My Polyvore Set



Kamis, 27 Oktober 2016

Peduli Pita Pink di bulan #BreastCancerAwareness

Assalammualaikum,

Siapa yang feel happy bertemu dengan bulan Oktober? Aku aku…!! Semangat banget mba? XD


Yaiyalah! Berlimpahnya berkah dan kebahagiaan, baik berupa bertambahnya networking, pengalaman dan new knowledge bikin aku makin semangat merajut hari-hari istimewa di bulan Oktober ini.

Keistimewaan bulan Oktober pun terlihat dengan tayangnya film Indonesia berjudul "Pinky Promise" dan bertebarannya lambang "Pita Pink"di mall, media sosial bahkan di beberapa restoran. Ada apa sih dengan Pita Pink?



Makna Pita Pink

Pita pink merupakan simbol internasional yang melambangkan kepedulian terhadap kanker payudara. Pita pink sendiri (dan warna pink secara umum) mengidentifikasikan sang pemakai dengan gerakan peduli kanker payudara dan memberikan dukungan moral terhadap wanita penderita kanker payudara. Woman empower each other! 

Lalu kenapa di bulan Oktober? Karena bulan Oktober merupakan bulan peduli kanker payudara atau Breast Cancer Awareness dan penggunaan pita pink sebagai lambang kanker payudara sudah dilakukan sejak tahun 1991.

Warna pink sendiri dianggap sebagai warna yang membangkitkan emosi feminin, kepedulian terhadap orang lain, kecantikan, kebaikan dan kerjasama. Lambang pita pink ini filosofinya sangat dalam lho, bahkan pita pink diharapkan dapat memupuk rasa solidaritas antar wanita baik penderita kanker payudara ataupun tidak.

Dok: Google

Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI)

Di Indonesia, kegiatan peduli kanker payudara internasional atau umumnya disebut dengan #BreastCancerAwareness pun melakukan beberapa kegiatan sebagai bentuk kepedulian terhadap peningkatan kualitas kesehatan perempuan Indonesia khususnya terhadap pencegahan dini kanker payudara. Pastinya kamu-kamu mengetahui kalau kanker payudara adalah penyakit serius yang mematikan bagi perempuan. Di Indonesia kanker payudara menduduki peringkat pertama terbanyak setelah kanker rahim, dan umumnya baru terdeteksi atau ditemukan pada stadium lanjut. 

Kampanye Pita Pink

Dok: Pribadi

Beberapa brand menggunakan pita pink sebagai bentuk kepedulian terhadap perempuan yang notabene gemar shopping untuk dapat lebih meningkatkan kesadaran tentang kanker payudara dan penting banget melakukan deteksi sejak dini. 

Ribuan produk warna pink pun ditawarkan secara maksimal di bulan Oktober baik skala besar ataupun kecil, dimana sebagian hasil penjualan akan disumbangkan untuk mendukung berbagai kegiatan gerakan peduli kanker payudara. Wujud kepedulian kanker payudara juga dilakukan oleh Grand Indonesia dengan melakukan  Breast Cancer Awareness Campaign. Yaitu adanya VM Point yang berlokasi di Lobby Amarta, Ground Floor, West Mall Grand Indonesia. 

Kamu cukup foto #OOTD di sana untuk menunjukkan kepedulian dan dukungan kepada para penderita kanker payudara. Nggak hanya itu lho, kamu juga bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan seputar kanker payudara.

Dok: Pribadi
Dok: Pribadi

Kegemaran kamu akan shopping pun bisa bermanfaat sebagai movement nyata untuk membantu penderita kanker payudara yang tidak mampu. Dengan membeli produk apapun di Seibu, Grand Indonesia artinya kamu turut menyumbang untuk para pasien kanker payudara yang kurang mampu. Seperti aku ini yang menyempatkan diri ke Seibu, Grand Indonesia di hari Jumat kemarin untuk membeli bra Wacoal yang ternyata sedang diskon, lho. Kapan lagi coba kegiatan belanja yang kita lakukan ternyata memberikan manfaat luar biasa bagi penderita kanker payudara yang tidak mampu? 

Terimakasih pada Clozette Indonesia dan Seibu, Grand Indonesia yang telah memberikan kesempatan untuk turut andil dalam kampanye Breast Cancer Awareness.

