Rabu, 08 Juli 2020

Prepare Everything with Teman Prenatal Festival, Virtual Festival Pertama untuk Pregnancy & Parenting

Kamu tau gak sih , selama pandemi ini jumlah kelahiran mencapai peningkatan sebesar 400.000 dan total jumlah kelahiran di Indonesia sendiri mencapai lebih dari 4 juta setiap tahunnya. Wow gak sih! Karena hal inilah PT Cordlife Persada bekerjasama dengan Truevindo Event Production Agency mengadakan Teman Prenatal Festival (TPF). TPF ini adalah virtual festival pertama untuk pregnancy & parenting di Indonesia yang diadakan selama 3 hari, mulai dari 26 sampai dengan 28 Juni 2020 kemarin.

Teman Prenatal Festival

Tentunya ini menjadi kabar baik bagi semua Ibu dan Calon Ibu di seluruh Indonesia, rasa rindu untuk menghadiri mom & baby fair bisa terbayarkan dengan mengikuti Teman Prenatal Festival dari rumah. TPF hadir memberikan solusi bagi para bumil yang membutuhkan banyak edukasi dan informasi seputar kehamilan juga parenting.

Terlebih buat para calon ibu dan ibu yang ingin menambah momongan, seperti aku ini, sudah pasti merasa galau nih gak bisa ke mom & baby fair selama masa pandemi. Kehadiran Teman Prenatal Festival semacam membawa angin segar, meski di rumah aja tetap bisa mendapatkan segala informasi terkait kesehatan kehamilan, live yoga, serta promo-promo menarik lainnya.

Teman Prenatal Festival

Memang, Teman Prenatal Festival dihadirkan secara virtual atau webinar namun pengalaman yang dihadirkan pada setiap peserta yang mengunjungi TPF terasa maksimal karena platform yang digunakan adalah Zoom dengan broadcast software Wirecast untuk menampilkan layout layaknya di TV. Keren banget deh pokoknya!

Kehadiran TPF menjawab kegundahan para moms dan new moms (juga dads) yang butuh banget asupan lezat terkait kehamilan dan juga tumbuh kembang sang buah hati. Hal ini sejalan dengan visi dan misi dari Cordlife untuk mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai betapa pentingnya mempersiapkan segalanya atau prepare everything tentang kehamilan dan pola asuh anak.

Ada apa aja di Teman Prenatal Festival?

12 pembicara expert hadir untuk membuat semua pertanyaan para ibu, ayah, dan calon ibugak hanya tentang kehamilan, kelahiran dan pertumbuhan sang Buah hati tercinta, namun juga kesiapan untuk menjadi orang tua terbaik.

  • Live music, yoga, cooking demo, dan talkshow menarik.
  • Promo-promo menarik dari brand mom & baby yang bisa langsung dilihat dan dibeli secara online.
  • Selain itu yang gak kalah pentingnya yaitu harus banget prepare everything secara matang baik dari segi ilmu kesehatan, ilmu psikologi, ilmu finansial, hingga aktivitas-aktivitas lainnya yang menunjuang dari persiapan kehamilan dan bagaimana menjadi orangtua.

Teman Prenatal Festival

As you know ya bebs, menjadi orangtua dan membesarkan sang buah hati itu gak ada manual book, like I wish ada, tapi justru karena semuanya a lifetime journey dimana kita sebagai orangtua dituntut untuk bisa karena terbiasa maka butuh banget duh persiapan yang matang segala ilmu terkait kehamilan, pola asuh anak, dan juga gimana mempersiapkan pendidikan anak.


Love At First Sight When Miracle Happens In The Womb

Teman Prenatal Festival dibuka dengan talkshow menarik bersama dr. Ardiansjah Dara Syahrudin, SpOG, Mkes yang membahas tentang “Berkenalan dengan USG Sejak Trimester Pertama”.

Teman Prenatal Festival

Pemeriksaan USG sangat penting bagi ibu hamil, karena itu harus dilakukan minimal 3 kali selama kehamilan. Umumnya, pemeriksaan USG pertama dapat dilakukan pada awal masa kehamilan, untuk mengetahui kondisi awal janin. Lalu, pemeriksaan kedua bisa dilakukan saat usia kandungan memasuki usia 20 minggu. Sementara pemeriksaan ketiga dilakukan saat akan mendekati waktu persalinan, yaitu pada minggu 30 kehamilan alias trimester ketiga.

