Blogger Ikut Dukung Transisi Energi dalam ISEW 2023 untuk Mewujudkan Indonesia Bebas Emisi pada 2060

Jumat, 20 Oktober 2023

Blogger atau penulis blog, saat ini memegang peranan penting dalam mempercepat transisi energi menuju sumber energi terbarukan. Ini karena mereka merupakan memiliki pemikiran dan sikap progresif terhadap lingkungan dan menyadari betapa pentingnya energi bersih untuk masa depan. Bahkan setiap tulisan yang dibuat dapat memberikan dampak dan edukasi pada pembacanya terkait transisi energi. So yes, di tulisan kali ini aku akan berbagi cerita terkait Blogger Ikut Dukung Transisi Energi dalam ISEW 2023 untuk Mewujudkan Indonesia Emisi pada 2060. Shall we start the story now? 


ISEW 2023


Media berperan penting sebagai ujung tombak untuk memperkenalkan transisi energi bagi masyarakat, tak terkecuali blogger dan penggiat media sosial. Sesuai dengan fungsinya untuk mengedukasi masyarakat, pemahaman yang benar tentang transisi energi yang diberikan oleh media akan mampu memobilisasi dukungan masyarakat akan percepatan upaya dekarbonisasi sistem energi di Indonesia. 


Mulai dari penggunaan gaya penulisan, serta bahasa dan istilah yang mudah dimengerti oleh masyarakat menjadi salah satu aspek yang krusial dalam menyampaikan pesan transisi energi ini. Blogger dan penggiat media sosial menggunakan media sosial dan jejaring online untuk mempromosikan penggunaan energi terbarukan dan memperingatkan dampak dari sumber energi yang tidak bersih dimana dapat memberikan dampak yang luar biasa bagi masyarakat dengan penyampaian yang mudah dimengerti.


Merespon perkembangan energi transisi di Indonesia, aku bersama teman-teman blogger lainnya datang dan mengikuti Indonesia Sustainable Energy Week (ISEW) 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Kementerian Energi & Sumber Daya Mineral (ESDM) bekerjasama dengan Deutsche Gesellschaft fur International Zusammenarbeit (GIZ). Ya, Indonesia-Jerman semakin memperkuat hubungan kolaborasinya dalam Sistem Energi Dekarbonisasi.


Tentang ISEW 2023 

Indonesia Sustainable Energy Week (ISEW) 2023 dijadwalkan berlangsung selama empat hari yang dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan, termasuk perwakilan pemerintah, profesional, sektor swasta, akademisi, media, dan lainnya mengambil tema “Bersatu Menuju Sistem Energi Dekarbonisasi” bertempat di Grand Ballroom Lt. 11 Hotel Kempinski Jakarta. 


3 Tujuan utama diadakannya Indonesia Sustainable Energy Weeks 2023 yaitu:

  • Jerman-Indonesia berupaya dalam hal menuju transisi energi global dan nasional

  • Menjadi jembatan komunikasi antara pembuat kebijakan dan masyarakat 

  • Serta memperkuat kesadaran mengenai teknologi, kebijakan, dan solusi bisnis yang layak untuk transisi energi di Indonesia


Melihat latar belakang dan tujuan acara kemitraan Indonesia-Jerman ini, Indonesia kini diharapkan mampu untuk mengambil langkah-langkah pembangunan yang tepat menuju sistem energi yang berkelanjutan.


Di samping kerja sama dengan Jerman, pemerintah Indonesia sedang merencanakan langkah-langkah untuk mencapai target net zero emission (bebas emisi) dalam rencana pembangunan jangka menengah dan Visi Indonesia 2045. Tentunya ini mencakup perubahan dalam kebijakan energi nasional, termasuk peningkatan energi terbarukan, perluasan jaringan transmisi, dan lapangan kerja ramah lingkungan. 


ISEW 2023


Agenda ISEW 2023

ISEW 2023 memiliki beragam tema setiap harinya, termasuk pendekatan kolaboratif untuk transisi energi Indonesia, dekarbonisasi sektor energi, teknologi energi terbarukan yang inovatif, dan transisi energi yang adil. 


10 Oktober 2023 - Pendekatan Kolaboratif untuk Transisi Energi Indonesia

Pada hari pertama, ISEW mempertemukan para pembuat kebijakan, pemimpin industri, dan pakar energi dalam upaya menyusun strategi rencana kohesif untuk masa depan energi berkelanjutan. Dengan mengintegrasikan perencanaan transisi energi, kebijakan fiskal progresif, dan inovasi yang dimungkinkan oleh investasi sektor swasta. 


