My Polyvore Set



Rabu, 26 Juli 2017

Ibu Bijak, Cermat Kelola Keuangan Keluarga




Yang lama ditunggu-tunggu, pas dateng cuma numpang liwat aja. Apa hayoo? Yes, benar! Gaji! Perumpamaan ini kayaknya udah jadi viral dimanapun ya. Tulisanku kali ini akan nyenggol sikit tentang masalah keuangan nih. Gimana kudu pinter manage keuangan, terutama sih ya, keuangan keluarga. Baca sampe habis ya sis! J



Emang sih, masalah paling umum yang dialami suatu keluarga adalah masalah keuangan. Terlebih buat keluarga muda. Cobaan terbesar seputar keuangan biasanya terjadi di awal-awal pernikahan. Setuju?

Sedikit flashback gapapa ya, setelah menikah di awal 2010 aku dan suami benar-benar mulai dari 0. Berhubung hampis sebagian besar pernikahan ditanggung pak suami dan aku bagian yang nambahin printilan. Alhasil, keuangan kami berdua pun jadi penuh gejolak di tahun pertama pernikahan.

Cicilan kehidupan pertama yang jadi concern kita berdua saat itu yaitu, cicilan mobil yang lumayan memakan sekian persen dari total gaji kita berdua. Ya emang sih, supposed to suami yang cover kehidupan istri. But just being real aja, alasan aku juga bekerja bahkan hingga saat ini notabene supaya kehidupan anak kita berdua lebih sejahtera ketimbang orangtuanya.




Nah dari sinilah aku mulai belajar untuk menjadi menteri keuangan di keluarga kecil kita. Awalnya shock lho, bener deh. Waktu single mah bisa bebas tuh beli sepatu dan tas tiap bulan, bisa nongkrong-nongkrong cantik di akhir pekan. Sejak menikah, terutama saat aku hamil Darell. Mau enggak mau atau lebih tepatnya dipaksakan untuk makin dewasa kelola keuangan sendiri dan suami.

Belum lagi saat itu aku masih ngontrak di petakan yang biaya per bulannya sekitar 1,3juta, ditambah cicilan mobil, cicilan rumah, biaya hidup, biaya gaul *set dah bahasanya*, plus cicilan-cicilan kehidupan lainnya, you name it lah. Sempat tuh kepikiran, ini kenapa ya masih di pertengahan bulan kok uang sisa segini. Apa karena penghasilan kami berdua belum cukup besar? Atau emang akunya aja yang kesulitan ngatur gaji bulanan dan gaji pak suami?

Bersyukur banget kemarin aku berkesempatan untuk ikut acara Visa Ibu Berbagi Bijak bersama Komunitas Emak-emak Blogger (KEB). Dari acara ini aku baru 'ngeh' dan sadar kenapa keuangan keluargaku selama ini begini amatan. Nyatanya ada 4 masalah keuangan yang timbul di tengah bulan dan bisa diatasi dengan belajar financial literacy bersama Prita Ghozie. Apa saja itu? Cek pada gambar di bawah ini ya:


Peringkat Sehat Keuangan


Mba Prita Ghozie mengatakan kalau banyak faktor agar keuangan jadi sehat, nah untuk mengetahui apakah keuangan kita sehat atau tidaknya ada tolak ukurnya lho, yaitu:

1. Keuangan TIDAK SEHAT jika pengeluaran jauh lebih besar dari penghasilan, misal nih kamu punya utang kartu kredit, cicilan banyak, dan makin parah jika enggak punya aset.

2. Keuangan SEHAT jika pengeluaran sama dengan penghasilan, walaupun tetap tidak tepat waktu membayar lunas tagihan kartu kredit atau bayar minimum payment-nya aja *tuh Aie!* dan sedikit investasi.

3. Keuangan MANDIRI jika penghasilan lebih besar dari penghasilan, bebas dari hutan kartu kredit dan memiliki bermacam investasi.

4. Keuangan SEJAHTERA, nah ini nih jadi idaman dan cita-cita aku sejak lama, yaitu jika penghasilan lebih besar dari pengeluaran, plus ada penghasilan pasif dari aset, no debt dan rajin berderma. 





Tips Cermat Kelola Keuangan


Jangan sedih tsay, kamu dan aku bisa kok mencapai, minimal lah ya,keuangan mandiri dengan cara cermat mengatur penghasilan yang sudah aku rangkum berbekal dari hasil acara kemarin ini. Disimak yuk! 

1. Buat anggaran bulanan, nah ini jangan rajin bikinnya aja tapi enggak diimplementasikan secara baik dan benar ya *lagi-lagi ngomong ama diri sendiri :p*

Bikin deh tuh daftar pengeluaran bulanan menjadi dua bagian, untuk kebutuhan primer seperti makan, transport, tagihan listrik, cicilan rumah, cicilan motor dan lain-lainnya. Biasanya aku bikin ini di aplikasi notes handphone, terus diberi nama "THINGS TO BUY/PAY EVERY MONTH".

Lalu, jangan lupa bikin juga daftar pengeluaran kebutuhan tersier seperti untuk shopping, traveling, hingga kebutuhan gaya hidup. 

