Kamis, 21 Mei 2020

Kolaborasi untuk Berbagi di Bulan Ramadan Bisa Dilakukan di Rumah Aja


Di masa pandemi seperti saat ini, ada satu hal yang kusadari kalo manusia memiliki kemampuan luar biasa dalam beradaptasi dan berbagi. Bagaimana tidak, sejak virus corona resmi masuk di wilayah Indonesia, banyak sekali orang baik yang berkolaborasi untuk berbagi bahkan hingga di bulan Ramadan ini.


Masalah beradaptasi, ini sih gak diragukan lagi memang manusia punya kemampuan luarbiasa untuk bertahan dalam segala kondisi dan menyesuaikan dirinya. Tak sedikit yang dirumahkan di masa pandemi seperti sekarang ini, dan banyak juga yang kerja dari rumah namun uang transport dan uang makan dipotong. Lalu kalo bukan kemampuan dalam beradaptasi yang luarbiasa, dan tentu atas ridho sang pencipta, gimana coba bisa bertahan.

Balada PHK di Masa Pandemi

Sedikit cerita tentang aku yang dirumahkan sebulan sebelum anjuran di rumah aja oleh Gubernur DKI Jakarta dan PSBB oleh pemerintah Indonesia. Ketika itu rasanya dunia runtuh seruntuhnya, ada rasa malu, kecewa, marah, kesal, dan sedih. Mental saya goyah bahkan sampai hancur lebur, yang saya pikirkan bagaimana ini bisa bertahan hidup untuk bayar segala macam cicilan kehidupan. Ya, segala bentuk cicilan dan tagihan kehidupan argonya tetap berjalan aktif meski aku jobless. Kan ada suaminya, hmm beb, iya ada suaminya, hanya kebetulan aja penghasilanku jauh lebih besar ketimbang penghasilan suaminya. Jadi bisa dibilang saat aku jadi pengangguran, maka pincang lah itu roda pemasukan.


Untungnya beberapa tahun belakangan aku mendapatkan ilmu literasi keuangan, dimana setiap penghasilan yang aku dapatkan sebelumnya selalu disisakan untuk dana darurat. Sejak Februari hingga Mei masih mampu buat bayar segala cicilan kehidupan tanpa mengganggu pendapatan suami. Hanya, lewat dari bulan Mei ini nih dana darurat menipis. 

Iya, rejeki dijamin oleh Allah SWT yang namanya utang kan mesti dibayar ya. Karena itu aku ikhtiar berusaha buat bekerja sebagai freelancer, bisa nulis blog, bantu temen kelola influencer/KOL/buzzer, juga mengoptimalkan aset media sosial yang dimiliki. Ya bisa dibilang aku masih cukup beruntung karena ada suami dan keluarga serta teman-teman yang membantu.


Cara untuk Bertahan di Tengah Pandemi

Kondisi pandemi saat ini semua orang susah, tak terkecuali, hanya kadar kesusahannya aja yang berbeda-beda. Semua umat manusia menggunakan segala cara untuk bertahan dari pandemi covid-19 ini. Baik dengan menjaga kebersihan dan kesehatan keluarga semaksimal mungkin dari rumah, hingga memanfaatkan peluang usaha dengan berjualan dari rumah aja.

Ada beberapa cara yang aku lakukan untuk tetap sehat bersama keluarga di saat pandemi covid-19 yaitu:
  1. Senantiasa menjaga kebersihan seperti cuci tangan setiap sebelum dan sesudah beraktivitas, memastikan rumah selalu dalam keadaan bersih, dan memakai masker kain saat ke luar rumah.
  2. Menjaga & mengatur pola makan sehat seperti makan buah dan sayuran
  3. Mencukupi kebutuhan cairan setiap hari dengan minum air putih
  4. Banyak bergerak, bisa olahraga ataupun aktivitas bebenah rumah
  5. Berpikiran positif dan optimis
  6. Sharing dengan keluarga terdekat



