Rabu, 18 September 2019

ERHA.DNA Inovasi Perawatan Kulit Pintar Jaman Now!

Masih inget gak sih, bulan lalu aku pernah share tentang kesulitan buat treatment kulit wajah yang proper, entah waktunya yang gak pas, entah harga treatment yang wow gak sesuai budget atau malah susah nemuin produk skincare yang sesuai sama DNA kulitku.

Berangkat dari kegundahan hati yang masyaaallah tak bertepi ini, aku pun berkhayal, "Mungkinkah Cek Kondisi & Jenis Kulit Melalui Teknologi Tes DNA?"

Dulu tuh aku sempat menduga kalo kulit wajahku cenderung kering dan sensitif, sekali lagi ini aku menduga ya, karena ketika melakukan tes kulit wajah di berbagai tempat hasilnya itu beda-beda beb. 

Alhasil aku kemakan deh sama hasil tersebut, dicobalah produk skincare yang nyatanya gak sesuai sama jenis wajahku. Lalu, efeknya apa? Jelas kulit wajahku jadi breakout parah, malah sempet jerawatan berentet gak sembuh-sembuh selama setahun lebih. Lalu pernah juga jadi kebakar, perih, karena mencoba beberapa produk skincare yang aku pikir cocok buat jenis kulitku. 

It's really a long journey just to get a validation about my face skin type. Panjang bener deh perjalanannya. Mana kan ya, aku sering banget berada di ruangan AC ketimbang di outdoor beb, jadi sangatlah wajar kalo aku berandai-andai kali gitu ada alat buat pantau  kelembapan kulit dan efektifitas produk skincare yang dipakai.




And voila! Bak gayung bersambut, diperkenalkan lah aku sama ERHA.DNA Smart Skin Solution yang terdiri dari Smart AssistantSmart Innovation dan Smart Treatment. Awalnya aku install SMART ASSISTANT ERHA.DNA Mobile APP di androidku, tenaangg buat pengguna IOS soon ya akan release. 

Trus aku ikutin survey tes buat mengetahui lebih jauh kondisi kulitku yang sesungghnya. Sejauh aku mencoba aplikasi SMART ASSISTANT ERHA.DNA Mobile APP aku tuh merasa punya asisten kulit wajah yang pinter lho. Begini tampilan dari SMART ASSISTANT ERHA.DNA Mobile APP:




Setelah ku coba isi survey skin yang ada di  Smart Assistant ERHA.DNA Mobile App terkuaklah tipe jenis kulitku itu apa beb. And, yes, sesuai dugaan aku dari awal, kulit wajahku memang cenderung kering dan sensitif. Seperti hasil dari survey skin di  Smart Assistant ERHA.DNA Mobile App:


Namun, gak sampai situ aja tentunya, karena survey skin yang dilakukan kan hanya bermodalkan beberapa pertanyaan yang diberikan. Selanjutnya, agar lebih yakin dan valid maka aku memesan ERHA.DNA Tes Skin di  Smart Assistant ERHA.DNA Mobile AppAlhamdulillah ternyata aku termasuk eksklusif user yant dikirimin & beruntung bisa mencoba ERHA.DNA test kit, tapi sebelumnya unboxing dulu yuk apa isi box dari @erhadna ini 😉 Wah ternyata isinya itu:

1. DNA Swab Test
2. Moisture Tester
3. Skin Lens

Rejeki Bunda sholehah gak sih ini? Masyaaallah banget deh! Okay aku harus fokus sama topik bahasan ya. Jadi saat ERHA.DNA Tes Skin aku terima, langsung lah dengan semangat 45 aku unboxing. Tonton yuk video ini:


Di dalam ERHA.DNA Tes Skin selain terdapat Smart Innovation yang aku sebutin di atas, berfungsi untuk merancang produk sesuai dengan karakter genetik kulit kamu. Lalu ada juga panduan cara pakai alat-alat ERHA.DNA Tes Skin yang akan aku jelaskan lebih lanjut.


DNA SWAB

Cara penggunaannya yaitu:
1. Bersihkan mulut dengan gosok gigi atau mouthwash terlebih dahulu, tunggu 30 menit tanpa makan atau minum. 

