My Polyvore Set



Jumat, 07 Oktober 2016

[HEALTH] Arti Mata Kedutan, Kenapa Ya?


Assalammualaikum,

Awal bulan akan selalu jadi saat paling hectic dan sibuk deh, biasanya kan kalo habis gajian harusnya bahagia karena rembulan bersinar lagi. Iya, aku bahagia kok pas gaji cair. Hanya, saat gajian itu pertanda deadline report akan menumpuk. *derita gue, eim!*

Kok nggak bersyukur sih? Kan masih dikasih kerjaan? Bersyukur kok ka, beneran deh. Sibuk itu kan kata lain dari rejeki ya. Hanya, ya itu tadi saat deadline udah kayak petasan berentet biasanya aku akan jauh lebih baper dan rese'. :D 

Khususnya hari ini nih. Serentetan deadline datang, kusambut dengan tangan terbuka penuh sukacita dan cinta kasih manja. Pokoknya tanggal 10 besok semua deadline report kudu kelar lah!! Ganbatte!


Aku tuh termasuk yang kurang percaya sama ramalan, mitos atau apapun. Ngapain juga kan ya dipercaya. Yang selayaknya harus dipercaya itu ya Allah SWT. Betul buibu... :) 

Entah kenapa mataku kedutan dari pagi nih. Awalnya aku kira palingan karena kurang tidur semalam. Cuma kok nih kedutan nggak berhenti-henti. Hmm.. penasaran kan ya. Mau googling, aku tahan-tahan tuh. Pikirku, nanti juga ilang ndiri kan ya. 

Setelah nanya-nanya sama suami dan teman terdekat, jawaban mereka nggak memuaskan dahagaku akan rasa penasaran tentang mata kedutan ini. Suami bilang mau dapat rejeki, aamiin ya rabbal alamin! Yang baik-baik di aamiinin aja kan ya. Kalo teman terdekat bilangnya, bisa mau nangis, mau dapat rejeki, nggak pasti gitu. Jawabannya malah bikin tambah galau kaka...! 


Akhirnya, google lah diriku dengan menggunakan keyword mata kedutan. Banyak nih yang keluar hasilnya, mulai dari segi medis hingga spiritualis. Well, aku bahasnya dari segi medisnya dulu ya.

Arti Mata Kedutan dari Segi Medis 

Mata kedutan dalam bahasa medisnya disebut blefarospasme, yaitu gerakan berulang-ulang kelopak mata bagian atas yang terjadi secara spontan dan tiba-tiba. Gerakan ini bisa terjadi berulang-ulang setidaknya beberapa detik sekali dan berlangsung selama 1 - 2 menit. 

Kedutan sendiri sebenarnya nggak menyakitkan dan dapat hilang dengan sendirinya, cuma kan kalau terjadi sering bisa jadi gangguan juga, ya. Ternyata secara medis tuh ada 3 jenis mata kedutan, lho:

1. Kedutan Minor, umumnya tidak nyeri dan tidak berbahaya. Kedutan minor umumnya muncul terkait dengan gaya hidup seseorang, seperti kelelahan, kurang istirahat, stres, gemar mengonsumsi minuman keras atau kafein secara berlebihan, atau bisa juga kebiasaan merokok. Dapat juga disebabkan oleh iritasi. 

2. Blefarospasme esensial jinak yang dapat dipicu oleh beberapa hal, hampir mirip dengan kedutan minor namun ada tambahannya nih, yaitu sering terpapar cahaya terang, iritasi akibat polusi udara, dan stres. Kondisi Blefarospasme esensial jinak ini umumnya sering dialami oleh wanita dibandingkan pria dan dipercaya merupakan perpaduan antara faktor keturunan dan lingkungan.


Arti Mata Kedutan dari Segi Spiritualis

Kedutan mata kanan cukup sering terjadi dibandingkan dengan mata kiri. Pagi ini aku ngerasainnya dan cukup mengganggu sih. Mungkin karena hal yang nggak pernah terjadi lantas terjadi dengan cukup sering dan durasinya cukup lama. Kedutan mata kanan lebih sering dialami karena pengaruh letak pembuluh darah, otot, dan sel saraf yang memang cukup banyak di sekitar area tersebut. 

