Yuk Kenalan dengan Skinsociate, Komunitas Binaan Skinproof untuk Tingkatkan Loyalitas Pelanggan

Selasa, 10 Oktober 2023

Banyak dari brand kecantikan yang membentuk sebuah komunitas untuk kemudahan pemasaran, meningkatkan brand awareness, sumber data guna riset produk, dan kegiatan yang membawa keuntungan bagi brand itu sendiri. Begitupun dengan Skinproof yang memahami pentingnya review dan feedback dari pelanggan setia guna mendukung riset dan pengembangan produk kosmetik yang nantinya akan dipromosikan. So, di tulisan kali ini aku ingin mengajak kamu semua untuk "Yuk Kenalan dengan Skinsociate, Komunitas Binaan Skinproof untuk Tingkatkan Loyalitas Pelanggan". Shall we start now?

Skinsociate

Tapi, sebelum aku memperkenalkan Skinsociate, komunitas binaan Skinproof untuk meningkatkan loyalita pelanggan. Aku mau berbagi opini bagaimana peran komunitas di era digital seperti sekarang ini. 

Komunitas: Makin Penting di Era Digital 

Salah satu kebiasaan konsumen pada umumnya, terutama di Indonesia, adalah berkumpul dan bersosialisasi. Mereka berkumpul karena mempunyai minat dan kesukaan yang sama dimana hal ini membuat mereka membantuk komunitas.

Komunitas sendiri menjadi media ampuh untuk strategi pemasaran, dan menjadi semakin penting dalam era digital seperti sekarang ini. Komunitas ini terbentuk berawal dari memiliki visi dan misi yang sama. Mulai dari komunitas blogger, komunitas penyayang binatang, komunitas mobil, hingga komunitas kecantikan atau beauty community.

Nah, banyak dari brand kecantikan membentuk sebuah komunitas untuk kemudahan pemasaran, pembangunan brand awareness, sumber data guna riset produk, dan kegiatan yang menguntungkan bagi brand itu sendiri, namun di samping itu sebagai dari anggota sebuah beauty community juga akan mendapatkan manfaat yang tak kalah setara, dapat dikatakan dengan adanya beauty community ini memberikan simbiosis mutualisme bagi kedua belah pihak. 

Skinsociate

Lalu, bagaimana komunitas bisa dimanfaatkan dalam strategi pemasaran? Well, pemasaran lewat komunitas adalah strategi yang jitu nan ampuh untuk melibatkan pelanggan secara aktif dan tanpa kesan memaksa, menciptakan suatu aliran percakapan dan informasi yang bermanfaat, bagi bagi perusahaan, konsumen, maupun pasar. 

Aku sendiri, tergabung dalam beberapa komunitas blogger dan influencer sejak tahun 2016. Tentu, dengan menjadi anggota dari beberapa komunitas tersebut membawa banyak manfaat dan keuntungan baik dari segi materi maupun non materi. Yang jelas, semenjak menjadi bagian dari komunitas ini, networking dan wawasan bertambah luas, serta cuan yang cukup lumayan. 

Peran Komunitas di Era Digital 

Lewat komunitas para pelanggan bisa lebih mudah berinteraksi dengan sesama pelanggan, menghubungkan pelanggan dengan non-pelanggan, menciptakan loyalitas yang lebih dalam, dan membantu perusahaan agar bisa mendapatkan input berharga dalam usaha meningkatkan kualitas produk atau layanannya. 

Menariknya, teknologi yang ada kini sangat mendukung segala aktivitas dan interaksi dalam suatu komunitas. Kini manusia bebas beraktivitas dan berinteraksi tanpa dibatasi oleh kendala fisik, waktu, dan lokasi. 

Bahkan, lewat berbagai media sosial yang disediakan secara gratis, serta teknologi mobile dan ponsel yang semakin canggih, memungkinkan komunitas ini untuk bisa melakukan banyak aktivitas hanya lewat ujung jarinya. 