Selain itu, yang gak kalah penting yaitu melek literasi keuangan. Iya beb, di masa pandemi ini kita juga harus pintar-pintar untuk kelola keuangan, lho. Mau yang di PHK ataupun tidak, karena kan segala aktivitas dilakukan dari rumah jadi harus bisa putar otak buat mencukupi kebutuhan keluarga. Memiliki perlindungan asuransi yang tepat untuk keluarga juga diperlukan, lho. Tujuannya apa? Supaya kalo kejadian PHK seperti aku ini terjadi risiko keuangan yang dirasakan gak berat-berat amatan beb.

 
Kolaborasi untuk Berbagi Bersama FWD

FWD Life sebagai perusahaan asuransi yang berbeda bertujuan untuk mengubah cara pandang masyarakat terhadap asuransi serta peduli kondisi saat ini. FWD melakukan banyak hal agar bisa lebih dekat dengan masyarakat salah satunya melalui passion.



FWD Life ingin mengajak masyarakat untuk dapat melakukan kegiatan yang bermanfaat terhadap orang lain. Pada Ramadan 2020, sebagai perusahaan yang percaya untuk merayakan hidup dengan ‘Caring’ sebagai salah satu nilai perusahaan, melalui 'Kolaborasi Untuk Berbagi' kami mendorong masyarakat untuk lebih peduli dan terlibat dalam membantu keluarga yang kurang beruntung. Sebagai makhluk sosial sudah sepantasnya kita saling membantu satu sama lain, berbagi kebaikan. Apalagi di bulan Ramadan seperti saat ini yang dikenal dengan bulan 1000 kebaikan di dalamnya. Lagipula bulan Ramadan adalah tentang kebersamaan.

Jadi aku, kamu, kita semau gak sendirian menghadapi pandemi covid-19 di bulan Ramadan ini beb. FWD Life memanggil kita untuk ikut “Kolaborasi untuk Berbagi”, tidak hanya materi, tetapi juga momen, harapan, dan pengalaman. Sepanjang bulan Ramadan, FWD Life mengadakan #BerbagiBarengFWD bersama dengan SOS Childrens Villages Indonesia @desaanaksos, #BukaBarengFWD dengan jajanan dan percakapan virtual, dan #DiRumahAjaBarengFWD ditemani dengan Instagram live setiap minggunya! Wah seru kan?! Bersama kita bisa lalui pandemi di bulan Ramadan menuju kemenangan.



Nah, aku berkesempatan buat nonton episode ke 4 #DiRumahAjabarengFWD di Instagram LIVE FWD Life buat ngobrol mengenai finansial. Seneng deh karena nara sumbernya Aidil Akbar seorang financial expert yang ditemani oleh Dono Pradana seorang standup comedian membahas tentang bagaimana cara mengelola keuangan di masa pandemi seperti sekarang ini.

LIVE Instagram #DiRumahAjabarengFWD

20 Mei 2020 pukul 16.30 WIB Live Instagram #DirumahAjabarengFWD berlangsung seru dengan jumlah audiens yang cukup banyak dan aktif semua. Aku pribadi mendapatkan insight terkait literasi keuangan dari Aidil Akbar,s eorang wealth planner sekaligus ekonomi mikro dan keluarga.

Aidil Akbar memberikan beberapa tips untuk kelola keuangan di masa pandemi, yang pertama kita harus ekstra berhemat, kembali pada pakem beli yang dibutuhkan saja bukan yang diinginkan. Jadi say no for laper mata apalagi membeli karena impulsif.





Lalu, usahakan untuk tetap menyisihkan beberapa penghasilan di tabungan, investasi, dana darurat serta memanfaatkan asuransi seperti FWD Life. Buat yang di PHK bisa tuh ikhtiar membuka usaha dari rumah dengan memanfaatkan fasilitas yang ada dan kemampuan yang dimiliki. Kalo aku sendiri tetap ikhtiar dengan berjualan disinfektan & sanitizer, juga memanfaatkan skill menulis sebagai content writer.

