Rabu, 06 Mei 2020

The Golden Moment of Pregnancy Journey: Persiapan Kehamilan dari A-Z Bersama Cordlife


Masa kehamilan adalah masa paling spesial dan terlupakan selama hidupku setelah pernikahan, karena itu aku ingin segala sesuatunya berjalan lancar. Ya pastinya setiap orangtua ingin yang terbaik buat anaknya kelak kan, karena itu segala sesuatu dipersiapkan dengan matang. Jangan sampai, amit-amit ya, harus menghutang pada orang lain terkait biaya persalinan.


Saat aku hamil Darell tahun 2010 silam, belum ada acara webinar terkait informasi kehamilan seperti yang diadakan oleh Cordlife hari Sabtu, 2 Mei 2020 yang lalu. Tepat pukul 2 siang, aku udah standby di depan laptop untuk mengikuti Pregnancy Journey Webinar by Cordlife yang membahas lebih detail lagi terkait 3 hal yaitu:

  • How to Prepare Life Being a Smart Budgeted Parents oleh Christopher  R. QWP, CFP
  • The Golden Moment of Pregnancy Journey oleh  dr. Ardiansjah Dara Sjahruddin, SpOG, Mkes.
  • Prepare Everything 101 for Pregnant Moms oleh Talitha A. Prameswari


Persiapan Keuangan Sebelum dan Saat Kehamilan

Sebelum dua garis merah terpampang nyata di alat tes kehamilan ada baiknya calon ibu atau bumil menyiapkan dana yang cukup untuk calon buah hati kelak. Beberapa persiapan keuangan yang harus diperhatikan hasil merangkum dari Christopher  R. QWP, CFP di Pregnancy Journey Webinar by Cordlife:

  1. Menabung setelah  mengetahui positif hamil, iya, sisihkan uang untuk uang persalinan, uang kebutuhan calon buah hati setelah ia dilahirkan kelak, juga yang gak kalah penting yaitu persiapkan tabungan pendidikan anak.
  2. Mulai menyisihkan anggaran biaya darurat sebagai langkah antisipasi jika terjadi sesuatu di masa kehamilan ataupun persalinan.
  3. Pastikan metode persalinan apa yang akan dipilih ya beb, karena pilihan metode persalinan berpengaruh terhadap besarnya dana persalinan yang akan dibuat. Meski berniat melakukan metode persalinan secara normal, untuk jaga-jaga maka gak ada salahnya mempersiapkan dana melahirkan untuk operasi caesar.
  4. Yang terakhir nih, investasi kesehatan anak di masa mendatang dengan menyimpan darah tali pusat di Cordlife.




The Golden Moment of Pregnancy Journey

Seperti yang diketahui bersama, selama masa kehamilan merupakan golden moment, mulai dari awal kehamilan dimana pembentukan organ penting terjadi, saat janin mulai bergerak dan berkembang di dalam janin, hingga proses persalinan nanti.

Familiar dong dengan 1000 Hari Pertama Kehidupan, ya, masa ini juga termasuk dalam golden moment dimana mulai sejak janin terbentuk hingga berusia 2 tahun. dr. Ardiansjah Dara, SpOG, Mkes. mengatakan golden moment juga terjadi saat proses persalinan, lho, yaitu saat proses pengambilan darah tali pusat. Kenapa? Karena proses tersebut hanya satu kali kesempatan dalam seumur hidup.


dr. Dara, panggilan akrab dari dr. Ardiansjah Dara SpOG menjelaskan lebih lanjut perihal proses pengambilan darah tali pusat yang sama sekali tidak menyakiti ibu dan bayi. Segera setelah persalinan baik secara normal ataupun caesar, tali pusat diklem dan bayi dipisahkan dari tali pusat untuk  dipindahkan dari ruang persalinan. 

Normalnya darah tali pusat akan diambil dokter. Darah tali pusat ditarik untuk mengeluarkan ari-ari, sebelum dikeluarkan diambil darah tali pusat dan tali pusatnya. Nah, saat tersebutlah golden moment karen hanya beberapa menit saja pasca persalinan,” ujar dr. Dara.

