4 Cara Mengatasi Kesedihan & Trauma Kehilangan Orang Tersayang

Sabtu, 01 April 2023

Setiap orang pasti pernah atau akan mengalami momen kehilangan seseorang yang dicintai. Tidak pernah ada orang yang siap ketika momen ini terjadi. Adanya rasa kesedihan mendalam tentu tidak terelakan. Menurut Stroebe & Schut, beberapa gejala yang umum dirasakan orang yang mengalami kesedihan dapat dikelompokkan ke dalam lima kategori berbeda: secara fisik ditandai dengan sulit tidur hingga kehilangan nafsu makan, kognitif seperti sulit fokus terhadap satu hal, emosional seperti rasa bersalah dan marah terhadap keadaan, interpersonal ditandai dengan menarik diri dari pergaulan, terakhir adalah perubahan gaya hidup dari keadaan sebelumnya.

FWD Insurance
Meski demikian, ada berbagai tips yang dapat dilakukan untuk dapat melewati kesedihan:

  1. Sadari bahwa kesedihan adalah hal yang normal 

Menurut Elisabeth K├╝bler-Ross seorang penulis sekaligus psikiater yang berasal dari Amerika-Swiss, mengatakan ada lima tahapan kesedihan secara umum yang dituliskan dalam buku “The Five Stages of Grief”: Penyangkalan (Denial), Marah (Anger), Menawar (Bargaining), Depresi (Depression) dan Menerima (Acceptance). Berdasarkan teori ini disimpulkan bahwa kesedihan adalah hal normal yang harus dilalui. Dibandingkan menyangkal setiap fase kesedihan, baiknya dengarkan dan berikan waktu, sadari bahwa perasaan ini akan berlalu.


  1. Menangis itu perlu

Salah satu studi dari Frontiers in Psychology mengungkapkan menangis dapat melepaskan oksitosin dan endorfin. Sehingga menangis memiliki efek langsung untuk menenangkan perasaan seseorang. 

  1. Bercerita pada keluarga atau orang terdekat

Bercerita mungkin tidak dapat mengembalikan keadaan kehilangan, namun bercerita dapat melegakan beban kesedihan. Apalagi jika kita bercerita pada orang yang pernah mengalami hal yang sama tentunya memberikan kekuatan dan perasaan tidak sendiri. 


  1. Cari kegiatan yang disukai

Bukan untuk melarikan diri dari perasaan sedih, tetapi melakukan kegiatan yang disukai dapat membantu meningkatkan mood dan bentuk menyayangi diri sendiri. Misalnya menonton film, berjalan-jalan ataupun sekedar menulis sekaligus bentuk terapi rasa kesedihan.


Setiap individu memiliki waktu dan caranya sendiri dalam menghadapi kesedihan. Ada yang melewati fase satu ke fase lainnya dalam hitungan hari bahkan jam, ada pula yang lebih lama. Namun, jika kesedihan semakin berlarut dan berujung menjadi keputusasaan, hal ini dapat berisiko menjadi depresi.


Sebelum hal itu terjadi, disarankan untuk menghubungi orang yang lebih berpengalaman untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. FWD Insurance menghadirkan layanan FWD Care Recovery Plan yang merupakan layanan tanpa tambahan biaya dengan menawarkan manfaat lebih panjang (pasca-klaim) melalui dukungan fisik dan emosional yang bervariasi mulai dari layanan mental konseling hingga bantuan konsultasi hukum yang bisa dimanfaatkan oleh tertanggung atau anggota keluarga hingga 6 (enam) bulan sejak pertama kali kamu aktivasi layanan. Di sini kamu bisa mendapatkan pendampingan terpercaya dari tenaga ahli serta layanan khusus untuk membantu kamu dan keluargamu dalam melalui masa sulit.


FWD Insurance

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan FWD Care Recovery Plan, silakan mengakses melalui website atau menghubungi FWD Customer Care di 1500 525.

