Pengalaman Mengikuti Short Course Bahasa Inggris Online dengan The British Institute

Kamis, 16 Mei 2024

Mengambil langkah untuk mengoptimalkan blog demi mendapatkan penghasilan sampingan adalah keputusan yang tepat dan cerdas. Tidak hanya membuka peluang finansial, tetapi juga memperkaya pengalaman pribadi. Dan aku merasa sekarang saatnya untuk level up my english skill dengan mengikuti kursus bahasa Inggris singkat. So, here's the review tentang Pengalaman Mengikuti Short Course Bahasa Inggris dengan The British Institute (TBI). Shall we start now ...

Pengalaman Mengikuti Short Course Bahasa Inggris Online dengan The British Institute

Mengelola blog dengan baik memungkinkan kita untuk memperluas jaringan (networking) dan mengembangkan kemampuan menulis artikel secara signifikan. Dalam proses ini, kita belajar tentang strategi pemasaran digital, analisis data pengunjung, hingga teknik SEO yang efektif. Semua ini berkontribusi pada pertumbuhan profesional dan personal yang berharga, menjadikan blogging lebih dari sekadar hobi, tetapi sebagai investasi masa depan yang menjanjikan.

Berjalannya waktu, aku pun merasa penting untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, terutama karena sebagian besar pekerjaan dan komunikasi kini dilakukan secara daring. Salah satu kemampuan yang ingin aku kembangkan adalah kemampuan menulis artikel dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, aku memutuskan untuk mengikuti kursus singkat bahasa Inggris secara online dengan The British Institute (TBI). Keputusan ini terbukti sangat tepat, karena pengalaman belajar di TBI sangat menyenangkan dan bermanfaat.

Seperti apa yang disampaikan oleh Diah Pratiwi Soehendro, Marketing Communication Manager TBI, “Sama dengan profesi lainnya, terdapat serangkaian skill yang yang wajib dimiliki dan dikembangkan oleh para penulis pastinya. Memahami penggunaan grammar dalam bahasa Inggris sangat dibutuhkan agar tidak memberikan struktur tulisan yang salah, karena kemampuan untuk mengkomunikasikan maksud tulisan merupakan hal yang cukup krusial.

Tentang The British Institute (TBI)

The British Institute, yang juga dikenal sebagai TBI, didirikan pada 18 Februari 1984 sebagai salah satu institusi pendidikan yang fokus kepada pembelajaran atau pelatihan bahasa Inggris. TBI yang didukung oleh UTC (UniSadhuGuna Testing Centre) adalah satu-satunya institusi pelatihan bahasa Inggris di Indonesia yang memiliki lisensi dari Cambridge University Press and Assessment, untuk menjalankan kursus pelatihan CELTA (Certificates in Teaching English to Speakers of Other Languages).

Dengan menerapkan metode pengajaran eklektik (eclectic approach), TBI menitikberatkan pelajaran di kelas pada kebutuhan siswa (student-centered learning), yang relevan dan praktikal.  TBI memiliki tenaga pengajar baik asing (native) maupun lokal (non-native) yang berpengalaman dan berstandar kualifikasi internasional.

Pengalaman Mengikuti Short Course Bahasa Inggris Online dengan The British Institute

1. Metode Pengajaran Eklektik (Eclectic Approach)

Salah satu hal yang paling menarik dari kursus di TBI adalah metode pengajaran yang mereka terapkan, yaitu metode eklektik. Metode ini menggabungkan berbagai pendekatan dan teknik pengajaran yang berbeda, disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Tidak ada satu metode yang dominan; sebaliknya, instruktur TBI menggunakan berbagai cara yang dirasa paling efektif untuk situasi dan materi tertentu. Hal ini membuat proses belajar menjadi lebih dinamis dan tidak membosankan.

2. Pembelajaran Berpusat pada Siswa (Student-Centered Learning)

TBI juga menitikberatkan pelajaran pada kebutuhan siswa. Pembelajaran yang berpusat pada siswa ini berarti bahwa setiap sesi kelas dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan tujuan individu kami. Instruktur sangat responsif terhadap pertanyaan dan kesulitan yang aku hadapi ketika mengikuti short course ini. Mereka selalu berusaha memastikan bahwa memahami materi dengan baik sebelum melanjutkan ke topik berikutnya. Pendekatan ini sangat membantuku untuk merasa lebih percaya diri dan termotivasi.