Yes! Media sosial memungkinkan kita untuk berinteraksi, bersosialisasi, dan berkumpul 24 jam, 7 hari nonstop. Sementara teknologi mobile dan ponsel memungkinkan kita untuk berinteraksi dan bersosialisai di mana pun, kapan pun. Alasan inilah yang membuat banyak brand besar membentuk suatu komunitas dari pelanggannya guna meningkatkan loyalitas untuk menciptakan image yang baik dan awareness yang diinginkan pasar. 

Skinsociate

Peluang Meningkatkan Loyalitas Melalui Komunitas

Ketika perusahaan fokus untuk membangun komunitasnya, semakin peduli untuk membantu dan mendekatkan diri dengan pelanggan, maka tindakan ini bisa menciptakan keterikatan emosional antara perusahaan dan pelanggan. 

Ini adalah awal yang bagus ketika para pelanggan merasa mereka punya corong dan media sendiri untuk menyalurkan aspirasi dan bahkan turut serta berpartisipasi dalam membantu perusahaan mencapai image brand dan awareness yang diinginkan. Dari sinilah perusahaan punya peluang untuk meningkatkan loyalitas semua pelanggannya.

Dengan adanya loyalitas pelanggan dari komunitas yang sudah terbentuk ini tentu perusahaan akan mendapatkan keuntungan dalam hal mendapatkan ulasan dan feedback yang jujur dari para pelanggan. Salah satu perusahaan yang membangun komunitas guna meningkatkan loyalitas pelanggan yaitu Skinproof. 

Skinsociate

Skinproof Bangun Komunitas untuk Tingkatkan Loyalitas Pelanggan

Skinproof, anak Perusahaan Arya Nobel yang bergerak di bidang cosmetic testing dan consumer research, memahami pentingnya ulasan dan feedback dalam mendukung riset dan pengembangan produk kosmetik yang akan dipromosikan oleh para pelanggan setianya. Untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, Skinproof mengembangkan Skinsociate, komunitas yang terdiri dari para pengguna dan penggemar kosmetik yang tertarik untuk mencoba dan memberikan feedback.

Head of Skinproof, Theresia Sinandang menyatakan bahwa “Skinsociate merupakan komunitas yang diciptakan Skinproof dengan tujuan mempromosikan kesehatan kulit melalui saran ahli, konten informatif, serta wawasan konsumen dalam ekosistem yang suportif dimana para Panelist Skinsociate akan memiliki kesempatan untuk terhubung dengan sesama penggemar kecantikan dan individu yang peduli tentang kesehatan kulit, membentuk hubungan yang erat, dan mendukung satu sama lain dalam perjalanan kecantikan mereka.”

Saat ini Skinsociate telah memiliki 10.000 anggota yang sudah berpartisipasi dalam berbagai macam riset di Skinproof, dengan rentang usia 17 – 57 tahun, yang sebagian besar tersebar di Jabodetabek dan Banten.  Di saat yang sama, Skinsociate juga membantu bagian consumer research Skinproof untuk lebih memahami perilaku konsumen terkait klaim produk atau perilaku konsumen secara umum sehingga mendapat insight yang lebih kredibel,” ujar Theresia.  

Skinsociate

Dijelaskan oleh Theresia, “Dengan bergabung di komunitas Skinsociate, anggota komunitas memiliki berbagai keuntungan seperti berkesempatan untuk terlibat dalam riset-riset yang dilakukan Skinproof dan bisa mencoba berbagai produk baru secara gratis hingga memperoleh kompensasi atas partisipasi mereka dalam riset tertentu” tambahnya. Untuk bergabung menjadi anggota komunitas Skinsociate persyaratannya cukup mudah, yaitu hanya dengan mengisi form kesediaan menjadi anggota pada link berikut https://bit.ly/VolunteerSkinsociate


“Kami percaya bahwa keterlibatan komunitas adalah kunci dalam membangun loyalitas yang kuat  terhadap produk para pelanggan kami maupun terhadap Skinproof sebagai penyedia layanan research. Kami telah melihat bagaimana komunitas bisa menjadi wadah untuk berbagi tips dan pengalaman akan penggunaan produk-produk kosmetik. Inisiatif ini memungkinkan kami untuk lebih mendekatkan diri dengan anggota Skinsociate dan memberikan layanan terbaik bagi para pemilik brand kosmetik selaku customer Skinproof,” tutup Theresia.