Adapun hal yang perlu dilakukan oleh orangtua ketika hendak pengambilan darah pusat pada sang buah hati yang baru dilahirkan yaitu:

NIPT (Non Invasive Prenatal Testing)

  • NIPT merupakan skrining pra kelahiran yang berfungsi untuk mendeteksi adanya kelainan kromosom.
  • Contoh kelainan kromosom yang paling banyak ditemui adalah Down Syndrome. Berdasarkan data riset kesehatan dasar di Indonesia itu setiap harinya sebanyak 16 kelahiran di seluruh Indonesia merupakan kelahiran bayi dengan kondisi DS.
  • Biasanya banyak orang yang berpikir bahwa NIPT hanya perlu dilakukan pada kehamilan yang dimiliki oleh seorang ibu yang berusia di atas 35 tahun, padahal berdasarkan rekomendasi dari ACOG atau American College of Obstreticians & Gynaecologists, NIPT ini direkomendasikan untuk dilakukan oleh seluruh wanita hamil tanpa terkecuali.
  • NIPT yang ditawarkan Cordlife dapat mendeteksi 4 kromosom sex aneuploidi, sindrom delesi kromosom, aneuploidi lainnya dan juga identifikasi jenis kelamin bayi.
  • NIPT ini dapat dilakukan dari usia kehamilan 10 minggu


Metascreen – Skrining untuk bayi baru lahir

  • Metascreen merupakan skrining untuk bayi baru lahir. Pemeriksaan ini berfungsi untuk mendeteksi adanya kelainan metabolik bawaan pada bayi yang baru lahir
  • Pemeriksaan ini merupakan pemeriksaan yang dapat menyelamatkan jiwa bayi. Alasannya karena, seringkali orang tua tidak menyadari apabila bayinya memiliki gangguan atau kelainan metabolik bawaan.
  • Metascreen ini menguji sampel urin bayi dan memeriksa hasil metabolit dari urin tersebut. Proses pengambilan sampelnya non invasif karena hanya berupa kertas saring yang diletakkan di dalam popok bayi untuk menampung urin bayi. Metascreen sendiri bisa mendeteksi hingga lebih dari 100 panel kelainan metabolik.


Alasan Harus Menyimpan Darah Tali Pusat di Cordlife?

Darah tali pusat ini sangat berharga dimana sel punca yang terkandung di dalamnya dapat membantu terapi lebih dari 80 jenis penyakit seperti leukimia dan thalasemia. Bahkan, sejak tahun 1988, sel punca darah tali pusat telah digunakan untuk mengobati sejumlah penyakit  termasuk kelainan darah dan metabolik, gangguan imunodefisiensi dan penyakit autoimun.

Ketika ditransplantasikan kepada pasien, sel punca hematopoietik bermigrasi ke dalam sumsum tulang dan memproduksi sel darah yang baru, meningkatkan sistem imunitas. Dengan kemajuan teknologi yang cepat, jumlah penyakit yang dapat diobati dengan terapi sel punca diharapkan bertambah. 



Dengan menyimpan darah tali pusat dan tali pusat, seorang ibu tidak hanya dapat melindungi buah hatinya saja namun juga seluruh keluarga. Karena sel punca yang didapat dari darah tali pusat dan tali pusat dapat digunakan untuk orang tua dari bayi dan juga anggota keluarga lain seperti saudara kandung bayi dan juga kakek dan nenek.

Lalu berapa sih biaya yang dibutuhkan untuk melakukan penyimpanan darah tali pusat di Cordlife, kamu bisa langsung cek di website https://www.cordlife.co.id/id/faq-untuk-para-calon-orang-tua atau hubungi (+62)21-8086-4674 dan email info@id.cordlife.com



27 komentar:

  1. pertama kali tahu tentang cordlife tu pas baca tentang teknologi ttg tali pusar hehehee sayangnya pas cordlife masuk Indonesia, anakku sudah 3 tahun hahahaa

    BalasHapus
  2. waaa terima kasih sharingnyaaa, aku baru tau nih soal darah tali pusat ini, mngkin karnabelum punya anak juga hihihi

    BalasHapus
  3. Memang ada yang bilang menyimpan tali pusat itu perlu juga untuk kesehatan anak kita. Prosedur dan proses nya aku penasaran juga

    BalasHapus
  4. Jadi ingat waktu program hamil Kelvin, segala makanan dan kebiasaan benar-benar harus berubah. Tapi memang harus disiapkan sih jadi gak kaget dengan apa yang akan dijalani.

    BalasHapus
  5. ini beneran bermanfaat banget mba ilmunya buat aku yang belum menikah, istilah-istilah yang belum pernah aku dengar jadi tahu, cowokku meski dokter dulu gak pernah bahas beginian mungkin karena dia bukan dokter kandungan hahhaah. tali pusar itu biasanya dulu di tempat aku dikubur gitu mba, seingatku ya kayaknya

    BalasHapus
  6. Simpan darah tali pusat emang byk manfaat ya kak. Tapi dengar2 haganya masih lumayan tinggi untuk kalangan menengah.