2. Keluarkan DNA swab dari tabung, dengan putar ulir pada bagian tutup tabung. Ingat, hindari kontaminasi pada tabung dengan cara mengarahkan tabung ke atas. 




3. Usapkan swab dengan memutar agak kuat pada pipi kiri bagian dalam sebanyak 30-40 kali. Selama proses ini dilakukan gunakan ujung jari untuk memegang swab dan usahakan bagian swab yang lain tidak menyentuh apapun ya.

4. Biarkan DNA swab mengering selama 1 menit dan sekali lagi, pastikan swab tidak menyentuh barang di sekitarnya agar tidak terkontaminasi ya. 

5. Masukkan kembali DNA swab ke dalam tabung, kencangkan ulir tabung untuk mencegah kontaminasi. 

6. Dengan menggunakan swab yang lain, ulangi tahap 2-5 pada pipi bagian lainnya, ya. 

7. Terakhir, masukkan tabung yang sudah berisi sampel DNA ke dalam kotak yang tersedia dan lakukan permintaan pick-up sampel. Biasanya sih kalo kamu rekues di bawah jam 8 besok pagi antara jam 8 - 10 kurir akan datang ke rumahmu buat ambil sampel. 


SKIN LENS

Cara penggunaan:
1. Cuci wajah terlebih dahulu sebelum melakukan pengambilan foto.

2. Buka kamera pada aplikasi.


3. Pasang Skin Lens pada bagian camera belakang handphone dan tekan tombol buat nyalain lampunya. 

4. Tempelkan Skin Lens pada permukaan kulit pipi kiri, lalu ulangi untuk daerah wajah lainnya. 

5. Unggah foto dari pipi kiri, pipi kanan, dahi, hidung, dagu. Pastikan Skin Lens tidak terjatuh apalagi terkena air ya beb.

Dagu


Pipi Kiri


Pipi Kanan


Hidung


Dahi
6. Pastikan foto sudah fokus, klik "selesai untuk mengunggah semua fotonya, ya. 

7. Cek hasilnya dalam waktu 1-5 menit tergantung koneksi jaringan. Hasil bisa kamu akses pada bagian 'Home' > 'Skin Reporting'.



MOISTURE TESTER

Cara penggunaan:
1. Buka menu Moisture Testing menu di aplikasi untuk mengunggah hasil pengukuran di daerah sekitar pipi kiri, pipi kanan, hidung, dahi, dan dagu.




2. Tentu kamu harus cuci wajah terlebih dahulu ya dan pastiin wajah gak terlalu berkeringat, kotor, basah, atau berambut. 

3. Buka tutup alat Moisture Tester.

4. Tekan tombol power untuk menyalakan, alat akan berbunyi 'beep'.

5. Tunggu sampai layar LCD menunjukkan angka 0.00 yang konstan dan dua bunyi 'beep' terdengar. 

6. Tekan dengan kuat ke kulit secara tegak lurus. Make sure bagian ujungnya menyentuh permukaan kulit kamu ya, beb. lalu tekan dengan kuat sampai berbunyi "beep" panjang.








7. Jangan sampai lupa masukkan angka yang tertera di alat dalam aplikasi ya.

8. Tekan tombol 0 dan ulangi tahap 5-7 sebanyak 2 kali pada daerah yang sama.

9. Ulangi langkah 5-8 pada daerah pipi kanan, hidung, dahi, dan dagu.

10. Setelah pemakaian bersihkan ujung alat dengan kain atau tisu, dapat juga menggunakan alkohol atau aseton. 

11. Cek hasilnya dalam waktu 1-5 menit tergantung dari koneksi jaringan. Hasil dari Moisture Tester ini bisa kamu akses di bagian 'Home' > Skin Reporting. 

Untuk memudahkan kamu semua, aku udah bikinin video tutorialnya nih beb. Cek yuk di bawah ini:


Nah, setelah ERHA.DNA Tes Skin selesai kamu lakukan, biasanya hasil dari DNA Swab akan terlihat sekitar 3-5 hari kerja. Kalau pengalaman aku kemarin  sih hanya 3 hari kerja aja hasil ERHA.DNA Tes Skin masuk ke inbox emailku. 


