Jakarta Bird Land: Tempat Rekreasi Keluarga Terbaru di Ancol

Minggu, 06 November 2022

"Bun, jalan-jalan yuk!", anak semata wayangku sempat merasa bosan karena setiap akhir pekan seringnya di rumah aja. Ya gimana ya, sejak pandemi seperti sudah terbiasa nyaman di rumah gak kemana-mana. Dan akhirnya, hari Sabtu kemarin kami jalan-jalan ke Jakarta Bird Land: Tempat Rekreasi Keluarga Terbaru di Ancol. Shall we start the review now? 

Jakarta Bird Land Ancol

Setelah terbiasa weekend di rumah aja, akhirnya aku, Darell dan Papih rekreasi ke Jakarta Bird Land, Ancol. Kalo dipikir-pikir kayaknya udah cukup lama nih kami gak ke Ancol semenjak pandemi. Dan liburan tipis seperti ini, memang dibutuhkan untuk quality time sekaligus memperkuat bonding. 

Kebetulan banget, hari Sabtu, 5 November 2022 kemarin bertepatan dengan Launching Jakarta Bird Land di Ancol dan juga memperingati Hari Cinta Puspa Satwa Nasional. Jauh hari aku tuh udah bilang ke pak suamik supaya bisa meluangkan waktunya untuk jalan-jalan bareng anak semata wayang. 

Biasanya weekend tuh bangunnya agak siang ya, kali ini khusus bangun layaknya week days supaya gak telat sampai di Jakarta Bird Land, Ancol. Harap maklum ya gais ya, rumahku tuh jauh pisan. Bukan antar planet lagi tapi udah antar galaksi ceunah. *lebay mode on* 

Jakarta Bird Land Ancol

Sebelum berangkat, aku sempatin untuk cuci baju dulu, bebenah tipis dan masakin sarapan untuk Darell dan Papih. Tujuannya sih biar irit dan gak banyak jajan di sana hehehe. Tepat jam 7 pagi kami pun berangkat menuju Jakarta Bird Land Ancol. 

Kirain bakalan macet parah ya beb, ternyata lalu lintas terpantau lancar jaya sentosa. Eh, malah agak padat merayap di pintu gerbang Ancol. Oia, posisi Jakarta Bird Land itu persis dekat dengan pintu masuk Sea World ya. Jadi dari pintu gerbang kamu langsung deh cari Sea World trus masuk ke Jakarta Bird Land.

Tentang Jakarta Bird Land Ancol

Jakarta Bird Land (JBL) merupakan persembahan terbaru dari Ancol Taman Impian yang memiliki luas kurang lebih 6.000 m2 dan terbagi dalam 6 kawasan. Adapun kawasan tersebut yaitu American Macaw Area, Indonesian Cockatoo, Hornbill Family Aviary Exhibit, Water Bird, dan Free Range Bird Area. 

JBL bisa dibilang rumah dari ratusan ekor burung dengan jenis yang beragam. Menurutku nih, semua area sangatlah menarik dan aestetik, catet! Kesan pertamaku saat memasuki JBL tuh wow, keren banget sih karena langsung disambut dengan burung kakatua yang cantik banget. Dari pintu masuk aku langsung ke arah kanan melihat ada angsa hitam, bebek, dan berbagai jenis burung lainnya. 

Di JBL, kita diperbolehkan berinteraksi secara langsung dengan beragam spesies burung yang ada. Bahkan bisa memberikan makan juga selfie, lho! Aku dan Darell memberikan makan burung yang bernama Bewok dan Hiro, kedua burung ini jinak dan gemes banget sih. Ya ampun, masyaallah mereka cantik-cantik dan ganteng-ganteng. Aku malah sempet ajakin ngobrol beberapa burung kakatua berbulu putih. 

Jakarta Bird Land Ancol


Area menarik lainnya yaitu Sky Bridge karena di sini aku bisa melihat lebih dekat dan berinteraksi langsung dengan burung-burung yang sedang terbang bebas dan hinggap di area aviary. Udah gitu ya, hal yang gak kalah keren lainnya yaitu taman burung ini didesain semirip mungkin dengan habitas asli para burung-burung penghuninya.

