Ini 9 Tips liburan Bersama Anak, Tetap Anteng Walau Naik Pesawat

Jumat, 27 Oktober 2023

Berangkat menikmati liburan bersama keluarga adalah momen yang berharga. Terlebih, jika perjalanan ditempuh dengan pesawat yang akan memangkas waktu perjalanan jadi lebih singkat. Apalagi, untuk membeli tiket pesawat promo saat ini juga lebih mudah, salah satunya melalui aplikasi seperti Traveloka.

Traveloka

Perjalanan naik pesawat bersama anak pun bisa menjadi pengalaman yang sangat berkesan. Namun, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan untuk menghindari hal tidak diinginkan. Nah, teruntuk kamu yang berencana liburan bersama anak naik pesawat, berikut ini beberapa tips yang bisa membantu.

1. Rencanakan Perjalanan dengan Matang

Merencanakan perjalanan dengan matang beberapa hari atau bahkan minggu sebelum tanggal keberangkatan adalah hal yang krusial. Langkah ini adalah langkah yang sangat penting. Kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal, seperti pilihan dan informasi destinasi yang akan dikunjungi, durasi perjalanan menuju bandara keberangkatan, waktu yang tepat untuk berlibur bersama keluarga, hingga akomodasi setibanya di tempat liburan.

Sebelum berangkat ke bandar udara, pastikan kamu telah mengurus segala dokumen perjalanan yang diperlukan seperti paspor dan visa jika akan pergi ke negara lain, lalu cek kembali detail penerbangan yang ada pada tiket pesawat. Pastikan juga kamu telah memesan tiket dengan cukup awal, terutama jika kamu bepergian selama musim liburan, baik itu musim libur sekolah atau libur nasional.

2. Pilih Jadwal Penerbangan yang Tepat 

Saat akan memesan tiket pesawat, perhatikan kembali jadwal penerbangan yang cocok untuk kamu sekeluarga. Memilih penerbangan yang tidak terlalu larut malam atau terlalu pagi bisa jadi pilihan, karena bisa mengganggu pola tidur anak. 

Selain itu, pertimbangkan untuk memilih penerbangan langsung (direct flight) daripada yang memiliki transit yang panjang. Penerbangan langsung cenderung lebih nyaman dan mempersingkat waktu perjalananmu.

3. Persiapkan Dokumen Penting

Pastikan juga kamu memiliki semua dokumen yang diperlukan dan sudah mengurusnya, terutama jika hendak bepergian ke luar negeri. Ini termasuk paspor dan visa jika diperlukan. Simpan dokumen-dokumen ini dalam tas tangan yang mudah diakses.

Traveloka

Jangan lupa untuk menyiapkan perlengkapan dan obat-obatan yang dibutuhkan selama perjalanan. Barang-barang seperti popok, susu formula, makanan bayi, obat-obatan tertentu, dan peralatan lainnya jika dibutuhkan. Pastikan kamu membawa cukup stok untuk sepanjang perjalanan, termasuk cadangan untuk beberapa hari. Juga, selalu bawa obat-obatan penting seperti penurun panas, obat batuk dan flu, serta perban atau obat merah.

4. Persiapkan Tas yang Berisi Barang-barang Penting

Persiapkan tas khusus yang berisi barang-barang penting selama penerbangan. Oia, kamu bisa mengisinya dengan makanan ringan, mainan anak, popok, pakaian ekstra, tisu basah, tisu kering, dan perlengkapan mandi jika diperlukan. Perlu diingat kamu akan sering mengakses tas ini selama penerbangan, jadi pastikan semuanya mudah dijangkau.

5. Pilih Kursi

Saat memesan tiket pesawat seperti di aplikasi Traveloka, pertimbangkan untuk memesan kursi yang sesuai dengan kebutuhan keluarga. Jika kamu bepergian dengan bayi, pilih kursi dengan ruang kaki yang lapang. Jika memungkinkan, pilih kursi yang berdekatan agar bisa berkoordinasi dengan mudah dengan pasangan.

