Jumat, 13 September 2019

Rahasia Wajah Cerahku: SKEYNDOR Anti-Aging Pure Vitamin C Serum


Beb, ngebahas skincare buatku adalah hal yang menyenangkan sekali. Semacam me time yang bisa dinikmati setiap saat. Terlebih aku sangat in to sama yang namanya skincare, terutama serum. 

Iya, aku sejatuh cinta itu sama serum beb. Entahlah apa yang bikin aku jatuh cinta sama skincare satu ini. Mungkin karena efeknya yang bisa terlihat dalam kurun waktu lebih cepat, tentu dengan catatatan harus dipakai secara konsisten dan setiap hari ya.


Meski jenis kulitku yang cenderung dan sensitive kudu super hati-hati dalam hal memilih serum yang bisa cocok sama tipe kulit wajahku ini. Nah, salah satu jenis serum vitamin C termasuk yang suitable sama kulit wajahku, beb.

Memang, vitamin C banyak dipercaya sebagai salah satu bahan anti-aging terbaik dan sebagai koentji buat mempertahanka kulit tetap halus, cerah, dan glowing. Tapi, you know what, manfaat dari vitamin C gak hanya itu aja, kalo digunakan dengan benar, serum vitamin C punya banyak kegunaan bagi kulit wajah biar jadi lebih sehat dan cerah.



Belakangan aku lagi nyobain SKEYNDOR Anti-Aging Pure Vitamin C Serum pada pemakaian hari ke-dua membuat kulit wajahku terlihat lebih cerah. Hmm.. apa ini karena ke-geer-an aku aja ya? Lalu aku terus istiqomah memakai SKEYNDOR Anti-Aging Pure Vitamin C Serum di pagi dan malam hari. Cukup satu tetes aja beb setiap pemakaian.

FYI, SKEYNDOR Anti-Aging Pure Vitamin C Serum memiliki fungsi:
1. Merevitalisasi kulit wajah.
2. Mengembalikan kilau wajah yang kusam.
3. Mengencangkan kulit wajah.
4. Melembapkan wajah dan mencegah anti-aging.
5. Mencerahkan dan membuat kulit lebih kenyal.

The Packaging

1 box SKEYNDOR Anti-Aging Pure Vitamin C Serum terdiri dari 3 tube vitamin C dan 1 pipet. Menurutku packaging-nya cukup unik, dari luar warnanya orange pekat dan penggunaannya pun tutupnya harus diganti pipet.





Per botol yang sudah digunakan harus dihabiskan dalam kurun waktu 10 hari beb, karena botol/tube yang sudah dibuka hanya tahan 10 - 14 hari saja. Jadi dalam 1 box SKEYNDOR Anti-Aging Pure Vitamin C Serum bisa digunakan selama 30 hari. Oia per botolnya 12 ml, jadi kalo ada 3 botol total ada 36 ml ya beb. Trus berhubung tube-nya terbuat dari kaca jadi kamu harus sangat hati-hati jangan sampai terjatuh dan dijaga kebersihan pipetnya supaya tetap higienis.

The Ingredients

Okay, setelah bahas packagingnya, kita lanjut ke pembahasan kandungan yang terdapat dalam SKEYNDOR Anti-Aging Pure Vitamin C Serum. Kandungan utama dari SKEYNDOR Anti-Aging Pure Vitamin C Serum ada Pure Vit C sebanyak 6% dan Natural Mositurising Agents. 

Didalamnya juga terdapat Sodium Citrate yang fungsinya untuk melembabkan kulit kering dan bersisik. Serta kandungan lainnya yaitu Aqua, yang membuat tekstur SKEYNDOR Anti-Aging Pure Vitamin C Serum mudah menyerap di kulit wajah.




Lalu, kandungan Hydrogenated Polyisobunete berfungsi sebagai emollient dan moisturiser, yang bisa menjaga kulit supaya tidak kehilangan air dan tetap terhidrasi.

The Texture

Menariknya, tekstur dari SKEYNDOR Anti-Aging Pure Vitamin C Serum agak lain dari kebanyakan serum yang pernah aku pakai. Teksturnya kental seperti layaknya essence dan berwarna putih berserat bening. Lalu, gak lengket beb. Kata lainnya, cepat menyerap ke kulit wajah.