3. Relevan dan Praktikal

Satu lagi keunggulan dari kursus di TBI adalah materi yang relevan dan praktikal. Selama kursus, kami tidak hanya belajar tata bahasa dan kosa kata, tetapi juga bagaimana menerapkannya dalam situasi sehari-hari. Fokus utama aku adalah meningkatkan kemampuan menulis artikel dalam bahasa Inggris. 

Untuk itu, kami sering diberi tugas menulis berbagai jenis artikel, mulai dari artikel opini hingga artikel ilmiah. Instruktur memberikan umpan balik yang mendetail, membantuku memahami kesalahan dan cara memperbaikinya. Selain itu, kami juga mempelajari teknik menulis yang efektif, seperti bagaimana membuat alur yang kohesif, menggunakan gaya bahasa yang sesuai, dan menyampaikan argumen dengan jelas. Hal menarik lainnya ketika mengikuti short course di TBI yaitu kami dibuat nyaman untuk berkomunikasi dengan bahasa Inggris.

Pengalaman Mengikuti Short Course Bahasa Inggris Online dengan The British Institute

4. Pengalaman Belajar yang Menyenangkan

Kelas-kelas di TBI berlangsung secara online, tetapi interaksinya sangat aktif dan menyenangkan. Meskipun dilakukan secara daring, saya tetap merasakan kedekatan dengan instruktur dan sesama siswa. Kami sering kali diajak berdiskusi dalam kelompok kecil, bermain peran, dan melakukan berbagai aktivitas interaktif lainnya. Semua ini membuat suasana belajar menjadi lebih hidup dan tidak monoton.

Instruktur di TBI juga sangat profesional dan berpengalaman. Mereka tidak hanya mahir dalam bahasa Inggris, tetapi juga memiliki kemampuan mengajar yang luar biasa. Mereka mampu menjelaskan materi dengan cara yang sederhana dan mudah dipahami, serta selalu memberikan umpan balik yang konstruktif. Ini membantuku untuk terus memperbaiki diri dan belajar dari kesalahan.

5. Hasil yang Memuaskan

Setelah menyelesaikan kursus ini, aku merasakan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan bahasa Inggris, terutama dalam menulis artikel. Aku menjadi lebih percaya diri dalam berbicara, menulis, dan memahami bahasa Inggris. Kursus ini juga membantuku dalam pekerjaan, di mana kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris sangat diperlukan, terutama dalam menghasilkan tulisan yang berkualitas.

Program-Program Kursus Bahasa Inggris di The British Institute (TBI)

Buat kamu yang penasaran di TBI ada program apa saja ya untuk kursus bahasa Inggris, nah ini aku akan  sebutkan berikut ya:

A. Core Programmes
  • Young Learner English
  • Pre - Teenager English
  • Teenager English
  • Global English
  • Academic English (IELTS, TOEFL & TOEIC Preparation)
  • Professional English
  • Corporate Training

B. Customised Programmes

  • Workshop for Professionals
  • Private Classes
  • International Exam Prediction Test
  • Short Course

C. Powered by UTC

  • ICAS
  • Teacher Training
  • CELTA
  • Official English Proficiency Test (Cambridge English Qualifications, TOEFL ITP, IELTS at schools
  • Digital Learning
Nah, kebetulan kursus singkat bahasa Inggris yang aku ikuti secara online kemarin itu bersama tim The British Institute Bandung dimana pengajarnya sangat interaktif, ekspresif, dan membuat para peserta kursus merasa nyaman sehingga berani untuk berkomunikasi dengan bahasa Inggris selama 2 jam full.

Pengalaman Mengikuti Short Course Bahasa Inggris Online dengan The British Institute

7 Alasan Kursus Bahasa Inggris di TBI Bandung

Makanya sekalian nih aku ingin mengajak kamu yang mungkin berdomisili di Bandung dan sekitarnya, yuk kursus bahasa Inggris di TBI Bandung karena:

1. Berkualitas

Sebagaimana TBI yang lain, kualitas TBI Bandung tidak perlu diragukan lagi dari segi metode pengajaran, atmosfer kelas, tenaga pendidik, kurikulum, serta modul atau panduan yang digunakan. 