11 Oktober 2023 - Dekarbonisasi Sektor Energi

Di hari kedua ini menekankan pentingnya perubahan bertahap namun transformatif di sektor ketenagalistrikan yang bertujuan untuk mengeksplorasi jalur-jalur yang memungkinkan untuk transisi energi. 


12 Oktober 2023 - Mempercepat Transisi Energi dengan Teknologi Energi Terbarukan yang Inovatif

Hari ketiga menyoroti pentingnya penggunaan energi terbarukan untuk meningkatkan produktivitas dimana menampilkan proyek percontohan energi terbarukan di daerah pedesaan. Komitmen sektor swasta untuk menggunakan energi terbarukan, inovasi yang dilakukan startup teknologi ramah lingkungan, serta potensi pembiayaan ekonomi hijau. 


13 Oktober 2023 - Transisi Energi yang Adil Bukan Sekedar Transisi Energi

Di hari terakhir ini, menunjukkan bahwa Transisi Energi yang Berkeadilan akan menciptakan peluang untuk meningkatkan inklusi sosial, kesetaraan gender, dan meningkatkan kapasitas untuk pekerjaan ramah lingkungan di masa depan dalam bidang energi terbarukan. Dengan melibatkan para pemangku kepentingan, ISEW 2023 bertujuan untuk membuka jalan bagi transisi energi yang inklusif dan berkembang. 


ISEW 2023

Percepat Transisi Energi dengan Teknologi Energi Terbarukan yang Inovatif

Inovasi teknologi diyakini menjadi salah satu faktor kunci pengembangan Energi Baru dan Terbarukan (EBT). Pasalnya, keberhasilan pengembangan EBT salah satunya bergantung pada inovasi dan kemajuan teknologi. 


Kebetulan aku berkesempatan untuk datang ke ISEW 2023 untuk mengikuti Talkshow: Turning Ideas Into Realitys dengan tema Showcasing PV Agri dan PV Boat Project - Where Innovation Meets Implementation pada sesi kedua. Dimana diisi oleh pembicara yang luar biasa yaitu: 

  • Frank Stegmueller, Thematic Lead of Solar Cooling, Technology Cooperation and Digitalisation, GIZ

  • Giri Cahyo Hartono, Direktor, PT Semesta Energi Services

  • Dolorosa M Bria, BPMD Rote

  • Akbar Digdo, YAPEKA

  •  Sefanya Patola, Kepala Desa Naikean 

GIZ Energy Programme bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang berwawasan ke depan, telah menjembatani kesenjangan antara konsep dan kenyataan dimana menunjukkan bagaimana proyek-proyek visioner untuk dapat mengubah ide menjadi praktik yang berdampak. 


Nah, dalam talkshow ini aku mendapatkan banyak insight menarik terkait sinergi teknologi fotovoltaik dan pertanian, dimana PV-Agri menyelaraskan budidaya tanaman dengan pembangkit listrik tenaga surya, menciptakan koeksistensi berkelanjutan antara produksi pangan dan energi bersih. PV-Boat sendiri menjadi solusi tenaga surya menavigasi perairan yang belum dipetakan, menggantikan ketergantungan bahan bakar dengan energi terbarukan guna menuju cakrawala yang ramah lingkungan. 


ISEW 2023


Lalu, setelah makan siang dilanjutkan dengan Workshop/Deep Dive yang mengambil tema Teknologi Baru untuk Transisi Energi dengan pembicara yaitu: 

  1. Adhika Widyaparaga, Team Leader Hydrogen Study of PSE, UGM

  2. Evy Haryadi, Director of Transmission and Planning System PLN

  3. M. Abdul Kholiq, Chairperson of ABgl

  4. Prof. Dr. rer.nat. Evvy Kartini, Pendiri National Battery Research Institute (NBRI)

  5. Pertamina Power and New Renewable Energy (PNRE) 


Tingginya konsumsi bahan bakar fosil dapat mengakibatkan menipisnya ozon yang berujung pada perubahan iklim dan permasalahan lingkungan lainnya. Transisi energi menuju sumber energi berkelanjutan dan terbarukan untuk memerangi perubahan iklim dan mencapai emisi nol bersih dengan mengupayakan pengembangan teknologi canggih dengan efisiensi, efektivitas biaya, dan skalabilitas yang lebih tinggi untuk mendapatkan revolusi cara menghasilkan, menyimpan, dan bahkan memanfaatkan energi ramah lingkungan tersebut. 