Skinsociate


Pengalaman Bergabung dalam Skinsociate, Komunitas Besutan Skinproof untuk Tingkatkan Loyalitas Pelanggan


Alhamdulillah sudah 3 bulan ini aku menjadi bagian dari Skinsociate, komunitas yang didirikan oleh Skinproof yang sedikit banyaknya membantu menyebarkan informasi terkait skincare, makeup, body care, dan hair care yang aman untuk digunakan serta mengajak pembaca blog dan followers aku agar bisa lebih cerdas untuk memilih produk kecantikan.


Umumnya, sebagai pelanggan kita akan mencoba produk kecantikan atas dasar review yang diberikan oleh teman, kerabat, keluarga, maupun netizen yang budiman. Dimana gak semua review dan klaim atas produk kecantikan tersebut berlaku sama pada diri kita masing-masing. Nah, peran dari anggota Skinsociate ini adalah untuk lebih memahami perilaku konsumen mengenai klaim produk alias perilaku konsumen secara umum sehingga mendapatkan insight yang kredibel.


Kepoin deh akun instagram @skinsociate.id, di sana kamu akan menemukan banyak sekali informasi penting terkait kecantikan melalui pendapat para ahli, insight menarik dari para anggota, dan bagaimana suatu dan komunitas yang mendukung secara positif dalam menyuarakan pentingnya menjaga kulit dengan produk terbaik sesuai dengan jenis kulit masing-masing.


Skinsociate


Tak hanya itu, Skinsociate juga membantu para pelanggan merasa nyaman dengan kondisi kulit mereka masing-masing serta memberikan rekomendasi terbaik dalam setiap produk kosmetik yang digunakan guna mendapatkan skin health goals masing-masing. Jangan lupa buat follow akun instagram @skinproof.id ya!


Karena itu, yuk bergabung di Skinsociate dan menjadi bagian dari Skinproof dalam mempromosikan kesehatan kulit melalui saran ahli, konten informatif, serta wawasan konsumen dalam ekosistem yang suportif dimana para Panelist Skinsociate akan memiliki kesempatan untuk terhubung dengan sesama penggemar kecantikan dan individu yang peduli tentang kesehatan kulit, membentuk hubungan yang erat, dan mendukung satu sama lain dalam perjalanan kecantikan masing-masing.


36 komentar

  1. waah aku familiar nih sama banyak wajah member skinsociate, para influencer beauty blogger dan vlogger kitah...semga skinsociate terus berkembang membagikan konten informatif bagi pengguna skincare di tanah air

    BalasHapus
  2. aku juga ngerasain banyak manfaat setelah bergabung dalam beberapa komunitas
    selain bisa ketemu teman-teman dengan peminatan yang sama, komunitas juga membantu kita untuk berkembang.
    nah Skinsociate ini pas banget untuk teman2 yang suka dengan kecantikan, banyak dapat benifit nya ya

    BalasHapus
  3. Penasaran sih sama komunitasnya. Gabung? Nggak? Kayaknya udah banyak ya yang udah join?

    BalasHapus
  4. "gak semua review dan klaim atas produk kecantikan tersebut berlaku sama pada diri kita masing-masing" Inii bener banget. Review bagus dari teman/influencer, gak menjamin skin care tersebut bagus juga saat diaplikasikan ke kita. Semua tergantung jenis, muka, dan kecocokan deh ya pokoknya.

    Seru kayanya ya ikutan komunitas Skinsociate ini, jadi makin tau banyak hal dan lengkap mengenai skin care sepertinya :D

    BalasHapus
  5. Wow, member Skinsociate ternyata sudah tembus 10.000 orang ya, mantap sekali! Jadi dengan mengikuti komunitas ini anggotanya bisa saling mengenal, tahu info terkini soal skincare dan perawatan wajah, pokoknya jadi tambah wawasan kesehatan dan kecantikan kulit ya. Keren!