USG merupakan temuan luar biasa dalam bidang kedokteran. Terobosannya sama dengan temuan antibiotik dimana mengubah paradigma dalam praktik kedokteran sehari-hari. Kelainan bawaan
yang bisa dideteksi dengan USG adalah pertumbuhan janin terhambat (PJT) hingga prediksi preeklam
psia.

Teman Prenatal Festival

Tentu selain USG, para bumil juga perlu untuk melakukan pemeriksaan lainnya, seperti NIPT atau Non Invasive Prenatal Testing yang merupakan skrining pra kelahiran yang berfungsi untuk mendeteksi adanya kelainan kromosom pada janin dengan memanfaatkan sampel berupa darah ibu. Pemeriksaan ini bisa kamu lakukan di Cordlife Indonesia, lho beb, dengan cara mengambil darah ibu seperti umumnya.

Adapun contoh kelainan kromosom yang paling banyak ditemui adalah Down Syndrome  yang setiap harinya sebanyak 16 kelahiran di seluruh Indonesia merupakan kelahiran bayi dengan kondisi DS. Ini berdasarkan data kesehatan di Indonesia.


Selembut Kasih Ibu

Talkshow selanjutnya bersama dr. Intan Diana Sari selaku Head of Medical PT Interbat yang merupakan perusahaan memproduksi/mendistribusikan skincare anak dan ibu yaitu Mustela, beliau membahas tentang penanganan atopik pada kulit bayi.

Menurut IDAI, Dermatitis Atopik merupakan radang kulit berulang yang disertai gatal pada bayi dan anak. Pada laman Kids Health, dijelaskan bahwa kata "atopik" mendeskripsikan kondisi kulit seseorang yang sangat sensitif terhadap alergen (baik makanan, serbuk sari, debu, bulu binatang, dan alergi lainnya). Sedangkan kata "dermatitis" berarti kulit bengkak, kemerahan, atau perih. Daerah yang terkena biasanya di kedua pipi, lekuk siku, dan lekuk lutut.

Teman Prenatal Festival

Walau Dermatitis Atopik adalah penyakit kulit yang paling sering menyerang anak, namun sayangnya para pakar pun belum tahu pasti apa penyebabnya. Namun beberapa hal dapat menjadi faktor risiko yang meningkatkan kemungkinan seorang anak mengalami Dermatitis Atopik, yaitu:

  • Keturunan (orang tua juga mengalami Dermatitis Atopik)
  • Riwayat keluarga (keluarga pernah eksim, alergi, hay fever, atau asma)
  • Riwayat alergi (baik alergi makanan, debu, serbuk sari, atau bulu binatang).

Teman Prenatal Festival

Lalu bagaimana cara menangani Dermatitis Atopik pada bayi? Tenang beb, semua dibahas juga secara tuntas pada sesi ini. Pokoknya beneran dikupas  tuntas deh. Nah, begini cara menangani Dermatitis Atopik pada anak:

  • Mandi air hangat, untuk mengurangi rasa gatal pada anak kamu bisa memandikannya dengan air hangat dan menggunakan sabun khusus bayi yang berbahan lembut seperti Mustela Stelatopia Milky Bath Oill adalah pembersih bebas sabun yang diformulasikan khusus untuk kulit eksim.
  • Gunakan pelembab, setelah dimandikan kamu bisa oleskan pelembap yang diformulasikan khusus untuk kulit bayi dan berbahan alami seperti Mustela Stelatopia Emollient Balm yang merupakan balsem pelembap multi-tindakan yang berfungsi untuk mengisi kembali, menenangkan, dan mengembalikan kulit radang eksim pada anak. Setelah itu, pilihlah pakaian yang berbahan katun lembut dan mudah menyerap keringat.

The World of Married Couple

Setelah break makan siang, Talk Show dilanjutkan bersama Christopher Rodjito, QWP, CFP yang membahas mengenai mengatur keuangan keluarga dengan cerdas setelah memiliki anak.

