Senin, 04 Maret 2019

We Do Good: Prudential Indonesia Resmikan Bangsal Remaja di RS Kanker Dharmais

Banyak orang yang bilang kalo kita bertemu dengan pasien kanker, terutama anak-anak dan remaja jangan tunjukkan rasa sedih apalagi menangis. Ya, bukan pasien kanker aja kalo kita jenguk teman atau kerabat yang sakit di rumah sakit diusahakan dengan raut wajah gembira.

Begitupun saat aku menghadiri peresmian Bangsal Remaja di RS Kanker Dharmais, terakhir kali aku ke sana itu saat berpamitan dengan sepupuku yang meninggal karena kanker payudara. Bukannya menyerah, beliau sudah melawan kanker payudara yang diidapnya sejak tahun 2010. Dan di awal tahun 2017 akhirnya beliau pergi ke tempat yang lebih baik.


Bedanya kali ini, aku melihat lorong-lorong kamar dengan nama-nama planet, cat dinding berwarna cerah dan colorful, tidak tampak seperti lorong kamar rumah sakit. Bahkan ada satu ruangan, layaknya lounge, tempat berkumpulnya para pasien anak dan remaja yang dilengkapi dengan internet, komputer, TV, sofa, boneka beruang sebesar aslinya, buku-buku bacaan, dan dilengkapi dengan ruangan pendampingan psikolog. Ruangan ini dinamakan “Teen Lounge”, nyaman sekali untuk tempat bermain atau sekedar bersosialisasi. Desain interiornya pun dibuat seunik dan senyaman mungkin dengan mural-mural bergambar astronot dengan kalimat motivasi.

Tidak seperti bangsal rumah sakit lainnya, bangsal khusus untuk remaja pasien kanker ini tak tercium bau khas rumah sakit, bahkan perawatnya pun tidak menggunakan seragam layaknya perawat melainkan kaos warna-warni yang berwarna cerah.







Iya, pekan lalu Prudential Indonesia bersama Yayasan Onkologi Anak Indonesia atau YOAI meresmikan bangsal remaja di RS Kanker Dharmais Jakarta, yang merupakan perwujudan fokus dari program #WeDoGood Community Investment di bawah pilar Kesehatan dan Keselamatan (Health & Safety). FYI, kampanye “We Do” ini memiliki 4 fokus, yaitu We Do Health, We Do Tech, We Do Wealth,  dan We Do Good yang merupakana salah satu kegiatan Community Investment Prudential Indonesia atau kegiatan CSR).

Peresmian Bangsal Remaja di RS Kanker Dharmais merupakan salah satu upaya Prudential Indonesia untuk membantu pasien kanker anak-anak dan remaja untuk menciptakan lingkungan yang kondusif selama perawatan dan membantu mereka untuk sembuh. Menurut menurut data dari KPAI di tahun 2015 saja ada sekitar 4.100 kasus kanker anak per tahunnya dan sebagian besarnya kasus leukimia.

Jens Reisch, President Director Prudential Indonesia mengatakan bawah kesehatan dan keselamatan merupakan salah satu inti dari Program Community Investment Prudential Indonesia seiring dengan upayanya dalam menciptakan Indonesia yang lebih sehat.





Sedangkan data dari Kementerian Kesehatan setidaknya ada lebih dari 175ribu anak di dunia yang didiagnosis mengidap kanker dan sekitar 90ribu meninggal dunia. Sedih akutu mengetahui faktanya begini. Gak kebayang buat orangtua yang mendampingin anak-anak dengan kanker yang di sisi lain harus lebih kuat dan kasih support positif pada mereka. 

Melalui kolaborasi dengan YOAI, Prudential Indonesia juga telah mendonasikan mesin Apheresis yang dirancang buat memisahkan sel-sel darah, baik untuk terapi pasien maupun transfusi darah. Peresmian bangsal khusus remaja ini merupakan kelanjutan komitmen Prudential Indonesia. Donasi ini ditujukan ke beberapa rumah sakit, seperti RSCM dan RSKD di Jakarta, RSUD Dr Soetomo di Surabaya, RSUP Sanglah di Denpasar, RSUP Dr Sardjito di Yogyakarta, RS Universitas Hasanudin di Makassar, dan RS Hasan Sadikin di Bandung. Sebelumnya, Prudential Indonesia telah memberikan bantuan untuk merenovasi bangsal anak-anak di RSKD.