 
Acara #BukaBarengFWD Berisi Segala Kebaikan Berbagi

Menariknya saat aku mengikuti Live Instagram #DiRumahAjaBarengFWD kemarin, ternyata FWD Life akan mengundang 30 pemenang terpilih untuk #BukaBarengFWD secara digital bersama dengan KOL dan komunitas lainnya.

Nantinya para peserta yang mengikuti #BukaBarengFWD akan mendapatkan kesempatan untuk berbincang dengan FWD dan KOL juga diberikan voucher GoFood untuk berbuka dan Care Package yang dapat digunakan selama situasi pandemi. Kebayang dong gimana serunya kegiatan ini. Dalam kedua kegiatan baik #DiRumahAjabarengFWD dan #BukaBarengFWD FWD Life juga akan mengajak audiens untuk berkolaborasi #BerbagiBarengFWD dalam kegiatan CSR FWD Life #BerbagiBarengFWD.  



Oia, setiap peserta yang hadir di #DiRumahAjaBarengFWD juga akan difasilitasi langsung untuk berdonasi dalam program #BerbagiBarengFWD, dimana para peserta cukup mendaftarkan diri dan ikutan challengenya. Lebih dari itu para pserta akan mendapatkan Jersey di akhir progam sebagai bentuk ucapan terima kasih. Biaya pendaftaran senilai Rp200 ribu rupiah akan ditanggung oleh FWD Life, dimana dana tersebut akan didonasikan langsung juga kepada SOS Childrens Village. Wow keren! Beneran kolaborai untuk berbagi, ya!

Inspirasi #BerbagiBarengFWD untuk Masyarakat Indonesia

FWD Life ingin memberikan semangat positif kepada masyarakat, agar tetap Celebrate Living, Celebrate Kindness, Celebrate Positivity walaupun #DiRumahAja. Salah satu kegiatan yang positif yang ingin FWD Life ajak adalah mengajak temen-temen untuk ikut berolahraga plus berdonasi.

Kali ini FWD Life ingin menginspirasi dan mengajak passionate people untuk berkolaborasi dalam #BerbagiBarengFWD. Dengan kolaborasi bersama SOS Childrens Villages, FWD Life ingin merayakan kebaikan dan kebersamaan untuk menolong mereka yang kurang beruntung, terutama anak-anak selama pandemi ini.

Sekedar informasi tambahan ya beb, di Indonesia ada >4.500 anak di lebih dari 2.400 keluarga yang tersebar di 10 lokasi berbeda yang terkena dampak ini. Rata-rata satu keluarga membutuhkan Rp.1 juta per bulan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan dan kebersihan.



FWD Life berkolaborasi bersama SOS Children’s Village untuk membantu meningkatkan kesadaran akan kondisi kelompok yang kurang beruntung, terutama anak-anak, selama wabah virus corona. Seperti yang kita ketahui bersama, dampak yang disebabkan oleh pandemi ini tidak hanya kesehatan, tetapi banyak keluarga yang tidak dapat memenuhi kebutuhan dasar karena pembatasan interaksi sosial yang berdampak pada keadaan ekonomi mereka.

#BerbagiBareng FWD lainnya yaitu mendistribusikan 20,000 Care Package untuk seluruh keluarga FWD Life – dari karyawan, tenaga pemasaran hingga nasabah – yang terdiri dari barang-barang kesehatan dan kebersihan seperti masker wajah dan hand sanitizer.


Tidak hanya itu, FWD Life juga memberikan sarana bagi mereka yang ingin menyebarkan kebaikan, dengan mendonasikan Care Package apabila mereka tidak ingin menggunakannya kepada mereka yang lebih membutuhkan melalui 3 Organisasi non-profit resmi (Special Olympics, Humanity & Inclusion and SOS Children’s Village). Kolaborasi ini bertujuan untuk menyediakan perlindungan bagi komunitas dan keluarga mereka, memberikan mereka rasa aman dan terlindungi. Hal ini termasuk mendorong mereka untuk tetap sehat, menjaga kebersihan, melakukan berbagai langkah pencegahan, seperti mencuci tangan secara rutin.