2. Segera bayar tagihan, setiap terima gaji sebisa mungkin segala bentuk tagihan dan cicilan dibayarkan. Kan kadang suka ditunda-tunda tuh ya, trus berimbas uangnya kepake atau lupa. Alasannya karena dengan memisahkan atau membayar tagihan dan cicilan lebih dahulu tentu akan membuat kita jadi lebih tenang untuk mengatur pengeluaran lainnya. 

Walaupun enggak dipungkiri segala tagihan dan cicilan tersebut suka berbeda-beda tanggal jatuh temponya. Namun kan enggak ada salahnya dibayarkan lebih cepat ya. 

3. Sisihkan untuk tabungan, harus banget nih. Atau yang aku dapat pencerahan, tabungan ini bisa digunakan untuk traveling, membeli hal-hal yang sifatnya mendadak, ataupun buat keperluan yang mendesak. 



4. Buat laporan harian or minimal struk belanja dan bukti pembayaran tagihan dan cicilan disimpan lalu dicatat di akhir bulan. Cara ini ngebantu banget untuk kita mengetahui kemana uang yang digunakan selama ini serta bisa untuk menganalisa barang-barang apa saja yang sebenarnya enggak perlu dibeli. 

Kan biasanya buibu suka tuh sama yang namanya SALE, mumpung diskon dibeli padahal mah enggak butuh-butuh amatan. Trus percaya aja ama tulisan DISKON 50%. *lagi-lagi ngomong ama diri sendiri* Lebih-lebih bayarnya pake kartu kredit karena tergiur sama cicilan 0% atau diskon maksimal jika pakai kartu kredit tertentu.

5. Bijak menggunakan kartu kredit, sebenarnya nih, kartu kredit itu juga dibutuhkan untuk mengelola keuangan dengan catatan digunakan secara cerdas. Misal, gunakan promo-promo yang ada untuk membeli barang yang dibutuhkan, sekali lagi beli barang yang dibutuhkan ya sis bukan barang yang diinginkan atau kalap semata. Malah kartu kredit juga bisa dialokasikan sebagai pembayaran semua tagihan yang ada asal saat tagihan kartu kredit datang cuss dibayar lunas yes! Bukan bayar minimum payment-nya aja.

6. Investasi, setelah menyisihkan penghasilan untuk tabungan,biaya hidup dan bayar cicilan juga tagihan ada baiknya berinvestasi. Aku juga sadarnya telat nih buat berinvestasi. Justru baru menjalaninya setelah menikah. Jenis-jenis investasi sangat banyak, mulai ikutan asuransi, reksa dana, beli perhiasan hingga koleksi logam mulia. 


Pemasukan VS Pengeluaran


Di hari itu aku mendapatkan pencerahan seputar financial check up lho, gimana enggak, ilmu yang ciamik seputar pengelolaan keuangan bisa aku dapatkan plus diajarkan untuk menghitung keuangan rumah tangga. 

Semua yang hadir diminta untuk menghitung berapa persen sih biaya yang dikeluarkan setiap bulannya. Setelah aku ngisi, kok ya malah kurang 5% ya, kemanakah sisa dana 5% ituh? Apakah aku mendadak amnesia pernah mengalokasikannya ke shopping atau treatment di salon mungkin? XD

Menurut Mba Prita, lazimnya kita bisa mengatur penghasilan dengan membaginya pada 5% sedekah, 10% dana darurat, 30% biaya hidup, 30% cicilan pinjaman, 15% investasi dan 10% gaya hidup. Kalo kamu gimana? 

Sepulang dari acara ini aku seakan hidup lagi, hahaha, bahasanya, maksudnya tuh aku jadi semakin paham bagaimana cara cerdas mengelola keuangan keluarga. Memahami arti hutang yang harus ada manfaatnya atau Mba Prita sebut sebagai hutang produktif yang mana hutangan kita itu bisa mendatangkan penghasilan. 





Juga mengetahui lebih dalam menjaga kondisi keuangan agar enggak terjerumus ke hal yang disesali kemudian hari. Amit-amit jabang baby sampai terlilit hutang. Apalagi sekarang anak udah masuk SD kan ye, jadi kudu makin smart lah kelola keuangan keluarga. Supaya keuangan makin sehat dan makin disayang sama pak suami *mata lope2*.

Karena itu yuk bareng-bareng jadi ibu bijak yang cermat dalam mengelola keuangan keluarga, agar masa depan anak kita dan keluarga kita jadi makin cemerlang dan sejahtera. Aamiin sodara-sodara sekalian? :) 

Kalo buibu punya tips lain seputar cara mengelola keuangan keluarga, feel free untuk share di kolom komentar ya. :) 

49 komentar:

  1. Kalau gie...kabur hahaha, alhamdulillah sejak 2017 ini lebih terarah. Emang sih belum ada tabungan secara nyata, seenggaknya meminimalkan besar pasak daripada tiang.

    Suka kabur emang kalau bahas ginian, maklum aja anaknya boros wkwkwkwkwk....mumpung msh single mah kudu melek ya bun sama beginian biar ga puyeng 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, andai bisa memutar waktu, aie pasti deh pas single dulu kepikiran untuk kelola keuangan lebih cermat dan bijak

      Hapus
  2. Ikut aja deh apa kata ibu satu ini.
    Dulu dan sbagian ada yg masih konsisten yg dilakukan para emak2. The power of 20 rebu.
    Menyisihkan uang 2o ribu ke dalam kaleng atau sejenisnya, diuntel untel atau diikat pake karet terserah .masukan setiap hari dan lupakan pernah naruh 20 ribu di tempat tersebut. Setahun kemudian hasilnya luar biasa ternyata.