And yes... sesuai dugaan awal aku, type kulit wajahku yaitu Dry, Sensitive, Pigmented, and Tight dengan penjelasannya berikut ini:


Nah, dengan adanya  sistem perawatan kulit pintar dari ERHA.DNA semacam ada cara baru perawatan kulit yang pintar. Kini dengan ERHA.DNA Smart Skin Solution yang terdiri dari Smart Assistant, Smart Innovation dan Smart Treatment, bisa menjadi sahabat perjalanan kulit para wanita yang dipergunakan secara rutin untuk memahami lebih jauh soal frekuensi dan takaran penggunaan produk ERHA.DNA Skincare Products

Idealnya, kelembapan kulit akan berangsur-angsur membaik apabila ERHA.DNA skincare products digunakan secara rutin, dan seluruh tips terkait nutrisi serta aktivitas dari hasil test DNA dijalankan.

Oia, setelah hasil dari DNA Swab aku terima via email, ERHA.DNA Skincare Products pun tiba di kantorku. Waahhh.. ada 5 jenis produk ERHA.DNA skincare yaitu berupa Cleanser, Day Moisturizer, Sunscreen, Essence dan Night Moisturizer.


Yeay.. so happy!!! Di dalam rangkaian ERHA.DNA Skincare Products dijelaskan juga dengan detail hasil dari ERHA.DNA Tes Skin aku. Buat review ERHA.DNA Skincare Products soon akan aku bahas di blog ini juga ya beb.

Mau dapetin info lainnya terkait ERHA.DNA Smart Skin Solution? Kamu bisa cek di > erhadna.co.id 

Ingin mendapatkan hasil tes kulit wajah ERHA.DNA Smart Skin Solution yuk install aplikasinya di Google Play Store langsung aja ketik ERHA.DNA ya nanti langsung keluar aplikasinya trus install deh :)

Buat tau review terkait ERHA.DAN Smart Skin Solution, follow instagram @erhadna  dan cek hashtag #ERHADNA & #SMARTSKINSOLUTION okay ;)




73 komentar:

  1. ini kayaknya mahal banget ya kak harganya hahahaa sedih aku tu nggak di tawarin buat nyobain, kalau di tawarin nyobain kan happy banget bisa tau jenis dan kondisi kulit aku yang sebenarnya

    BalasHapus
  2. Senangnya ya bisa mencoba teknologi ERHA. DNA ini, keren! Pengin tau juga hasil ERHA.DNA Skincare Products nya, nunggu review selanjutnya di blog.
    Aku udah ke webnya, coba2 isi data, eh ternyata pilihan kota terbatas, tertentu saja ya. Kotaku nggak ada di pilihan itu :D

    BalasHapus
  3. Mba, berarti ini kalau alat tesnya dipakai yang lain bisa ga? Maksudnya tinggal beli cotton swabnya lagi gitu misal mau ngecek kulit teman?

    BalasHapus
  4. You have made some good points there. I looked on the internet for more information about the issue and
    found most people will go along with your views on this site.

    BalasHapus
  5. inovatif banget deh ERHA ini...jadi pengen coba install aplikasinya...sapa tahu bisa membantu perawatan kulitku hehe

    BalasHapus
  6. Gokillsss ini Mba
    Terobosan yg revolusioner da visioner banget
    Daku jadi mau cobaaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  7. Aku tuh senang banget deh punya Erha.DNA Test Kit ini dirumah, karena bisa segampang itu sekarang kalau mau ngecek keadaan kulitku.

    BalasHapus
  8. Keren banget ini bisa tes dna jenis kulit sendiri ya. Ntar jadi bisa dapat skin care yang pas, deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik, ya. Pake alat ini jadi bisa selfie berfaedah. Yang di selfie kulit muka doang Hehehe

      Hapus
  9. Kalo beli.mahal.ga sih mbak..pengen nyobain jga jd tau permasalahan kulit dan produk.yg tepat.

    BalasHapus
  10. Buat saya yang baru nyadar pentingnya perawatan kulit ketika memasuki usia kepala 4, ada alat ini memang membantu banget. Gak makan waktu buat cari skincare yang tepat.

    BalasHapus
  11. Ya ampun aku jadi pengen banget punya alat ini, mba. Aku jadi penasaran banget untuk cari tahu lebih banyak tentang kondisi kulit wajahku

    BalasHapus
  12. Bagus ya alatnya bisa mengecek kondisi kulit kita di rumah gak.perlu ke salon. Akurat juga ya hasilnya dan langsung bisa ditreatment dengan skincare yang sesuai.