"Peresmian bangsal remaja ini juga merupakan acara puncak dari peringatan Wold Cancer Day di RSKD. Bangsal remaja ini memiliki berbagai fasilitas seperti Ruang Konsultasi, Psikiatri, Teen Lounge (ruang berkumpul pasien remaja), dan Multi-Media Corner. Kami berharap fasilitas tersebut bisa membantu memberikan semangat untuk pasien anak-anak dan remaja agar cepat sembuh," kata Direktur Utama RSKD Prof dr Abdul Kadir.






Kebutuhan remaja berbeda dengan orang dewasa, karena remaja itu kayak ditengah-tengah, dibilang anak-anak udah bukan, dibilang dewasa belum. Lagipula, di usia remaja mereka cenderung butuh privas yang tinggi dan butuh teman curhat yang nyaman selayaknya sahabat. Karena ini bangsal khusus remaja ini juga tersedia ruangan konselingnya. 
Dengan tersedianya bangsal khusus remaja untuk pasien kanker di RS Kanker Dharmais, diharapkan kondisi lingkungan yang kondusif melalui desain warna ruang rawat inap yang menarik dapat membangkitkan mood pasien anak-anak dan remaja paska kemoterapi atau radiasi. Sehingga mampu mengatasi tekanan psikologis pasien serta dapat meningkatkan kualitas hidupnya.




Lantas, kenapa harus RS Kanker Dharmais yang terpilih sebagai tempat didirikannya bangsal khusus remaja ini? Simple aja beb, RS Kanker Dharmais adalah pusat rujukan rumah sakit di seluruh Indonesia.

86 komentar:

  1. Teen lounge-nya asyik ya, Mak. In syaa Allah para survivor remaja betah di sana. Baik banget ya Prudential.

    BalasHapus
  2. Aku jadi ingat drama Good Doctor. Jadi yang remaja ruangnya ya sendiri bukan sama anak-anak. Mereka jadi bisa bergaul dg seusia mereka dan merasa nyaman sangat penting dalam pengobatan

    BalasHapus
  3. Semoga remaja dan survivor kanker lainnya tetap kuat. Saya ikut senang dengan adanya rawat inap remaja ini. Bagaimanapun mereka butuh privasi lebih

    BalasHapus
  4. Aku sedih kalo bezuk penderita kanker di RS. Sepupuku ada yang kena leukemia, dan meninggal setelah berjuang selama 4 tahun. Ruangan perawatan tuh kadang udah bikin serem bagi penderita juga.

    Kalo melihat ruang khusus yg ceria untuk remaja penderita kanker gini, semoga sakit nya bisa teralihkan

    BalasHapus
  5. Banyak ya penderita kanker remaja tiap tahunnya maak.. dulu teman kecilku ada yg leukimia. Sedih banget :'(
    Programnya bagus yaa dari Prudential..

    BalasHapus
  6. Seneng banget liat bangsal untuk pasien kanker remaja ini luas, lengkap, dan nyaman ya :)

    BalasHapus
  7. Bangsal khusus untuk survivor usia remaja. Pas dan sesuai kebutuhannya. Semoga membuat mereka jadi makin semangat untuk melawan penyakitnya dan dimudahkan untuk jalan kesembuhannya. Aamiin

    BalasHapus
  8. Wah ada ruang khusus ya buat remaja penderita kanker di RS Darmais.. Dgn kenyamanan ruang khusus ini semoga memberi aura positif utk kesembuhan..

    BalasHapus
  9. semoga dengan adanya ruangan khusus bisa mengurangi sedikit beban mereka...dan semoga diberi kesembuhan ya...

    BalasHapus
  10. Komitmen Prudential Indonesia patut diacungi jempol. Pasien kanker remaja patut mendapatkan kamar khusus sesuai usianya. Semoga menambah nyaman bagi mereka para survivor.

    BalasHapus
  11. Inovasi yang keren dari Prudential nih. Dengan bangsal khusus, pasien remaja bisa berobat tanpa harus bercampur dengan anak kecil atau orang dewasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan fasilitas yang sesuai dengan umur mereka, pasti remaja itu akan lebih nyaman di sana ya. Dan semoga bisa memacu semangat mereka untuk segera pulih dan sehat kembali.