Selain itu, FWD Insurance juga menghadirkan #FWDPressPlay untuk kamu yang memiliki mimpi yang tertunda, bisnis yang belum dibangun, petualangan yang belum dijalani, dan rencana yang tak pernah dimulai. Saatnya #PressPlay bersama FWD sekarang dan wujudkanlah semua rencana, mimpi, jangan menunggu nanti. Bangunlah bisnis itu, jalanilah petualangan itu.

FWD Insurance memiliki ragam pilihan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa untuk perlindungan maksimal dirimu beserta keluarga di rumah.

15 komentar

  1. memang yg namanya kehilangan org yg dekat rasanya ga mudah ya mbaa

    semoga tips ini bs membantuuu

    BalasHapus
  2. Yg tercepat biasa aku lakukan yg nomer 4, dan yg paling sulit dilakukan yg nomer 1, hehehe kaya butuh waktu banget sih ya menerima itu

    BalasHapus
  3. Program FWD ini ternyata banyaj juga ya kak, selain proteksi kesehatan. Ini ada program pemulihan jiwa ya.

    BalasHapus
  4. Terimakasih tipsnya ya mb, mengatasi trauma kehilangan memang tak mudah, aku pernah mersakannya kehilangan anakku, tidak mudah tapi tetap harus dilewati.

    BalasHapus
  5. Ditinggalkan orang tersayang tentu tidak mudah ya mbak
    Kita pasti merasakan sedih dan trauma
    Tapi kita bisa menghadapinya, dengan bantuan FWD Insurance ini

    BalasHapus
  6. Setuju banget ada layanan kesehatan jiwa seperti ini. Ternyata juga bisa diklaim pakai Asuransi kesehatan. jadi berobatnya gak pakai biara

    BalasHapus
  7. sepakat, jangan berlarut dalam kesedihan ya, mbak. jadi pingin tahu pilihan asuransi di fwd, nih.

    BalasHapus
  8. Ada pertemuan ada perpisahan itulah hidup yaa...yg paling utama persiapkan mental. Asuransi perlu untuk proteksi diri dan keluarga

    BalasHapus
  9. kehilangan orang tersayang tuh emang pastinya bakal meninggalkan luka yang mendalam dan susah disembuhkan ya maaaak.. huhuhu. butuh waktu dan kalo bisa bantuan orang terdekat atau bantuan profesional juga yaaa

    BalasHapus
  10. Bener banget setiap orang memiliki fase yang berbeda untuk bangkit setelah kehilangan orang yang disayang. Btw, baru tahu di FWD bisa konseling mental, keren banget nih layanannya.

    BalasHapus
  11. Kehilangan pasti akan dialami semua orang ya mba tinggal kita gimana menyikapinya setuju banget kalau FWD punya product yg pas banget buat segala situasi

    BalasHapus
  12. Sedih dalam hidup memang sangat wajar. Tapi ketika timingnya hadir dan kitanya merasa belum siap ((namanya sedih memang gak pernah siap sih ya..)) semoga Allah bantu dengan bentuk kemudahan kesembuhan untuk sehat dari sisi psikis kembali.

    BalasHapus
  13. Setuju, kesedihan memang hal yang wajar , setiap manusia pasti mengalaminya. Biasanya memang waktu yang menyembuhkan. Jadi nggak bisa kalau lagi sedih terus dipaksa langsung gembira.

    BalasHapus
  14. Penting untuk meluapkan emosi dengan menangis dan bercerita pada orang terpercaya karena itu salah satu yg bikin lega

    BalasHapus
  15. Saya pernah kehilangan seseorang secara mendadak dan itu benar bikin trauma. Bahkan sampai depresi dan harus ditangani psikiater.
    Program FWD ini bagus ya, memenuhi kebutuhan nasabah yang pernah ditinggal orang tersayang, gak cuma dapat manfaat asuransinya aja

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)