My Polyvore Set



Selasa, 20 September 2016

Sakit Itu Tak Hanya Mahal, Tapi Juga Merugikan





Masih banget inget mamah selalu bilang kalau kesehatan itu penting, terlebih menjaga kesehatan dengan pola hidup dan pola makan yang baik. Mencegah kan jauh lebih baik daripada menyembuhkan, bukan? Belum lagi biaya kesehatan sekarang ini yang aduhai mahalnya. Padahal kalau kita bisa mencegah datangnya sakit dengan hidup sehat dan pola tidur yang benar, niscaya tubuh akan selalu fit dan bugar. Faktanya nih, kesehatan itu ternyata bisa memengaruhi kebahagiaan kita, lho.


Saat sedang sakit, tentunya akan membuat kita kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari yang akhirnya bikin mood menjadi nggak menentu dan sering juga malah jadi berpikiran negatif. Ini yang saya alami beberapa tahun yang lalu saat saya terpaksa diharuskan menginap dirumah sakit dan melakukan operasi untuk pertama kalinya dalam hidup. 



5 November 2009, tiba-tiba saya merasakan sakit yang luar biasa di perut bawah bagian kanan. Saya pikir, ah ini palingan karena masuk angin kan, ya. Jadi yang saya lalukan untuk meredakan sakit yang luar biasa tersebut dengan membalurkan minyak angin ke seluruh area perut dan meminum teh hangat. Tapi rasa sakit itu malah menjadi, bahkan saya bolak balik ke toilet hanya untuk kembali membalurkan minyak angin dengan harapan bisa berkurang sakitnya. Nyatanya, malah makin sakit dan lebih parah sakitnya. Seakan perut ini mau meledak. Lebay memang. But that's how I felt.

Saat itu saya tak berpikiran untuk izin pulang cepat, jadi saya menahan sakit dari jam 1 siang sampai jam 6 sore. Lumayan lama juga sih ya. Tepat jam 6 sore saya tergopoh-gopoh menuju lift untuk pulang, sampai di bawah pun saya langsung mencari taksi dan meminta taksi tersebut untuk mengantarkan saya ke rumah sakit terdekat. 

Oia, saat itu saya belum menikah. Lagi gencar-gencarnya kerja. Belum lagi pekerjaan saya saat itu menuntut untuk sering lembur. Akhir pekan pun bukannya istirahat, malah asyik pacaran ataupun spend time bareng temen-temen.  Gimana badan nggak teriak coba kan, ya?


sempetin update status di FB sebelum ke rumah sakit, maklum, kala itu baru FB yang familiar :)


Ketika tiba di rumah sakit, dengan sigapnya pak taksi burung biru membantu saya ke UGD untuk dapat diberikan tindakan secepatnya. Sambil menghubungi keluarga, dokter jaga dan suster pun melakukan pemeriksaan. Jujur ya, rasa sakit itu makin menjadi-jadi bahkan saya sampai menangis dan teriak hingga sepertinya sih bikin heboh satu UGD deh. 

Dokter pun meminta suster untuk memasukkan pain killer melalui dubur saya. Kenapa? Karena tiba-tiba saya demam sangat tinggi, badan dingin, shaking (gemetar cukup keras) dan keluar keringat dingin. Jadi, tidak memungkinkan bagi saya untuk meminum obat pain killer tersebut melalui mulut. Pertimbangan lainnya adalah agar obat ini cepat bekerja sehingga dapat mengurangi rasa sakit yang saya rasakan menyiksa banget itu.


Terkuak sudah penyebab sakit perut yang luarbiasa tersebut, bukan, bukan usus buntu, tapi kista yang tumbuh di sel indung telur bagian kiri saya membengkak dan siap meledak. Kenapa begitu sakit? Ternyata kista tersebut bergesekkan dengan usus besar yang mengakibatkan nyeri luar biasa. Tindakan operasi pun diambil, karena kalau kista ini sampai meledak, bisa-bisa nyawa taruhannya. 