6. Tetap Tenang!

Perjalanan dengan anak-anak mungkin tidak selalu berjalan sesuai rencana. Terkadang, si kecil mungkin merasa gelisah atau rewel. Berusahalah untuk tetap tenang. Cobalah berikan dukungan kepada anak-anak saat mereka membutuhkannya. Ingatlah bahwa perjalanan ini adalah bagian dari pengalaman yang seru dan menyenangkan bersama keluarga.

Traveloka

7. Berikan Anak Pengertian

Perjalanan adalah kesempatan yang baik untuk memberikan pengertian dan pengalaman kepada anak-anak. Sebelum pergi, ajak mereka untuk mempelajari tentang tempat tujuan liburan. Berikan anak pengertian mengenai perjalanan dengan pesawat terbang, yang mungkin akan mengalami beberapa ketidaknyamanan seperti turbulensi atau waktu tempuh yang cukup lama. Jelaskan beberapa hal yang wajar terjadi namun tidak perlu dikhawatirkan.

8. Perhatikan Asupan Makanan dan Minuman

Pastikan untuk membawa makanan dan minuman yang sesuai dengan kebutuhan anak-anak selama penerbangan. Kebanyakan maskapai menyajikan makanan, tetapi mungkin tidak selalu sesuai dengan selera anak-anak. Bawa camilan yang mereka sukai, dan pastikan kamu membawa cukup cairan untuk menjaga mereka tetap terhidrasi.

Lalu, pastikan juga tentang keamanan anak ya! Ini karena keamanan anak selalu menjadi prioritas utama. Selama penerbangan, pastikan bahwa anak-anak selalu menggunakan sabuk pengaman dan duduk dengan benar di kursi. Juga, berbicaralah kepada mereka tentang pentingnya tidak bermain-main di bandara dan di pesawat. 

Traveloka

9. Ajak Anak Bermain

Terakhir, kamu bisa mengajak anak bermain atau menceritakan tentang destinasi yang akan kamu tuju. Jelaskan bahwa perjalanan ini akan menjadi hal yang menyenangkan. 

Dengan persiapan yang matang, perjalanan dengan pesawat bersama anak-anak bisa menjadi pengalaman yang menarik dan seru. Kamu juga bisa mengingat-ingat jika perjalanan adalah tentang petualangan dan belajar bersama keluarga tercinta.

Well, semoga tips liburan di atas bisa membantu kamu yang mungkin hendak melakukan liburan bersama anak-anak. Atau barangkali kamu punya pengalaman seru, lucu, maupun yang tak terlupakan ketika liburan bersama anak-anak menggunakan pesawat. Boleh yuk share pengalamannya di kolom komentar.

18 komentar

  1. Wah masyaallah berguna sekali tips nya untuk yang mempunyai toddler atau balita agar tetap bisa traveling tanpa mamak nya senewen, sangat penting untuk bekerja sama dengan anak degan cara memberi pengertian perihal apapun yang akan dilakukan antara ibu dan anak.

    BalasHapus
  2. Pas anakku kecil, entah kenapa tiba tiba dia pengen beli makanan atau jajanan di pesawat. Nangis. Padahal udah bawa makanan juga dan jajan. Itu pas jalan berdua ama anak. Tapi aku slalu berusaha barang dia selalu tersedia kalau bepergian naik pesawat

    BalasHapus
  3. Memang repot ya kalo traveling bersama anak-anak. Namun ini bisa jadi momen yang akan selalu dikenang oleh mereka hingga dewasa kelak. Pengalaman saya kalo bawa anak itu yang penting penuhi kebutuhan makannya jangan sampai kelaparan, kalau mengantuk pastikan mereka bisa tidur dengan cukup nyaman, dan bawa mainan favorit mereka. Dijamin akan anteng selama perjalanan gak rewel.. :)

    BalasHapus
  4. Liburan bersama anak memang butuh kesabaran. Pernah di perjalanan, anakku yang saat itu masih balita rewel, setelah menempuh belasan jam perjalanan udara. Pasutri (orang Rusia) di belakang kursiku ngomel" aja, dan komplain sama pramugari. Aku dah minta maaf...dia tetap ga terima, aku jadi ga tenang, anakku tambah rewel. Akhirnya anakku digendong bapaknya jalan-jalan keliling kabin sampai dia tenang.

