My Polyvore Set



Kamis, 14 Juli 2016

Apalah Arti Hidup Ini tanpa (Online) Shopping

Post ini diikutsertakan dalam Blog Competition HIJABENKA X IHB


Assalammualaikum,

Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir & Bathin mentemen semua. Momen lebaran pasti tak lepas dari yang namanya shopping. Setuju? 

Mulai dari belanja kebutuhan masak makanan khas lebaran, belanja untuk mempercantik rumah supaya nanti pas ada tamu jadi betah gitu tamunya, dan yang paling penting belanja baju lebaran buat anak kesayangan (bagi yang sudah berkeluarga) ataupun baju buat dipakai sendiri. 


Jadi flashback masa-masa masih dibeliin baju sama orangtua dahulu kala, biasanya nyokap dan bokap pergi belanja di minggu ke-2 atau ke-3 Ramadhan malah kadang saking nggak nemunya baju yang sesuai selera, bela-belain malam takbiran ke Mall untuk belanja. Padahal kondisi Mall saat itu rame banget, penuh sesak sama orang-orang yang sepertinya punya kepentingan yang sama. Alhasil (seringnya) nggak puas dengan hasil belanjaan sendiri. Mungkin karena terburu-buru atau yang penting dapet. 

Bertambahnya usia diimbangi dengan semakin canggihnya teknologi (yang diawali dengan munculnya media sosial plus smartphone), konsep berbelanja pun semakin ringkes dan simple. Istilah online shopping kian menggema di kalangan kaum urban Jakarta khususnya. 

Seinget saya, pertama kali belanja online itu di tahun 2009. Itu pun via BBM group dan Facebook, yang mana teman-teman FB mulai gerilya tag barang dagangannya atau broadcast di BBM. Jujur, awal saya terpikat dengan konsep belanja online ini karena tampilan atau foto produknya yang kece, bikin ngiler pengen kirim format order ke sang penjual. Padahal kan seharusnya di cek dulu, apakah size-nya sesuai, ukuran panjang badan, panjang lengan, lebar dada udah sesuai belum. Atau kalo mau beli celana dipastiin tuh bahannya apa, lingkar pahanya berapa, warnanya nggak sesuai dengan foto, nggak mau kan pas beli trus kuciwa. 

Sebenarnya, online shop itu sendiri apa sih? 

Online shop adalah toko online  yang mempermudah shopper untuk mendapatkan barang-barang yang mereka cari atau inginkan semudah membuka laptop ataupun smartphone (tentunya dengan koneksi internet yang cihuy) kita bisa belanja tanpa harus keluar rumah, tanpa desak2an ataupun antri untuk bayar di kasir. 



Lantas, apa sih asyiknya belanja online? Nggak bisa lihat barangnya langsung, gimana kalau ternyata online shopnya penipu? 

Sebagai smart buyer, kamu harus paham betul barang yang akan dibeli dan pastikan online shop-nya terpercaya juga mempunyai pelayanan yang bikin kamu nyaman untuk repeat order ke mereka. 

Berdasarkan pengalaman saya yang udah keranjingan belanja online dibanding offline, cara untuk mengetahui online shop tersebut berkualitas adalah:

1. Tampilan website online shop tidak asal-asalan



Sebagai smart buyer dan smart shopper, tampilan website online shop yang rapi dan nyaman sudah tentu jadi prioritas pilihan. Dibalik tampilan website yang enak dipandang mata sudah tentu pengelolaannya baik juga. 

2. Memiliki nomor telepon call centre yang aktif dan bisa dihubungi



Tak sedikit online shop yang hanya menampilkan no handphone ataupun pin BBM lho. Karena itu, hal ini menjadi salah satu poin agar kita lebih hati-hati dalam memilih. 