    Ini mudah dilakukan dibandingkan tiap bulan harus mengumpulkan 600 ribu rupiah untuk ditabung sebagai dana darurat (20 ribu x 30 hari) , angka 600 ribu itu dianggap cukup berat apalagi kalau "mata lagi lapar".Hehehe

    Udah itu aja dulu yak komentarnya.
    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuah, aku dulu juga gitu,ngumpulin setiap hari mulai dari 5k,10k, sampe maksimal 20k, di tabung di celengan kaleng. cuma enggak sampe setahun dibongkar deh, dan hasilnya lumayan

      Hapus
  3. Lha..iya ni mba, aku juga sering ngerasa..perasaan baru tanggal tengah..eh kok dompet sudah ramping bnget. Butuh belajar managemen lagi sepertinya mb.. Mulai bbrp hr ini aku instal app untuk cat keuangan mba..biar tau larinya uang pada kemana

    BalasHapus
    Balasan
    1. nice idea, pake aplikasi catatan keuangan di hape ya, thanks udah sharing! :)

      Hapus
  4. Bermanfaat banget buat aku calob manajer keuangan di rumah hehehe.. aku uda was-was duluan, takut gabisa kelola keuangan. Prinsip sih udah, tapi kadang implementasinya yang kurang strategi haha.. thanks mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah iya banget, sama satu lagi, istiqomah menjalankannya XD

      Hapus
  5. Aku datang ke acara itu dan terbantu banget dengan berbagai informasi yang disampaikan mba :)

    BalasHapus
  6. Selalu ngeri2 sedap bacain cara mengelola keuangan, thx sharingnya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngeri tapi penasaran ya kan hahahaha

      Hapus
  7. Senemg banget aku.ikutan ini acara karena membuka mata untuk ngatur uang lebih smart lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi makin bijak mengatur keuangan rumah tangga ya mba

      Hapus
  8. Thanks sharingnya. Ibu rumah tangga pun harus bijak dan cermat mengelola keuangan ya.

    BalasHapus
  9. Pas hitung2an itu aku sempet lebih 110% itu lol. Ternyata ada yg salah, kegedean di bagian sedekah wkwkwk..

    BalasHapus
  10. Tahun pertama pernikahan penuh gejolak ya, Mbak apalagi soal keuangan. Hehehehe. Aku juga nih masih cari cara gimana supaya berdua suami bisa oke keuangannya. :D

    BalasHapus
  11. Aku jg trmasuk telat utk mulai investasi mba. Br mulai stlh nikah ini. Pdhl sebelum nikah aku tuh ttp krja di bank, yg mana harusnya banyak bgt benefit yg bisa aku manfaatin utk produk2 investasinya, krn utk staff slalunya gratis biaya. Pelan2, asal pemakaian CC bisa dikontrol, aku yakin bisa kok mulai membawa arah rekening ke tahap sejahtera :D.

    BalasHapus
  12. Acara kemarin semakin tercerahkan neh. Banyak ilmu baru yang bisa diterapkan dalam mengelola keuangan rumah tangga.

    BalasHapus
  13. Tampaknya tipsnya mudah ya Mak, tp sepertinya realisasinya mesti kerja keras haha.
    .
    .
    Btw Mb Prita gak berubah ya, imut selalu, ngefans deh ^^

    BalasHapus
  14. Mbak, aku jd inget gaji pertamaku besarnya sama kyk biaya kontrakan rumah lamamu perbulan itu hehehehe.
    Semoga abuis ikutan WS kmrn kita bisa lbh baik lagi menganggarkan pos2 keuangan keluarga ya mbak :D

    BalasHapus
  15. Wah kisah awal nikahnya sama banget sama aku, sama-sama mulai dari 0 bahkan awal nikah aku tinggal di kontrakan yang sederhana banget. Alhamdulillah sekarang udah ada rumah sendiri tinggal nabung buat beli yang lain nih.

    BalasHapus
  16. Di usia pernikahan ke 17 thn ini malah tabungan kami reset ke angka nol. Krn buat bayar hutang, mengingat aku udah brenti kerja kantoran. Rela gak punya tabungan dulu, yg penting gak ada cicilan hehehe

    BalasHapus
  17. Wowh menikah 2010 dan tahun pertama sudah mencicil mobil, amazing banget itu kakak xixi. Btw bener banget deh kalau mencatat setiap pengeluaran dan menyegerakan membayar setiap tagihan yang masuk itu penting dan harus disegerakan. Sebelum duitnya habis begitu saja huaaaa. Ehh ada diriku ikutan nampang wkwkkw

    BalasHapus
  18. Salam, michael brin Loan menawarkan pinjaman kepada individu perorangan dan perusahaan swasta yang membutuhkan pinjaman untuk memulai bisnis baru melunasi hutang pribadi atau membiayai bisnis yang ada. Hubungi kami hari ini jika berminat untuk informasi lebih lanjut via e-mail: michaelbrinloanfirm001@gmail.com

    Kami siap melayani anda dengan lebih baik
    nama:....
    Jumlah Pinjaman yang dibutuhkan: .......
    negara:....
    negara:...
    nomor telepon:.....