Ragam Jenis Burung di Jakarta Bird Land Ancol

Beberapa jenis burung yang bisa ditemui di JBL antara lain kakatua jambul kuning, kakaktua alba, kakatu raja, burung macaw, bebek mandarin, rangkong, dan merak biru. Salah satu jenis yang paling unik yaitu Elang Laut Dada Putih yang mana memiliki habitat alami dan berkembang biak di Pulau Bidadari Kepulauan Seribu.

Selain itu terdapat pula burung yang juga merupakan hasil program pengembangbiakan dari Tim Konservasi Ancol yaitu Jalak Bali. Ya, burung ini merupakan burung endemik Indonesia dan salah satu jenis yang statusnya terancam punah. Karena itu, Tim Konservasi Ancol telah fokus menjalankan program ini sejak 2021 dan telah berhasil menghasilkan anakan yang semuanya kini telah menghuni Jakarta Bird Land. 

Gais, gais selai tempat rekreasi, JBL juga bisa menjadi tempat yang gak kalah seru belajar mengenai burung karena selain terdapat tim education guide yang akan memberikan penjelasan mengenai semua jenis burung yang ada. Kamu juga ditemani oleh #KawanJagatLangit yaitu Angkasa, Langit, Dirga, Cakra dan Inggi. Dimana kelima karakter ini memiliki keunikan masing-masing yang siap mendampingi dan memeriahkan petualangan para pengunjung di Jakarta Bird Land. 

Jakarta Bird Land Ancol

Lebih dari itu, kamu juga bisa bersentuhan secara langsung dengan beberapa jenis burung sambil memberi makan bahkan bisa selfie bareng, lho. Seru kan! Tidak hanya itu, kamu juga bisa menyaksikan bagaimana uniknya perilaku satwa ini dengan menonton bird show yang diadakan di 2 tempat berkonsep fun education

Pengalaman Rekreasi di Jakarta Bird Land Ancol

Memang sudah cukup lama kami sekeluarga tidak melakukan rekreasi atau piknik di alam atau ruangan terbuka seperti di Jakarta Bird Land, Ancol. Juga, ini kali pertama setelah pandemi aku bersama keluarga berkunjung ke Ancol. Jadi ya cukup menyenangkan dan membahagiakan. Apalagi si 'anak beneran bujang' yang 2 tahun terakhir kebanyakan 'main' di rumah aja atau ke mall buat jajan. Happy banget dah tuh anak bisa liat satwa burung dari dekat, bahkan bisa berinteraksi langsung. 

Awalnya, Darell merasa takut juga sungkan buat interaksi dengan berbagai jenis burung di Jakarta Bird Land. Lama kelamaan merasa nyaman dan berani buat interaksi langsung, bahkan memberikan makan secara langsung. Iya, aku sih yang ngasih contoh duluan ke Darell biar gak takut. Jadi aku interaksi langsung dengan burung kakatua jambul kuning, mengajaknya ngobrol layaknya bestie yang udah lama gak bersua. Dari situ Darell mulai berani deh buat interaksi, ngobrol, memberikan makan bahkan foto bareng. Yes! Berhasil kan aku hehehe, lumayan tau buat konten.

Jakarta Bird Land Ancol

Kami bahkan keliling naik ke Sky Bridge buat eksplor Jakarta Bird Land, foto-foto dan nonton langsung atraksi satwa burung yang lagi 'pamer' kemampuannya. Meski panas menyengat yah mataharinya, tetap aja gak mengurangi keseruan dan kebahagiaan melihat satwa burung di Jakarta Bird Land. 

Ada kejadian lucu sih bisa dibilang ya, jadi pas mau take video buat kebutuhan konten di TikTok dan Instagram, aku diseruduk sama merak biru. Kaget sih, tapi alhamdulillah aku gak over react atau bereaksi lebay. Malah aku minta maaf sama merak biru karena mungkin udah membuatnya gak nyaman dengan kamera yang aku sorot ke si merak biru tersebut. 