    BalasHapus
  13. Kak Ai, seneng bgt ini bisa tes sendiri di rumah. Ada alat khususnya jg lagi. Aahh mupeng mau tes sendiri. N penasaran sama hasilnya jg

    BalasHapus
  14. Seru banget ya bisa cek kulit sendiri di rumah. Tapi harganya pasti mahal ini sih 😂

    BalasHapus
  15. Aduh seneng dch kayaknya kalau bisa nyobain. Bisa beneran tau skin kita tanpa sotoy tanya ke org

    BalasHapus
  16. Wah, keren banget ya teknologi yang dikembangan Erha DNA ini, Teh Ai. Aku jadi pengen nyobain juga nih

    BalasHapus
  17. Sekarang tuh asik banget ya, ngetes kulit bisa langsung di rumah tanpa harus datang ke tempat perawatan kulit ya kak. Ini aku juga sudah keluar hasil tesnya dan tinggal nunggu skincarenya.

    BalasHapus
  18. Berapa ya mbak harga alat-alat ini? Alat secanggih ini yang bisa cek kondisi kulit kapanpun di rumah. Jadi bisa tau ya kalo kondisi kulit sedang ga optimal.

    Sejujurnya menentukan tipe kulit wajah itu susah, kadang kering-kadang berminyak-kadang berjerawat-kadang kusam. Jadi pusing.

    BalasHapus
  19. Dari kemarin udah penasaran banget sama produk ini.. Gile juga produk kecantikan disesuaikan dengan DNA kita, mantep banget ga sih, cocok banget sama konsumennya hehe..

    BalasHapus
  20. Mantaaap! Kulitnya masih mendekati healthy. Asik ya kalau tes DNA gini. Jadi akurat hasilnya

    BalasHapus
  21. Ini asyik banget buat merawat kulit sendiri di rumah. Kapan ada waktunya bisa langsung coba.

    BalasHapus
  22. Lengkp yah kitnya, mulai buat skin sama cek moist itu td. Btw aku penasaran sma yg swab test itu. Berarti itu dikirim ke erha lg ya?

    BalasHapus
  23. kadang mikir...kok bs yaa padahal yg diswab tuh area mulut tapi bisa tahu jenis kulit kita apa. yah itulah kecanggihan teknologi, mana hasilnya bs via email

    BalasHapus
  24. oemji mba Ai, ini produk bikin mupeng parah...besok main main ke erha ah pengen nanya produk DNA test kit ini

    BalasHapus
  25. Wow perawatan kulit aja ada teknologo nya! Canggih bangettt ❤

    BalasHapus
  26. Bagus banget ya produk ERHA ini. Bikin kita bisa ngontrol dan ngecek keadaan kulit wajah kita sendiri. Duh, mupeng euy, Kepengen punya. Cek ke tekape ah. 😁

    BalasHapus
  27. Ya ampun kok Keren sih hehe. Kukira yang namanya tes DNA kulit itu pake suntik suntik, ternyata ngga sama sekali yaa. Bisa dilakukan di rumah dengan aplikasi dan alat dari Erha DNA. Semoga setelah ini ngga ada lagi yang gagal skinker hehe

    BalasHapus
  28. Aku jadi penasaran nih sama tes DNA ini jadi pengen juga melakukan tes DNA ini biar bisa mengetahui produk dan perawatan apa yang cocok untuk kulit ya

    BalasHapus
  29. Bahagian banget bacanya, sekarang udah ada teknologi baru untuk tau jenis kulit secara akurat dan tau skincare yang paling cucok. Lelah akutu myoba-nyoba skincare..

    BalasHapus
  30. Semakin kece aja erha ini, tes DNA jenis kulit sendiri pun bisa dilakukan dirumah... cucmey buat yang males keluar rumah

    BalasHapus
  31. Beruntungnya bisa dapat tes kit nya yahh mbak
    Tapi kita juga bisa install aplikasinya kan buat ngecek jenis kulit dan perawatannya gimana? Uhmm, inovasi terbaek dari ERHA nih, aku jadi penasaran jenis kulit aku gimana nihh mbak heheee
    TFS yahh mbak

    BalasHapus
  32. Jaman udah digital, perawatan kulit juga harus mengikutinya. Dengan ERHA.DNA ini kita tahu ya keadaan kulit kita gimana, jadi, bakalan tepat deh untuk melakukan perawatannya.