Memulai sebuah keluarga memerlukan sebuah rencana. Tidak hanya kesenangan yang perlu dipikirkan, Anda juga perlu mempersiapkan diri secara fisik, mental, dan juga finansial. Apalagi jika Anda sudah dikaruniai anak.

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mengatur keuangan keluarga adalah mengevaluasi kembali semuanya. Ada baiknya memeriksa keuangan seluruhnya karena kehidupan setelah menikah pastinya sudah jauh berbeda.

Teman Prenatal Festival

Mulailah analisis ini dengan memastikan bahwa sebagai pasutri memiliki dana darurat yang dapat menutupi kebutuhan selama 6 bulan. Lalu revisi rencana keuangan keluarga untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang anak, seperti biaya sekolah hingga pendidikan tingkat tinggi, persiapan asuransi kesehatan dan pendidikan, juga tabungan buat kebutuhan anak nanti. Tentu persiapannya dari segi finansial bukan itu aja ya beb, hal lain yang perlu diperhatikan juga mempersiapkan fasilitas yang menunjang tumbuh kembang anak seperti adanya mainan edukasi, rumah yang nyaman, kendaraan, dan gaya hidup lainnya agar anak tumbuh kembangnya bisa didukung dengan baik.


(Live Yoga) Nanti Kita Cerita Tentang Yoga Hari Ini

Rangkaian acara Teman Prenatal Festival hari pertama ditutup dengan Yoga Prenatal bersama Tia Pratignyo, MA., CD/CCE (BWI), DFB secara LIVE. Prenatal yoga adalah program yoga khusus kehamilan. Teknik dan intensitasnya disesuaikan dengan fisik, psikis ibu serta janin dalam kandungan.

Dalam sesi latihannya, prenatal yoga terbagi menjadi beberapa tahapan atau teknik yaitu, pemanasan, pernapasan, meditasi, dan relaksasi. Meditasi di sini berguna sebagai media self-help yang akan memberi kenyamanan, ketentraman, sekaligus memperkuat diri bumil saat menjalani kehamilan. Dengan kata lain, prenatal yoga akan membantu mempersiapkan calon ibu secara fisik, mental, dan spiritual untuk menghadapi masa persalinan nantinya.

Teman Prenatal Festival


Teman Prenatal Festival

Acara Teman Prenatal Festival ini juga menghadirkan banyak sekali promo-promo menarik dari para sponsor. Malah selama acara berlangsung setiap promo yang diberikan itu bisa bikin kalap deh. Gimana enggak ya, para bumils ini di masa pandemi kan pengen belanja buat kebutuhan sang buah hati tapi gak bisa karena harus di rumah aja. Nah, selama TPF ini bener-bener bisa memuaskan keinginan bumils dan para moms buat belanja kebutuhan yang dibutuhkan buat menunjang kehamilan dan tumbuh kembang anak.

Asiknya lagi nih buat peserta yang ikutan juga dikasih yang namanya sosial media activity, tinggal post dan review di media sosial trus berkesempatan dapetin hadiahnya deh. Keren kan! Gak hanya itu aja, para moms dan moms to be yang bertanya juga bisa berkesempatan mendapatkan hadiah lho. Wow, triple double combo ini mah namanya, bisa dapetin ilmu edukasi terkait kehamilan dan tumbuh kembang, bisa belanja kebutuhan bumils, busui, dan anak dengan harga promo, bisa nanyain apa aja sama para nara sumber sampai puas, eh bisa berkesempatan dapetin hadiah juga.

Teman Prenatal Festival


Lebih dari itu, selama acara Teman Prenatal Festival, pihak organizer membuka kesempatan bagi para Moms yang ingin bertanya langsung dengan tim konsultan Cordlife Indonesia seputar NIPT, penyimpanan darah tali pusat, Bebegene – Skrining kelainan kromosom untuk bayi baru lahir, Metascreen – Skrining kelainan metabolik bawaan untuk bayi baru lahir ataupun DNA Testing – Skrining DNA untuk seluruh keluarga Moms.

