Kulineran di Cirebon, Akhirnya Icip Nasi Jamblang Ibu Nur

Selasa, 22 Agustus 2017




Berkunjung ke Cirebon kayaknya kurang sreg deh kalo enggak icip kuliner khas yang dimilikinya. Sebut aja Nasi Jamblang Ibu Nur. Sempet penasaran pas liat teman-teman yang lagi main ke Cirebon trus update tentang Nasi Jamblang ini. Kayaknya kok enak banget ya.


Akhirnya, terjawab juga rasa penasaran aku itu, walaupun cukup lama sih terjawabnya XD
Yang aku bingung itu Nasi Jamblang sebenarnya makanan apa sih? Kok namanya Nasi Jamblang? Isinya apa aja? Trus rasanya gimana?

Apa itu Nasi Jamblang?

Nasi Jamblang adalah nasi yang dibungkus dengan daun jati. Porsinya kecil, beneran kecil, literally kecil, jadi kalo kamu expect-nya 1 porsi itu kayak makan nasi Padang duh buang jauh-jauh deh XD, porsinya itu hanya sekepal genggaman tangan orang dewasa.

Cara penyajiannya ala-ala prasmanan gitu. Nama nasi Jamblang konon berasal dari sebuah  desa di sebelah barat kota Cirebon, yakni desa Jamblang, Cirebon.



Nyatanya, Nasi Jamblang ini telah ada dari jaman penjajahan Belanda, apalagi sekarang ya, era digital dimana siapapun bisa share sesuatu dan menjadikannya viral. Nasi Jamblang pun kian populer.

Menunya Apa Aja?

Menu yang tersedia di Nasi Jamblang Ibu Nur beraneka macam, yang aku lihat waktu berkunjung ke sana itu antara lain cumi hitam, sambal goreng, paru goreng, semur daging, udang, terong balado, semur hati, telur dadar, telur goreng, pete, ikan asin, tahu dan tempe. Sebenarnya sih masih banyak, karena akunya udah khilaf + laper jadi langsung habek aja deh XD



Oia, alasan kenapa Nasi Jamblang dibungkus oleh daun jati yaitu agar tahan lama hal ini dikarenakan pori-pori yang terdapat di dalam daun jati mampu menjaga kuantitas dari nasi yang disimpannya.

Rasanya Gimana?

Jangan ditanya sis! Rasanya itu enaaaaakkk banget, dan karena aku suka pedes jadi pas banget sama selera aku. Saat itu aku hanya minta 1 porsi nasi Jamblang dengan lauk yang aku pilih yaitu Cumi Hitam, Tempe Goreng, Orek Tempe, Pepes Tahu dan Ikan Asin plus sambal sebagai penyempurna rasa.
Nyesel sih aku kenapa enggak mesen 2 porsi hahahah, jujur banget ya, trus tau gitu kan ambil Terong Baladonya juga ya. Yah emang penyesalan datangnya terakhir sis, kalo diawal namanya mah pendaftaran bukan. *piss



Lokasi Persisnya Dimana?

Berhubung aku ke sana bareng rombongan yang sebelumnya main ke Keraton Kesultanan dulu jadi posisi persisnya aku kurang paham. Sumpah ini enggak ngebantu ya, hahahah, cuma nih ya lokasi persisnya ada di Jl. Cangkring II No. 34 Cirebon, paling gampil pake Google Maps ya kakaaaa.

Untuk tempat Nasi Jamblang Ibu Nur ini memang cukup luas dan dibagi ada 2 ruangan, yang satu Non AC yang satu lagi ber-AC. Dan aku sama rombongan milih yang ber-AC, maklum ya sis, Cirebon panasnya mentereng.

Alhamdulillahnya pas aku sampai di Nasi Jamblang Ibu Nur, antriannya enggak begitu panjang, mungkin karena rombongan juga kali ya, jadi udah konfirmasi sebelumnya mau datang jam berapa.



Harganya Gimana?

Nah ini nih, lagi-lagi karena aku bareng rombongan jadi taunya masuk – makan – kenyang aja, aduh ini review macam apa sih? XD

Eits jangan sedih, aku nanya-nanya kok, walaupun menu yang ditawarkan beraneka ragam, harganya relatif murah kok. Worth it dengan rasa yang disajikan. Total dari yang aku makan itu sekitar 40ribuan itupun udah sama minum J


Kalo kamu udah nyobain Nasi Jamblang khas Cirebon? Share dong ceritanya di kolom komentar J



12 komentar

  1. Ke cirebon bukannya makan nasi jamblang mb aie,, diriku malah nyibain docang.

    BalasHapus
  2. Waktu aq ke cirebon makannya nasi jamlang mang Dul, emang nasi nya dikit ya trus abis makan nyesel koq ga ambil juga yg itu ini. Banyak mau nya ya hihihi

    BalasHapus
  3. sejenis kayak nasi kucing ya ukurannya, cuma ini ku liat kayaknya lebih menggiurkan soalnya liat sambelnya sih haha, btw nice share ku baru tau ini toh yang disebut orang nasi jamblang itu :D

    www.leeviahan.com

    BalasHapus
  4. pepes jamur
    pepes rajungan
    ikan pari
    allahu akbar
    aku pingin itu semua

    BalasHapus
  5. Asyiik noted aaah.. nasi kecil ya? Kalau begitu target 2 nasi.. hahaha. Kebetuan banget nih saya mau ke cirebon pas idul adha. Thanks infonya yaa

    BalasHapus
  6. Saya pernah makan nasi jalmblang tapi yang mang Dul. Enak juga, sih. Apalagi cumi hitamnya :)

    BalasHapus
  7. nasii jamblaaangg bikin nagih. lauknya banyak harganya murah

    BalasHapus
  8. Waah, banyakan lauknya daripada nasinya ya. Rame banget ya warungnya, berarti enak masakannya

    BalasHapus
  9. Pernah ke cirebon sekali, tapi belum pernah makan nasi jamblang...
    Jadi pengen balik lagi ke cirebon dan nyobain nasi jamblang ��

    BalasHapus
  10. Besok2 icip yang di Pasar Kue sama di Jamblang nya ya ^^

    BalasHapus
  11. wah, sama nih.. saya juga baru main ke Cirebon trus wiskul nasi jamblang juga, tapi belum nyobain ibu nur

    BalasHapus
  12. Salah satu tempat favoritku di Cirebon. Terkenal memang ya. Doyan banget sama paru gorengnya

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)