My Polyvore Set



Selasa, 08 November 2016

[Parenting Information] Ketika Anak Berusia 5 Tahun


“Bun, Darell mau potong rambut yang ada “petir”nya sama jalanan mobilan McQueen.” Ucapan Darell ini sempat bikin aku sebagai Bundanya "shock"! Darimana dia tahu potongan rambut kekinian itu? 

Nggak hanya itu, sejak Darell berusia 5 tahun banyak sekali hal-hal yang dibuatnya bikin Bunda terperanjak kaget. Di usia 5 tahun ini, Darell bisa dibilang di masa transisi antara usia balita dengan usia anak-anak. 


Perkembangan Darell Usia 5 Tahun

Secara fisik, perkembangan tubuh Darell sudah sesuai dengan usianya yaitu ia sudah bisa melompat dengan satu kaki, mengikuti gerakan orang lain seperti menari dengan urutan yang benar, melakukan gerakan olahraga yang sederhana, berlari, bermain sepeda, berjongkok dan lain sebagainya. Biasanya anak usia 5 tahun sudah mampu menggunakan tangan yang dominan. Menggambar bentuk, misalnya segitiga, persegi, bulatan dengan proporsi yang tepat. Koordinasi mata dan tangan pun semakin terarah misalnya menggunting mengikuti garis.

Lalu, secara emosional pun Darell semakin ekspresif mengungkapkan perasaannya. Ia mampu menunjukkan emosi marah, kesal, sedih, gembira, kaget, bahkan ngambeg. Perbedaan yang nyata ini terlihat ketika ia tidak menyukai suatu hal. Misal nih, biasanya Bunda menyiapkan pakaian yang akan Darell kenakan di setiap harinya terlebih kalau mau pergi quality time bareng papih-nya. Kalau Darell ngerasa nggak nyaman atau nggak suka dengan warna dan modelnya dia akan spontan bilang, "Bun, kok pake baju ini sih? Ganti ya, Darell nggak suka!" 

Ini salah satu gayanya yang tergila-gila dengan BoboiBoy

Bagaimana dengan kemampuan bicara dan sosialisasinya? 

Darell sudah bisa berbicara lancar tidak cadel di usia 1 tahun setengah, terbilang cukup cepat apalagi untuk anak laki-laki. Prinsip pola asuhku memang ketika berbicara dengan anak diusahakan untuk tidak berbicara cadel. Juga biasakan Darell berbicara layaknya orang dewasa berbicara. Kebetulan orang-orang di sekitar Darell dikategorikan "bawel" dan "cerewet" sehingga memicu kemampuan berbicara Darell makin baik. 

Kosakatanya pun semakin bertambah, sering banget aku dibikin terperanjat kaget dengan ucapan-ucapan dari mulut mungilnya. Darell sudah lancar menceritakan kejadian-kejadian yang dialaminya di sekolah. Karena itu Darell terbilang cukup baik dalam bersosialisasi dan beradaptasi dengan teman-teman dan guru di sekolahnya. Sebagai orangtua pun aku diharuskan untuk memberikan stimulasi supaya keterampilan Darell dalam mengolah kata-kata dan berbicara makin terasah dengan baik. 

Alhamdulillah banget, Darell termasuk yang cepat dan lancar bicaranya. Dari usia satu setengah tahun sudah bisa berbicara lancar dan nggak cadel. Bangga nggak Bun? Sangat bangga! 



19 komentar:

  1. Anak sekarang lebih cerdas dan tau apa mau nya. Beda ama zaman kita dulu kecil yg selalu nuurut ngikutin kata ortu

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo om cumi dulunya gimana? hehhehe pasti mah sholeh pisan nan manja ya om

      Hapus
  2. Jangankan Darell, Raya yg baru 3thn aja udah milih2 baju.. Mamih pusiiiing!! Apalagi ntar kalau udah 5th huhuhu. Sehat2 & pinter terus ya Darell

    BalasHapus
    Balasan
    1. apalagi perempuan ya bu, udah kebayang gue mah hebohnya. Aamiin cium sayang buat raya

      Hapus
  3. Bunda darell mau main di BKT. Eh darell ngga minta gitu ya? hahaha. Darell pinter, tanggungjawabnya juga sudah terbentuk ya. Mau jagain adek2nya pas playdate. So sweet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahha.. bisa lah diatur double date>> ini maksudnya darell ngedate ama raya dan naya hahahahhahaha iya dong darell mah bertanggungjawab calon mantu tersayang hahahahha

      Hapus
    2. Nah emang emak macam apa ini, hahahahaha.

      Hapus
  4. Fixed.....jatuh hati ama Darell :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sa aje onti anggi, cipok belepotan juga nih hahahaha

      Hapus
  5. Darel mah udah bisa dijadiin temen ngobrol, kemaren diajarin dikit pake mirrorless jg langsung bisa. keren! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kapan ni hunting foto bareng lagi sama onti nia??? darell siaap :)

      Hapus
  6. Tayo dulu pernah cadel sampe umur 4 tahun tp alhamdulilah hilang sendiri. Dulu sempat ga bs bilang R. btw darel ganteng deh ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau cadel biasanya hilang sendiri ya mba. Salam buat Tayo dari Darell :)

      Hapus
  7. darel ganteengg banget! x) haha
    ponakan aku juga sama mba umur 5th tapi udah pinter2 ya anak jaman sekarang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahhh onti, mamaciihhhh *cipok belepotan*

      Hapus
  8. ehh darrel pinter yaa.. cerdas bahasa berarti ya Aie.. anakku yg cowo masih cadel udah 3 tahun..beda anak beda pintar *eaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kecerdasan linguistik Darell memang menonjol sejak usia 1 tahun setengah nin. Kalo cadel biasanya hilang sendiri, yang terpenting lingkungan sekitar terutama keluarga pas bicara sama anak kita sebaiknya tidak cadel kakaa hhehehe :)

      Hapus
  9. Darell Pinter bangeeetttt!! Calon mantu idaman nih *eh belom punya anak cewek denk wkwkwkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sa aje onti tia... hayoook playdate bareng yuk!

      Hapus