      Hapus
  12. Bagus nih ada bangsal khusus remaja, supaya mereka bisa saling curhat dan memberi semangat satu sama lain.

    kalo remaja sekamar sama anak-anak atau orangtua, bisa jadi mereka sungkan untuk berbagi cerita apa yang mereka hadapi.

    fasilitas bangsal remaja ini sesuai kebutuhan anak milenial banget lagi. Baguuusss! Musti dicontoh RS lain nih.

    BalasHapus
  13. Iya mbak alhamdulillah ya akhirnya remaja bisa dirawat di ruang khusus sendiri.
    Semoga dengan ruangan yang baru ini mereka makin happy dan termotivasi utk melawan penyakitnya aamiin. Duh aku mewek pas ke sana itu...

    BalasHapus
  14. Desain ruangannya benar-benar dikonsep dengan matang. Dengan begini pasien kanker remaja nggak akan merasa kesepian atau bosan. Suatu bentuk support yang patut diapresiasi untuk menunjang proses penyembuhan mereka.

    BalasHapus
  15. Aku terharu mbaaak, ada rumah sakit yang concern dengan pasien seperti ini. Kalau pasien dikelompokkan seperti ini, pengobatannya bisa lebih fokus ya.

    BalasHapus
  16. Keren ya CSRnya Prudential, kepeduliannya sama anak-anak besar. Memang sih, remaja biasa saja butuh perhatian lebih, apalagi remaja penderita kanker, jangan sampai mereka merasa terkucilkan. Dengan ruang bagus seperti ini, semoga mereka happy.

    BalasHapus
  17. 😭😭😭 yaampun alhamulillah ada bangsal khusus gini jadi mereka juga lebih nyaman dan ga merasa takut 🙏🏼 keren kerennnn

    BalasHapus
  18. Bagus ya program dari Prudential ini. Mengajak kersama Yayasan Onkologi Anak Indonesia untuk bisa membantu anak-anak yg terkena Kanker. Sehingga mereka jd semangat juga utk berjuan hidup.

    BalasHapus
  19. Desain interior bangsalnya sengaja dibuat begitu supaya tidak terkesan sedih ya mbak? Sementara yang mengidap penyakit kanker kan anak-anak dan remaja ya, jadi bangsalnya menyesuaikan

    BalasHapus
  20. Bagus banget ya programnya, aku baru tahu nih Prudential punya program seperti ini. Memang, para survivor kanker harus di support penuh biar mereka lebih memiliki semangat untuk berjuang melawan kanker.

    BalasHapus
  21. suka sedih kalau ngebesuk kerabat yang di rawat di RS :( apalagi kalau ada pasien anak-anak hiks
    semoga kita semua diberkati dengan kesehatan ya mbak

    BalasHapus
  22. berita yang sangat bermanfaat mba, suka sekali dengan program prudential yang baik ini.. semoga programnya semakin berkembang ya mba dan penderita kanker bisa mendapatkan penanganan maupun dukungan yang terbaik :)

    BalasHapus
  23. Keren ya rumah sakit disulap sedemikian rupa agar pasien remaja ini nyaman, tapi jadi sedih juga karena untuk usia semuda ini harus berjuang melawan kanker hhu

    BalasHapus
  24. Ngerasa kagum juga sih ada banyak yang mau peduli sama hal kayak ginian,

    BalasHapus
  25. kalo inget penderita kanker, sedih sih sbnrnya.. bbrp saudara dan tanteku meninggal krn kanker :(. tapi acungin jempol utk prudential dan dharmain dgn membuat lounge khusus begini. moga2 yaaa, benr2 bisa membuat pasien kanker remaja termotivasi utk sembuh dan tidak merasa tertekan slama perawatan

    BalasHapus
  26. Makin keren aja program nya Prudential ini. Semoga para survivor kanker hidupnya jadi lebih ceria, se ceria warna-warni desain bangsal di RS Darmais :)

    BalasHapus
  27. Semoga tempat yang lebih nyaman bisa membuat anak-anak dan remaja pasien kanker ini lebih bersemangat menjalani pengobatan dan berjuang untuk sembuh ya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin mbak insyaAllah anak2 remaja ini akan lebih bersemangat menjalani terapi dan pengobatannya. ALhamdulillah kyknya beberapa pasien kanker juga sembuh kok. Kmrn ketemu bbrp survivot jg di sana.