    Tuan michael brin
    Semua saya harus dikirim ke email ini: michaelbrinloanfirm001@gmail.com
    Whatsapp: +12092481749

    BalasHapus
  19. Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

    Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    BalasHapus
  20. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  21. Saya Elena Tyler, Kami adalah Kantor Pinjaman Keuangan Reputasi, Kami adalah perusahaan pinjaman yang sah, terdaftar dan terpercaya, dan kami memberikan pinjaman kepada perorangan, perusahaan, perusahaan pemerintah, organisasi bisnis dan orang-orang dari segala jenis. Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk tujuan apa pun? Apakah Anda dalam masalah keuangan? Apakah Anda butuh solusi keuangan? Perusahaan Asuransi Darurat Visi adalah solusi untuk semua masalah keuangan Anda, pinjaman kami mudah dan cepat. Hubungi kami hari ini untuk pinjaman yang anda perlukan, kami bisa harga sesuai budget anda dengan suku bunga 2%. Jika berminat, hubungi kami via email: (emergencyvision.insurance@gmail.com)

    BalasHapus
  22. Saya adalah Widya Okta dari SURABAYA, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
    Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  23. Hello Everyone, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan sebuah negara kompensasi bersatu, dan kami telah mendengar dan juga meminjam dari perusahaan pinjaman, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia untuk mencari pinjaman Internet Sangat hati-hati Berhati-hatilah untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak kreditur kredit palsu di sini di internet dan beberapa di antaranya asli dan nyata,

    Saya ingin melempar testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya ke pemberi pinjaman yang sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran. . , Garansi, pajak, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapat pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapat pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk Hubungi teman saya yang baru saja mendapatkan pinjaman online, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang wanita bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

    Jadi saya mengajukan permohonan untuk jumlah pinjaman (Rp800.000.000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak mengurus se umur saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang ingin saya gunakan untuk membangun bisnis saya dan pinjaman saya telah disetujui dengan mudah. Tanpa stres dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta, telah disimpan ke bank dan impian saya masuk. Jadi saya ingin saran yang memerlukan panggilan pinjaman cepat sekarang atau email di Dangotegrouploandepartment@Gmail.com

    Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia atas hal-hal baik yang telah dia lakukan dalam hidup saya. Anda juga bisa menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang menyenangkan info lebih lanjut ..

    BalasHapus
  24. Selamat siang

    Saya datang dengan sangat hormat kepada Anda, untuk menawarkan layanan saya kepada Anda dengan tingkat bunga yang terjangkau sebesar 2%. Akibatnya saya adalah Elia. direktur pinjaman perusahaan pemodal bersih saya yang mengkhususkan diri dalam memberikan pinjaman kepada orang serius yang ingin mendapatkan pinjaman pribadi untuk bisnis atau untuk mewujudkan mimpinya. Mau yang sebenarnya, mau konkret, entah kualitasnya, dengan perusahaan kita anda akan puas. Kami membuat impian Anda proyek kami.

    SILAHKAN KONTAK LANGSUNG KEPADA DIREKTUR KAMI:

    nomor whatsapp: +2349035555247

    Jangan ragu dengan menghubungi kami sekarang juga.

    BalasHapus
  25. Adakah anda sedang mencari pinjaman? Kami menawarkan pinjaman yang dirancang untuk memenuhi keperluan kewangan dan peribadi anda Pinjaman perniagaan dengan skim kelulusan pinjaman cepat. Kami meminjam wang dari mereka yang memerlukan bantuan kewangan, kami memberi kredit kepada orang yang mempunyai kredit yang buruk atau memerlukan wang untuk membayar bil, untuk melabur dalam perniagaan ini. Anda tidak perlu bimbang, kerana anda berada di tempat yang betul, saya menawarkan pinjaman dengan kadar faedah yang rendah sebanyak 2%, jadi jika anda memerlukan pinjaman, saya ingin anda menghubungi saya hanya di alamat e-mel ini: gloriasloancompany@gmail.com / Number Whatspp: + 1 (267) 527-9742
    PERMOHONAN MAKLUMAT KREDIT YANG DIPERLUKAN:
    1) Nama penuh: ............
    2) Jantina: .................
    3) Umur: ........................
    4) Negara: .................
    5) Nombor Telefon: ........
    6) Kerja: ..............
    7) Pendapatan: ......
    8) Jumlah Pinjaman Diperlukan: .....
    9) Tempoh pinjaman: ...............
    10) Alasan pinjaman: ...........
    11) Adakah anda memohon dan telah ditolak? Kalau begitu........

