My Polyvore Set



Selasa, 24 Oktober 2017

Teruntuk Para Istri, Lakukan 5 Tips Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

Awal pernikahan pasti paling bahagia ya. Maunya deket-deket terus. Ditinggal tugas luar kota pak suami lantas baper dan galau. Bahkan sehari bisa beberapa kali telpon dan kirim chat.

Rajin banget nanyain "udah makan belum?", "sekarang lagi apa?", "kamu pulang jam berapa?" dan pertanyaan-pertanyaan lainnya yang mancing supaya cepat dibales sama pak suami. Maunya, di rumah manja-manjaan. Sayang-sayangan, etapi pas punya anak seringnya agak sulit nih. Secara si anak pasti akan ikut-ikutan atau malah ngambeg XD ini kayaknya eike yang curhat deh. 




Memasuki usia pernikah ke 5 tahun, mulai jarang tuh baper & galau pas suami dinas luar kota, malah kadang hepi XD karena kita jadi bisa lebih sering hang out bareng temen-temen atau me time. Lagi-lagi ini mah ngomongin diri sendiri.

Rutinitas telpon dan chat pun berkurang, awalnya yang sering, trus sehari cuma beberapa kali hingga telpon atau chat pas lagi ada butuhnya aja. Kayak mau dijemput gitu atau minta transfer. Atau malah biasanya pas lagi ngambeg dan berantem.

Karena itu, penting banget nih bagi para istri untuk menjaga keharmonisan rumah tangga. Jangan sampe pak suami keenakan jarang ditelpon dan di chat eh malah telponan dan chating sama yang lain aduh amit-amit deh ya. Hush hush buang jauh-jauh hal beginian. Say no buat pelakor! 



Memasuki usia pernikahan ke 8 tahun aku pun rajin-rajin cari tahu gimana sih caranya untuk menjaga keharmonisan rumah tangga. Nah, berbekal hasil research, nanya-nanya sama yang udah berpengalaman, baca-baca trus juga berdasarkan pengalaman akhirnya aku pun merangkum 5 Tips Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga seperti berikut ini: 

Little things that matters

Saking sibuknya sama pekerjaan dan urusan rumah plus si anak bujang, kadang ya aku suka lupa sama hal-hal kecil yang sebenarnya bisa berdampak besar pada keharmonisan rumah tangga. Apalagi kalo bukan ngasih perhatian. 

Bentuk perhatian yang diberikan enggak harus melulu yang wah banget, hal-hal kecil kayak tiba-tiba ngirim chat ke suami buat ngasih motivasi justru bisa bikin pak suami greget-greget gimana gitu. Aku pernah tuh, pas berdua lagi sama-sama sibuk sama tumpukan pekerjaan (maklum masih kerja sama orang kan ye, maunye sih bisnis sendiri duh semoga bisa terealisasi secepatnya deh). Aku iseng dong WhatsApp-in Papih (ini panggilan setelah Darell lahir, penting ga sih ini diinfoin? :p) buat ngajakin dia movie date. 



Gayung pun bersambut, Papih okehin buat movie date but as usual aku yang nentuin nonton apa dan dimana. Harap maklum punya suami kurang inisiatipnya, beda ama istrinya yang kelewat inisiatip hahahaha.


Trust and respect

Biasanya nih, kalo istri juga kerja kadang suka khilaf kan ya kalo mau sehebat apapun kita di kantor atau lingkungan pekerjaan. Tetap aja pas balik ke rumah kudu menjalankan kodrat, which is menjadi istri dan ibu. 

Disinilah letak saling menghargai serta percaya akan pasangan. Dengan istri diizinkan kerja, secara enggak langsung kan para suami percaya akan kemampuan kita dan percaya penuh sama kita. Karena itu kudu dijaga. 

Simplenya nih, walaupun aktivitas aku cukup padet merayap mirip lemak dalam tubuhku ini, tapi urusan siapin makanan dan keperluan suami tetap aku lakukan. Karena disitu sumber pahalanya bukan?



Communication 

Masalah komunikasi sesungguhnya dapat menjadi sumber konflik terbesar dalam rumah tangga lho. Jadi kalo ada masalah apapun baiknya dibicarakan bukan malah disembunyiin. Terlebih hal-hal yang menyangkut tentang keuangan. 