    BalasHapus
  33. Asik ya bisa tes DNA sendiri di rumah. Kudu install aplikasi Erha DNA dulu ya baru bisa pesan alatnya dan melakukan tes dna di rumah

    BalasHapus
  34. Pinter banget sih alatnya. Nggak kebayang sebelumnya tes DNA bisa dilakukan sendiri tanpa harus ke klinik. Milih skincare yang sesuai kondisi kulit jadi terbantu, ya.

    BalasHapus
  35. Wah,banget tambah canggih ya, teknologi DNA juga bisa dipakai untuk memeriksa keadaan kulit kita biar lebih akurat hasil pengecekan dan terapi skincare yang dibutuhkan, jadi nggak ada kata coba-coba buat muka

    BalasHapus
  36. Waah senang sekali ya mbak bisa terpilih menjadi salah satu yang nyobain terobosan terbaru dari erha ini. Keren banget nih tes kulit pakai DNA. Pasti mahal banget yaa..

    BalasHapus
  37. Keren banget ya sekarang sampe ada test kit nya begini. Penasaran pengen cobain alat tes nya ini jugaa

    BalasHapus
  38. Wah penting bngt berarti test DNA utk kecantikan kulit y jadi tahu Jenis kulit Kita yg bener2 mau juga test jdnya nih download aplikasinya ya

    BalasHapus
  39. Duh, baca-baca review alat ERHA DNA ini bikin beneran mupang. Jadi penasaran deh dengan harga alatnya dan juga produk perawatan wajah yang disarankannya. Mahal kayaknya ya :D

    BalasHapus
  40. Inovatif sekali nih ERHA
    Bisa cek kebutuhan kulit via DNA dan aksesnya mudah Dg install app nya ya.
    Apalagi dapat rekomen produk yg cocok sama kulit wajah diri sendiri hehheee
    TFS ya mbak

    BalasHapus
  41. Beneran perawatan kulit pintar nih namanya. Sudah merambah ranah DNA segala

    BalasHapus
  42. ERHA DNA test kit ini emang juara. Alatnya sederhana. Cara pakainya juga sangat mudah. Bisa digunakan di rumah. Nggak bakal salah pilih produk perawatan kulit dan make up lagi nih. Sudah tahu pasti kondisi kulit wajah.

    BalasHapus
  43. Wah enak ya jadi bisa tau detail produk apa yg cocok dn wajah kita. Byw, setelah tau hasil kulit wajah kita, apa nanti erha menyarankan skincare erha apa yg pantas dgn kulit kita. Gitu ya, Mba?

    BalasHapus
  44. Alat DNA Test gini bisa dipak bareng-bareng sama temen gak siih, kak?
    Aku kebayangnya siih..yang beli satu tapi manfaatnya bisa buat ramerame.

    BalasHapus
  45. keren kali ini kaaaa... jd gak takut salah pilih skincare lagi deh

    BalasHapus
  46. Ini aku suka banget sama konsepnya, unik gitu. Aku tertarik nyoba skin lens nya nih mbak. Pas habis baca post ig mbak kemaren aku udah instal app nya cuma belum sempat aku buka😂

    BalasHapus
  47. Baca bagian enggak terlalu berkeringat jadi ingat sama kulit sendiri yang gampang banget keringetan, kira-kira akurat enggak, yaa, hehehe. Tapi dengan teknologi secanggih ini pastinya sudah diantisipasi, ya. Berarti sebelumnya metode serupa juga sudah diterapkan untuk yang datang langsung ke tempat perawatan mereka, ya, dan sekarang ini adalah versi lebih praktisnya?

    BalasHapus
  48. Jaman sekarang perawatan kulit makin oke ya mba.. dengan DNA bisa tau yg terbaik ya

    BalasHapus
  49. Eehh dna praktis banget yah, bisa cek jenis kulit kita, jadi tahu skincare atau produk apa yg cocok untuk kulit kita.

    BalasHapus
  50. Baru tahu kalau jenis kulit bisa dicek juga dari DNA kita. Lebih akurat ya kalau gitu dan bisa membantu kita memilih produk perawatan kulit yang tepat.