    BalasHapus
  26. KABAR BAIK

    Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk memulai?
    Saya adalah direktur Nadira Muhammad Loans Limited,
    Layanan pinjaman Nadira Muhammad adalah lisensi kredit investasi legal yang kami tawarkan
    Pinjaman kepada Individu dan bisnis dan menyediakan
    Layanan dan investasi yang dapat diandalkan untuk berbagai tingkat pelanggan / kandidat
    Dengan tingkat bunga yang terjangkau sebesar 2%, dengan jumlah minimum pinjaman dari
    (3000 $ / € / Rp) untuk jumlah pinjaman maksimum ($ 700 miliar $ / € / Rp) dengan
    Jangka waktu 1 tahun sampai 25 tahun. Hubungi kami oleh perusahaan
    E-mail di: Nadiramuhammadloancompany@gmail.com

    Misi perusahaan ini adalah untuk menyediakan perorangan dan perusahaan
    Organisasi swadaya
    Memenuhi kebutuhan, harapan dan membantu meningkatkan jiwa kita
    Dan komunitas mereka. Butuh pinjaman prom ?? Sekitar
    48 jam layanan penuh bagi pelanggan kami.

    Saya berharap untuk meminta Anda sesegera mungkin untuk memulai
    Segera, kami siap melayani anda
    Temukan pinjaman yang berminat untuk mengisi formulir aplikasi dibawah gaji

    BalasHapus
  27. Selamat pagi
                  Apakah Anda mencari pinjaman yang sangat asli?
    Pelamar untuk pinjaman, salam dari wintrust Mortgage Company
                       Kami adalah pemberi pinjaman pinjaman bersertifikat,
    Apakah Anda menginginkan bantuan keuangan dalam bisnis Anda?
    Apakah Anda ingin membeli rumah impian dan mobil Anda?
    Apakah Anda ingin memulai bisnis dan Anda tidak tahu harus mulai dari mana?
    Sudahkah Anda ditolak terus oleh bank dan lembaga keuangan lainnya?
    Jangan khawatir lagi karena kami memberikan pinjaman Dengan suku bunga yang terjangkau sebesar 2%? Diproses dalam waktu 24 jam. Kami memberikan pinjaman dalam kisaran 5.000 sampai 100.000.000 USD, Email: dporterwintrustmortgage@outlook.com

        SALAM
    RONALD FARIS
    NOMOR WHATSAPP: +15186011323
    E-MAIL ADDRESS ----- [dporterwintrustmortgage@outlook.com]
    WIN TRUST MORTGAGES

    BalasHapus
  28. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan pinjaman? Apakah Anda benar-benar membutuhkan pinjaman mendesak untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah kamu berhutang Inilah kesempatan anda untuk mencapai keinginan anda, kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha dan segala jenis pinjaman dengan 2% bunga untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami via e-mail (evaruiperezfinance@gmail.com)

    BalasHapus
  29. Saya adalah seorang bankir swasta yang memberikan kesempatan hidup untuk semua jenis pinjaman. Apakah Anda memerlukan pinjaman segera untuk melunasi hutang Anda atau apakah Anda memerlukan pinjaman modal untuk memperbaiki bisnis Anda? Apakah sudah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi atau hipotek? Kami meminjam uang dari orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau yang membutuhkan uang untuk membayar tagihan dan berinvestasi dalam bisnis dengan tingkat bunga rendah 2% dengan persyaratan dan ketentuan yang jelas dan dapat dimengerti. Dijamin 100%.

    Kirimkan kami email ke: (santiagoloanfirm@gmail.com) untuk mendaftar

    BalasHapus
  30. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  31. Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk membayar hutang Anda?
    Anda membutuhkan pinjaman untuk memulai bisnis,
    pinjaman untuk membayar tagihan,
    Kami hadir untuk memberikan pinjaman dengan jumlah berapa pun, hubungi kami melalui alamat perusahaan:
    trustfundloanfirm2020@gmail.com

    BalasHapus
  32. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya adalah perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu setiap orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak kreditur pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. curang Anda dengan susah payah uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar Rp700,000,000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 27 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 27 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya adalah Tentang menabrak karena hutang.

    Sebagai pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaannya adalah WORLD LOANS COMPANY. Saya kehilangan jumlah 13 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

    Tuhan jadilah kemuliaan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman semacam itu, mengenalkan saya kepada perusahaan yang dapat dipercaya dimana Ibu Christabel bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp700.000.000 dan
    Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan mengenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari membuat bisnis saya melonjak ke udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi dalam bahasa Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya Dia tidak tahu tentang perusahaan mode saya

    Jadi saya saran setiap orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk silahkan kontak
    Ibu Christabel melalui email: (christabelloancompany@gmail.com)

    Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (lianmeylady@gmail.com)

    Sekali lagi terima kasih untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita dan memberi kita hidup yang panjang dan sejahtera dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.mereka meminta surat kepercayaan saya, Dan setelah mereka selesai memverifikasi detail saya, pinjaman tersebut disetujui untuk saya dan saya pikir itu adalah sebuah lelucon, dan mungkin inilah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tapi saya tercengang. Ketika saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa agunan.