Berhubung aku sangat tertutup sama ungkapin perasaan, di sini aku belajar banyak untuk bisa ngasih tau hal-hal apa yang aku suka dan aku enggak suka. Tujuannya sih supaya bisa sama-sama saling mengerti dan memahami. 

Well, hampir 8 tahun usia pernikahan, aku baru bisa berani ungkapin isi hati ke pak suami. Awalnya agak takut atau ga enak. Tapi belajar dari pengalaman, justru aku harus ungkapin supaya pak suami paham kenapa aku tiba-tiba diam setelah dia ngelakuin hal yang aku enggak suka. Emangnya suami kita kan sulap apa? Kalo kita diem trus dia tau apa yang kita rasain. 



Treat yourself well

Biasanya nih, istri tuh setelah menikah suka lupa ngurusin diri sendiri. Terlebih paska melahirkan sang buah hati. Justru setelah menikah harus banget pandai-pandai urus diri sendiri. Mulai dari melakukan serangkaian perawatan wajah, rambut dan tubuh. 

Tujuannya tentu buat bikin pak suami bahagia kan. Jangan lupa juga untuk rutin melakukan perawatan miss V. Ini hukumnya wajib.  Seperti yang disampaikan oleh Dr. Rino Bonti Tri H. Shanti, SpOG dari rumah sakit Hermina Jatinegara di acara Arisan Resik, Wanita Salehah: Cantik, Resik, Pandai Merawat Diri yang diadakan oleh Resik-V Godokan Sirih dan Komunitas Indonesian Hijab Bloggers (IHB) beberapa waktu yang lalu. 




Menurutnya, wanita perlu menjaga area kewanitaan (organ intim genitalia) karena daerah ini sangat berkaitan dengan organ reproduksi di dalam panggul. Infeksi atau penyakit di area kewanitaan bagian luar dapat menyebar ke dalam dan membawa dampak lebih serius. Salah satunya keputihan. Keputihan ada yang bersifat fisiologis (normal) maupun patologis (tanda adanya penyakit).

Sebagai wanita, harus sensitif nih sama hal beginian. Saat ngerasa keputihan yang terjadi di miss v disertai rasa gatal, berbau busuk dan kemerahan atau rasa panas dan nyeri, harus diwaspada karena merupakan pertanda infeksi vagina. Infeksi vagina dapat disebabkan jamur (kandida), bakteri yang berbahaya, atau parasit trikomoniasis. Infeksi di vagina dapat berlanjut sampai ke saluran indung telur dan menyebabkan sumbatan. Keputihan juga berkaitan dengan infeksi menular seksual, dampak penggunaan alat kontrasepsi dalam rahim atau karena kegananasan. Aduh serem kan?





Resik-V Godokan Sirih


Aku pernah nih keputihan yang disertai rasa gatal dan panas didaerah miss v. Sempet bingung, kok bisa kejadian ya. Padahal aku cukup rajin ganti pembalut saat haid, ganti panty liners dan membersihkan area organ intim. Selidik punya selidik taunya kebiasaan waxing bulu-bulu yang ada di area miss v inilah penyebabnya. Karena saat di wax, otomatis kulit miss v kita akan terangkat yang bisa jadi iritasi trus memicu terjadinya infeksi di area sekitar miss v.

Yang aku tau kan, air sirih itu baik ya buat menghilangkan infeksi. Terutama di area miss v. Sekitar 2 bulanan ini aku rutin menggunakan Resik-V Godokan Sirih untuk membersihkan organ intim kewanitaan saat haid ataupun tidak. Alhamdulillah, rasa gatal dan panas yang aku rasakan berlarut-larut hilang. Sekarang jadi lebih nyaman beraktivitas deh. 

Dr. Bonti juga menyarankan saat membersihkan area intim sebaiknya tidak menggunakan sabun karena bersifat basa. Lebih baik dengan air biasa atau menggunakan cairan khusus pembersih vagina dengan pH yang sesuai. Lalu, hindari douching yaitu menyemprotkan cairan khusus ke dalam vagina. Lebih baik dibersihkan dengan air atau cairan khusus buat organ intim yang aman.