2. Sistem Pembelajaran Beragam

Offline learning
Online learning


Peserta kursus bahasa Inggris TBI juga bisa belajar di mana saja dan dari mana saja. Hal ini dikarenakan TBI memiliki kelas yang dapat diakses secara daring dan aplikatif.


3. Lokasi Strategis

TBI Bandung berada di lokasi strategis yang sangat dekat dengan pusat perbelanjaan, perkantoran, tempat makan, sekolah, dan sebagainya. 


4. Jadwal Kelas Variatif

Jadwal belajar peserta kursus bahasa Inggris TBI Bandung sangat variatif. Peserta dapat memilih sesuai kebutuhan, dari Senin hingga Sabtu mulai pukul 09.00 – 20.30 WIB. 


5. Trial Class

Untuk calon peserta kelas Children(usia 4-9 Tahun), Pre-Teen (10-11 Tahun) dapat mencoba kelas terlebih dahulu sebelum join class apakah kelasnya sesuai dengan level dan bisa mengikutinya.


6. Biaya Kursus Terjangkau

Biaya yang terjangkau jadi nilai tambah tersendiri. Apalagi setiap bulannya selalu ada promo program kursus. Khusus untuk bulan Mei ini, dari tanggal 2-11 Mei 2024 TBI Bandung menawarkan diskon sebesar 20% untuk seluruh program bahasa Inggris.  Untuk Info diskon sendiri akan dishare via sosial media TBI Bandung dan Whatsapp di 081314915970


7. Program Kursus Sesuai Tingkat Kemampuan & Kebutuhan

Selain kelas untuk publik yang mencakup anak-anak hingga remaja, TBI Bandung juga memfasilitasi kebutuhan perusahaan maupun institusi untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris karyawan melalui program pelatihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan industri perusahaan bersama dengan tutor bersertifikasi internasional. Dengan demikian, karyawan perusahaan akan lebih banyak peluang untuk promosi jabatan dan juga pengembangan karir ke arah manajerial atau peran internasional.

Mengikuti short course bahasa Inggris secara online dengan The British Institute adalah pengalaman yang sangat berharga. Metode pengajaran eklektik, pendekatan yang berpusat pada siswa, dan materi yang relevan serta praktikal, semuanya berkontribusi pada peningkatan kemampuan bahasa Inggris, terutama dalam menulis artikel. Tentunya aku sangat merekomendasikan kursus ini bagi siapa saja yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka dengan cara yang efektif dan menyenangkan.

Kalau kamu tertarik mengikuti kursus bahasa Inggris di TBI langsung aja yuk kepoin:

TBI Bandung
P:  +62 81314915970
E:  info.bandung@tbi.co.id
Website : www.tbi.co.id
YouTube : The British Institute
Instagram : @tbibandung
Facebook : TBI Bandung

23 komentar

  1. Menarik nih, mbak kursusnya. Terima kasih ceritanya, aku coba mampir situsnya ah

    BalasHapus
  2. Otw ceki-ceki deh. Aku dari kapan pengen belajar bahasa asing. Masih nyari kelas mana yang cocok sama budget. Sekarang bisa online juga kan. Jadi lebih hemat bensin tentunya

    BalasHapus
  3. Lengkap ya program pembelajaran bahasa Inggris di TBI :D TInggal pilih mau yang mana sesuai dengan minat dan kebutuhan. Belajar online juga menarik nih. Pengajarnya keren2 kualitasnya tidak diragukan lagi.

    BalasHapus
  4. aku juga pernah ikutan TBI online mbak, keren dan aktif jadi berasa jago bahasa inggris saat itu dan unik karena bisa sesuai tujuan kita ya kelasnya

    BalasHapus
  5. molly juga mau banget kursus bahasa inggris lagi. buat persiapan ujian toefl. pingin taukk bisa mahir toefl. udah lama gak belajar.

    BalasHapus
  6. Banyak juga program di TBI Bandung ini ya...
    Kesempatan belajar memang harus kita cari. Sesibuk apapun, belajar tetap kewajiban setiap orang ya

    BalasHapus
  7. Seruuu belajar bahasa Inggris di TBI. Menariknya di TBI ini kan menggunakan metode pembelajaran yang berpusat pada siswa, ya. Tapi teknik mengajarnya itu bisa beda-beda. Memang disesuaikan dengan kebutuhan siswa sih, ya. Pokoknya recommended banget deh kursus bahasa Inggris di TBI.