Setelah melakukan serangkaian tes sebelum operasi besar, akhirnya pukul 2 dini hari pun saya masuk ke dalam ruang operasi. Takut? Pasti! Saya tak berhenti dzikir sepanjang proses hingga selesai operasi. Nggak kebayang sih sebenarnya saat itu, sekalinya masuk rumah sakit ternyata harus melakukan operasi besar. Seumur hidup, itu yang pertama kalinya. Cukup bikin drop

Paska operasi, kenyataannya, banyak sekali perubahan yang terjadi pada tubuh saya. Seperti, jadi gampang capek, gampang sakit-sakitan, lemah dan nggak sebugar sebelumnya. Ibaratnya mah makin ringkih.



Ditambah, dokter sempat menjatuhkan vonis kalau sangat kecil kemungkinannya saya untuk dapat memiliki anak. Sel indung telur sebelah kiri saya pun akhirnya harus dikorbankan. Tak bisa diselamatkan lagi menurut dokter. Alhamdulillahnya yang sebelah kanan masih aman. 

Paska operasi, dokter memang mengharuskan saya untuk istirahat selama dua minggu. Tidak boleh melakukan aktivitas berat. Kembali menjaga pola makan dan pola tidur yang baik dan benar. Kejadian ini menjadi wake up call terbesar sepanjang hidup saya. Nggak usah ngoyo kerja, apalagi harus lembur sampai pagi berhari-hari. Pola makan nggak boleh sembarangan lagi, benar-benar harus diperhatikan deh kebersihan dan nutrisinya. 

Biaya operasi kista dan rawat inap tahun 2009 lalu mencapai 16jutaan rupiah. Mahal kan? Coba aja dari dulu nggak bandel. Mau hidup sehat. Makan yang bener. Nggak makan jorok. Nggak banyakan begadang. Minum multivitamin ataupun suplemen biar penyakit jauh-jauh deh dari tubuh ini, kan ya. 

iya, saat itu saya alay! :D nulis status FB harus banget double double hurufnya :D :D


Saya termasuk yang lama proses penyembuhannya, hampir 3 mingguan. Malah dua minggu setelah operasi, saya sempat drop parah. Buang-buang air, suhu tubuh meningkat, pusing dan meriang gitu. Orang rumah bilang itu dampak dari anastesi, yaitu pembiusan yang dilakukan sebelum operasi untuk menghilangkan rasa sakit saat melakukan pembedahan dan berbagai prosedur lainnya yang menimbulkan rasa sakit pada tubuh. 

Sempat juga konsultasikan hal ini pada dokter, beliau pun menyebutkan kalau hal ini wajar alias normal bagi yang baru pertama kali operasi. Entahlah, beneran deh dua minggu paska operasi itu sangat menyiksa. Mungkin kalau saat itu saya sudah kenalan dengan Theragran-Mvitamin untuk mempercepat masa penyembuhan pastinya proses penyembuhan saya nggak lama kan ya. Sehingga saya pun dapat melakukan aktivitas seperti sedia kala. Pekerjaan lancar dan juga bisa berbagi momen penuh kasih dengan keluarga dan orang di sekitar. 




Tentunya selalu ada hikmah dari setiap kejadian, paska operasi, mantan pacar yang sekarang sudah jadi suami ngelamar saya dong untuk menikah dengannya. Memang, Tuhan selalu punya rahasia besar untuk umatnya. Bahkan disaat terburukmu, Tuhan memberikan hal yang indah, selama kamu ikhlas dan sabar menjalani cobaan dari-Nya. Allah Maha Besar!

Nah, makin kesininya saya pun makin ekstra memperhatikan kesehatan dengan makan teratur, jaga makanan, jaga waktu tidur, dan mengonsumsi Theragran-M paska sakit agar tubuh makin bugar, nggak gampang drop. Biasanya, paska sakit saya minum Theragran-M 1 tablet sesudah makan atau sesuai dengan anjuran dari dokter. 

"Today is a new day. Fresh start! 
Think happy thoughts, exercise, drinks lots of water, 
don't just eat, fuel your body.
Be healthy and happy!"