      Hapus
  28. Bagus juga ya inovasi dari prudential ini kak. Dulu aku juga sempat pake prudential ini untuk asuransi

    BalasHapus
  29. Waduh keren ya skrg prudential. Emamg sih kaya nya kalau urusan asuransi pruden udh terpercaya dan bagus.. semoga makin maju ya pruden.

    BalasHapus
  30. Wahh, idenya Prudential bagus banget.. Aku yakin ide tempat nyaman gini sangat efektif dalam memberi dukungan bagi anak-anak remaja pasien kanker deh..

    BalasHapus
  31. Wah alhamdulillah ada fasilitas baru. Kadang kagok juga ya kalau jadi remaja tapi fasilitasnya masih untuk anak anak. Klo ini pas 😍

    BalasHapus
  32. Semeng banget ih liatnya, ruanganya artistik dan dibuat senyaman mungkin ya biar anak anak semakin semngat buat sembuh 😍

    BalasHapus
  33. This is one good CSR program indeed. And I guess we need more like this especially to help and support cancer patients. Semoga makin banyaaak ya fasilitas seperti ini

    BalasHapus
  34. Baik banget ternyata prudential ini, dengan inovatifnya untuk para remaja. Semoga membuat anak-anak dan remaja semangat untuk melawan kanker

    BalasHapus
  35. Terenyuh banget hati dan sempet nangis juga melihat adik adik kita yang tetap semangat... Mudah2an dengan adanya bangsal remaja ini bisa mempercepat kesembuhan adik2 kita ya mba Ai

    BalasHapus
  36. masya Allah tabarakallah memang penting sekali ya untuk memberikan kenyamanan untuk para penderita kanker ini yang salah satunya memberikan kenyamanan di kamarnya

    BalasHapus
  37. Alhamdulillah ya ka.. dengan adanya bangsal remaja di RS Dharmais semoga dapat membantu masyarakat yanh membutuhkannya.. dilengkapi dengan fasilitas yang nyaman dan bersih semoga bisa tambah bersemangat bagi para pasien untuk menjalani hidup ya ka..

    BalasHapus
  38. aku salut bangte deh sama Prudential yang banyak banget ngadain kegiatan sosial utk masyarakat ya. ini penting banget untuk anak-anak yang merasa jadi korban karena menderita penyakit cancer.

    BalasHapus
  39. Semoga bangsal remaja ini bs bantu unt bangkitkan semangat mereka yaaa. Semoga bsk2 Indonesia bisa terbebas dr kanker. Thanks for sharing mba Ai

    BalasHapus
  40. Mudah-mudahan dengan begini proses pengobatannya jadi lebih cepat ya karena secara psikologis mereka juga dibuat lebih rileks dan bahagia.

    BalasHapus
  41. Aku juga lagi concern ke cancer nih Mama Ai, sepertinya inovasi prudensial ini bagus banget untuk meningkatkan kesadaran teenager sadar cancer, keren nih prudensial. Makasih Mama Ai untuk sharingnya.

    BalasHapus
  42. waaa jadi cerah ceria yaaa. Jd anak - anak yang hebat2 ini bisa lebih hepi saat menjalani pengobatan mereka ya.

    BalasHapus
  43. Masyaallah...semoga keberadaan bangsal baru bisa membantu proses pengobatan dengan baik. Berkah buat Prudential dan rs kanker dharmais.

    BalasHapus
  44. Desain ruangannya terlihat nyaman dan menarik. Semoga para penderita kanker ini bisa makin bersemangat untuk sembuh dari penyakitnya.

    BalasHapus
  45. Alhamdulillah, semoga dengan ruang rawat inap khusus remaja ini menjadikan pasien remaja makin bersemangat menjalani proses pengobatan untuk kesembuhannya.
    Salut untuk semua pihak yang telah mewujudkannya:)

    BalasHapus
  46. Orang yang menderita cancer memang harus mendapat perhatian khusus ya, Mbak. Terlebih ini anak-anak/remaja. Pastinya butuh effort yang ekstra dalam perawatannya, termasuk proses kemoterapi. Aku punya saudara yang kena cancer juga, Mbak. Usianya sudah paruh baya gitu, sih. Tapi penanganan dan perawatannya juga terasa banget effort kami sebagai saudara. Mulai dari mendampingi saat kemo infus di RS, CT Scan, Rontgent, cek laborat, belum lagi kalau opname. Memang harus berikhtiar dan berdoa ini.
    I think this'd be the same a bit with the children who have the cancer. Semoga salah satu upaya prudential yang ditujukan di RS Dharmais memberikan banyak kontribusi bagi anak/remaja penderita kanker.