    BalasHapus
  5. Jadi ingat traveling mengajak anak-anak memang tidak mudah. Meski relatif bisa dikondisikan, tapi ada saja yang kelupaan, barang ketinggalan, dsb. Memang harus dipersiapkan dengan baik jika traveling bareng anak. Makasih sharingnya...soal tempat duduk ini kadang repot kalau pesan tiket dadakan.

    BalasHapus
  6. Untuk cuaca Indonesia yg sedang sangat panas saat ini, sepakat sih memastikan asupan makanan minuman saat ini sangat penting mencegah dehidrasi ataupun diare atau apalah banyak penyakit anak

    BalasHapus
  7. Kalo sama adek dulu pas kecil dia agak takut naik pesawat. Ada tips gak mbak biar ga takut lagi?

    BalasHapus
  8. ngajakin anak liburan apalagi jauh memang tricky, harus banyakin sabar buat ngasih mereka pengertian. karena kadang anak-anak keinginan suka ga terduga. yes sepakat jaga asupan nutrisinya. kalo mereka sehat, jadi ceria melakukan perjalanan

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah anak-anakku selama camilan cukup dan hawanya dingin, semua tertidur dengan pulas
    Namun ada juga yang menikmati langit dan awan
    Ah jadi kangen mudik deh

    BalasHapus
  10. Berguna sekali nih tipsnya kak, setuju dengan semua poinnya kalau liburan bareng anak memang persiapannya harus matang. Dulu waktu belum sekolah aku sering liburan bareng anak sekarang begitu sudah masuk SD kesulitan pilih waktu buat liburan

    BalasHapus
  11. Jadi inget liburan pertamanya anak2 dg naik pesawat, mrk super excited sy malahan super deg2an. Persiapannya luar biasa, pdhal terbangnya ga cm sekitar satu jam hahaha. Waktu itu liburan ke Belitung, setelah pengalaman pertama berikutnya udah bisa lebih tenang sih, bahkan perjalanan panjang pun alhamdulillah aman

    BalasHapus
  12. Anakku diajak naik pesawat waktu masih kurang dari setahun, jadi dia kurang inget kayanya. Memang kalau udah gede kasih pemahaman dulu, bawa mainan atau yang dia suka, sediain makanan pasti bakal anteng sih kayanya

    BalasHapus
  13. Tips yang sangat bermanfaat nih, apalagi yang masih punya anak kecil tapi harus bepergian naik pesawat. Saya pun mungkin akan deg deg an kalau bawa anak kecil naik pesawat, jadi persiapannya kudu matang banget.

    BalasHapus
  14. Kalau anaknya udah gedean agak mayan, tapi kalau anaknya masih cilik apalagi balita emang bepergian agak jauh tu menantang ya. Butuh banyak persiapan dan sounding2 sebelum bepergian. Tapi bener sih mbak yang penting ortu udah prepare segalanya dan jangan panik ketika mungkin ada sesuatu yang meleset atau gimana, tetap tenang dan cari solusi supaya tetep bikin anak nyaman :D

    BalasHapus
  15. Tantangan banget yaa.. perjalanan sama anak tuh.. Apalagi yang masi balita.
    Tapi di situ letak kebahagiannya. Ribet yang dikangenin.

    BalasHapus
  16. Asyik deh kalau bisa jalan2 SM anak2 naik pesawat. Rasanya bakal jd pengalaman tak terlupakan mengingat ini moda transportasi yg belum pernah dicoba keluarga saya, wkwkw. Naik kereta api aja kami senang sekali, apalagi kalau bisa menikmati rasanya take off dan landing. Moga disege6

    BalasHapus
  17. Seru kalau sama anak-anak. biasanya pas berangkat semangat banget eeeh abis itu biasanya pada tidur bobo kalau anak-anakku di abis itu. Jadi kadang ga sempat maen, mungkin butuh perjalanan agak panjang biar bisa mainan di pesawat

    BalasHapus
  18. Kalau bawa anak biasanya aku bawa mainan yg dia suka atau bawa buku,atau kertas nanti dia gambar atau warnain. Anteng tuu

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)