3. Sistem Pembayaran

Poin ini juga penting nih! Ada beberapa sistem pembayaran yang ditawarkan oleh online shop, berikut diantaranya:

  • COD (Cash on Delivery) atau bayar di tempat, sepertinya ini adalah cara pembayaran paling aman menurut saya. Lihat barang langsung di tempat, bisa pegang2 bahan, cocok langsung bayar, selesai deh. 



  • Internet Banking dan Credit Card, biasanya online shop memiliki sistem pembayaran terintegrasi dengan internet banking sudah melewati prosedur yang ketat dari pihak bank tentunya. 
4. Track Record Online Shop

Mengenai track record ini bisa kamu dapatkan dari  komentar atau review  orang yang sudah pernah melakukan pembelian di online shop tersebut. Dari komentar atau review tersebut bisa membantu kita sebagai buyer memberikan penilaian tentang reputasi online shop tersebut. Ada baiknya sebelum melakukan pembelian pastikan web tersebut mendapatkan komentar positif. Mudahnya nih kamu bisa nanya sama mbah google tentang web tersebut dengan kata kunci "pengalaman berbelanja di xxxx" atau double check lagi di forum2 seperti kaskus, nanya sama teman yang sering belanja online juga bisa. Daripada duit melayang trus kena tipu mending nanya kan. Kalau saya pribadi sudah cukup sering belanja online, baik di IG ataupun via website. Bocoran nih, belanja baju muslim dan aksesorisnya via web better di Hijabenka aja. 

Kenapa harus Hijabenka? 

1. Barang-barang yang dijual sudah terjamin kualitasnya. 
2. Pelayanannya sigap dan cepat, apalagi mereka cukup aktif di media sosial seperti IG, FB Fanpage, Twitter dan Line Official. 


Setelah mengetahui hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan saat berbelanja online shop, artinya sudah nggak ragu lagi dong buat belanja :)

Happy Shopping!! 

Wa'alaikumussalam.


16 komentar:

  1. Iya belanja online menolong banget ya mba jadi ngga perlu pergi desek2an ke mall, apalagi pas malam takbiran :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi hana, makasi udah mampir, iya banget... apalagi kalo olshop nya udah langganan jadi makin enak hehehhe

      Hapus
  2. Aku belum pernah belanja di hijabenka. Paling cuma milih2 barang aja di shopping chart trus gagal check out.. wkwkwk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. oline... coba sesekali belanja di hijabenka deh banyak promo nya hehhehe

      Hapus
  3. Tulisannya kece mbak, lengkap :D bener bgt yang soal double check tujuan kita belanja di forum2. The power of testimoni 😀

    BalasHapus
  4. Saya blum pernah nih blanja di hijabenka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba mak, banyak promo yang menggiurkan hehehe

      Hapus
  5. Kalau aku, selalu lihat testimoni dulu sebelum beli barang online. Kalau banyak testimoni yang bagus, bisa dipastikan olshopnya memang bagus dan terpercaya. Seneng banget ya sekarang kalo mau belanja baju ngga harus ke mall dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya uci, aku pun demikian, pandang memandang testimoni dulu trus beli yang ga terlalu mahal kalo diawal pelayanannya oke dan barangnya ciamik, lanjut deh repeat order :)

      Hapus
  6. Belanja online, puas milihnya, pilihannya seabreg, apalagi hijabenka makin lucu2 nih koleksinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget maakkk hehhee.. thanks udah mampir ya :)

      Hapus
  7. Emang deh buibuk kerjaannya belanja mulu, emang makin kesini semua makin mudah dan berada dalam genggaman ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. beneeerr bangeetttt mamah tiri kesayangankuu.. sekarang semua serba gampang, klik ini itu cuuss bisa belanja, order ojek online, order makanan, pesen mobil taksi dll hehehhe

      Hapus
  8. Aie itu kalo belanja online ngajak2. Ckckck, ga bener. Hahahaha.. >_<

    BalasHapus
    Balasan
    1. sharing is caring terr... siss.. terrr hahahahah

      Hapus