Disclaimer: Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Taisho 

56 komentar:

  1. Emang kalau udah sakit mahaaal bgt, lebih baik mencegah drpd mengobati. Ayo aie, udah tau perutnya rentan, jgn nakal2 lg skip makan yaaa.. Kiss kiss bunbes

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihiii... kadang suka bandel ya, apalagi kalo lagi sibuk suka lupa makan, sekip terus berimbas ke males deh :)

      Hapus
  2. Duh kakaieee aku pertama ikutan sakit perut nyeri ngilu. Terakhir malah cekikikan karena alay dan ending yg super mengejutkan dilamar si papih. Aseek dah.

    sakit membawa berkah ya judulnya :p

    coba yak dulu udh kenal si theagran

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahhaa, itu true story ifa, kira2 laku nggak ya kalo dijual ke production house buat dijadiin kisah FTV. *mimpiiiii* :D

      Hapus
  3. Betull sekali sehat itu mahallll.. Makanya kudu pinter2 jaga badan biar sehat terus.. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget, mending jaga kesehatan makan yang bener deh ya, mamaciih putri :)

      Hapus
  4. Kerasa mahalnya pas sakit ya Mak. Saatnya menyayangi tubuh kita saat sehat sepertinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget mak, semenjak itu harus kudu banget jaga2 kesehatan deh. Kalo sehat kan bisa berkarya ya mak :)

      Hapus
  5. wah ujung dari postingannya gak nyangka.. ^^

    BalasHapus
  6. sakit memang mahal ya mbak, smoga setelah sehat terus dijaga
    salam sehat dan semangat amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, semoga kita semua sehat selalu ya :)

      Hapus
  7. Saya aja semenjak sakit malaria kemaren ga mau begadang lagi, minimal jam 11 udh tidur

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget nih, nggak usah deh begadang. Kasian badan kita. Harusnya istirahat dipaksa kerja. :)

      Hapus
  8. Alhamdulillah ucapan dokter yg sulit punya keturunan ga terbukti ya aie. Sudah ada darrel yang sehat dan lucu ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Wit, iya Allah Maha Besar Mba :')

      Hapus
  9. Kadang kita baru jauh menghargai kesehatan kalo udah dikasih sakit yaa.. Even aku yg sering periksa orang sakit aja, baru "tobat" kalo udah ngerasa sakit sendiri.. semangat jaga kesehatan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bu dokter, siap laksanakan hidup sehat :)

      Hapus
  10. Dulu sering minum ini. Disarankan beberapa dokter diganti dulu sementara waktu.

    Dan memang kalau sudah sakit baru terasa mahal

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau udah sakit biasanya baru ya inget gitu betapa mahalnya biaya berobat huhuhu, btw thanks udah mampir kornelius ginting :)

      Hapus
  11. Mba Ai, moga ngga sakit lagiii yaaa. Dampaknya anastesi bisa gitu juga yaaa mba :'( baru tauuu

    Sehat sehaaat yaa mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin suci, semoga kita semua sehat selalu ya :)

      Hapus
  12. Semoga sehat selalu ya mba

    Budy | Travelling Addict
    Blogger abal-abal
    www.travellingaddict.com

    BalasHapus
  13. Bunbes *krai* jadi belajar banyak dah ama bunbes ini....saling mengingatkan hidup sehat ya bunbes *lopelopeketjup*

    BalasHapus
    Balasan
    1. siaapp mamtir, hidup sehat demi masa depan gemilang hahahah :)

      Hapus
  14. Hwaaa. ketauan kistanya bisa langsung pas udah parah yaa aie. tp untungnya setelah itu langsung dilamar dan punya anaknya juga ga lama ya. Rencana Allah memang paling baik yaaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya fika, alhamdulillah masih dikasih kesempatan untuk memiliki anak dari Allah :)

      Hapus
  15. Kmrn mamaku jg habis sakit aku rekomenin theragran utk mempercepat masa penyembuhan mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. HI Arifah thanks sharingnya, theragran memang banyak direkomendasi ya untuk mempercepat penyembuhan :)

      Hapus
  16. iya setuju sehat itu mahal ya, nice sharing nih jadi ngingetin untuk selalu hidup sehat sedini mungkin... jaga kesehatan selalu ya kakak aie :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masama Ingga, sehat itu beyond anything deh. Karena sehat apapun jadi mungkin :)

      Hapus
  17. Alhamdulillah skrg udh ada si ganteng Darrel ya buuu... iya bner sakit itu udh ga enak trus mahal pulak. Mending jaga makan n olga yaaa... smg qta sehat syelaluh..