Meski di rumah aja kamu tetap bisa melakukan kolaborasi untuk berbagi di bulan Ramadan bersama FWD Life, lho!

79 komentar:

  1. Saya senang sekarang akin banyak kreativitas dalam hal berbagi. Seperti Kolaborasi untuk Berbagi-nya FWD ini ... keren.

    BalasHapus
  2. Selama di rumah aja jadi bisa belajar menerapkan literasi keuangan lebih ketat lagi ya & rajin masak jadinya hehehe, beli terus bisa boros nanti

    BalasHapus
  3. Banyak cara ya buat berbagi.. yg kena dampak covid ini hilang pekerjaan, mudah2an smuanya bisa bertahan sehat amiin. Cpt berlalu dan kasus menurun

    BalasHapus
  4. Dana darurat memang pos keuangan yg super duper penting ya Mbaaa
    Pandemi ini beneran ngajarin kita untuk melek finansial.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini bener banget deh, memiliki dana darurat penting banget. Jadi kalau keadaan seperti sekarang ini jadi gak panik, aku pun dana liburan tahun ini kita alokasikan ke dana darurat.

      Hapus
  5. Di rumah aja pun banyak kerjaan ya mba.. Byk yg bs dipelajari. Tp social timenya mmg gak seperti biasa..

    BalasHapus
  6. Idenya FWD ini keren. Sayan aku kelewat IG live bahas literasi keuangannya. Diem di rumah kayak gini aku masih scroll-scroll market place. Beberapa check out beberapa lagi mikir lama dan ga jadi beli. Huhuhu ahrus nahan diri emang karena kondisinya beda biar finansial tetep aman. Semoga pandemi ini segera berakhir dan kehidupan kita kembali normal

    BalasHapus
  7. Semangat ya Mba, semoga ada rezekinya dapat kerjaan baru, keren ya program FWD ini unik dan konsisten bantu sesama..

    BalasHapus
  8. Benar nih manusia itu makhluk yang paling pintar untuk beradaptasi. Adikku kena PHK juga, tapi dia juga langsung alih profesi jualan sembako online. Lumayan bisa jadi pengganti rejekinya yang dulu.

    FWD moga sukses ngajakin masyarakat untuk berdonasi, apalagi bakal dapat jersey

    BalasHapus
  9. baru tahu tentang program kolaborasinya. keren... semoga berkah aamiin

    BalasHapus
  10. Keren program Kolaborasi untuk Berbagi yang digagas oleh FWD ini ya. Memang semua orang terdampak pandemi saat ini meski porsinya beda-beda. Jadi membantu untuk yang membutuhkan itu sangat diperlukan saat ini.

    BalasHapus
  11. banyak cara untuk terus berkolaborasi yaaa mba di tengah pandemi seperti sekarang. Bahkan membawa banyak manfaat bagi yang membutuhkan

    BalasHapus
  12. Pandemi ini mengajarkan kepadaku untuk memiliki dana darurat. Selama ini nggak pernah nyiapin dana darurat. Sekarang melihat beberapa teman atau suami teman yang dirumahkan dan harus bertahan hidup sampai pandemi berakhir. Jadi langsung berpikir untuk punya dana darurat juga Mbak.

    BalasHapus
  13. Bener banget ya, lagi pandemi gini harus pintar mengelola keuangan... Daripada belanja keinginan yang engga perlu mending uangnya dipakai berdonasi...