Nah, salah satu cara yang bisa kami lakukan sebagai blogger dan juga teman-teman lainnya untuk mendukung transisi energi yaitu melakukan pekerjaan hijau atau green jobs sebagai upaya meminimalisir serta mengurangi efek rumah kaca yang terjadi. 


Apa Itu Pekerjaan Hijau atau Green Jobs?

Sesuai dengan namanya, pekerjaan hijau atau green jobs merupakan jenis pekerjaan yang layak dan ramah lingkungan dimana menurut International Labour Organization (ILO), pekerjaan hijau atau green jobs menjadi lambang dari perekonomian dan masyarakat yang lebih berkelanjutan dan mampu melestarikan lingkungan, baik untuk generasi sekarang maupun untuk generasi yang akan datang. Jenis pekerjaan ini berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan. 


Jadi ya, pekerjaan hijau atau green jobs dilatarbelakangi oleh kualitas lingkungan semakin menurun, termasuk berkurangnya sumber daya alam dan tentunya menjadi permasalahan serius bagi perekonomian di masa datang. Ditengah krisis iklim dan tren transisi energi, pekerjaan hijau atau green jobs merupakan suatu keniscayaan yang susah diciptakan. Namun dengan upaya pengembangan green skill serta peningkatan pengetahuan sesuai prinsip keberlanjutan lingkungan, bukanlah hal yang susah untuk dapat mewujudkan cita-cita penciptaan pekerjaan hijau atau green jobs di Indonesia dapat terlaksana. 


ISEW 2023

Malah ya dari salah satu artikel yang aku baca secara online, Linkedin mencatat bahwa lowongan pekerjaan dengan pengetahuan dan green skill yang baik meningkat sebesar 8% per tahun. Lalu apa saja sih sektor pekerjaan hijau atau green jobs dengan green skill? Well beberapa diantaranya yaitu fashion berkelanjutan, daur ulang, ilmu kesehatan dan kesehatan kerja, pengetahuan iklim serta sistem tenaga surya.


Bidang-bidang pekerjaan yang berpotensi menjawab masalah perubahan iklim dan lingkungan adalah pemulihan stok dan konstruksi hijau, pengolahan limbah dan daur ulang, transportasi umum, pemulihan konstruksi hijau, pertanian dan produksi pangan yang berkelanjutan, kehutanan yang berkelanjutan (bersertifikasi) serta mencegah deforestasi, pengelolaan manufaktur dan rantai pasokan, suplai dan efisiensi energi serta pelestarian biodiversitas dan ekosistem. Salah satu yang sudah terlihat di perkotaan yaitu melakukan urban farming sebagai langkah awal memulai pekerjaan hijau atau green jobs.


Sedangkan untuk para blogger dan penggiat sosial media bisa melalui tulisan yang membahas tentang transisi energi dan gerakan untuk mewujudkan Indonesia Bebas Emisi 2060 dengan memberikan contoh langsung dalam setiap artikel maupun konten yang dibuat seperti video sedang melakukan manajemen sampah, mengolah sampah organik, mengolah sampah organik menjadi sumber energi terbarukan, hingga pola makan ramah iklim.

22 komentar

  1. Wah kayak apa ya pola makan ramah lingkungan? Oh apa macam makan sebelum kenyang, jadi tidak mubadzir sama makanan. Begitu kah?

    BalasHapus
  2. Acaranya keren dan turut mengundang blogger ya. .mengolah sampah sendiri, masih PR aku banget nih mba Air
    Makasih ya tulisannya

    BalasHapus
  3. Bagus banget sih, kalau bisa bebas emisi. Semoga bisa terwujud dan kita mulai dari diri sendiri.

    BalasHapus
  4. Senangnya kita bisa hadir dalam ISEW 2023 ya mak. Jadi lebih paham tentang transisi energi, energi baru dan terbarukan. Masyarakat, pemerintah dan berbagai pemangku kepentingan harus bersinergi agar semua rencana terealisasi dengan optimal. Terutama yang berkeadilan untuk semua serta menuju green jobs supaya dapat sumber daya manusia yang sangat berkualitas.

    BalasHapus
  5. Jadi tau lebih banyak tentang Indonesia Bebas Emisi 2060 melalui tulisan para blogger. Saya dukung banget. Semoga bisa terwujud. Agar bumi semakin sehat.