    BalasHapus
  33. Salam pembuka!
    Nama saya Dewi Rumapea, saya dari kota SEMARANG, Indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk menginformasikan semua dalam kelompok ini mencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. beberapa bulan yang lalu, aku finansial turun dan saya memutuskan untuk mencari pinjaman dari Man di Malaysia dan saya tertipu oleh orang di Malaysia. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal dan asli disebut Ibu Glory, pemberi pinjaman swasta yang meminjamkan jumlah pinjaman dari Rp500,000,000 tanpa stres pada tingkat bunga 2% yang merupakan terjangkau tingkat bunga untuk saya.

    setelah transfer kredit saya ke rekening bank saya, saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan telah mentransfer langsung ke rekening saya dengan Ibu Glory tanpa penundaan. Karena saya berjanji ibu bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi Ibu Glory melalui email:gloryloanfirm@gmail.com

    Saya menggunakan waktu ini untuk menginformasikan semua yang anda juga dapat menghubungi saya di email saya: dewiputeri9@gmail.com dan Nur Izzatul Azira Ismail, dari Malaysia yang memperkenalkan saya dan mengatakan kepada saya tentang Ibu Glory, Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Glory, Anda dapat juga menghubungi dia melalui email:utariwirmayaty@gmail.com Sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    Catatan: Tidak ada biaya pendaftaran, asuransi atau biaya pajak

    Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Yang Maha Kuasa karena menggunakan Ibu Glory untuk mengubah cerita keuangan saya dan sekarang saya adalah pemilik bisnis saya yang bangga, semoga Allah terus memberkati Ibu Glory dan terus menggunakannya untuk membantu kita semua dalam kesulitan keuangan.

    BalasHapus
  34. Kami menawarkan jenis pinjaman berikut dari $ 10,000 hingga # 900,000,000-00


    * Pinjaman Penyatuan Hutang

    * Untuk membeli rumah anda, Pinjaman

    * Pinjaman Perniagaan

    *Pinjaman peribadi

    * Pinjaman Rumah

    * Kereta Kewangan

    * Pinjaman Komersial

    * Pinjaman Pelaburan


    1. Senarai hitam boleh dikenakan

    2. Tiada pemeriksaan kredit

    3. Kajian semula hutang atau perintah mahkamah boleh dikenakan

    4. ETC boleh memohon


    Syarikat ini adalah filem pinjaman berdaftar dan dibenarkan dan kami menawarkan pinjaman kepada semua warganegara yang tersenarai hitam, tidak ada pemeriksaan kredit

    Tawaran Pinjaman pada kadar faedah 3% MEMOHON SEKARANG Dengan nombor ID anda, nama penuh, tempoh pinjaman, jumlah pinjaman

    dengan nombor telefon bimbit anda !!!


    Hubungi kami melalui e-mel: frankqueens64@gmail.com atau CALL + 2348118830374, untuk maklumat lanjut mengenai cara memohon.

    Terima kasih

    Frank Queens.

    BalasHapus
  35. Saya Achmad Halima Saya ingin menyaksikan karya bagus ALLAH dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang tinggal di sini di Indonesia, Asia dan di beberapa negara di seluruh dunia.
     Saat ini saya tinggal di Indonesia. Saya seorang Janda dengan empat anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan pada MARET 2017 dan saya perlu membiayai kembali dan membayar tagihan saya,
    Saya adalah korban penipuan pemberi kredit 3-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang yang saya berutang, saya dibebaskan dari penjara dan saya bertemu dengan seorang teman, yang saya jelaskan mengenai situasi saya dan kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dapat diandalkan.
    Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman di internet penipuan di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
     Saya mendapat pinjaman dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM sebesar Rp900.000.000 dengan sangat mudah dalam waktu 24 jam setelah saya melamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus ALLAH melalui ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya saran jika anda membutuhkan pinjaman silahkan hubungi ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM. hubungi mereka melalui email:. (alexanderrobertloan@gmail.com)
    Anda juga bisa menghubungi saya melalui email saya di (achmadhalima@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

    BalasHapus
  36. APAKAH ANDA MEMBUTUHKAN PINJAMAN BISNIS YANG TERJANGKAU ATAU XMAS LOAN TODAY?
    Kami telah memberikan pinjaman usaha lebih dari $ 20 Miliar kepada lebih dari 30.000 pemilik bisnis seperti Anda. Kami menggunakan teknologi risiko yang ditunjuk untuk meminjamkan bisnis yang tepat sehingga Anda dapat mengembangkan bisnis Anda. Layanan kami cepat dan terpercaya, pinjaman disetujui dalam waktu 24 jam setelah aplikasi berhasil. Kami menawarkan pinjaman dari kisaran minimal $ 10.000 sampai maksimum $ 1 Miliar.
    Apakah Anda menemukan diri Anda sedikit bermasalah dengan tagihan yang belum dibayar dan tidak tahu ke mana harus pergi atau kemana harus berpaling? Bagaimana dengan menemukan perusahaan Debt Consolidation yang memiliki reputasi baik yang dapat membantu Anda dalam mengurangi cicilan bulanan sehingga Anda memiliki pilihan pelunasan yang terjangkau serta ruang bernapas selambat akhir bulan dan tagihan harus dibayar? The Vasquez Reynolds Lending House adalah jawabannya. Kurangi pembayaran Anda untuk mempermudah
    Tegaskan biaya bulanan Anda. Email (sfrank665@gmail.com)
    Layanan kami meliputi:
    * Pinjaman Pembelian Properti
    * Pinjaman Truk
    * Pinjaman pribadi
    * Pinjaman konsolidasi hutang
    * Pinjaman Mobil
    * Pinjaman Bisnis
    * Pinjaman Pendidikan
    * Hipotek
    Pinjaman Refinancing
    * Pinjaman Rumah
    Kami memberikan pinjaman bunga rendah 2% dan jangka waktu pinjaman 1 sampai 30 tahun untuk melunasi pinjaman (aman dan tidak aman). Jangan simpan masalah keuangan Anda kepada diri Anda sendiri sehingga Anda tidak menjadi penguasa hutang atau tekanan finansial CATATAN: Ingat bahwa hanya membutuhkan waktu kurang dari 24 Jam untuk memproses file Anda 100% Guaranteed tidak peduli Skor Kredit Anda. bersertifikat dan privasi Anda 100% aman bersama kami. Jangan khawatir lagi
    pinjaman atau keuangan anda
    Dengan hormat,
    Ayah. mike godson
    Dapatkan persetujuan pinjaman instan Anda
    (sfrank665@gmail.com)

