My Polyvore Set



Jumat, 06 Oktober 2017

Ingin Anak Berprestasi Di Sekolah? Lakukan 3 Cara Mudah Ini!

Setiap orangtua pasti ingin anak-anaknya tumbuh sehat dengan segudang prestasi. Setuju dong buibu? Sama halnya dengan diriku. Meskipun anakku baru satu please jangan tanya kapan Darell dikasih adik ya tetap saja cita-cita luhur sebagai orangtua yang ingin anaknya berprestasi dan bisa menjadi kebanggaan selalu terbersit dalam setiap doa-doaku.

Prestasi yang didapat seorang anak tentunya tak lepas dari peran orangtua dan guru di sekolah. Hal ini sangat aku yakini banget nih. Jadi inget, sejak SD hingga SMA, aku cukup aktif ikut serangkaian ekstrakulikuler (ekskul) di sekolah. Mulai dari ekskul basket, ekskul Pramuka,ekskul menari, ekskul paduan suara bahkan waktu SMA aku sempat ikutan pecinta alam lho.




Sadar akan pentingnya ekskul di sekolah untuk anak yang berprestasi membuat aku memberikan pemahaman ini pada Darell, si anak bujang kesayangan satu-satunya Bunda Aie. Alhamdulillahnya, nih anak nurut aja. Alhasil Darell pun resmi ikutan ekskul karate, futsal dan mengaji (TPA).

Perlu diketahui juga, kunci keberhasilan anak di sekolah tidak hanya karena guru saja lho buibu, seperti yang aku jelaskan sebelumnya, orangtua pun ikut andil dalam prestasi anak di sekolah. Jika orangtua terlibat langsung dalam pendidikan anak di sekolah maka prestasi anak akan meningkat.

Bahkan aku percaya, dibalik anak yang selalu berprestasi ada orangtua yang selalu mendukung. Untuk itu, aku rangkumkan juga nih dari berbagai sumber dan pengalaman beberapa hal yang harus dilakukan para orangtua agar anak berprestasi di sekolah.


Berikan perhatian

Aku terbilang cukup rajin memberikan perhatian pada Darell, terlebih sejak ia masuk sekolah dasar. Maklum bu, anakku baru Darell aja hehehe. Sesibuk apapun aku, pasti aku sempatkan untuk menelepon Darell dan menanyakan tentang apa saja yang ia lakukan di sekolah hari itu.




Pulang dari kerja pun biasanya aku menemani Darell mengerjakan PRnya. Darell memang seringnya lebih nyaman ngerjain PR sama aku ketimbang sama Nenek ataupun Papihnya. Karena alasan inilah, aku selalu usahakan sampai di rumah maksimal jam 8 malam. Malah kalo bisa mah, jam 7 udah di rumah.

Kerja sama dengan guru

Alhamdulillah banget, perkembangan teknologi saat ini memudahkan aku untuk berkomunikasi dengan gurunya Darell. Selain itu, aku pun kadang sempatkan waktu untuk menjemput Darell lalu bersilahturahmi dengan gurunya. Tujuannya agar komunikasi antara aku dengan gurunya Darell terjalin dengan baik.

Oia, cara lainnya untuk bekerjasama dengan guru Darell yaitu dengan melihat Buku Penghubung milik Darell setiap harinya. Buku Penghubung ini biasanya diisi dengan hal-hal yang harus dilakukan oleh Darell dan aku sebagai orangtuanya.




Misal: informasi tentang PR, kegiatan sekolah ataupun ekskul selalu disampaikan dalam Buku Penghubung ini. Sebagai bukti aku sebagai orangtua Darell sudah melihat dan membaca isi Buku Penghubung tersebut adalah dengan menandatanganinya.

Jaga asupan gizi dan nutrisi pada anak

Nah, ini penting banget sih. Memberikan Darell asupan gizi dan nutrisi yang seimbang membuatnya mudah dalam menerima pelajaran di sekolah setiap harinya.

Sebelum berangkat sekolah, Darell harus sarapan terlebih dahulu. Kenapa? Karena aku yakin banget kalo sarapan dapat mempengaruhi prestasi belajar anak di sekolah. Bahkan, dari banyak artikel yang aku baca, secara rata-rata, anak yang tidak pernah sarapan memiliki daya pikir dan kemampuan mengingat yang lebih rendah ketimbang mereka yang tidak pernah melewatkan sarapan.