Aroma SKEYNDOR Anti-Aging Pure Vitamin C Serum sangat segar layaknya jeruk yang baru dikupas. So fresh and so sweet at the same time.





The How to Use

Penggunaannya sangatlah mudah, kamu cukup teteskan ke kulit wajah lalu dipijat secara perlahan agar meresap maksimal. Biasanya aku gunakan SKEYNDOR Anti-Aging Pure Vitamin C Serum setiap pagi dan malam hari sebagai rangkaian skincare routine aku. Tepat setelah menggunakan toner. Berhubung kulit wajahku terdapat flek modal keturunan jadi aku cukup lama memijat di bagian tersebut, agar bisa meresap maksimal.

Yang harus kamu ingat, SKEYNDOR Anti-Aging Pure Vitamin C Serum satu tube yang sudah dibuka wajib dihabiskan dalam kurun waktu 10 - 14 hari ya. Karena seperti yang sudah aku jelaskan di atas, produk SKEYNDOR Anti-Aging Pure Vitamin C Serum yang sudah terbuka hanya bertahan selama 10 - 14 hari saja.



Sebelum menggunakan satu tube kamu harus PRESS dan di SHAKE-SHAKE lalu masukkan pipet buat ambil cairan SKEYNDOR Anti-Aging Pure Vitamin C Serum deh.

The Effect

Setelah kurang lebih 7 hari penggunaan secara rutin setiap pagi dan malam hari, efek yang aku rasakan di kulit wajah yaitu:
1. Lebih menghidrasi dan melembapkan kulit wajah.
2. Memudarkan pigmentasi,mengurangi kusam dan menghaluskan permukaan kulit wajah.
3. Mengurangi kemerahan dan meratakan warna kulit.
4. Memudarkan lingkaran gelap bawah mata.
5. Membuat kulit lebih kencang dan kenyal.
6. Bekas jerawat pun ikutan pudar.





The Price

Harga SKEYNDOR Anti-Aging Pure Vitamin C Serum dibandrol Rp. 550.000,- dengan ukuran 3x12 ml. Cukup terjangkau lah ya…

The Where to Buy

Saat ini kamu bisa beli produk SKEYNDOR Anti-Aging Pure Vitamin C Serum di department store, online store, atau di instagramnya juga bisa: @skeyndor.id


The Conclusion

PRO

(+) Gak bikin kulitku jadi iritasi
(+) Memudarkan noda hitam di wajah
(+) Gak lengket dan gampang meresap
(+) Kulit lebih cerah padahal baru sekitar 7 hari penggunaan
(+) Kulit lebih halus dan terlihat kencang, juga glowing beb

CON

(-) Produknya cuman tahan 10 - 14 hari per tube
(-) Packagingnya kan kaca ya, jadi kudu hati-hati

So, yes, I definitely will recommend you gaes to try SKEYNDOR Anti-Aging Pure Vitamin C Serum and feel the benefits of it.




82 komentar:

  1. Harganya lumayan tuh hehe awet berapa lama kira-kira?

    BalasHapus
  2. Ilmu baru bagi saya yg tidak pernah pakai skincare-skincarean gitu. Apalagi serum. Tapi menyimak khasiatnya sepertinya perlu coba juga itu serum. Buat perawatan ya

    BalasHapus
  3. Mantap banget nih kayaknya produknya. Berarti 550 ribu itu untuk sebulan lebih, ya.

    BalasHapus
  4. Setuju mb... Pemakaian serum memang lebih cepat terlihat hasilnya dibanding cream. Mungkin karena serum lebih mudah meresap di kulit ya, jd manfaatnya lebih terasa.. Tfs mb utk info produknya...

    BalasHapus
  5. SKEYNDOR Anti-Aging Pure Vitamin C Serum harganya lumayan ya kak ... tapi kualitas bagus banget

    BalasHapus
  6. Pantesan ya kak Aie selalu kece, ternyata pakai Skeyndor ini ya. Btw ini untuk 1 botol bisa dipakai berapa kali kak?