    BalasHapus
  37. Nama saya YODIKA RONI, saya ingin menggunakan medium ini untuk memberi nasihat kepada semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman internet kerana begitu banyak pemberi pinjaman internet di sini adalah semua penipu dan mereka hanya berkongsi cerita untuk menipu wang anda, saya memohon pinjaman sebesar Rp500.000.000 dari seorang wanita di Jerman dan saya kehilangan jumlahnya sebesar Rp15.000.000 tanpa mendapat pinjaman,

    Pada tarikh 27 September, 2017, rakan saya, Suri Yono di tempat kerja memberitahu saya bagaimana dia memohon pinjaman daripada GARIS JALUR GANTI GARANTI dan dia akhirnya menerima pinjamannya. Saya tidak pernah mempercayainya sehingga saya pergi bersamanya ke bank untuk mengesahkannya dan saya kagum kerana saya telah kehilangan banyak wang hanya untuk mendapatkan pinjaman untuk keluarga saya.

    Semoga ALLAH memberkati ibu yang baik untuk apa yang dia lakukan kepada saya dan keluarga saya, saya memberitahu kawan saya untuk memperkenalkan saya kepada ibu yang baik. Ana Michael, Ketua Pegawai Eksekutif PINJAMAN JAMINAN JAMINAN, dia telah membuat permohonan untuk mendapatkan pinjaman sebanyak Rp500,000,000.

    Saya mematuhi terma dan syarat pinjaman syarikat dan permohonan pinjaman saya diluluskan untuk saya tanpa tekanan dan kesukaran.

     Akhirnya, saya menerima pinjaman dalam akaun bank saya dan saya memanggil kawan saya Suri Yono bahawa saya telah menerima pinjaman itu dan saya juga telah memperkenalkan begitu banyak orang kepada ibu yang baik Puan Ana Michael.

    Saya mahu anda yang membaca kesaksian saya untuk menghubungi ibu yang baik jika anda memerlukan pinjaman supaya anda juga akan memberi keterangan mengenai muhibah ibu yang baik.

    jadi saya menggunakan jalan ini untuk memaklumkan setiap orang Indonesia dan orang lain yang sesuai untuk membaca kesaksian saya dan dia memerlukan pinjaman untuk dihubungi
    Puan Ana Michael melalui EMAIL: ANAMICHAELGUARANTYTRUSTLOANS@GMAIL.COM

    Anda masih boleh menghubungi saya jika anda memerlukan maklumat lanjut melalui EMAIL: YODIKARONI@GMAIL.COM
    Anda juga boleh menghubungi rakan saya Suri Yono melalui EMAILnya: YONOSURI702@GMAIL.COM

    sekali lagi terima kasih semua untuk membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kita semua dan memberi kita hidup dan kemakmuran

    BalasHapus
  38. Hello
    Kami adalah Organisasi Kristian yang direka untuk membantu orang yang memerlukan
    membantu, seperti bantuan kewangan. Jadi jika anda pergi secara kewangan
    kesukaran atau kerugian kewangan, dan anda memerlukannya
    dana untuk
    Mulakan perniagaan anda sendiri, atau anda memerlukan pinjaman untuk mengaturkan
    kesalahan atau gaji
    bil, mulakan keseronokan, atau anda merasa sukar
    Dapatkan pinjaman modal dari bank tempatan, hubungi kami hari ini
    sama melalui e-mel
    frankqueens64@gmail.com untuk Alkitab mengatakan: "" Lukas 11:10 semua orang
    bertanya, dan dia mendapati pencarian itu, dan terhadap dia yang menyerang pintu
    akan dibuka. "Jangan luangkan peluang ini sebagai
    Yesus adalah hari yang sama, hari ini dan selama-lamanya lagi. Tolonglah ini
    untuk orang yang serius dan takut kepada Tuhan.
    Kami mengesyorkan agar anda menyelesaikan dan mengembalikan maklumat di bawah.
    Nama anda: ______________________
    Alamat anda: ____________________
    Negara anda: ____________________
    Profesion anda: __________________
    Jumlah pinjaman yang diperlukan: ______________
    Tempoh: ____________________
    Pendapatan bulanan: __________________
    Nombor telefon mudah alih: ________________
    Adakah anda memohon pinjaman untuk: ________________
    Jika anda sebelum ini memohon pinjaman, anda telah dilayan dengan adil?
    di manakah anda mencari syarikat? ...