    BalasHapus
  7. Iya darah tali pusar itu emang berguna banget Mbak. Tapi sayangnya aku tuh tahunya setelah anak aku udah lahir sekitar 1 bulanan.

    BalasHapus
  8. Waa, aku sudah beberapa waktu tahu tentang menabung sel punca, tapi masih belum praktek untuk mulai menabung. Entah kenapa, mungkin karena saya kurang mengedukasi diri :))

    BalasHapus
  9. Informasinya benar-benar membantu sekali ya, bisa jadi referensi ketika nanti Hamil juga, kalau untuk menyimpan darah tali Pusat bisa dari luar kota

    BalasHapus
  10. Banyak ya fasilitas yang ditawarkan cordlife saat kehamilan, pra melahirkan, sama pasca melahirkan, jadi penasaran sama biayanya, cuss ke websitenya ah

    BalasHapus
  11. waah lengkap yaah baru tahu saya, boleh nih dicoba untuk anak selanjutnya hehee makasih infonya kak :)

    BalasHapus
  12. Masya Allah, luar biasa sekali manfaat darah tali pusat. Tidak hanya melindungi bayi tapi juga bisa melindungi kita dan seluruh keluarga.

    BalasHapus
  13. Makasih uda mau sharing ilmunya ini mba, bagi wanita emg selain pernikahan moment pregnancy jg jd yg spesial ya mba. Baru tau jg nih ternyta darah tali pusar bemnfaat buat pngobatan kanker.

    BalasHapus
  14. thank you kak buat informasinya, apalagi ada websitenya ya jadi lebih jelas disana :) aku pernah denger dr teman di luar negri sih waktu kapan hari tapi sayang tahunya pas anakku udah setahun apa dua tahun gitu :(

    BalasHapus
  15. Sebenarnya jika memang sudah merencanakan untuk memiliki anak, ini sudah waktunya kita untuk menabung. Aku kebetulan dulu membuat list-list persiapan dan biayanya.

    BalasHapus
  16. betul sekali ya masa golden moment itu kan ga akan pernah terulang lagi jadi harus dimaksimalin sebaik mungkin, dan saya baru ngeh ternyata proses kehamilan itu termasuk masa goldent moment ya mba bahkan pada proses kelahiran (mungkin karena memang harus dinutrisi sejak janin ya bayinya biar pas lahir sehat), saya pikir awalnya dari bayi lahir

    BalasHapus
  17. Kehamilan emang kudu dipersiapkan sebaik mungkin ya mbak, apalagi mulai awal² konsepsi.
    Banyak hal yang harus dipertimbangkan masak², apapun itu.

    BalasHapus
  18. Telat banget sih tau tentang bank tali pusat ini, tapi bakal aku kasih info buat sepupu yang lagi mau lahiran:)

    BalasHapus
  19. Aku juga dulu maunya normal. Apa daya akhirnya harus caesar. Untungnya waktu itu masih dicover sama asuransi kantor suami sih. Jd lebih ringan.

    BalasHapus
  20. Makasih banget infonya. Jadi bisa modal buat persiapan untuk hamil nanti. Soalnya aku sendiri baru tau kalo ada manfaat lain..

    BalasHapus
  21. Tadi aku baca bisa sembuhin salah satunya autoimun. Karena autoimun masih belum ada penyembuhan secara medisnya ya setahu aku

    BalasHapus
  22. Darah tali pusat ini emg penting bgt, makanya biayanya juga ga main2 ya mba, Smoga diberikan kesehatan smua

    BalasHapus
  23. Aku baru tahu tentang ini dong mbak, kayaknya bakal aku save buat baca-baca kalau aku persiapan hamil ntar, entah kapanšŸ¤­. Thank you for sharing mbak.

    BalasHapus
  24. Baru tahu nih Mbak tentang darah tali pusat.
    Dokter juga gak ada sebut tentang ini saat lahiran. Kalau tali pusat yang mengering dan jatuh itu sih masih ada, Bapaknya minta disimpan sih, bisa tuk obat katanya.

    BalasHapus
  25. Ini informasi penting untuk ibu hamil atau yang merencanakan kehamilan. Jadi persiapan kelahiran bukan cuma RS dan barang bayi aja tapi juga keputusan dan biaya untuk menyimpan tali pusat anak.

    BalasHapus
  26. Aku dulu dia anak normal semua. Sayang belum tahu ada penyimpanan tali pusat cordlife ini. Aku mau infoin deh buat ponakan. Thanks yah mba

    BalasHapus
  27. dunia kesehatan makin canggih ajah ya. penelitian soal tali pusar dan ari2 janin emang udah lama, kendalanya cm di tradisi kita

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)