Keunggulan Resik V Godokan Sirih, adalah praktis karena bisa dibawa ke manapun, digunakan dengan cara untuk membasuh. Kandungannya murni dari daun sirih yang alami sehingga aman digunakan untuk kebersihan sehari-hari. Meski begitu Resik V dibuat secara modern  dan sudah mendapatkan sertifikat halal.

“Uji klinis dan uji mikrobiologi  menunjukkan daun sirih menghambat bakteri  jahat dan hasil uji mikrobiologi 100% menghambat jamur penyebab keputihan. Selain itu, Resik V Godokan Sirih juga menjaga PH normal area kewanitaan yaitu antara 3-4, serta menjaga keseimbangan flora normal,” ungkap Yuna Eka Kristina, selaku Senior PR Manager PT Kino Indonesia Tbk.

Di akhir acara, Dr. Bonti pun memberikan tips menjaga kebersihan bagian kewanitaan:

1. Mengetahui organ reproduksi yang normal secara anatomi dan fisiologi
2. Jauhi dari zat-zat kimia yang berbahaya
3. Mencegah terjadinya penyakit menular seksual
4. Hindari penggunaan vaginal douching secara rutin atau tanpa indikasi
5. Cegah iritasi dan penggunaan bahan-bahan alergenik
  



6. Mengenali siklus haid yang normal dan segera mencari pertolongan apabila terdapat masalah
7. Bersihkan dengan air bersih dan keringkan dengan handuk atau tissue bersih setelah buang air kecil dan buang air besar
8. Cara membersihkan yang benar (dari depan ke belakang-vagina ke anus dan bukan sebaliknya)
9. Memakai cairan pembersih khusus kewanitaan (feminine hygiene) dengan pH yang sesuai
10. Memakai pakaian dalam dari katun yang menyerap keringat dan bersih,menggantinya 3x sehari atau bila terasa lembab


Area organ kewanitaan yang bersih bisa bikin pak suami betah lho di rumah. Setuju? Enggak ada lagi tuh keputihan yang bikin enggak nyaman. Bukannya kebersihan itu sebagian dari iman sis? 






35 komentar:

  1. Penting banget menjaga daerah V biar hubungan harmonis heheh

    BalasHapus
  2. urusan miss V ini memang penting banget ya, mbak untuk dirawat

    BalasHapus
    Balasan
    1. selain kulit tubuh dan wajah, miss v pun perlu dirawat ya mba :)

      Hapus
  3. Baca ini sambil senyum-senyum sendiri mengiyakan kalo makin kesini makin sibuk dengan anak-anak dan diri sendiri hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi.. aku pun demikian, harus pinter2 atur waktu lagi nih

      Hapus
  4. Waaah rumah tangga masuk usia 5 th udah beda ya? Jd agak selfish? Hmmm saya belum setaon, masih anget2nya...moga selalu seperti ini n kudu mulai jaga kebersihan diri pakai resik v

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengalaman aku demikian Mba Artha, mulai cuek pas masuk usia pernikahan 5 tahun

      Hapus
  5. Mkch loh Mba tips nya dan rahasia nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. masama,semoga tips ala2 aku bermanfaat ya :)

      Hapus
  6. Duuuuh iyeee mba, amit-amit daaah nanti si dia malahan curhat sama yang lain wkwkwkwk.. untung sekarang sudah ada RESIK V Godokan Sirih, Keharmonisan keluarga teteap terjaga yaaaah.. amin ya rabb..

    www.sistersdyne.com

    BalasHapus
  7. Besok aku deh yang chat in.. aie udah makan belum ?
    Ahuahahaa

    BalasHapus
  8. Tipsnya beneeeer. Aku malah buat surat cinta yang ditulis tangan. Hihihi. Jangan dong chat ke suami hanya untuk minta transferan :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu romantis banget sih,.. *mata lope2*

      Hapus
  9. Wkwkwkwkwkwk Judulnyaaaaa.. Iya2 penting ini buat menjaga keharmonisan yahh.. Pengen coba ah hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuss coba bumil, biar makinn resik :)