Oia, sekarang tuh tiket Ancol hanya bisa dibeli secara online di website https://www.ancol.com/home ya, jadi gak bisa beli secara offline. Dalam website tersebut, semua tiket rekreasi dan wahana yang ada di Ancol tersedia lengkap. Nah, untuk harga tiket JBL lagi ada promo early bird 55rb yang beroperasi setiap hari mulai pukul 09.30 - 16.00 WIB. Yuk ajak anak, saudara, keluarga, mantan, gebetan berpetualang sambil mengenal puluhan jenis burung di Jakarta Bird Land Ancol.

15 komentar

  1. Oh ini di ancol tho, dari kemarin liat di IGS temen2 sm di status WA banyak yang ke sini, kirain dimana, asik nih buat liburan akhir tahun dan liburan sekolah yang gak lama lagi

    BalasHapus
  2. Udah lama banget nggak main ke Ancol. Anak-anak sudah sounding sih pengin ke sana, tapi belum nemu waktu yang tepat. Ada tambahan Jakarta bird land di Ancol ini makin tambah pengin ke sana secepatnya. Jadi banyak tempat rekreasi ya di area Ancol ini. Harganya pun masih terjangkau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ancol ini taman impian aku sejak kecil, tp kejauhan uy hehehe semoga kelak bisa bawa anak ke sana, aminn

      Hapus
  3. Wah, ada destinasi baru di Ancol ya. Gak hanya anak-anak, orangtuanya juga pasti suka banget jalan-jalan kesana. Hiburan dan refreshing banget..

    BalasHapus
  4. Wuaaa, seru banget mbak. Aku belum pernah ke Ancol, next kalau ke Jakarta harus kesini..koleksi burungnya cantik cantik banget. Cocok buat tempat wisata bareng anak dan keluarga

    BalasHapus
  5. Wah asyik banget sekarang kalau main ke Ancol bisa kunjungin juga Jakarta Bird Land. Anak-anak pasti anteng nih ngeliatin berbagai jenis burung di sana.

    BalasHapus
  6. Wah , di Ancol ada Birdland
    Wisata baru yang pasti menarik untuk dikunjungi bersama keluarga ya mbak
    Anak anak pasti senang diajak kesini

    BalasHapus
  7. Ya Allah, udah berapa tahun gak main ke Ancol. Beda banget, banyak sekali perubahannya. Jaman saya kerja di Jkt, belum ada Jakarta Bird Land Ancol.

    Seneng nih kalau bisa berinteraksi langsung dengan burung yg menggemaskan.

    BalasHapus
  8. MashaAllah~
    merak birunya ngajakin kenalan karena sayang kak Aie..
    Hihi..ramah-ramah yaa.. burung di Jakarta Bird Land Ancol.

    BalasHapus
  9. Jadi pilihan untuk rekreasi keluarga nih ya mba...sambil mengenalkan beberapa jenis biting Dan gitu jinak2 lagi ya...

    Next mau ajak anak2 ke JBL apalagi ada promo early bird cuma 55rb

    BalasHapus
  10. Wah ada elang laut dada putih dan jalak bali segala. Lengkap juga ya di Birdland. Jadi pingin ke Ancol nih ajak anak2 lihat berbagai jenis burung

    BalasHapus
  11. Seru nih bisa jadi tempat healing ditemani suara suara merdu birds yang ada di sana, semoga bisa pas liburan akhir tahun ini amin

    BalasHapus
  12. Wah asyeeek bisa interaksi langsung sama burung2 di sana ya mbak. Seru nih kyknya buat liburan keluarga saat anak2 liburan sekolah ntar.
    Liat burung2 gini biasanya aku langsung keinget taman burung di Bali, eh sekarang asyik banget gakusah jauh2 cukup ke Ancol yaa. Makasih infonya :D

    BalasHapus
  13. asyik bangeet nih mba.. baru tau ada Jakarta Bird land sekarang. bisa jadi alternatif wisata yang ramah anak dan keluarga, plus fun juga yaaa

    BalasHapus
  14. Awww nggak sabar pengen ke sana juga duuh masa harus nunggu pulang kampung dulu ya. Anak-anak saya pasti suka banget berkunjung ke JBL terlebih di Ancol pula sekalian ke akuariumnya.

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)