    BalasHapus
  18. emang deh ya lebih baik mencegah daripada mengobati huhu

    Ray - www.rayditaa.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setujuh banget inih, lebih baik mencegah lah sekarang mah hehhehe, kadang kalo bandel2 dikit trus diingetin sama masa2 lagi sakit nih balik deh ke hidup sehat :)

      Hapus
  19. jaga kesehatan kdg baru nyadar abis sakit yah mb, so do I, hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. manusia biasanya begitu ya mba, sadarnya pas dikasih sakit :)

      Hapus
  20. Penderitaan bunda Aie menjadi Teguran bagi orang lain. Termasuk saya.

    BalasHapus
  21. Penderitaan bunda Aie menjadi Teguran bagi orang lain. Termasuk saya.

    BalasHapus
  22. Aduuh buunn, baca ceritanya bikin sedih.. semoga kita selalu diberikan kesehatan yaa, demi anak dan suami tercinta, aamiin..

    BalasHapus
  23. Makanya ya sarapannya jangan pakai pop mie yaaa.. *jitak*

    BalasHapus
  24. Ya ampun aie...makanya sekarang hidup sehat lah. Semoga selalu sehat terus ya, jaga makanan. Kirang-kurangin lah makan mecin (talk to my self ��)

    BalasHapus
  25. ampun...ceritanya bikin ngilu. moga sekarang sehat selalu yaaaaa mak Aie. Inget ibuku dioperasi di bagian ususnya waktu gadis, entah sakit apa. beliau ga cerita detil

    BalasHapus
  26. Kesehatan sangat berarti ketika hilang ya mbk

    BalasHapus
  27. Aku juga udah minum Theragran-M ini,dan terbukti tubuhku jadi lebih sehat. Bahkan walaupun dalam keadaan sehat pun bisa tetap di konsumsi karena ini bukan obat

    BalasHapus
  28. wah... sama, Mbak, aku dulu juga diambil indung telur sebelah kiri. Alhamdulillah masih bisa punya anak ya, Mbak sekarang :). Waktu dulu kistanya sudah mau pecah, perut Mbak sempat membesar seperti orang hamil nggak? Soalnya aku dikira hamil sama orang-orang waktu itu :p.

    BalasHapus
  29. Teman dekat saya juga KET, pemotongan indung telur. Alhamdulillah, dia pun juga punya anak. Iya, benar mmg, alarm tubuh jangan disia-siakan

    BalasHapus
  30. Kista sampe pengaruh ke usus besar . wiih serem ya Mbak. Mudah2an gak terulang lagi ...
    Sehat selalu ya Mbak :)

    BalasHapus
  31. dan, aku ndadak berasa alay karena demen banget nulis2 ituuuuuh di double2in *kabuuuur

    BalasHapus
  32. semoga makin sehat ya mbak...
    komen gini sambil nahan perut nyeri beberapa hari. semoga bukan masalah serius huhuuhu... (kok aku curcol?)

    BalasHapus
  33. Dengan Theragran-M berharap bisa jauh dari sakit

    BalasHapus
  34. Mbaaa semoga sehat-sehat terus yaa. Bener banget kalau sakit itu mahal :( jadi mending menjaga dan atur pola hidup daripada kenapa2 kan ya.

    BalasHapus
  35. minum theragram cepet bikin pulih ya mbak
    itu pas kista awal g kerasa tiba2 udah rada besar gitu ?
    sehat2

    BalasHapus
  36. YA Allah, 16 juta! Bisa buat beli motor ya Mba? Hehehe
    Tapi alhamdulillah, terbayar dengan kesembuhan Mba Andi. Dan yang paling penting bisa memetik hikmahnya untuk hidup lebih sehat :).

    BalasHapus
  37. Kista itu ternyata kalau dibiarkan bisa sangat berbahaya ya mbak :(
    Moga sehat2 terus ya mbak :)

    BalasHapus