    BalasHapus
  6. wah banyak juga ya anggota komunitas skinproof ini. memang di era sekarang bergabung ke komunitas itu bisa mendatangkan banyak manfaat bagi kita selain ilmu dan pastinya juga teman baru

    BalasHapus
  7. Wah, menarik sekali komunitas ini
    Tempat berkumpulnya para beauty enthusiast ya ini mbak
    Bisa ngobrolin soal beauty ya

    BalasHapus
  8. Aku baru masuk dan bergabung di Skinsociate nih mba aie penasaran juga biar dapat ilmu lebih banyak lagi tentang perawatan kulit dan per skincare-an

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah aku jadi pengen segera masuk juga mbak. Selain dapat pengetahuan buat diri sendiri kita juga bisa sharing/ edukasi kasi pengetahuan yang sama ke orang2 terdekat kita ttg produk kecantikan yang aman ya.

      Hapus
  9. Pilihan yang tepat sekali ini ya kak, dengan mengikuti komunitas kecantikan jadi bisa sharing juga tentang produk yang digunakan atau yang akan dibeli ya.

    BalasHapus
  10. Aku langsung apply dong
    Apalagi memang aku pengen punya partner untuk kulitku
    Siapa tahu dengan ceritaku bisa jadi ada solusi

    BalasHapus
  11. Wah kayaknya kok menarik ini komunitasnya. Apalagi kalau yang berhubungan sama produk kecantikan. Tapi gak cuma menonjolkan sisi itu, melainkan juga mengangkat kesehatan kulit dan keamanan produk buat penggunanya ya mbak. Jadi bisa menambah wawasan dan jadi lebih aware ttg produk berkualitas juga. Jadi pengen gabung deeh.

    BalasHapus
  12. Aku juga udah daftar nih hehehe, menarik banget ikut komunitas yang empowering seperti ini

    BalasHapus
  13. Anggota nya ada beberapa yg kenal. Kerennn. Komunitas cewek banget jadi memang sekaligus campaign soal kecantikan ke perempuan lain

    BalasHapus
  14. Bakal nambah wawasan dan informasi buat semua perempuan ga cuma soal kecantikan namun juga kesehatan kulit dan keamanan proudk kecantikan juga

    BalasHapus
  15. Asyik ya, berkomunitas ketemu banyak teman yg interestnya sama mba Aie. Keren Skinsociate, aku suka baca2 dulu sebelum beli produk skincare.. sukses terus ya untuk para anggotanya

    BalasHapus
  16. Betul banget mbak, Bergabung sama komunitas itu bikin kita jadi makin tau banyak hal.. dan.. tambah ilmu juga teman juga. Cocok mbak Aie gabung Skinsociate, sesuai dengan kesukaan hehe..

    BalasHapus
  17. Waah keren sekali ya dilibatkan dalam berbagai riset. Padahal konsumen. Keren sekali komunitas skinsociate ya Mbak Ai

    BalasHapus
  18. Mak, aku udah daftar gabung komunitasnya dg isi form. Tapi blm ada kelanjutannya. Itu tuh ntar bakal dihubungi ya? Atau ada seleksinya? Soalnya di beauty community lain kan suka ada seleksi

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga kemarin daftar mbak dan belum ada kabar juga nih. mungkin ada seleksi ya dari pihak skinsociatenya

      Hapus
  19. Molly juga mau ikutan komunitasnya. Semoga segera merambah ke wilayah lainnya di Indonesia. Pingin juga ikut kumpul dan sharing bareng.

    BalasHapus
  20. Seru banget ya komunitas ini saling berbagi dan bikin konten positif. Konten skincare sekarang banyak banget dan bagus-bagus.