    BalasHapus
  7. Produknya menarik banget. Tp harganya juga lumayan banget ya. Biasa sih emg ada harga ada kualitas pastinya 😆

    BalasHapus
  8. Sebagai pengabdi serum aku mupeeeeng. Dan iya ya, bentuknya beda dari serum biasa yang bening. Walopun lumayan pricey, Tapi dengan review yang diberikan Mbak Iyan, worth it deh. Pengen nyobaaaaa 😁

    BalasHapus
  9. Berarti 550 bisa dipakai untuk sebulan ya mba. Kalau kemasannya kaca pastinya harus dijadikan dari jangankan anak-anak ya :D

    BalasHapus
  10. 550.000 untuk sebulan. Kalau hasilnya memuaskan mah okeh lah worth it to buy. Wajah bersih dan glowing emang butuh biaya ya. Warna orange ini ngeliatnya nyegerin banget.

    BalasHapus
  11. aku belum pernah coba produknya Skyendor, banyak yang bilang bagus jadi penasaran deh,, apalagi vitamin C ini, soalnya katanya bisa mencerahkan wajah kan ^^

    BalasHapus
  12. Baru tau nih keistimewaan serum SKEYNDOR pantesan mba Aie makin kinclong aja wajahnya, pinter sih pilih skincare

    BalasHapus
  13. Ini rahasia kulit kinclong, kenyal bin hinyai ya Maakkk
    Cuss kepoin akun IG nyaaaa

    BalasHapus
  14. Sebulan 550rb utk serum mah standar ya, Mba. Apalagi bisa menyamarkan flek hitam. Saya dah mulai muncul nih flek hitam. Bisa dibeli di super market? Wah cuss ah lihat2 nanti pas belanja bulanan.

    BalasHapus
  15. Ahhh vitamin C adalah wishlist buat kukitku yang kusam dan warna kulit gak merata. Sempat liat skynendor ini kok mupeng liat teksturnya yang kental

    BalasHapus
  16. Efeknya luar biasa ya, Mbak. Jadi tertarik nih. Tapi, tubenya dari kaca, jadi emang kudu lebih hati-hati.

    BalasHapus
  17. Aku jadi ngitung, kak Ai...
    Kalau satu botol untuk 10 hari, jadi 3 botol pas sebulan yaa...

    Teksturnya mngingatkanku pada vitamin C zamanku dulu..
    Hiihii~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suka banget juga sama packagingnya.
      Bener-bener teliti yaa...karena menjaga kandungan vitamin C itu ga gampang.

      Hapus
  18. udah putih kinclong, eh tambah kincloooong deh Aie

    itu ...ngggg..... mahal sih, 550K untuk serum seimut itu, tapi daripada repot tanem benang atau apalah apalah ya mending ini yaaa (pembelaan kaum pere)

    BalasHapus
  19. Penggunaan serum ini penting banget kalau menurutku, apalagi diusia yang sedang matang kayak kita gini ya kak. Heheheee

    BalasHapus
  20. SKEYNDOR Anti-Aging Pure Vitamin C Serum ini dijual langsung 3 tube ya kak? ga bisa satu tube dl gitu buat nyobain? aku kepo tp ga mau beli langsung 3 hahahaa soalnya takut ga cocok

    BalasHapus
  21. Hanya pagi dan malam ya mba pemakaiannya, kayaknya oke banget tapi sayang yah tahannya cuman 10 hari doang setelah dibuka hehehee apalagi botol kaca duh aku jadi trauma karena waktu itu aku baru beli skincare mahil pecah sama anakku wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. harganya juga mantul banget ini ya mba Aie kudu banyak nabung dulu hahahaha

      Hapus
  22. Wow.. berarti satu botol cuma tahan 2 minggu ya mba. Jadi 55o ribu kira-kira bisa buat satu setengah bulan. Ehmm... memang liat mukanya kinclong, jadi sesuai ya harga dengan manfaatnya. Jadi kelihatan segar dan sehat ya.

    BalasHapus
  23. Keren banget nih hasilnya nyata ya. Bikin mupeng aja pingin coba.

    BalasHapus
  24. Iya botolnya mini ya, ternyata dari kaca, praktis banget. Mbayangin kalo jatuh dan pecah atulaah garuk2 tembok jejeritan.
    Wah ternyata kulitnya sensitif ya Aie, kalo aku normal ke kering hihiii
    Senengnya kalo pake produk yang cucok, jadi tambah kinclong nih.