Paling mudahnya, setiap pagi aku selalu berikan Darell segelas susu vidoran Xmart 5+ yang merupakan susu pertumbuhan pertama yang diperkaya dengan Cod Liver Oil (minyak hati ikan kod) serta dilengkapi dengan Nutrisi Kompleks yang diperlukan sesuai kebutuhan anak seperti Inulin dan Asam Linoleat dan berbagai nutrisi penting lainnya.




Susu vidoran Xmart 5+ sebagai varian terbaru dari susu vidoran Xmart, tak hanya lengkap gizi dan nutrisinya, rasanya yang enak bikin Darell doyan untuk mengonsumsinya setiap hari. Apalagi ya, susu vidoran Xmart 5+ diperkaya juga dengan Cod Liver Oil yang bermanfaat untuk kecerdasan anak sehingga membantunya untuk tetap berprestasi di sekolah.

Saat ini ada 3 kemasan vidoran Xmart 5+ yaitu ukuran 375g yang sudah bisa dibeli di outlet-outlet berskala nasional, minimarket, toko susu dan apotik. Dengan manfaat yang luarbiasa, harga vidoran Xmart 5+ terbilang sangat terjangkau lho dan sudah tersedia di Carrefour, Yogya, Alfamidi, Hari-hari atau bisa juga via online melalui Tempo Store di Blibli & Lazada lho.

Buibu punya tips lainnya untuk bantu anak berprestasi di sekolah? Boleh yuk berbagi di kolom komentar J



46 komentar:

  1. Nutrisi jaman sekarang penting banget. Klo dulu mah bhaay cueeek.. klo sekarang diusahain banget supaya anak terpenuhi nutrisinya yaaa.. tipsnya boleh disyonteeek buat nanti naya sekolah,hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang banyak info seputar nutrisi yang baik buat anak kan ya. Jadi kita sebagai buibu muda nan kece tercerahkan gitu. hehhehe... sippo semoga tipsnya bermanfaat :)

      Hapus
  2. Waaah Darell hebat ekskulnya macam2 ya :D bundanya juga hebat selalu nemenin Darell bikin PR & memenuhi kebutuhan nutrisi Darell. Sehat & pintar yaaa kak Darell :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mamacih Tia, semoga anak-anak kita bisa sukses nanti ya, tumbuh sehat dan pintar :)

      Hapus
  3. Sip. Makasih mb tipsnya..

    Sebagai seorang ibu, aku pun juga sama..seneng klp anaknya punya prestasi bagus dan sehat. Cuma sayangnya, blkngan anakku yang gede kok mls kalo disuruh minum susu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya ada momen begitu mba, Darell juga sempet susah minum susunya, cuman biasanya aku akalin dengan dicampur dingin atau dibekuin kayak es krim gitu. Alhamdulillah anaknya mau :)

      Hapus
  4. Vidoran bukan multivitamin aja ya, dulu anak saya minum multivitaminnya, sekarang ada produk susu yaa, makin mantap nih asupan gizi anak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk di coba susu Vidoran biar anak tumbuh pintar dan cerdas :)

      Hapus
  5. doa gimana? gak masuk nih?

    BalasHapus
  6. Ya ampun aku gagal fokes, itu Darrell ganteng amat cihh.. mirip pisan kayak bundanya ��

    BalasHapus
  7. Selagi muda banyak belajar, banyak aktivitas biar skill nya terasah pas dewasa. Nah kalo segudang aktivitasnya mesti di dukung sama makanan dan vitamin yang sehat nih. :)

    BalasHapus
  8. Bener banget, apalagi nutrisi yg baik biar pertumbuhannya baik kedepan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibu pintar, pintar memilih nutrisi yang tepat untuk pertumbuhan anak-anaknya hehehe

      Hapus
  9. Sama satu lagi.. Kunci supaya anak berhasil adalah berikan kebahagiaan untuk anak, misalnya : kasih sayang, perhatian. Dengan rasa bahagianya itu mudh2an bisa membangkitkan jiwa positif anak, itu salah satu kunci yg pernah aku baca, tp klo untuk bahagia memang udh wajib u semua umur ya .. Hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget mba, membahagiakan anak bikin dia jadi nyaman dan percaya diri ya :)

      Hapus
  10. Darrell masih kecil udah ganteng banget sih Bunda Aie 😍😍😍 *salah fokus*

    BalasHapus
  11. Jadi ingat dulu jaman saya kecil ada komik stripnya Kapten Vidoran dan sandiwara radionya. Suka banget waktu itu.

