My Polyvore Set



Kamis, 08 Desember 2016

Segudang Manfaat Menari untuk Tumbuh Kembang Anak



Kalau ditanya, hal apa yang bisa bikin aku sebagai orangtua bangga dan ketawa geli sendiri adalah saat dimana Darell menari jejogedan dengan gaya khas dan mimik muka yang bikin Bunda pingin usel-usel rasanya. :D

Apalagi kalau Darell sudah berani tampil menari di atas panggung dan disaksikan puluhan mata memandangnya. Tak hanya bangga, aku sebagai orangtua merasa salut dan bahagia tentunya. Setiap aku tanya, “Darell kenapa sih suka nari?” Jawabannya pasti, “ini lagunya enak Bun!” rada nggak nyambung sih ya emang. Tapi, setidaknya Darell sudah mulai mengerti dan paham tentang konsep menari.

Meskipun sering kali gerakan Darell saat menari di sekolah bersama-sama teman-temannya tidak rapi dan kadang lupa beberapa gerakan yang diajarkan oleh gurunya, satu hal yang aku tau pasti setiap anak-anak pasti senang menari. Lalu, adakah manfaat yang didapat anak saat menari?




Tentunya ada buibu, manfaat menari tak hanya bikin anak senang lho. Berikut aku coba rangkumkan beberapa manfaat menari bagi anak:

Anak Lebih Sehat

Menari yang dilakukan secara teratur dapat meningkatkan fleksibilitas anak-anak dan stamina mereka. Wuih, kece banget nih! Bisa jadi alternative kegiatan fisik anak untuk meningkatkan kesehatan fisiknya. Yuk, ajak anak-anak kesayangan untuk berlatih menari! J

IQ & EQ Anak Berkembang

Biasanya saat menari, pasti anak tidak sendirian dong? Akan ada teman-temannya yang ikutan nari dan ibu guru yang melatihnya menari. Alasan inilah yang membantu anak meningkatkan kemampuan bersosialisasi juga komunikasi. Menari akan membantu anak-anak meningkatkan kemampuan komunikasinya. Tak hanya itu, anak-anak pun belajar untuk bekerja dalam tim dan mengembangkan rasa percaya diri.

Bisa disimpulkan kalau menari itu adalah salah satu sarana untuk melatih kecerdasan dan menuangkan ekspresi anak. Saat menari, anak akan terlatih untuk menghafal gerakan dan musik sehingga menjadi lebih cepat dan tanggap. Kepercayaan diri anak pun juga akan makin terasa dengan keberaniannya untuk tampil. Seperti tadi yang aku sampaikan sebelumnya, dengan menari anak-anak dapat mengekspresikan rasa kepedulian terhadap sesama terlebih pada orang-orang yang mereka sayangi.




Anak Lebih Kreatif

Tanpa kita sadari, menari pun dapat memicu kreativitas anak serta mengembangkan apresiasi seninya. Bahkan, untuk menjadi penari professional pun dibutuhkan latihan yang rutin, disiplin dan tekun. Hal ini berguna banget untuk mengasah ketrampilan anak dalam menguasai gerakan, panggung, dan juga audience ketika ia tampil nanti. Disamping itu, dari artikel yang pernah aku baca mengatakan anak-anak yang mengikuti kelas tari cenderung memiliki nilai yang tinggi dalam pelajaran matematika dan sains lho.

Anak Jadi Penyayang dan Peduli Sesama

Sebagai seorang ibu, tentunya aku ingin Darell jadi anak yang tidak hanya cerdas tapi juga hebat dan cepat tanggap akan segala sesuatu yang ia lakukan serta memiliki rasa peduli pada sesama. Setuju dong pastinya buibu?

Menurutku seorang anak yang tumbuh makin hebat, cepat tanggap, cerdas dan peduli sesama adalah anak yang paket lengkap siap untuk menghadapi hal apapun di dunia. Bekal inilah yang sangat ingin aku kembangkan pada diri Darell. Nah, dengan mengikuti kelas menari inilah anak-anak dapat lebih melatih kemampuan emosinya. Kenapa? Karena dalam setiap gerakan pasti ada emosi dan pesan yang ingin disampaikan. Saat menari, anak akan belajar mengendalikan dan mengekspresikan emosinya. Bahkan, aku pun merasa adanya ikatan kasih sayang atau bonding yang lebih kuat saat mengajak Darell menari dan menyanyi bersama-sama. Lucunya nih, pas aku lagi ngerasa capek dan kurang fit, tarian dan nyanyian Darell inilah yang bisa ngebuat aku lebih bahagia bahkan tertawa lepas.


Nggak nyangka ya, ternyata kegiatan menari memiliki segudang manfaat untuk tumbuh kembang anak. Setelah mengetahui banyaknya manfaat yang didapat oleh anak dari menari, jangan lupa untuk memberikan pujian ya buibu. Dengan pujian ini akan membuat anak merasa dihargai dan mempunyai keyakinan yang kuat untuk melakukan apapun.

Seperti yang tarian L.O.V.E yang dilakukan oleh Darell pada video ini untuk Papih, Bunda, Mamah, Kakek, Nenek, Pakde, Tante yang butuh hiburan dan dicintai. Yuk, lihat keseruan Bebehero Hi5 di sini: http://bit.ly/2gj58i7



Nah, dengan adanya dukungan stimulasi yang tepat dari Ibu dan nutrisi tepat dari Bebelac, tumbuh kembang anak tak hanya menjadi hebat yang cepat dan tanggap tapi juga memiliki rasa peduli seperti menari untuk orang yang disayanginya. Hal inilah menjadi inspirasi hadirnya Bebehero Hi-5 persembahan dari Bebelac yang bekerja sama dengan Hi-5 grup asal Australia dalam kompetisi menari L.O.V.E Dance Challenge. Program ini menantang Ibu dan anak hebat menari L.O.V.E untuk menyemangati dan memberikan kegembiraan pada orang-orang yang disayangi.

Tak hanya itu lho buibu, video tarian L.O.V.E yang sudah di upload nantinya akan dipilih pemenang yang akan diajak untuk meet & greet dengan HI5 pada bulan Desember 2016. Wuih, kece banget nggak tuh? Ajak juga sahabat, teman-teman arisan buibu semua untuk upload Si Kecil kesayangan saat menari tarian L.O.V.E. Kali aja kan bisa selfie bareng personil HI5! J

Bebelac creates Bebehero Hi5 is to give place for mom to get inspiration on great stimulation for kids in Grow Them Great!

8 komentar:

  1. Waah banyak yaa manfaat menari buat kiddos...

    BalasHapus
  2. Aiden mauuuu nari bareng ama mas Darrel doong :D

    BalasHapus
  3. Aku jg gk nyangka awalnya, ternyata manfaat banget keguatan menari ini untuk tumbuh kembang anak jd generasi hebat :)

    BalasHapus
  4. Kakak darell ayo dance brg naya. Dijamin bugar deh,hahaha.

    BalasHapus
  5. Iya mba, di sekolah balita hampir setiap hari menari yah walau kadang hanya tangan yg bergerah.. Yuk kita menari

    BalasHapus
  6. Waaa aku udah lama ni ga jejogedan sama Gavin..manfaatnya bagus banget ya mak

    BalasHapus
  7. ternyata ada manfaat nya juga ya menari bagi anak-anak, aku baru tau ni mbak

    BalasHapus