    BalasHapus
  25. Waahhh mupeng juga sama produknya tuh Mba, beneran terlihat bgt bedanya. Kadaluarsa setelah 2 minggu ya. jadi perlu telaten bgt saat udah mulai treatment ya Mba

    BalasHapus
  26. Kalau dari kemasannya yang imut kek daku itu, eaaa, bisa tahan berapa hari ya, dan pas baca harganya wadidaw hihi mungkin hasilnya akan terlihat pada yang cocok dengan produk ini ya mbak Ai

    BalasHapus
  27. duh, jadi tertarik rutin pakai serum vitamin C. Hasilnya oke yaa tapi memang kudu telaten dan harganya lumayan itu. Belum sebulan udah habis.

    BalasHapus
  28. Lumayan pricey ya. Tapi kayaknya worth it dengan manfaatnya. Huhuhhuhu... aku mupeng deh. Kepengen nyoba. :D

    BalasHapus
  29. Lumayan pricey ya. Tapi kayaknya worth it dengan manfaatnya. Huhuhhuhu... aku mupeng deh. Kepengen nyoba. :D

    BalasHapus
  30. Aku baru tahu tentang produk ini dan aku jadi penasaran ya seperti apa hasilnya kalo serum ini dipake di kulit aku

    BalasHapus
  31. karena hanya tahan 10 hari, makainya kudu rutin. saya nih yg suka asal buka kemasan lalu dicuekin gitu aja

    BalasHapus
  32. Pantesan mbak Aie cakep banget, pakai serum vitamin C ini ternyata ya. Mayan juga ya harganya hihi tapi dibandingkan dengan perawatan wajah lain lumayan hemat ya denagn hasil yang bagus.

    BalasHapus
  33. kalau serum udah pas enak bangeeet oke ya mba..aku pecinta skin care juga mbaaa dan kalua udah dapet yang cocok bahagiaaa banget

    BalasHapus
  34. Ah mbak Aie mah nggak pake skinker juga kulitnya udah muyus, apalagi tambah serum vitamin C. Makin glowing deh. Eh aku tadi hampir kepleset lho baca mereknya, kupikir Gryffindor. Hihihihi.

    BalasHapus
  35. Vitamin C ini emang ngebantu kulit ya mbak. Aku akhir2 ini juga mengganti sabun wajah dan pakai serum yang mengandung vitamin C. Kalau Skeyndore ini blm pernah pakai, wah kalau bertahan dua mingguan kudu rajin dan disiplin makainya ya hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh jadi dia tutupnya ada dua ya mbak, satu tutup ulir saat belum dibuka, satu lagi ketika udah dibuka tutupnya ganti pipet gtu?

      Hapus
  36. HAsilnya bagus juga ya mbak. worth it lah yaaaa.... Tapi harganya lumayan yaaaa, padahal satu box itu buat sebulan aja kan yaaa.... Tapi sebanding lah dengan hasilnya yang bagus ituuuu

    BalasHapus
  37. Duh aku jadi ngebayangin segernya juga nih. Seperti jeruk yang sudah dikupas yaa. Vitamin C ini emang bagus sih bikin wajah makin cerah.

    BalasHapus
  38. betuuul, urusan skincare adalah me time. Asyik dapat lagi rekomendasi anti-aging pure vitamin C serum yang namanya cukup mudah diingat.

    BalasHapus
  39. Skeyndor emang bagus tapi harganya itu loh, gak kuaaattt 😂 baca2 review lainnya emang menggiurkan.. Sering sliweran di instagram juga.. 😂

    BalasHapus
  40. Tertarik banget sama bagian memudarkan lingkaran hitam di bawah mata.... berarti serum ini dipakai dekat area mata juga gpp, ya, Mba? Lagi agak bermasalah di area situ, nih.

    BalasHapus
  41. Aih racunn benget buat saya yang lagi pusing muter-muter nyariin kiranya serum apa nih yang mau dicoba. Dan ulasan kakak menjanjikan banget, jadi tergiur hehe.

    Karena hanya tahan 10-14 hari, ini tantangan banget buat saya yang suka lupa--eh males istiqamah pakai skin care hehe.

    BalasHapus
  42. Kinclong banget mukanya Mak, serumnya bahannya alami ya jadi nggak tahan lama..