    BalasHapus
  14. Keren sih inii Banyak kegiatan yg dishare FWd beneer banget semuanyaa.. Fwd ga hanyaa jd wadah kita untuk berasuransi tapi juga mengajak jita untuk berbagi.. Mantapp

    BalasHapus
  15. Peluk buat mbak aie..aku juga ikuta. Sedih pas denger kabar mbak aie di PHK...semoga pandemi ini segera berlalu ya

    BalasHapus
  16. Baca ceritanya aku jd inget tetanggaku yg di rumahkan juga. Padahal tanggungan masih banyak. Heu. Peluk mbaa.. Btw aku baru tau ttg fwd ini loh. Semoga pandemi ini sgr berlalu yaa

    BalasHapus
  17. Seru juga ini ya walau sedang pandemi tapi tetap bisa melakukan kegiatan dari rumah, apalagi untuk melakukan donasi.

    BalasHapus
  18. Setuju Mbak, meski di rumah aja, kita masih bisa berbagi dan berdonasi untuk mereka yang membutuhkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salut dengan FWD yang bisa bikin acara kolaborasi untuk berbagi. Bisa jadi sarana bagi siapa saja yang ingin berdonasi

      Hapus
  19. keren ya Salah satu kegiatan yang positif yang ingin FWD Life ajak mengajak Kita semua untuk berolahraga plus berdonasi.

    BalasHapus
  20. wajib punya dana darurat yg terpisah dg tabungan. kan di.masa nanti kita gak tau yg bakal terjadi. tabungan mah buat perencanaan beli atau bayar sesuatu di masa depan, kalo dana darurat buat jaga2

    BalasHapus
  21. Semangat Aie, memang nih masa Pandemic ini dituntut untuk berkreasi, makin kreatif dengan skill yang ada. Jadi ketika jobless, kita punya pegangan. Huhuu, aku pun blom di gaji bulan ini nih , untung masih ada dana darurat yang lama2 menipis juga.
    Mari kita saling memberi semangat mengisi saldo untuk cicilan kehidupan, eeaaa

    Btw salut juga nih sama FWD, masih kolaborasi keceee yang menbuat semangat untuk berbagi, semoga berkah buat semuanyaa

    BalasHapus
  22. Saling berkolaborasi dalam kebaikan ini menjadi salah satu alasan manusia untuk tetap bisa tersenyum yaa, kak Ai.
    Simple tapi semoga menjadi doa yang ijabah.

    Keren acara yang diadain FWD.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Acara livenya sungguh bermanfaat yaa...
      Dengan tema beragam, bisa bikin kita belajar banyak hal bersama walau di tengah pandemi.

      Hapus
    2. Aku pikir dengan dirumahaja, kita bisa jauh lebih berhemat.
      Tapi kalau banyak potongan gajinya, sama aja juga yaa..
      Mesti ketat dalam mengatur keuangan rumahtangga niih..

      Hapus
  23. Mbak Andi ternyata salah seorang korban dari pandemi ini ya. Semoga ikhlas ya Mbak dan esok lusa Allah menggantikannya dengan pekerjaan yang lebih berkah.

    BalasHapus
  24. Pas masa pandemi seperti ini bener2 hantaman luar biasa, banyak rencana terkait finansial tertunda :(
    Berasa banget ya pentingnya asuransi di masa kyk skrng
    Semoga kita semua bisa survive ya mbak aamiin

    BalasHapus
  25. Banyak sekali memang ya orang yang terdampak pandemi ini. Semoga kita semua kuat menghadapinya. Akan selalu ada rejeki di pintu lain yang menunggu. Apalagi jika kita rajin berbagi ya. Salut dengan FWD yang udah bikin event untuk berdonasi ini.

    BalasHapus
  26. Program saling berbagi FWD patut diacungi jempol. Smg bermanfaat bgi penerimanya. Aamiin

    BalasHapus
  27. Sehat dan tetap semangat ya Mbak Aie...satu pintu rejeki tertutup, Insya Allah dengan doa dan usaha terbuka pintu yang lainnya.
    Salut juga dengan semangat peduli sesama banyak pihak termasuk FWD ini!

