga-jaga.

    BalasHapus
  35. Kegiatan liburan outdoor emang banyak manfaatnya buat anak, salah satunya biar gerak dan eksplorasi alam, ya mbak? :D

    BalasHapus
  36. Keren Mba......saya juga lebih suka ajak keluarga untuk liburan di kegiatan yang sifatnya outdoor. Sekali2 ajak mendaki gunung Mba, buat referensi saya pernah ajak keluarga saya mendaki gunung Papandayan Mba: http://garisbatas.com/mendaki-gunung-papandayan-garut/

    BalasHapus
  37. Seneng ya liat anak-anak berlarian bahagia di alam bebas :)

    BalasHapus
  38. anak-anak saya juga mba liburan outdoor, tapi memang harus diimbang dengan nutrisi yg baik ya biar daya tahan tubuhnya kuat terhadap kuman di luar rumah

    BalasHapus
  39. Bener banget, ngajak anak liburan memang harus bawa obat yang lengkap.

    BalasHapus