    BalasHapus
  47. Bagus nih sepertinya kak. Memang makin banyak penderita kanker dan membutuhkan pertolongan. Kita juga harus waspada agar tidak terkena penyakit berbahaya ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju deh sama kamu, kita juga kudu berjaga2...karena gimanapun lebih baik mencegah daripada mengobati

      Hapus
  48. yampun terharu sekaligus seneng banget bisa bantu2 teman2 yang sedang sakit . semoga mereka ikut senang dan bahagia selalu ya mbak . semoga proses pengobatannya jugatidak ada kendala apapun dan mereka bisa kembali sehat . amin

    BalasHapus
  49. I am so proud that they are supporting all the cancer survivor. I hope they can build more rooms in the future

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga makin banyak bangsal remaja atau anak-anak yang benar-benar sangat membutuhkan. Hope they will have it outside of Jakarta as well

      Hapus
  50. Kalau menjenguk atau melihat anak-anak ini aku nggak bakalan kuat malah Mbak. Pura-pura bahagia juga tetap aja bakal kelihatan sedihnya. Semoga mereka anak-anak ini segera diberi kesembuhan.

    BalasHapus
  51. Keren ya programnya Prudential mbak salut untuk kepedulian sosialnya khusus remaja pejuang kanker, mudah-mudahan survivor disana makin semangat untuk melawan penyakitnya

    BalasHapus
  52. Semoga harapan RS Kanker Dharmais bersama Prudential dapat terwujud ya untuk menjadikan bangsal-bangsal remaja itu sebagai tempat yang kondusif. Dan tentu saja lebih menyenangkan dari sebelumnya, ya. Dan semoga mereka lekas sembuh.

    BalasHapus
  53. Keren banget Prudential ini. CSR-nya banyaaak. Ada literasi keuangan, pendidikan, kesehatan, dll. Pastinya jadi banyak yang mendapat manfaatnya. Dan untuk program ini, aku sangat mendukung. Remaja-remaja yang sakit kanker pastinya butuh dukungan yang sangat besar untuk bisa semangat. Keren banget deh pokoknya Prudential ini.

    BalasHapus
  54. Bagus ya mba programnya prudential. Memang bagus kalo dibuatkan bangsal tersendiri menurutku mba...karena antar penderita kanker nanti bisa saling support, saling menguatkan.

    BalasHapus
  55. Jadi ini program we do good nya prudential skrg ya mba.. Wuih.. Kereen. Mmg bangsal remaja perlu khusus ya mba. Krn ga mgkn gabung ke anak2 apalg ke orang tua. Tp serius deh, aku kalau disitu mgkn gak kuat liatnya mba. Aplg yg diliat anak2 n remaja. Hiks. Smg mrk cepat sembuh ya..

    BalasHapus
  56. ya ampun senangnya aku liat ini , semoga anak anak yg sakit bisa semangat menghadapi penyakit penyakit mereka, dan semoga bisa lekas sembuhh

    BalasHapus
  57. wah keren nih prudential, trus jadi ga suram juga ya karena di dinding bangsalnya di design sedemikian rupa dengan gambar gambar menarik.

    BalasHapus
  58. Alhamdulillah sudah ada bangsal khusus remaja pasien kanker RS. Dharmais, semoga dengan segala fasilitas ini bisa bikin mereka termotivasi dan segera diberikan kesembuhan. Aamiin.

    BalasHapus
  59. Waahh kereennn, ku udh pake prudentiql lhoo sekeluarga.

    BalasHapus
  60. seneng banget ada ruangan khusu buat remaja. pasien remaja jadi merasa lebih nyaman pastinya dengan fasilitas ini :)

    BalasHapus
  61. Alhamdulillah makin banyak yang peduli sama anak-anak penderita kanker. Semoga langkah Prudential menjadi step awal untuk gerakan yang lebih baik, lebih besar untuk anak-anak penderita kanker lainnya.