    BalasHapus
  8. keren euy program short course bahasa inggris dari TBI ini. aku juga sempat ikutan mbak dan memang benar-benar belajar dari ahlinya soal menulis artikel bahasa inggris

    BalasHapus
  9. Aku dulu pernah kursus di TBI tapi sudah lama banget, karena waktu itu dibayarin kantor. HAhahahaaa... Enak juga ini ya sekarang bisa belajar bahasa Inggris secara online.

    BalasHapus
  10. Bagus ini buat direkomendasikan ke adikku yang baru lulus kuliah dna pengen mahir bahasa Inggris

    BalasHapus
  11. Aku setuju, dengan blog memungkinkan memperluas jaringan (networking)
    yang penting lagi ilmu dan strategi pemasaran digital, analisis data pengunjung, dll.

    Sekarang aku termasuk bersyukuuuur banget karena malah mengenal passion dengan baik awalnya ya dari blogging

    BalasHapus
  12. Metode pengajarannya menyenangkan ya mbak. aku jadi tertarik mau ikutan juga programnya. sudah lama banget tidak menggunakan bahasa inggris.

    BalasHapus
  13. Kebayang impactnya abis kursus singkat di TBI lalu artikelnya jadi full english.
    Waaah, tantangan banget.
    Kursus di TBI selalu menyenangkan. Dari cara mengajarnya, materinya hingga gak terasa waktu kursus telah berakhir. Hiiiks~

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah sempat ikut kursus online bahasa Inggris di TBI dan memang menyenangkan, semoga nanti ada cabang di Semarang jadi bisa ikutan les luring biar lebih paham dan asyik

    BalasHapus
  15. kangen les bareng TBI, terakhir kali waktu aku kuliah dulu
    seru banget mbak bisa short course begini, kita bebas mau konsultasi soal penulisan artikel dalam bahasa Inggris yang baik.

    BalasHapus
  16. Keren banget TBI, program nya juga sangat menarik, variatif dan komplit. The real meningkatkan skill berbahasa banget melalui TBI. Alhamdulillah, berkah banget ya memilih menjadi blogger dan bisa level up melalui beragam kesempatan upgrade ilmu dan pastinya bisa membuka jalan untuk cuan berdatangan..

    BalasHapus
  17. Wah programnya cukup banyak ya maaaak.. Adik aku juga kemarin ikutan course online bahasa inggris nih, jadi pengen ikutan jugaaa.. mau cari cari infonya dulu deh, makasi yaa mak..

    BalasHapus
  18. Menyenangkan sekali yah, ada diskusinya jadi membuat percaya diri berbicara bahasa Inggris.

    BalasHapus
  19. Salah satu hal yang saya sesalkan sampai sekarang tuh ya ini, kenapa pas usia sekolah dulu gak serius belajar bahasa Inggris. Huhuhu. Padahal bakal dibutuhkan banget. Entah itu saat apply kerjaan, beasiswa, atau yang lainnya. Tapi kalau menyesal terus, kapan bangkitnya ya? Makanya sekarang pelan-pelan mau belajar lagi, kalaupun ga apply apa-apa,kan bisa dimanfaatkan untuk membuat artikel berbahasa Inggris di blog kan..

    BalasHapus
  20. Wah seru banget bisa belajar bhs Inggris di TBI Bandung jadi banyak insight dan kemampuan bhasa jadi teruji ya

    BalasHapus
  21. Wah asyik banget ini bisa ikut short course di tempat ahlinya. Pastinya mendapat ilmu yang banyak. Kepengen deh bisa ikutan juga, supaya bisa meningkatkan kemampuan English yang memang udah lupa dan pas-pasan. :D

    BalasHapus
  22. Wah asyik banget ini bisa ikut short course di tempat ahlinya. Pastinya mendapat ilmu yang banyak. Kepengen deh bisa ikutan juga, supaya bisa meningkatkan kemampuan English yang memang udah lupa dan pas-pasan. :D

    BalasHapus
  23. Belajar di TBI emang asyik ya teehh... Aku dulu waktu sekolah nggak kesampean, baru pas anakku SD akhirnya bisa ngelesin anak bhs inggris di sini, dan aku dapat short course juga di TBI. Seru banget cara belajarnya nggak bikin stres, anak juga dimotivasi dan dihargai segimana pun kemampuannya.

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)