    BalasHapus
  28. semangat ya mbaa, kebayang rasanya kaya apa. nyisihin yang setiap bulannya emang harus banget, di moment yang ga terduga kaya gini ni pasti bersyukur banget nyekek dompet buat nyimpen uang

    BalasHapus
  29. Wah sabar Buk, ujian di tengah pandemi,
    Kalau masih mau berusaha pasti ada jalan hehe

    Rezki Allah bertebaran seluas langit dan bumi.

    BalasHapus
  30. Waahh asuransi kamu banyak dan komplit juga ya mba, btw aku malah baru nge FWD ini life assurance hehe

    BalasHapus
  31. Sedih kalau dirumahkan. Tapi insya Allah kalau berusaha Ada aja rezekinya. Apalagi ditambah rajin berbagi. Making lancar aja rezekinya

    BalasHapus
  32. wah keren niy acaranya sayangnya ya aku lihat ini acaranya udah kelewat tanggal 20 Mei ya, mudah-mudahan deh tar ada lagi jaid bisa ikutan deh acara onlinenya biar dapat hal-hal yang bermanfaat. semoga acara ini terus berjalan dengan lancar dan dapat membantu anak-anak yang membutuhkan ya FWD maju terus, keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Mbak saya juga udah kelewat tanggal nggak lihat jadwalnya padahal acaranya seru banget.

      Hapus
  33. kemarin ikutan juga nih livenya mba, lumayan buat meredam untuk belanja online terus haha dan belajar bisa masaka lebih banyak varian lagi

    BalasHapus
  34. Wow! Ide FWD keren banget ya, kak!! Dari pandemi ini, kita ambil sisi positif nya ya, mba.. Semoga masalah pandemi ini cepat selesai

    BalasHapus
  35. waaa keren banget ini programnta FWD yaaa, meskipun dirumah aja, masih bisa produktif dan ikutan membantu sesama juga hihihi

    BalasHapus
  36. Iya banget, di masa pandemi kayak sekarang, banyak banget pihak yang kena imbasnya. Ada yang usahanya merugi, ada yang bangkrut, dan ada yang di-PHK. Walopun di rumah aja, kita bisa tetap membantu mereka. Ada banyak saluran online yang mewadahi bantuan kita. Salah satunya FWD ini ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seneng deh, walopun pandemi ini memberi efeek ke hampir semua orang, tapi banyak orang yang mau peduli orang lain. Salah satunya dengan kolaborasi. Keren. Semoga pandemi segera berlalu ya. Dan perekonomian kembali meningkat.

      Hapus
  37. Kemarin aku juga sempat nonton yang acara ig live FWD ini, lumayan banget dapat banyak tips finansial, tinggal dipraktekkan aja nih hihi

    BalasHapus
  38. Menyisihkan pendapatan buat ditabung itu emang penting banget yakan mba, aku dari lajang selalu berusaha menerapkan itu.

    BalasHapus
  39. Di masa pandemi kaya gini emang banyak imbasnya k perekonomian jd kita emang harus pinter2 ngatur semuanya

    BalasHapus
  40. Wihii asik ada health pack nya, dapat skincare sama maskerr

    BalasHapus
  41. Ahhh, kerennyaaaa
    FWD emang super kreatif dan punya terobosan cihuyy utk mengetuk kepedulian kita semua ya

    BalasHapus
  42. Kalau inget keuangan mah saya bawaannya masih suka sedih. Pandemi ini bener-bener efeknya, deh. Tetapi, saya bersyukur masih ada pintu untuk berbagi kebaikan seperti ini. Sebisa mungkin tetap ikutan berbagi. Karena saya percaya berbagi kebaikan tidak akan mengurangi rezeki kita

    BalasHapus
  43. Wah mba, aku ikut sedih denger cerita mba. Semoga dilapangkan ya rezeki kitanya dan semoga pandemi ini segera berlalu. Ngomong-ngomong aku baru tahu kalo FWD ini perusahaan asuransi. Bener banget nih kalau mau berbagi bisa dimana aja ya mba termasuk di dalam rumah. Jadi nggak ada alasan lagi kita ga berbagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, di masa ini bener2 dibutuhkan semangat yang tinggi ya apalagi sampai harus dirumahkan. Semoga selalu diberikan rezeki dari manapun yang halal ya