    BalasHapus
  51. ERHA.DNA ini memang tau banget ya kebutuhan kita sebagai perempuan, karena perempuan butuh perawatan.

    BalasHapus
  52. Kalau tipe kulitku kombinasi deh kayaknya. Duh.., jadi pengen juga nyobain alat erha DNA starter kit ini. Belinya harus ke erha DNA dulu ya mbak?

    BalasHapus
  53. Wah ini seperangkat alat keren deh ya jadi bisa tau kulit wajah kita sampe detail.. Aku jadi pengen banget coba deh.. cuus install dulu aplikasinya :D

    BalasHapus
  54. Praktis banget ya mbak, memakai ERha DNA skin test ini. Asalkan bisa memakainya aja, langsung bisa diketahui apa jenis kulit kita ya. Jadi bisa menentukan perawatan kulit yang sesuai.

    BalasHapus
  55. Seru nih kayaknya ya mbak Aie nyobain ERHA.DNA ini? Keren banget inovasinya Erha. Kita jadi bisa tahu jenis kulit kita secara spesifik tanpa harus ribet-ribet. Dan pastinya, jadi bisa menetukan juga produk apa yang cocok buat kita.

    BalasHapus
  56. Praktis bgt ya skrg g perlu tes dtg lgsung ke klinik nya hihiy

    BalasHapus
  57. Jadi testernya dapat gratis Mba? Wah keren ini, hehe. Saya pribadi juga masih bingung tipe kulitku apa. Kalau makai ini sudah jelas ya hasilnya

    BalasHapus
  58. Aku makin penasaran dengan test DNA dari Erha ini biar tahu treatment yang tepat di kulit ya

    BalasHapus
  59. Jadi pengalaman yang luar biasa ya ka, cek dna kulit bisa dilakukan sendiri dirumah, teknologinya canggih dan tahapannya juga sangat detail, skin reportnya bisa jadi journey tersediri untuk kondisi kulit wajah kita kedepannya ya..

    BalasHapus
  60. Wuih, Erha ini makin canggih yaa. Bahkan untuk kulit pun udah ada tekhnologi tes DNAnya.
    Jadi penasaran pengen juga deh...

    BalasHapus
  61. Mantap ya Mak. Jadi gak perlu coba coba produk lain lagi.

    BalasHapus
  62. Wow, ERHA inovatif sekali ya mba. Alat-alat buat tes DNA nya keren-keren nih, jadi bisa tahu permasalahan kulit dan pakai produk perawatan yang cocok dengan hasil DNA nya. Jadi penasaran ingin nyoba.

    BalasHapus
  63. tp sbnrnya alat dna nya itu mahal ga mba? kalo yg ga terpilih utk dikirimin itu, berarti hrs beli sendiri kan ya? sebenernya penasaran pgn coba, tp aku udh cocok bgt ama skincare yg skr..makanya ga pgn ganti produk sih. tp cuma pgn coba make alatnya ituuu hahahaha...

    BalasHapus
  64. Berapaan ini kak harganya? Penasaran banget deh. Taoi kalau kita install appsnya tapi gapunya alatnya tuh bisa juga ya kak? Btw kalo ke dokternya langsung kan langsung dikasih rekomendasi harus pake apa kalo alat ini bisa lgsg detect ga harus pake skincare mana aja kakk?

    BalasHapus
  65. Aku pgn coba deh skin lensnya. Kyknya dr situ bisa bener2 cek kondisi aslinya kulit ya. Kulit mba Ai bgs bgtttt.

    BalasHapus
  66. aku kemarin sempat lihat temen temen posting ini di IG tentang test skin pake alat dari erha ini, aku jadi penasaran deh sama alatnya

    BalasHapus
  67. Erha inovasinya makin keren-keren deh, percaya sama Erha karena mamah dan adikku cocok banget lagi bermasalah kulitnya dan mau tau banget soal DNA ini

    BalasHapus
  68. Pertanyaan saya pasti itu harganya mahal ya mba?? Penasaram nih dengan DNA kulitku mau coba juga

    BalasHapus
  69. Kayaknya ini yang ngecek DNA kulit lagi hits-hitsnya yak :D

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)