    Bertindak dengan cepat dan menganggap tekanan kewangan, kekeliruan dan kesulitan
    hubungi Permaisuri Pinjaman Perbadanan Hari ini melalui e-mel di alamat berikut:
    frankqueens64@gmail.com.You mesti diperlakukan dengan yang terbaik dari kami
    sumber sehingga anda memindahkan wang ini ke akaun anda, dan
    Tanggapan cepat dan cepat anda menentukan berapa pantas yang anda harus terima
    pinjaman anda. Meminta sebarang kelewatan untuk anda
    pinjaman terbaik dan mudah di sini
    dengan kami. E-mel laman web ini melalui Via
    e-mel: frankqueens64@gmail.com
    ikhlas
    Jawapan dari REV frank queens OR SAN GIOVANNI diberkati

    Encik FRANK QUEENS
    (Pengurus) Jumlah WhatsApp +2348118830374

    BalasHapus
  39. Saya ingin semua orang membaca pesan ini dengan saksama. Saya sangat senang untuk membuat kesaksian tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya dengan kreditur kreditur legit, saya telah menderita di tangan kreditor internet palsu di situs-situs tertentu, saya telah mengajukan beberapa perusahaan pinjaman di sini dan yang mereka lakukan hanyalah meminta saya untuk pembayaran dan setelah pembayaran, saya tidak akan mendapatkan pinjaman dari mereka, mereka adalah orang-orang palsu dari Inggris dan bahkan India. Saya merasa sakit karena hutang saya, dan saya membayar pembayaran lain untuk mendapatkan pinjaman agar bisa menghasilkan hutang yang lebih besar. Saya senang ketika teman saya mengatakan kepada saya bahwa dia mendapat pinjaman dari internet, dialah yang memberi tahu saya tentang Nicole Morgan dari NICOLE MORGAN LOAN FIRM, dan saya mengajukan pinjaman sebesar 800 juta, saya mengikuti semua prosedur, Saya pikir saya tidak akan mendapatkan pinjaman, tapi saya sangat senang saat pinjaman saya disetujui dan dikirim langsung ke rekening bank saya dalam waktu 2 hari setelah mendaftar. Saya telah membayar semua hutang saya sekarang dan stabil secara finansial saat saya menulis pesan ini. Jadi jika ada di antara Anda yang mengajukan permohonan pinjaman, Anda harus menghubungi Nicole Morgan di emailnya, mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman pinjaman nyata, yang lain salah. Ikuti saja semua prosedur di Nicole Morgan dan saya jamin Anda akan mendapatkan pinjamannya, jadilah bijak sehingga Anda tidak akan kehilangan uang seperti saya, hubungi ibu Nicole Morgan jika Anda benar-benar membutuhkan pinjaman nicolemorganloan@gmail.com
    hubungi saya juga supaya saya bisa memberikan lebih banyak informasi dan panduan hadijaboften2@gmail.com
    Terima kasih.

    BalasHapus
  40. Pinjaman untuk semua jenis tujuan
    Kami menawarkan jumlah minimum 5.000,00 euro sampai 10.000,00 euro sampai 20 juta euro
    Dengan suku bunga pinjaman 2% rendah
    Periode: sampai 25 tahun tergantung jumlah pinjaman yang Anda butuhkan.
    Pelanggan harus
    lebih dari 18 tahun
    Transaksi ini 100% aman untuk semua pelanggan
    Untuk informasi lebih lanjut tentang kredit, silahkan hubungi kami via e-mail:
    (leonardodorafinance@gmail.com)

    BalasHapus
  41. kabar baik!!!!

    Hello All, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan kompensasi Asia yang bersatu, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan seluruh masyarakat Indonesia yang mencari pinjaman Internet agar berhati-hati agar tidak jatuh ke tangan penipu. dan fraudstars banyak kreditor kredit palsu ada di sini di internet dan ada juga yang nyata dan nyata,

    Saya ingin membagikan testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya kepada pemberi pinjaman sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar pendaftaran. biaya. . , Biaya garansi, dan setelah pembayaran saya masih mendapatkan pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dikeluarkan tanpa meminjam dari perusahaan mereka, saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk menghubungi teman saya. yang mendapatkan pinjaman onlinenya sendiri, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang pria bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

    Jadi saya mengajukan pinjaman sebesar Rp400.000.000 dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak peduli berapa umur saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya inginkan adalah membangun bisnis saya dan pinjaman saya mudah disetujui. Tidak ada tekanan dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta dikembalikan, maka uang pinjaman saya disimpan ke rekening bank saya dan mimpiku menjadi kenyataan. Jadi saya ingin menyarankan agar setiap orang segera melamar kepada Mr. Dangote Loan Company Via email (dangotegrouploandepartment@gmail.com) dan Anda juga bisa bertanya kepada Rhoda (ladyrhodaeny@gmail.com) dan Mr. jude (judeelnino@gmail.com) dan Juga Pak Nikky (nicksonchristian342@gmail.com) untuk pertanyaan lebih lanjut

    Anda juga bisa menghubungi saya melalui email di ladyjanealice@gmail.com
    Dan Anda bisa mengikuti Mr dangote on instagram untuk lebih jelasnya di dangoteloancompany

    BalasHapus