    BalasHapus
  62. Prudential kaya nya salah satu asuransi yg bener bener peduli sama lingkungan sosial ya.. semoga dengan fasilitas ini mereka bisa tambah semangat ya.

    BalasHapus
  63. Ruang rawatnya bagus banget ya kak Aie, tapi memang seharusnya anak remaja memiliki bangsal terpisah sih.

    BalasHapus
  64. waah keren nih, interiornya juga bikin nyaman yaa, semoga para penderitanya semakin semangat buat sembuh yaaa, keren nih prudential, <3

    BalasHapus
  65. Desain ruangannya bagus banget, dan kelihatan nyaman yah mbak.. jadi yang nempatin pun jadi lebih nyaman di sana. Semoga bisa bikin pasien tambah semangat buat melawan penyakitnya yah.. aamiin

    BalasHapus
  66. Remaja memiliki karakter unik dan berbeda denhan pasien dewasa dan anak-anak, apalagi mereka sedang masa labil juga, sehingga pas banget RS Darmais menyediakan ruang perawatan khusus remaja sehingga mereka lebih nyaman saat menerima perawatan

    BalasHapus
  67. Mbak Aie, aku nahan air mata waktu masuk bangsal remaja RS Kanker Dharmais. Terharu dengan nyanyian para pejuang kanker di sana.

    BalasHapus
  68. Semoga dengan disediakannya bangsal khusus remaja ini, para remaja yang harus berjuang melawan kanker dapat lebih optimis dalam menjalankan pengobatannya ya. Suasana yang menyenangkan pengaruh banget loh ke faktor psikogis.

    BalasHapus
  69. Wah ada ruang teen ya, hebat prudential support fasilitas untuk remaja pasien kanker. Semoga termotivasi untuk semangat sembuh.

    BalasHapus
  70. betul sekali ini dengan memberikan ruangan yang nyaman dan seperti berada di rumah sendiri tentunya para penderita kanker akan merasa betah dan tidak berasa di rumah sakit

    BalasHapus
  71. Kok keren banget sih tiap bangsalnya, ini kamar bikin betah gitu terus tiap sudutnya itu bagus banget gambar-gambar di dindingnya.

    BalasHapus
  72. Tempatnya bagus kaaaak. Semoga bisa diterapin juga di rumah sakit lain ya. Biar yang dirawat bisa tetap berpikir positif+semangat dan RS jadi tempat yang menyenangkan juga buat mereka.

    BalasHapus
  73. Seakarang programnya prudential bagus-bagus ya, mulai dari wakaf hingga concern masalah kanker

    BalasHapus
  74. Eny suka liat konsep Rumah sakit yang tidak seperti rumah sakit karena konsepnya membuat para remaja nyaman top banget deh RS ini 🤩

    BalasHapus
  75. keren ya Prudential...semoga fasilitas ini membantu kesembuhan mereka ya..

    BalasHapus
  76. alhamdulilah ya kepedulian prudential keapda penderita kanker, sedih banget kalau liat anak atau remaja itu sakit semoga mereka erus berbahgaia

    BalasHapus
  77. Semoga para pasien kanker semakin semangat dalam pengobatannya terutama para remaja. Dengan adanya perhatian yang serius dari prudential semoga jumlah pengidap kanker semakin berkurang.

    BalasHapus
  78. Dengan hadirnya bangsal remaja ini, semoga bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin ya. Keren sekali Prudential Indonesia.

    BalasHapus
  79. Ternyataaa...
    Pasien remaja itu masih berwajah seperti anak-anak yaa...
    Aku jadi terenyuh melihat perjuangan mereka.

    Semoga dukungan dari Pridential membawa kebaikan.

    BalasHapus
  80. Alhamdulilah ya mba prudent begiunpedulin sama penderita kanker apalagi yg remaja begitu semoga kedepannya banyak jg yg ikutan kayak prudential bantuin penderita kanker

    BalasHapus
  81. Semoga yang mendapatkan ujian bisa bersabar menghadapinya. Prudential emang pro banget ya alhandulillah

    BalasHapus
  82. wow... acara yang sangat seru... 😊👍

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)