      Hapus
  44. Pandemi spt ini banyak yg berubah ya.. mesti banyak bersabar juga
    Tapi selalu ada hope

    BalasHapus
  45. seru banget ya acaraya, sharing barengnya lagi belom ada jadwalnya lagi kah Mba Andiyani, pengen ikutan sharing bermanfaatnya, semoga kebaikan yang dilakukan oleh Mba dan FWD menjadi amalan dan dibalas dengan keindahan ya Mba, aamiin

    BalasHapus
  46. ikut sedih membaca cerita kak Aie yang dirumahkan :( saya juga merasa terdampak dengan pandemi ini kak, karena sudha 4 bulan suami ga ngantor karena ada pandemi yang melibatkan kantor suami sebagai salah satu klaster penyebaran :( otomatis penghasilan berkurang drastis ya huhuhuu

    semangat kak, kita pasti bisa melewati semua ini

    BalasHapus
  47. Walaupun dalam keadaan pandemi covid-19 dimana banyak yang menjadi korban tapi kesempatan berbagi itu tetap ada ya Mbak. Salah satunya seperti yang dilakukan FWD.

    Btw semoga Mbak dilapangan rejekinya ya

    BalasHapus
  48. aku senang sekali deh, banyak kegiatan selama ramadan yang bisa dilakukan di rumah terutama untuk berbagi. Kan berbagi sebenarnya bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun ya kak.

    BalasHapus
  49. Saya juga jadi memperketat urusan keuangan selama masa di rumah aja. Jadi rajin bikin catatan pengeluaran. Emang selalu ada hikmah ditiap kejadian ya.

    BalasHapus
  50. You are so strong mbak Aie.... Salut dengan mbak Aie dan keluarga yang bisa melewati cobaan itu semua. Kayanya aku bentar lagi akan ada di posisi yang sama seperti mbak Aie deh. Huhuhu. Makanya dari sekarang (meskipun telat banget sih), aku udah mulai ngumpulin dana darurat sebisa aku.

    BalasHapus
  51. Sabar y mba, krn pandemi jg mgkn situasi perusahaan mmembuat hrs ngurangin karyawan. Btw ini kolab nya bgs banget, mskpn di rumah bisa ttp kontribusi kpd yg lain

    BalasHapus
  52. Tetep semangat teh Aie. Rejeki memang udah diatur tapi kita tetep ikhtiar buat dapetinnya ya. Teh Aie skillnya banyak, Insya Allah dicukupkan rejekinya untuk bayar-bayar cicilan. Aku nih walopun masih kerja, tetep ketar-ketir teh. Karena pandemi ini ekonomi jadi turun banget. Semua kena imbas. Semoga segera berakhir secepatnya.

    BalasHapus
  53. Banyak cara untuk berbagi ya teh. Dan Kolaborasi untuk berbagi bersama FWD ini salah satu inovasi keren untuk berbagi ke sesama selama di rumah aja. Suka sih kalau bahasannya tips fiansial. Berguna banget di saat pandemi kayak gini.

    BalasHapus
  54. Walaupun masih dirumah aja, tapi banyak banget hal yang bisa dilakukan yaa, termasuk berbagi jugaa, berharap banget pandemic ini bisa segera berlalu

    BalasHapus
  55. Aku juga ngerasain nih gimana bedanya ketika bekerja kantoran dan enggak. Biasanya bisa pegang duit banyak, sekarang jadi diirit-irit. Kemampuan atur keuangan jadi lebih tertata deh setelah jadi freelancer gini.

    FWD oke banget ya ini gelar event yang bikin kita melek literasi dan mengajak untuk berbagi di masa pandemi.