Info lengkap terkait penyimpanan darah tali pusat dan NIPT bisa kamu baca di tulisan aku berikut ini: The Golden Moment of Pregnancy Journey

Sedangkan untuk Bebegene, Metascreen, dan DNA Testing penjelasannya sebagai berikut:

Bebegene – Skrining kelainan kromosom untuk bayi baru lahir

Bebegene merupakan skrining kelainan kromosom untuk bayi baru lahir yang dapat secara akurat mengidentifikasi kemunculan dini lebih dari 117 kelainan yang berhubungan dengan gejala seperti autisme dan ADHD dengan menganalisa lebih dari 250,000 area kromosom.

Skrining ini juga dapat mengidentifikasi potensi dari kondisi yang terkait dengan variasi gen seperti misalnya asma, rinitis alergi, dan dermatitis atopik. Dengan melakukan skrining ini dapat membantu para orang tua untuk dapat mengambil langkah yang tepat guna menunda, mengatasi, atau bahkan mencegah munculnya kondisi-kondisi tersebut. Tenang ya beb,  skrining ini bersifat non invasif sehingga tidak akan membahayakan Sang Buah Hati.


Metascreen – Skrining kelainan metabolik bawaan untuk bayi baru lahir

Metascreen merupakan skrining untuk kelainan metabolik bawaan pada bayi baru lahir dengan cara menguji sampel urin bayi dan memeriksa hasil metabolit dari urin tersebut. Proses pengambilan sampelnya non invasif karena hanya berupa kertas saring yang diletakkan di dalam popok bayi untuk menampung urin bayi. 

Metascreen sendiri bisa mendeteksi hingga lebih dari 100 panel kelainan metabolik bawaan. Skrining ini merupakan pemeriksaan yang dapat menyelamatkan jiwa bayi. Alasannya karena, seringkali orang tua tidak menyadari apabila bayinya memiliki gangguan atau kelainan metabolik bawaan.


DNA Testing – Skrining DNA untuk seluruh keluarga

DNA testing yang dipersembahkan oleh Cordlife berfokus pada peningkatan kualitas hidup manusia melalui identifikasi terhadap potensi risiko berbagai jenis penyakit ataupun identifikasi karakteristik tubuh untuk anjuran pola hidup yang lebih sehat.

DNA Testing yang dipersembahkan oleh Cordlife terdiri dari 4 varian yaitu:

  • Genesis 2.0 mengidentifikasi potensi risiko penyakit dan karakteristik tubuh hingga 360 panel.
  • Genelife Diet mengidentifikasi tipe genetik metabolisme tubuh dan memberikan anjuran terhadap pola diet yang sesuai.
  • Genelife Skin mengeidentifikasi tipe genetik kulit dan memberikan anjuran perawatan kulit yang sesuai.
  • Genelife Sport mengidentifikasi tipe genetic otot dan memberikan anjuran perawatan olahraga yang sesuai untuk menghindari cedera.

FYI, DNA testing ini menggunakan sampel berupa air liur sehingga dapat dilakukan oleh siapa saja dan hanya perlu dilakukan 1x seumur hidup, lho.


Teman Prenatal Festival


Seru banget kan  acara Teman Prenatal Festival, virtual festival mom & baby  fair yang pertama kali diadakan di masa pandemi ini. Tentu dengan adanya TPF sangat membantu para moms dan moms to be untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan sangat baik mulai dari masa kehamilan, persalinan, hingga tumbuh kembang anak.

Semoga acara seperti TPF ini dapat dilakukan secara rutin setiap tahunnya, ya, agar edukasi terkait kesehatan kehamilan dan tumbuh kembang anak dapat dipersiapkan secara baik. Yes moms, let’s Prepare Everything together with Teman Prenatal Festival!

Buat para moms ataupun moms to be yang ingin mengetahui lebih detail lagi tentang Cordlife dan produk serta jasanya kamu bisa cek di website dan sosial media berikut:

Website Cordlife Indonesia: https://www.cordlife.co.id/ 

Instagram Cordlife Indonesia: @cordlifeindonesia 

Instagram Prepare Everything: @prepareverything


40 komentar:

  1. Serunya acara Teman Prenatal Festival ini. Mbakku program hamil dan alhamdulillah awal tahun positif. Tapi malah ada Pandemi kaya gini. Jadi jaga kesehatannya dilebihkan apalagi udah lama gak hamil

    BalasHapus
  2. Whoaa, seruuu! Walopun dilangsungkan secara online, tidak mengurangi aneka benefit yg didapatkan dari festival ini ya Mak.
    Semoga thn depan bisa ikutan secara offline!

