Jumat, 24 Juli 2020

Sedekah Daging Kurban Bersama Dompet Dhuafa

Beberapa hari ke depan umat Islam akan menyambut Idul Adha, apakah kamu berkurban tahun ini beb? Aku jadi ingat pertama kali berkurban dengan hasil rejeki sendiri itu saat baru-baru kerja trus pas ada rejeki buat berkurban, kalo gak salah tahun 2008 deh. Saat itu harga 1 ekor kambing 1,5juta tapi udah dapat yang dagingnya cukup banyak.

Sedekah Daging Kurban

Memaknai berkurban di Idul Adha teringat dengan cerita dari Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail yang begitu taat pada perintah Allah dan melakukannya dengan penuh keimanan. Maasyaallah banget, bagaimana Allah SWT menguji Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Namun dari setiap ujian yang diberikan tersimpan hikmah yang luarbiasa juga.


Seperti yang kita ketahui bersama, ada banyak keutamaan dalam pelaksanaan ibadah kurban, baik dalam dimensi vertikal, ritual ini bertujuan untuk mendekatkan diri kita pada Allah SWT. Sedangkan dimensi sosial, ibadah kurban adalah salah satu untuk berbagi dengan saudara muslim. Karena itulah, daging kurban hendaknya dibagikan kepada saudara kita yang membutuhkan.

 

Allah berfirman:

“Maka makanlah sebagian daripadanya dan (sebagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-oranga yang sengsara lagi fakir.: (QS. Al-Hajj, 22:28)

 

Sedekah Daging Kurban

Mengingat tahun ini ujian yang Allah berikan sungguh luarbiasa dengan pandemi covid-19, dimana banyak yang kehilangan pekerjaan dan kesulitan untuk menghasilkan pundi-pundi uang. Meski di masa pandemi ini mungkin banyak dari kita yang belum bisa berkurban, aku mau ajakin kalian semua buat ikutan program luarbiasa keren dari Dompet Dhuafa yaitu Sedekah Daging Kurban. Iya, hanya mulai dari 100rb rupiah kamu sudah bisa berbagi berkah daging kurban buat kaum dhuafa di seluruh pelosok Indonesia, lho. Keren kan?

Dompet Dhuafa mengajak #OrangBaik yang belum memiliki kesempatan untuk berkurban, namun ingin ikut berbagi dan membantu masyarakat kurang mampu untuk bisa merasakan nikmat dan berkahnya daging kurban, terutama di wilayah pelosok melalui Sedekah Kurban.

Dompet Dhuafa

Melalui SEDEKAH DAGING KURBAN, donasi akan dikonversikan menjadi hewan kurban yang akan disalurkan ke masyarakat kurang mampu di berbagai wilayah di pelosok Indonesia. Yuk berdonasi dengan klik https://dmptdf.com/sedekahdaging dan bersama-sama kita berbagi sedekah daging kurban buat saudara yang membutuhkan.

Oia, untuk akad Sedekah Daging Kurban ini adalah akad sedekah berbagi ya, buat akad berkurban. Jadi tidak mengganti keutamaan dari berkurban itu sendiri, namun kita tetap bisa mendapatkan pahala sedekah dari Allah SWT, insyaaallah 😊

 

 

 


36 komentar:

  1. Memang ya ada banyak keutamaan dalam pelaksanaan ibadah kurban namun yang tidak bisa berkurban senangnya sekarng bisa bersedekah melalui DD

    BalasHapus
  2. sedekah dan membantu org2 yang membutuhkan merupakan perbuatan mulia.Bersedekah kali ini pun sangat terjangkau

    BalasHapus
  3. Program yang sangat baik ya Mba.. Menjawab kebutuhan dan keadaan masyarakat sekarang.. Semoga berkah dan lancar.. Amin

    BalasHapus
  4. Terima kasih kak kontennya menarik dan inspiratif
    Sehingga terbayang apa yang harus dilakukan di kondisi saat ini yang pasti positif

    BalasHapus
  5. Selalu senang dengan program Dompet Dhuafa. Setelah ada Tabung Wakaf, sekarang ada sedekah daging. Alternatif bagi kita semua yang belum dimampukan untuk berkurban, namun tetap ingin berbuat baik. Insya Allah, nggak ada kebaikan yang nggak berbuah pahala.

    BalasHapus
  6. Semangat mengumpulkan amal dzariah, salah satunya dengan bersedekah daging qurban...

    BalasHapus
  7. Dompet Duafa, always have good act and idea to help every one need. I am support this project, i hope usefull.

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah ya, kehadiran Dompet Dhuafa mampu jadi penghubung kebaikan dalam berbagi sedekah qurban ke seluruh pelosok negeri

    BalasHapus
  9. iya, tahun 2008 harga kambing memang masih murah. sekarang sudah cukup signifikan naiknya. program dompet dhuafa memang bagus untuk membatu kita yang masih belum sanggup untuk bersedekah seekor kambing.

    BalasHapus
  10. Pentingnya melakukan sedekah kurban di saat ini. Apalagi saat ini banyak sekali yang membutuhkan, Dompet Duafa selalu terdepan apalagi masalah kurban ini ya mbak.