    BalasHapus
  6. Blogger termasuk bagian dalam masyarakat yang memang sudah berkewajiban mendukung kelestarian bumi. Salah satunya mendukung transisi energi. Karena kalau bukan mulai dari kita, dari siapa lagi?

    BalasHapus
  7. Acaranya seru banget siii ISEW ini mana temanya macem-macem kan. Jadi kita bisa upgrade dan update ilmu seputar transisi energi juga. Apalagi ada pertemuan para pembuat kebijakan, pemimpin industri, dan pakar energi dalam upaya bikin strategi buat masa depan energi berkelanjutan.

    BalasHapus
  8. Kalau ngomongin transisi energi memang agak ribet, makanya butuh penyampaian yang lebih simpel biar mudah dipahami. Syukurnya gandeng Blogger kan

    Well, semoga Indonesia bisa nerapin ini dengan baik dan bisa manfaatin energi terbarukan yang ada. Soalnya potensinya banyak banget

    BalasHapus
  9. Bebas emisi adalah impian semua orang di dunia. Apalagi Indonesia yg memiliki hutan yg dulunya banyak dan makin ke sini makin berkurang. Semoga kerjasama Indonesia Jerman ini sukses dan semua harapan tercapai.

    BalasHapus
  10. Acaranya bagus banget, lengkap dibahas mengenai transisi energi ini. Mulai dari pangan sampai pekerjaan pekerjaan yang berhubungan dengan energi terbarukan.

    BalasHapus
  11. Tak bisa dipungkiri bumi makin tua dan rusak karena dikeruk terus sumber dayanya, makanya semua pihak harus mulai berpikir gimana caranya supaya bisa membuat bumi minimal gak terus rusak. Salah satu caranya memikirkan energi terbarukan yang lebih ramah lingkungan ya mbak.
    Acara kyk gini bagus buat kasi pencerahan ke masyarakat dan juga pelaku industri untuk memikirkan pekerjaan hijau yang tak hanya sekadar mendatangkan profit tapi juga membantu menjaga alam.

    BalasHapus
  12. Seneng banget ya Mba, bisa ikutan hadir di Acara ISEW 2023 ini. Menarik banget ya pembahasannya tentang transisi energi. Mengenai pola makan ramah iklim ini seperti apa, ya, Mba?

    BalasHapus
  13. Keren bgt acaranya mbaaa

    semua kudu berkontribusi yaaa, demi tercapainya target net zero emmissions dan bs ciptakan planet Bumi yg lebih sehaattt lagii

    BalasHapus
  14. Molly kepo sama bagian green jobs. Itu maksudnya contohnya bagaimana? Apa influencer lingkungan juga termasuk?

    BalasHapus
  15. Saat ini memang harus mulai transisi ke energi terbarukan yang lebih ramah lingkungan, rendah emisi karbon, dan bisa menjangkau semuanya.

    BalasHapus
  16. Selaras dengan program negara negara di dunia bahwasanya greenjobs dan greenfoods harus menjadi landasan kuat demi menentukan kelestarian alam dan lingkungan. Energi terbarukan bebas emosi semoga segera terbukti ya

    BalasHapus
  17. Amiin~
    Semoga Seluruh dunia merasakan indahnya dunia tanpa polusi karena kita semua sudah beralih ke energi transisi yang memungkinkan penduduknya bumi lebih perhatian terhadap isu-isu lingkungan hidup yang kini mulai disadari mengubah gaya hidup kita semua.

    BalasHapus
  18. Transisi energi itu penting, harus segera diusahakan. Siapapun harus mendukung, termasuk blogger ya mbak

    BalasHapus
  19. Blogger memang punya peran penting yak untuk menyampaikan informasi, aku jadi lebih memahami tentang transisi energi. Semoga bisa terwujud, Indonesia bebas emisi...

    BalasHapus
  20. Iyap sekarang banyak sekali jenis urban farming sbg langkah awal memulai pekerjaan hijau.. san itu juga bisa kita lakukan dari rumah dari hal2 sederhana ya mba

    BalasHapus
  21. Semoga indonesia beneran bisa zero emisi ya. Harapanku transportasi publik ditambah jadi makin banyak orang yg beralih dari mobil pribadi ke transport publik kayak di Jepang. Ramah pejalan kaki dan pesepeda juga

    BalasHapus
  22. Wah dukung banget nih gerakan bebas emisi iniiii. Semoga terwujud indonesia bebas emisi di tahun 2060 ya mak, untuk kebaikan bumi juga kan pastinyaaaa

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)