Bagi spiritualis, kedutan mata kanan bisa berarti firasat akan terjadinya sesuatu. Aku paparkan pada penjelasan berikut ini:

1. Kedutan pada alis mata kanan, pertanda akan mendapatkan sebuah kebahagiaan atau kabar baik. 
2. Kedutan pada kelopak mata kanan atas, biasanya ini pertanda akan mendapatkan keuntungan besar, rejeki dari bisnis ataupun pekerjaan yang sedang dikerjakan. 
3. Kedutan pada kelopak mata kanan bawah dan biji mata kanan pertanda akan mengalami kesedihan yang panjang. 
4. Kedutan pada ekor mata kanan atas, katanya sih akan sembuh dari suatu penyakit.
5. Kedutan pada ekor mata kanan bawah diartikan akan bertemu pada seseorang yang sudah lama tidak bertemu atau orang jauh. 


Bagaimana cara mengatasinya?

1. Menghentikan Kedutan dengan awali  berkedip kuat. Caranya, tutup mata serapat mungkin kemudian buka  selebar mungkin. Namun, ulangi berkedip seperti ini hingga mata mengeluarkan air. Segera berhenti jika merasa nyeri atau kedutan mata justru semakin kuat. 

2. Berikan pijatan yang menenangkan pada mata dengan menggunakan jari tengah. Pijat secara lembut kelopak bawah mata dengan gerakan memutar. Pijat kelopak mata yang berkedut selama sekitar 30 detik.

Tadi aku sempat nyoba teknik tersebut di atas dan berhasil menghentikan kedutan tersebut. Boleh juga lho dicoba tips yang aku berikan ini. 

Nah, sekarang aku kembalikan deh ke kamu para readers bagaimana mengartikan kedutan mata ini. Intinya mah, tetap berpikiran positif ya. Baiknya, ketika kedutan mata istirahat yang cukup dan minum delapan gelas air putih setiap harinya. 

Semoga bermanfaat ya! 

Kamu punya pengalaman kedutan di mata dan cara mengatasinya? SHARE yuk di kolom komentar :) 


12 komentar:

  1. Hahaha ini persis bener deh Aie, aku klo kedutan mata, buru2 googling cari arti primbonnya apa, bukannya baca dari siai medis, wkwkwk.. nice sharing Aie, jadi mayan paham dari sisi medisnya sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indonesia banget ya nin, ada hal apapun apalagi kedutan langsung di cari arti primbonnya :D :D :D

      Hapus
  2. Aie ini pas bangett topiknya karna pak suami baru aja curhat matanya kedutan terus, dan baru nanya kedutan kanan atau kiri hahaha klenik nyo. :D jadi dapet jawabannya deh disini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba wit, senang deh bisa sharing :) bahkan semalam nanya ke nyokap bilangnya kalo kedutan sebelah kiri mau nangis atau ketemu teman lama :D :D

      Hapus
  3. Bunbes....kirinya ga di bahas yaa...klo aku sih sering yg kanan dan pastinya sllu mengaminkan doa baik aja hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kedutan mata kiri jarang terjadi mamtir, nanti ku bahas juga ya next postingan :) :) aamiin semua doa baik

      Hapus
  4. hiii, kalau kedutan aku mah suka dibikin guyonan, kalau kedutan mata kri katanya sebentar lagi nangis, kalau kedutan mata kanan aktanya dapat rejeki, diaminin saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Tira iya banget nih, banyak yang share kek aku juga gituh. Aamiinin doa yang baik aja ya :)

      Hapus
  5. Wah baru tau kalau sering terpapar cahaya terang, iritasi akibat polusi udara, dan stres bisa bikin mata kedutan, mikirinya kl kedutan dapet rejeki aja hahah *mata duitan* XD

    BalasHapus
  6. Waah baru tau ada kedutan dilihat dari sisi medis. Biasanya kalau kedutan lihatnya dari sisi spiritual aja. Langsung googling deh artinya apa. Soalnya ssering penasaran. Hehehe

    BalasHapus
  7. Akuhhhh...yangduluh slaluh buka primbon hahaha
    Tapi sekarang dah insyafff *alhamdulillah*

    BalasHapus
  8. Ini pernah gw bahas pas dulu masih jd cungpret di trans7 pas bikin acara kesehatan,hahahaha. Kedutan yg gw tau ada yg lagi kangen ai. Ciye mungkin ada yg kangen aiii, ciyeeee.. hahaha.

    BalasHapus