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah, akhirnya di sini dapat penjelasan tentng akadnya gimana. Akad sedekah ya. Penting banget nih soal ini :)

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah ya ada program sedekah daging kurban dari Dompet Dhuafa dan membagikan ke masyarakat kurang mampu di berbagai pelosok

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah,lewat program Dompet Dhuafa "Sedekah Daging" masyarakat yang kurang mampu juga bisa bersuka cita menikmati daging qurban yang telah terkumpul dari donasi. Semoga Dompet Dhuafa selalu amanah.

    BalasHapus
  14. alhamdulillah banget ada program kaya gini, jadi bisa ikutan sedekah daging aja dulu kalo belum bisa berkurban tahun ini ya

    BalasHapus
  15. Indahnya ya kak hamdallah melalui Dompet Dhuafa ini kita bisa bersedekah, sangat membantu buat yg ingin berkurban dimulai dengan nominal kecil. Smg menjadi berkah

    BalasHapus
  16. Semoga sukses untuk program dompet duafa ini ya, Mbak. Di masa pandemi begini pasti bermanfaat banget.

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah sudah kurbann lewat DD karena percaya DD akan amanah menebarkan keberkahan daging kurban

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah yah dompet dhuafa mengadakan sedekah daging,yang belum bisa berkurban bisa ikut sedekah

    BalasHapus
  19. semoga makin banyak orang yang dimampukan untuk berkurban ya kak :) biar lebih banyak orang yang merasakan manfaatnya

    BalasHapus
  20. Disaat seperti sekarang ini banyak cara juga untuk berbagi ya kak, apalagi menjelang Idul Adha. Masih banyak juga yang bingung harus kemana, sekarang bisa melalui Dompet Dhuafa ya.

    BalasHapus
  21. wahh Alhamdulillah sekarang sudah ada dompet dhuafa jadi bisa sodakoh daging lebih mudah mba apalagi di masa pandemi gini

    BalasHapus
  22. hari Jumat dah mau lebaran ya mba, tak terasa waktu qurban sudah tiba, semoga makin banyak yang berqurban tahun ini dan menjadi berkah buat orang-orang yang membutuhkan. good job dompet dhuafa, semoga terus menebar kebaikan dan menjadi inspirasi bangi banyak orang

    BalasHapus
  23. Programnya bermanfaat sekali untuk kita yang ingin bersedekah dengan penyaluran daging qurban seperti ini, terima kasih infonya ya mba

    BalasHapus
  24. Iya nih bentar lagi idul adha ya. Semoga ibadahnya lancar semua ya kak. Selamat berkurban! 😄

    BalasHapus
  25. Dengan bersedekah insha Allah kita ikut membantu saudara sesama muslim untuk turut merayakan qurban ya mbak..

    BalasHapus
  26. Semoga banyak orang baik yang ikutan bersedekah meski dirinya sedang susah ya Ka Aie. Barakallah fiikum.

    BalasHapus
  27. Aaamiiin YRA semoga kita diringankan yaa mba untuk selalu ingat berbagi dengan sesama

    BalasHapus
  28. Alhamdulillah ya Mba Andi, memudahkan banget ini sedekah kurban melalui dompet dhuafa buat yang nggak tau mau kurban kemana tinggal via DD langsung beres.

    BalasHapus
  29. Yang aku suka dari Dompet Dhuafa adalah program-program sedekahnya dan cara mengajak orang untuk bersedekah. Dompet Dhuafa juga lembaga yang amanah. Alhamdulillah sudah sedekah Qurban juga

    BalasHapus
  30. Tahun ini memang agak susah jd mungkin ada yang terpaksa gak kurban sementara tahun ini bisa sedekah daging dulu ya mbak. Walau aku yakin yang kurban jg msh banyak, bahkan selainkurban jg sedekah hehe . Yg penting berbuat baik jalan terus walau kondisi susah aamiin

    BalasHapus
  31. masa pandemi ini tuh kalo disikapi dengan hati yg adem dan tenang dan semuanya diserahkan lagi sama Allah, ya akan tenang ya kak Aie, apalagi semangat buat bisa berqurban di masa kayak gini, pasti masya Allah bgt

    BalasHapus
  32. Alhamdulialh dengan adanya program sedekah daging urban, jadi teman2 yang belum bisa berkurban tahun ini bisa ikut sedekah.

    BalasHapus
  33. Program sedekah daging ini jalan bagi kita yang belum bisa berkurban tetapi ingin membantu memberikan bantuan melalui dompet dhuafa

    BalasHapus
  34. Dompet dhuafa selalu punya inovasi baru yang keren.salah satunya ini, sedekah daging qurban. bentuknya sedekah dan dapat menjangkau seluruh pelosok negeri.salut buat DD

    BalasHapus
  35. Keren sekali ya dompet dhuafa ini selalu inovatif dalam melakukan hal-hal yang berkaitan dengan sosial :)

    BalasHapus
  36. Dompet dhuafa memang selalu menginspirasi banyak kalangan untuk terus membantu dan berbagi untuk sesama.

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)