    BalasHapus
  43. kalo vitamin c emang kayaknya efektif ya mbak buat mencerahkan, apalagi dengan serum yang kerjanya lebih paling "giat" untuk kulit wajah.

    BalasHapus
  44. Efeknya oke juga ya mba baru 7 hari ud melembabkan, serum vit C emang boost bgt buat lembabin n nyerahin kulit

    BalasHapus
  45. aku kurang paham soal serum begini. orangnya ga telaten. udah 2 kali dapet serum gratisan. itu jg pakenya kalo inget... hadeuh :D

    BalasHapus
  46. Kalo aku pake produk korea sih cocoknya hehe kalo buat krim pagi biasanya pake wardah aja hehe emang cocok2an sih kalo produk skincare. Sama sesuai selera juga kayaknya... :D

    BalasHapus
  47. Wihhh Harganya lumayan dan ngabisinnya bisa sampai 10-14 hari aja ya mbak.
    Tapi khasiat serumnya tuh yg bagus deh ini
    Hasilnya beneran terlihat tuh mbak smakin glowing heheeee

    BalasHapus
  48. Serum emang bikin jatuh cinta, aku pun jugak dek. Apalagi kulitku udah menua karena usia udah lolita, hihiii butuh banget lah serum dengan vitamin C. Macam SKEYNDOR Anti-Aging Pure Vitamin C Serum ini bisa masuk wishlist bulan depan kalo serum di rumah abis

    BalasHapus
  49. Denger2 skeyndor ini bagus.. Banyak banget yang ngerave di instagram.. Tapi harganya itu loh maaakkk gak kuat hahaha.. Vitamin C ini selain bisa mencerahkan juga bisa membantu ngeboost kerja sunscreen kalo dipake pagi..

    BalasHapus
  50. Ternyata serumnya Skeyndore nggak lengket ya mba. Apalagi kandungan nya vitamin C yang sudah tentu menyegarkan. Soalnya aku kurang suka kalau pakai serum yang membuat wajah terasa lengket. Jadi penasaran sama serumnya Skeyndore

    BalasHapus
  51. Biasanya serum-seruman gini emang tahannya gak lama ya, tapi berarti kan gak banyak pengawetnya tuh, nilai plus lagi kalo buatku. Pertinyiinnyiii.. aman gak buat bumil? Lagi males perawatan2 sih ini jadi buluk kulitku huhu..

    BalasHapus
  52. Harganya lumayan tapi kalau 7 hari udah keliatan sih emang sesuai hihi. Apalagi make setetes tapi khasiatnya banyak bagus sebenarnya. Aku fokus ke bisa hilangin lingkaran bawah mata, secara ibu2 begadang ngelon hehe

    BalasHapus
  53. Saya juga percaya kalau sama serum sih Mbak. Sudah pernah pakai dan terbukti mencerahkan juga menyegarkan kulit wajah.

    BalasHapus
  54. Mereknya baru dengar mbaaa. Packaging nya unik yaa pakai semacam pipet gitu jadi ngga perlu worry kelebihan yang berakibat cepat habis, haha.

    BalasHapus
  55. Imut banget yah kemasannya itu bisa bertahan berapa lama kak pake ya? Q penasaran mau coba

    BalasHapus
  56. Perubahannya keliatan nyata sekali nih Mbak. Wajahnya jadi cerah gitu. Masa berlakunya cepet banget ya 14 hari. Jadi harus rutin dipakai setiap hari.

    BalasHapus
  57. Reviewnya lengkap mba.. memang yaa kekuatan serum itu mantul.. kemasannya cocok untuk traveling ya...gak ribet jdnya..

    BalasHapus
  58. Produk Favorite aku adalah serum, tapi serum ini aman untuk wajah berjerawat tidak kak??? Salam kenal ya kak aku member IHB juga

    BalasHapus
  59. Pantesan wajahnya mbak aie itu cerah dan berseri, tenryata ini ya rahasianya. Mana packagingnya lucu banget imut imut ya. Gampang diselipin di tas

    BalasHapus
  60. rupanya, harganya gak sekecil botolnya yah, ini namanya kecil2 mahal. tapi emang kalo serum, meski imut manfaatnya juga gede yah. btw itu makenya taha berapa lama mba

    BalasHapus
  61. Ini teksturnya beneran nggak lengket kan kak? Pengalaman pakai vitamin c teksturnya lengket banget & nunggu menyerap di kulitnya lama sekali.. huhuhu..