      Hapus
  10. rumah tangga itu ladang cinta & amal #eeeaaa jadi harus dipupuk & dipelihara baik dr sisi istri maupun suami. Salah satu yg bikin seneng suami kl istri bersih luar dalam, contohnya ya pake resik v ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aheyy... bisa bisa bumil. Hahhaha.. btw ini aman lho buat ibu hamil *sekalian promo*

      Hapus
  11. Betul, penting banget menjaga keharmonisan rumah tangga, salah satu menjaga kebersihan ms V supaya suami makin happy ^^

    BalasHapus
  12. istrinya emang inisiatipppp bgt yaaaaa. haha.. gpplah kan nikah itu harus balance ya kaaaann. saling mengisi klo bahasa kerennya. skrg makin greget dong krn ada resik v. ihiyyy

    BalasHapus
  13. Bunbes aku jadi baper hahaha....tips nya akan diingat2 dan dipraktekan diwaktu yang tepat :D

    BalasHapus
  14. beuhh mantap djiwaaa.. thanks bgt lho mba Aie resep harmonis rumah tangganyaa.. semoga bisa di coba terus sama suami sendiri wkwkw..

    BalasHapus
  15. kakk aiee ihhh sama aku juga udh mau 5 tahun nih nikahnya, alhamdulillah masih mesra kyk pengaten baru ya. kan jaga diri terus bersih ihiyyy

    BalasHapus
  16. Ihiy, noted Mba tipsnya yang udah pengalaman. Haha. Ini emang praktis buat dibawa travelling gitu ya :D

    BalasHapus
    Balasan

    1. assalamualaikum wr,wb
      Ki nawe… saya IBU anisa ,tki di malaysia
      mengucapkan banyak2 terima
      kasih kepada ki.Nawe
      atas dana ghaib yang
      kemarin aki berikan alhamdulillah ternyata itu benar2 ada
      dan berkat bantuan
      ki nawe saya bisa
      melunasi semua hutan2
      orang tua saya yang ada di
      BANK BRI dan bukan hanya
      itu AKi NAWE alhamdulillah
      sekarang saya sudah bisa
      bermodal sedikit untuk
      mencukupi kebutuhan
      keluarga saya sehari2. itu
      semua berkat bantuan KI NAWE sekali lagi
      makasih banyak yah KI NAWE…
      yang ingin merubah nasib
      seperti saya hubungi KI NAWE di nomor
      0852-1837-9259 dijamin
      100% ada atau silahkan
      buktikan sendiri PESUGIHAN TAMPA TUMBAL

      Hapus
  17. Duh aku suka nih angle ceritanya. Kasih tips biar pernikahan tetep gemet-gemet meskipun sudah bertahun-tahun. Aku yang baru mau punya baby mungkin belum ngerasain, tapi nanti kalo udah 3 tahun perkawinan pasti kepake banget nih tipsnya. Harus rajin resik resik yah mak.

    BalasHapus
  18. Terus lupa sm ulangtahun papih ya bun? Bahahahaha.. pake resik v biar bersih dan sehat teruuus. Apalagi mau buat adek darell kan ya?! :))

    BalasHapus
  19. Mantap banget tips2nya mba Aie <3 Semoga rumah tangga kita langgeng harmonis semuanya yaaa

    BalasHapus
  20. Ka Aie.. tips menjaga keharmonisan keluarga oke bingits ka.. yess communications itu penting banget, saling bicara terbuka InshaAllah langgeng ya ka.. dan yang ngga kalang penting juga merawat area kewanitaan supaya semakin ehem..

    BalasHapus
  21. Aiihh.. Tips kamuh kece sekaliiii.. Noted banget. :)

    BalasHapus
  22. Say no to Palakor !! hahaa emg kudu2 rajin perawatan diri dalem area V yaah pake resik V biar misua makin cintaa haha

    BalasHapus
  23. tips tipsnya mantapp mba aieeee...

    BalasHapus
  24. Emang yaa jadi istri itu harus pinter2 merawat diri biar hubungan suami istri selalu harmonis. apalagi utk area yang itu tuuhhh. harus bener2 dirawat ya. hehe

    BalasHapus