    BalasHapus
  21. Saya belum gabung nih. Pengen banget gabung dengan Skinsociate. Ada komunitasnya, kita bisa saling share dan terhubung. Antara pelanggan dan pelanggan, atau juga pelanggan dann non pelanggan.

    BalasHapus
  22. Aku tuh senang banget deh gabung di dalam komunitas, apalagi kalau memang komunitasnya yang aku suka secara hobi ya. Tapi kalau untuk Skinsociate tuh kayak wajib ikut sih.

    BalasHapus
  23. Wah komunitas yang seru
    Ini pasti jadi incaran para beauty enthusiast ya mbak
    Bisa bahas banyak hal tentang skincare

    BalasHapus
  24. Wah keren nih ada Skinsociate, komunitas yang concern dalam hal kulit dan kecantikan serta kesehatan kulit ya. Iya banget deh, sekarang mah udah masanya berkomunitas. Kerasa banget deh manfaatnya untuk seluruh anggotanya. Saling sharing dan saling bersinergi. Keren nih Skinsociate.

    BalasHapus
  25. Wah keren nih ada Skinsociate, komunitas yang concern dalam hal kulit dan kecantikan serta kesehatan kulit ya. Iya banget deh, sekarang mah udah masanya berkomunitas. Kerasa banget deh manfaatnya untuk seluruh anggotanya. Saling sharing dan saling bersinergi. Keren nih Skinsociate.

    BalasHapus
  26. Kudu banget ikutan nih.. komunitas yang disukai karena selain ada ilmunya, pertemanan semakin meluas dan semoga ada rejekinya juga.. ehhe, kan seneng banget kalo ada job yang bisa dikerjain bareng-bareng.

    BalasHapus
  27. Sekarang memang harus gitu ya kak, produsen tak semata2 mengejar omset, tapi mau juga turun tangan untuk menjaga loyalitas pelanggannya melalui komunitas. Anggota komunitas bisa mendapatkan banyak manfaat dari hubungan timbal balik ini dengan pemilik brand.

    BalasHapus
  28. Eh unik juga ya mbak komunitasnya. Beneran tumben denger nih. Jadi penasaran pengen gabung, pengen sharing, karena sepertinya kulit saya ini terbilang cukup rewel. Huhuhu. Cuma belum sempat diperiksa aja.

    BalasHapus
  29. Manfaatnya membangun komunitas itu emang banyak banget dan bikin solid pelanggan juga. Makanya ngga heran sekarang brand beauty ramai-ramai bikin komunitas.
    Kalau skinproof ini lebih luas sepertinya ya mba, tak terbatas satu brand aja.
    Aku mau daftar juga deh!

    BalasHapus
  30. Sepakat, Mbak Aie. Komunitas punya peran penting untuk saling support para member. Di bawah naungan Skinproof bisa konsultasi juga supaya lebih mengenal jenis kulit dan gimana cara mengatasi aneka masalah kulit.

    BalasHapus
  31. Baru tau ada skinsociate seruu ya bun pastinya karena wanita identik dengan dunia kecantikan skincare dkk..dg adanya komunitas ini jd teredukasi kosmetik sehat dan ga sehat.

    BalasHapus
  32. Iya, jaman sekarang ini, komunitas tuh bisa tumbuh dengan pesat dan memperoleh kepercayaan publik. Kalau ada brand yang sampai membentuk komunitas yang loyal, ini akan bermanfaat banget buat riset maupun pengembangan produknya. Sayangnya Skinsociate ini masih terbatas areanya ya, semoga makin banyak juga membernya dari luar jabotabek

    BalasHapus
  33. Komunitas sangat membantu kita berkembang ya mba. Dari satu hobi menjadi satu visi.. Masya Allah keren2

    BalasHapus
  34. Wah keren amat nih ada brand skincare yang bikin komunitasnya untuk saling berbagi dan edukasi. Emang manfaat komunitas tuh banyak sih, Skinproof tahu betul celah ini dan jadi jalan cerdas untuk meraih public trust. Semoga Skinsociate makin meluas areanya ya

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)