    BalasHapus
  62. Aku baru tahu SKEYNDOR Anti-Aging Pure Vitamin C Serum ini Mbak...Harga dengan kualitas worth it ya. Hasilnya kelihatan oke bangets tuh

    BalasHapus
  63. Yeah ketahuan ini rahasia cantiknya mba Andi hahaha
    aku belum pernah make ini mba, jadi kepo ih produknya.Apalagi setelah baca review skeyndor

    BalasHapus
  64. yap karena tahannnya cuma 10 hari setelah dibuka, ini malah bikin kudu makai tiap hari. gak boleh males, sayang kan. hehe

    BalasHapus
  65. Wah asyik nih bisa mengurangi lingkaran gelap dibawah mata, mau coba juga ah...siapa tahu mata pandaku hilang

    BalasHapus
  66. Rahasianya akhirnya terungkap ya ka aie.. akutuh udah lama banget mau tanya apa sih rahasianya punya kulit sebagus kulit ka aie.. hasilnya oke banget di kulit ka aie.. untuk kulit aku sebagus ka aie juga ngga ya.. berharap sih sama bagusnya ya.. aamiin

    BalasHapus
  67. Wah menarik ini. Ada efek sampingnya di kulit nggak ini, Mba? Biasanya saya kalau pakai serum vit C suka terasa celekit-celekit di kulit. Apa ya bahasa Indonesianya? Perih gitu kali ya? Trus kulit kadang keliatan lebih gelap kalau pagi. Kalau Skeyndor Anti-Aging Pure Vitamin C Serum nggak gitu kayanya bisa dicoba nih.

    BalasHapus
  68. wow saya terpana sama harganya. hihi. tapi ini produk spanyol ya? sampai hari ini belum kesampaian nih mau nyobain serum. bingung saking banyaknya pilihan mau makai yang mana. he

    BalasHapus
  69. Wih harganya lumayan yak. Tapi kalau baca khasiatnya sih sepertinya memang nggak rugi. Kualitan emang tak bisa dibohongi. Moga2 awet muda terus kulitnya. Hehe

    BalasHapus
  70. aku lagi nyari rekomendasi serum-serum nih ka Aie, kebetulan kan kulit aku tuh sensitif, jadi kalo nyari serum atau essence itu berkali-kali liat review juga dan menyesuaikan sama kondisi kulit aku. Dan Skeyndor ini sepertinya worth deh buatku

    BalasHapus
  71. Wah aku baru denger nih kak merk ini, tp aku selalu mudah teracuni sama yg berbau vit c hihi dasar labil sih, jadi tertarik bgt nih seudah baca reviewnya, semoga cocok diaku huhu

    BalasHapus
  72. 14 hari hari dikali tiga berarti sebulanan lebih dikit yaaa. Harganya lumayan tapi kalau hasilnya terlihat dalam waktu yang cepat, berarti cukup okee ya 😍

    BalasHapus
  73. Aku baru tahu lo tentang produk dari Brand satu ini mbak dan aku belun pernah juga nyobain produk ini

    BalasHapus
  74. Memang harga gak bogong ya, aku jadi pengen coba tapi harus sisihkan budget nih

    BalasHapus
  75. Harganya lumayan yah huhuhu harus nabung dulu nih pengen nyobain serumnya biar kulitku glowing dan kinclong.

    BalasHapus
  76. Senangnya kalau cocok sama vitamin c, aku ga cocok sama produk apapun yang mengandung vitamin c. hiks... padahal manfaatnya banyak banget.

    BalasHapus
  77. Teksturnya beneran gak lengket ya mba? Soalnya muka aku banyak bintik hitamnya. Siapa tau kan bisa pudar pakai serum ini

    BalasHapus
  78. Bentuknya yang imut bikin gampang dibawa kemana aja ya mba. OO jadi rahasia kulit cantiknya dari ini ya. Makasih sudah diinfo ya mba cantik.

    BalasHapus
  79. Kira² cocok gak ya di kulitku yg sensitif mbak? Soalnya kalau beli langsung sepaket gitu aku takutnya gak cocok. Jadi apakah produk ini dijual per botol gitu?

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)