    BalasHapus
  3. Cordlife memang the best, meski pandemi, nggak bisa ngadain acara, tetap lanjut di jalur virtual, yaaa. Akhirnya hasrat para bumil untuk menggali ilmu tentang kehamilan dan parenting bisa tersalurkan di sini. Bisa belanja juga pula. Thanks sharingnya ya, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya, ini jadi bisa sambil duduk manis di rumah terus ngikutin Teman Prenatal Festival ya.

      Hapus
  4. Walaupun virtual tetap seru, ya. Pastinya banyak bahasan menarik yang diulas di acara ini.

    BalasHapus
  5. serius ini keren banget acaranya super lengkap lagi ya. edukasi yang sangat dibutuhkan untuk rumah tangga. mempersiapkan segalanya untuk orang tua memang harus banget sih menurutku. memang bukan hanya sekedar kesenangannya saja. tapi juga masa depan anak kita.

    BalasHapus
  6. Senang deh kalau ada acara-acara yang informatif kayak gini

    BalasHapus
  7. Keren ih acaranya, banyak banget informasi yang sangat menarik untuk para calon ibu dan ibu baru ini ya kak.

    BalasHapus
  8. aku ikutan Teman Prenatal Festival juga nih, mbak. Yang paling makjleb dengerin materi Baby blues syndrome soalnya aku pun mengalaminya.

    BalasHapus
  9. The best banget acaranya ya kak Aie, ilmu yang dibagikan banyak banget dan penting. Senangnya para moms hamil yang bisa langsung ikutan menyimak.

    BalasHapus
  10. Keren banget eventnya, Mbak. Meski ada pandemi gini Teman Prenatal Festival bisa menemani bumil dan busui untuk menambah ilmu seputar parenting.

    BalasHapus
  11. Acaranya seru banget dan penuh ilmu walaupun dibagikan secara online. Aku telat infonya nih, kalau tahu, pasti aku ikut menyimaknya karena aku baru jadi seorang ibu dan masih banyak ilmu parenting yg belum aku pahami.

    Musim pandemi memang banyak yg hamil dan melahirkan. Semoga kita semua diberi kesehatan dan dijauhkan dari segala bahaya.

    BalasHapus
  12. Ini acara keren bener sih, lengkap ..kap..kap, materi keren, narsum ketje...aktivitasnya pun komplit! Wow! Semoga acara seperti TPF ini rutin setiap tahunnya, agar edukasi kesehatan kehamilan dan tumbuh kembang anak dapat dipersiapkan secara baik oleh para orang tua.

    BalasHapus
  13. Teman Prenatal Festival ini walau diadakan secara virtual nggak ngurangin keseruannya ya teh. Alhamdulillah bumil dan busui dapat ilmu sekaligus hiburan. Semoga tahun depan bisa diselenggarakan offline ya eventnya. Aamiin.

    BalasHapus
  14. wow, good project virtual festival mom & baby fair. while the pandemic, still do and give best for this moment.

    BalasHapus
  15. Aih asyik nih, festivalnya tetap berlangsung walau sedang masa pandemi. Dilakukan secara virtual pun gak masalah yaa, tetap dapat keseruannya.

    BalasHapus
  16. Semoga acara TPF ini dapat dilakukan secara rutin setiap tahunnya, ya, agar edukasi terkait kesehatan kehamilan dan tumbuh kembang anak orangtua dapat ilmunya

    BalasHapus
  17. Berkat teknologi, kita masih bisa mendapatkan edukasi terkait kesehatan kehamilan dan tumbuh kembang anak meski dari rumah ya, Mbak

    BalasHapus
  18. Terpesona sama kak Ai di foto terakhir...
    Mirip Marshanda pas pakek jilbab, hihii~

    Ilmu banget ini...
    Untuk para Ibu muda dan calon Ibu. Meski sekarang gak punya bayi lagi, tapi siapa tau yaa...