Dok: Pribadi

Dok: Lisna

SADARI Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan kanker dengan kasus terbanyak di Indonesia dan menjadi salah satu penyebab kematian utama akibat kanker. Hal ini dikarenakan sebagian besar pasien kanker payudara datang berobat pada stadium lanjut. Padahal, jika terdeteksi sejak dini sebetulnya kita bisa kalahkan kanker tersebut. 

Hal paling sederhana yang bisa dilakukan adalah melakukan pemeriksaan payudara sendiri atau SADARI secara rutin pada 7 - 10 hari setelah hari pertama menstruasi. Berikut adalah rangkuman langkah-langkah dari YKPI yang bisa diikuti:

1. Berdiri tegak, cermati bila ada perubahan pada bentuk dan permukaan kulit payudara, pembengkakan dan/atau perubahan pada puting. Tidak perlu khawatir berlebih bila bentuk payudara kanan dan kiri tidak simetris, ya. 

2. Angkat kedua lengan ke atas, tekuk siku dan posisikan tangan di belakang kepala lalu dorong siku ke depan dan cermati payudara; dorong ke belakang dan cermati kembali bentuk maupun ukuran payudara. Biasanya, otot dada akan dengan sendirinya berkontraksi saat kamu melakukan gerakan ini.

3. Posisikan kedua tangan pada pinggang, condongkan bahu ke depan sehingga payudara menggantung, dan dorong kedua siku ke depan, lalu kencangkan otot dada.

4. Angkat lengan kiri ke atas, dan tekuk siku hingga tangan kiri memegang bagian atas punggung, gunakan ujung jari tangan kanan, raba dan tekan area payudara kemudian cermati seluruh bagian payudara kiri hingga area ketiak. Lakukan gerakan atas-bawah, gerakan lingkaran dan gerakan lurus dari arah tepi payudara ke puting dan sebaliknya. Lakukan hal yang sama pada payudara sebelah kanan.

5. Cubit kedua puting, cermati bila ada cairan yang keluar dan konsultasikan langsung pada dokter seandainya hal tersebut terjadi.

6. Pada posisi terlentang, letakan bantal di bawah pundak kanan, angkat lengan ke atas dan cermati bentuk payudara kanan. Lakukan pula pada payudara sebelah kiri ya.


Yuk, SADARI sejak dini dengan segera melakukan cek payudara dan tunjukkan dukungan kamu di bulan Breast Cancer Awareness ini agar informasi seputar bahayanya kanker payudara lebih luas lagi. Sehingga pentingnya deteksi dini pun dilakukan oleh seluruh perempuan di Indonesia khususnya dan di dunia umumnya. 


8 komentar:

  1. Harus Cek SADARI ya setiap 1 bulan sekali, Langkah awal periksa kanker payudara info sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Harus Cek SADARI ya setiap 1 bulan sekali, Langkah awal periksa kanker payudara info sangat bermanfaat

    BalasHapus
  3. Cukup 5 menit dalam sebulan untuk periksa payudara sendiri. Dan cukup belanja di seibu GI untuk turut menyumbang,hihihi.

    BalasHapus
  4. Jadi inget almarhum nenek yg meninggal karena kanker payudara.. harus lebih aware lagi yah sama SADARI minimal 1 bulan sekali *noted* thanks infonyaa Aie..

    BalasHapus
  5. Wahhh ternyata dengan belanja di Seibu GI kita juga turut menyumbang ya.

    BalasHapus
  6. Deteksi dini emang penting banget ya mba, makasih sharingnya. Useful :)
    Salam kenal ya mba andiyani :)

    BalasHapus
  7. kampanye peduli kanker payudara harus lebih dikenalkan ke masyarakat luas, karena banyak yg suka ngga sadar dan ngga ngerti masalah ini. Kanker payudara deket banget urusannya sama aku, karena kakak & nenek kena kanker ini... Semoga semua wanita di Indonesia lbh mengerti cara pencegahan sedari dini untuk hal ini

    BalasHapus
  8. Wah aku blm pernah praktek sadari kanker payudara. Makasih ilmu barunya kak aie.

    Btw asyik ya sambil belanja dan ootdan ikut peduli sama penderita kanker payudara :)

    BalasHapus