    BalasHapus
  56. Program yang diusung FWD keren banget ya Mba Andi.
    Banyak hal yang bisa kita lakukan ternyata, dengan FWD ini dan apalagi bisa berbagi
    Kolaborasi emang yang kita butuh ya saat ini saling sinergi

    BalasHapus
  57. Bener di tengah pandemi ini penting banget untuk melek keuangan supaya bisa bertahan sampai akhir.

    BalasHapus
  58. Wah keren program kolaborasi untuk berbagi yang digagas oleh FWD ini ya, kita bisa berbagi di tengah pandemi ini.
    Pandemi ini memang berdampak sekali ya, sementara kebutuhan tetap berjalan, jadi harus pintar2 berhemat sekarang.

    BalasHapus
  59. Wah keren banget nih campaignnya FWD! Emang banyak banget ya cobaan di masa pandemi ini. Mulai dari potong gaji, sampe dirumahkan. Semoga kita semua bisa semangat terus dan selalu inget kalo rezekinggak akan kemana yaaaa.. Semangat terus mak Aie~

    BalasHapus
  60. FWD nya keren kali mbak,... banyak cara untuk tetap produktif dan byk cara berbagi yaaa :)

    Apa kabar mba Aie ??

    BalasHapus
  61. Inovasi dan kreativitas fwd di masa pandemi ini patut diacungi jempol ya Mba...meski dlm keterbatasan mau berbagi jadi dimudahkan.

    BalasHapus
  62. Jualannya hand sanitizer juga job nulis moga lancar ya Aie, yang penting tetap ikhtiar, insya Allah rejeki berkah dan berlimpah.

    FWD kreatif juga ya mengadakan talk show virtual sambil kampanye donasi, jadi anak milenial pun bisa ikut dalam kegiatan ini

    BalasHapus
  63. Aku denger banyak cerita sedih selama masa pandemi ini. Bahkan di antaranya ornag2 yang dekat banget. Lagi begini memang udah sehatusnya kita saling bantu dan support. Apalagi dengan kemajuan teknologi, dirumahaja pun tetep bisa berbagi

    BalasHapus
  64. We can definitely do a lot in order to help those who need it the most during this pandemic. The good thing is, thanks to digital platforms, we can do it from home

    BalasHapus
  65. Meski pandemi dan di rumah saja, kita tetap bisa produktif dan berbagi ya.
    Semoga sudah dapat pekerjaan yang lebih baik Aie :)

    BalasHapus
  66. Bisa kubayangkan gimana bingungnya Mak dirimu ketika itu. Alhamdulillah banyak skill yang dimiliki, sehingga tidak berlarit dalam kesedihan. Semangat Mak, semoga dimudahkan semuanya.

    BalasHapus
  67. Semoga semakin banyak aksi kolabarasi seperti Kolaborasi berbagi dari FWD ini agar bisa mengurangi dampak multi dimensi yang diakibatkan oleh adanya pandemi covid

    BalasHapus
  68. Kolaborasi yang berfaedah ini mba. Mantap babget bisa manfaatin momen

    BalasHapus
  69. Betul mb, dan sejujurnya saya bersyukur kondisi Indonesia tidak separah yang diprediksikan. Meskipun kedisiplinan untuk mengikuti protokol kesehatan harus terus ditingkatkan... Kolaborasi berbagai pihak termasuk fwd memang patut diacungi jempol...

    BalasHapus
  70. Sesungguhnya aku bersyukur mb, kondisi indonesia di masa pandemi ini tidak separah yang diprediksikan. Mungkin sifat orang indonesia yang suka berbagi yang menyebabkan kondisi tidak terlalu parah. Meskipun untuk kedisiplinan mematuhi protokol kesehatan yang masyarakat kita masih harus ditingkatkan.

    BalasHapus
  71. Saya belum pernah ikut acara live IG nya dr FWD.nampaknya menarik sekali ini. Kudu pantengin IGnya nih.

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)