    BalasHapus
  12. Nemenin anak belajar ini PR banget, terutama buat ibu-ibu yang seharian udah repot beres-beres atau udah kecapean kerja. Kamu keren banget, Mba!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disempet-sempetin mba, anaknya kalo bukan aku yang nemenin suka enggak mau ngerjain PR. walaupun capek banget sebenarnya hehehhe

      Hapus
  13. Berikan perhatian dan pemberian nutrisi pada anak ini aku setuju banget.Kalau untuk pemberian nutrisi udah tapi perhatian itu kadang saya merasa kurang kasihnya soale sibuk ama kerjaan huhu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah PR aku juga nih, ngasih perhatian ke Darell, harus pinter-pinter deh. Kadang maksimalin kualitas yang ada dibanding kuantitasnya. Semangaattt Amel buat 2 anak gadis kesayangannya :)

      Hapus
  14. Aku lagi pe-er banget nih genjot semangat belajar mas Deniz,soalnya baca tulisnya masih belum lancar. Ditambah lagi jam kerja aku yang selisipan sama dia pulang sekolah jadi ketemuan cuma beberapa jam aja.. Eh susunya sama lho sama mas deniz dan adik zinan di rumah! Toss dulu ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikutan les nggak mba? Emang sih ya pasti galau kalo anak semangat belajarnya kendor. Mana kita juga kerja ya mba. Tetep semangat ya Mba buat dua anak bujang kesayangan :)

      Hapus
  15. Wah penting banget 3 langkah tersebut, aku juga harus kaya mommy Aie ah biar anak-anak nanti semoga berprestasi yang membanggakan amin....

    BalasHapus
  16. Jadi ibu memang PR bgt ya, meskipun sibuk kerja apapun anak2 ttep numero uno. Senang kalo liat tumbuh kembang anak berprestasi, asupan gizinya jg hrus seimbang pastinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju mba, anak2 selalu terdepan heheh :)

      Hapus
  17. mbak Aie ternyata ekskulnya banyak bangeeeet! Kesulitan gak sih buat ngatur waktunya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di awal sempet ngerasa susah, alhamdulillah anaknya oke2 aja jadi sekarang udah kayak terbiasa gitu :)

      Hapus
  18. Ahaa, sekarang aku udah tau rahasianya kenapa mas Darrell selalu aktif meski kegiatannya banyak. Semangat terus ya, mas! Kalo aku, karena anak udah mulai gede, aku harus pinter-pinter ngomong. Kayak temen aja nyemangatinnya. Selain itu tentu aja nutrisi yang sesuai.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuah mba, makasih tips nya, pasti kepake nihh pas Darell udah masuk SMP. Harus pinter2 ngomong dan rajin ajak ngobrol ya. Kayak temen aja gitu :)

      Hapus
  19. Iya nih nutrisi itu penting agar mereka tetap fit dan tumbuh dengan baik. Salam hangat mba Andiyani:)

    BalasHapus
  20. Asupan nutrisi itu memang penting banget ya apalagi saat anak sekolah. Yang utama tetaP perhatian. Kadang anakku suka ngambekan klo ga diperhatiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mba, Darell juga gitu. Makanya jadi harus pinter2 deh kasih perhatian ke anak bujang itu. Kadang nih ya kalo dia nanya aku lama jawabnya. Dia ngambeg

      Hapus
  21. Well noted cara luangin perhatian dan waktu buat Darell Mba. Itu Darell pake seragam pink pas sd skrg ini apa pas tk? lucu amat? haha. Kalo skrg mah Darell dah kayak anak gedey :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. seragam pink itu seraagam Darell pas TK. Fotonya di ambil saat Darell masih orientasi di minggu pertama dia masuk SD Ni. emberan, sekarang dia tinggi banget

      Hapus
  22. aheeey darell cucok binggo deh. ka aie bunda masa kini panutanque banget~~~

    BalasHapus
    Balasan
    1. doakan aku tetap jadi Bunda yang sabar, asik dan kekinian ya fa, supaya bisa bimbing Darell si anak generasi alpha yang super kritis hihihi

      Hapus
  23. Bener, sarapan penting, ya, jd inget dulu sarapannya dibawain bekal roti tawar huehe. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. atau roti tawarnya pake mentega trus kasih gula pasir. Ini mah aku ya mas hehhehe

      Hapus
  24. perhatian emang penting, apalagi masa2 SD (pengalaman dari yg kurang perhatian pas SD) hahahaha. Transisi dari TK ke SD itu perlu dijembatai sama perhatian orangtua biar anak ngga prustasi di sekolah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aahh... bener banget San, bahaya ya kalo anak kurang perhatian. Noted. Semoga aku bisa terus istiqomah jadi orangtua yang perhatian, komunikasi lancar, secara ya, waktu kudu dibagi2 antara kerjaan sama keluarga. Hihiihi.

      Hapus