    BalasHapus
  19. Selalu ada inovasi ya mba meski ga diadakan langsung dan secara virtual ga kutangi keswruan dan kebermanfaatan acaranya

    BalasHapus
  20. Okeee banget nih feativalnya ya. Banyak ilmu yang disapat dan semuanya bermanfaat yaaa mba

    BalasHapus
  21. woww.. ada festival unik nih menurutku.. karena spesifik banget.. Kondisi sekarang emang bikin banyak hal baru yang bisa kita ikuti ya... keren..

    BalasHapus
  22. Menggemaskan banget acaranya ya mba. Orangtua dapat edukasi tumbuh kembang anak. Aku juga jadi dapet ilmunya juga meski ga ikutan. Belajar mempersiapkan diri jadi orangtua

    BalasHapus
  23. Walau secara virtual jika diikuti dengan sungguh-sungguh pasti bermanfaat dan tentunya seru juga. Sukses ya mbak

    BalasHapus
  24. Waah keren banget ternyata acaranya, ngikutin seminar lewat zoom awalnya canggung eh sekarang terbiasa. Btw salfok sama foto keluarga terakhir, masih muda belia ya andah hehehe.

    BalasHapus
  25. Ini kok keren banget sihnbisa ngertinsenua. Ilmu nya tentang natal ini jiaand banyaknsekaki. Aku baruntahu tesnDNA pake air liur

    BalasHapus
  26. Materi Teman Prenatal Festivalnya penuh pencerahan, wawasan dan pengetahuan baru mengenai edukasi kesehatan anak sejak dini, yakni sejak persiapan kehamilan, tentang kehamilan, kelahiran dan pertumbuhan buah hati.

    Sependapat, tdk ada manual book utk menjadi orang tua dan setiap orang tua menjalani journey nya masing-masing yan sangat luar biasa.

    BalasHapus
  27. Putra saya termasuk yg memiliki kulit mudah gatal. Mandi air hangat selalu jadi pilihan. Ternyata benar ya bisa mengurangi efek gatalnya kalau mandi dengan air hangat...

    BalasHapus
  28. Event yang sangat cocok untuk para bumil dan para mama yang sedang berjuang untuk memiliki anak. Edukasi kesehatan seputar prenatal banyak banget digelar di sini ya.

    BalasHapus
  29. Seru ya mbak? Hihihi aku kemarin juga hadir disini. Malah dapet beberapa hadiah karena bertabur doorprize hihi. Senang klo ikutan acaranya Cordlife kaya gini, padat ilmu!

    BalasHapus
  30. Wah ini emg keren ya acaranya, lengkap dan menarik bgt..seru deh liatnya

    BalasHapus
  31. eh iya loh ternyata pas pandemi banyak new born ya mba, hihi, oiya aku tuh tau cordlife tuh program yang tali pusatnya tuh emang bagus bgt yaa mba

    BalasHapus
  32. suka banget pas sesi yoganya, meskipun lagi gak hamil tetap mengikuti di rumah hehe jadi kangen olahraga di ruang terbuka ya kak

    BalasHapus
  33. Seru banget ya mbak, penyajiannya komplit Orangtua jadi dapat edukasi tumbuh kembang anak.

    BalasHapus
  34. waah seru yaaa meski via online tp lengkap bgt lhooo informasinyaa. beruntung yaa meski masa pandemi ini, tp kemudahan dpt informasi apalagi ttg parenting msh mudah didapatkan :)

    BalasHapus
  35. Banyak pembekalan ilmu untuk bumil dan calon ibu seperti saya yang sedang berjuang punya momongan.
    Sering-sering diadakan semoga, pengne ikutan mengampu ilmu juga soalnya.

    BalasHapus
  36. Prenatal festival ini pas banget buat Ibu-ibu yang lagi hamil di masa pandemi ini. Kadang bingun akrena situasi yang tidak memungkinkan untuk ke mana-mana dengan bebas. Keren ih acaranya

    BalasHapus
  37. Waw nice share mbak Aie! Seru banget ya ada event online begini. Aku yang belum punya anak jadi belajar juga nih. Bermanfaat banget supaya lebih prepare :-)

    BalasHapus
  38. Wuih iya kah kehamilan makin meningkat di masa pandemi? Mgkn krn kondisi dirumah aja kali ya. Jadi banyak yg hamil.

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)